Cara Install TWRP Samsung Galaxy A52 SM-A525F - Tips Tutorial Bersama

Jumat, 24 Februari 2023

Cara Install TWRP Samsung Galaxy A52 SM-A525F

.

Cara Install TWRP Samsung Galaxy A52 SM-A525F

Pada artikel yang akan saya berikan pada kesempatan kali ini, disini saya akan membuatkan tutorial mengenai TWRP Samsung Galaxy A52. Root your device memungkinkan untuk setiap pengguna melakukan modifikasi sistem dengan cara menginstal aplikasi pihak ketiga. Tetapi untuk dapat melakukan hal tersebut akan memerlukan alat Recovery TWRP.

Samsung Galaxy A52 SM-A525F telah resmi diluncurkan pada tahun 2021. Ponsel ini pertama kali sudah menggunakan Android 11. Baru-baru ini ponsel tersebut telah mendapatkan dukungan Custom Recovery TWRP Official. Jadi, dengan melalui halaman ini, saya akan membantu teman-teman untuk menginstal TWRP Recovery di Samsung A52 tersebut.

Namun sebelum kalian memulai proses instalasinya, kamu harus membuka kunci bootloader ponsel terlebih dahulu. Karena OEM pada ponsel ini menyediakan bootloader yang masih terkunci dan tidak akan dapat melakukan proses flashing TWRP Recovery. Untuk dapat menginstal perangkat lunak pihak ketiga apapun, kamu harus tetap membuka kunci bootloader.

Nah, jika teman-teman tertarik ingin memasang TWRP Samsung Galaxy A52 SM-A525F, maka kamu dapat mengikuti langkah-langkahnya dalam penjelasan yang akan saya berikan di bawah ini. Selain itu, disini saya juga akan menyediakan instruksi tentang Cara Root Samsung Galaxy A52 dengan menggunakan file Magisk versi terbaru yang di flash melalui Recovery TWRP.

Keuntungan Menggunakan TWRP Recovery Di Ponsel Android

TWRP adalah singkatan dari Team Win Recovery Project yang merupakan sebuah file recovery image custom yang tersedia pada perangkat lunak sumber terbuka. Fitur ini hanya dapat digunakan dan dijalankan pada perangkat Smartphone Android. TWRP telah menyediakan antarmuka layar sentuh yang memungkinkan pengguna menginstal firmware pihak ketiga.

  • Kamu dapat mem-flash Custom ROM di Samsung Galaxy A52 menggunakan TWRP.
  • Kamu dapat mem-flash zip file modding untuk menyesuaikan ponsel kalian.
  • Mudah untuk mem-flash dan menggunakan Module Xposed menggunakan TWRP.
  • Mudah untuk Root dan Unroot menggunakan TWRP Recovery flashable zip SuperSU.
  • Kamu dapat menginstal Magisk di Samsung Galaxy A52.
  • Mudah untuk membuat backup system Nandroid menggunakan TWRP Recovery.
  • Akses mudah untuk mengembalikan sistem Nandroid yang sudah di backup.
  • Kamu dapat mem-flash file image menggunakan TWRP Recovery di Samsung Galaxy A52.
  • Mudah untuk menghapus semua aplikasi bawaan menggunakan TWRP Recovery di Samsung Galaxy A52.
  • Dapat digunakan untuk underclock dan overclock.
  • Kamu dapat menghapus data, cache, dan lain sebagainya.

Itulah semua daftar kelebihan atau keuntungan jika menggunakan Custom Recovery TWRP di ponsel Android. Apakah kamu tertarik ingin Install TWRP Samsung Galaxy A52 SM-A525F? Jika iya, silahkan kamu download TWRP for Samsung Galaxy A52 latest version melalui link di bawah ini secara gratis dan lengkap dengan cara instalasinya.

Cara Install TWRP Samsung Galaxy A52 SM-A525F

Langkah install TWRP Recovery di Samsung Galaxy A52 sangatlah mudah dan sederhana. Dengan mengikuti semua instruksi yang akan saya jelaskan melalui halaman ini, kamu akan dapat berhasil memasang Custom Recovery tersebut. Akan tetapi, sebelum memulainya pastikan dahulu kalau kamu sudah menyiapkan semua persyaratan di bawah ini.

1. Semua persyaratan yang harus dilakukan

Seperti yang telah saya sampaikan sebelumnya di atas, bahwa untuk dapat menginstal TWRP di ponsel Android Samsung yang satu ini, kamu harus menyiapkan dahulu semua syarat-syarat yang akan diperlukan. Tetapi, proses instalasi TWRP tersebut hanya dapat digunakan pada stock rom versi terbaru. Jadi, pastikan bahwa versi firmware yang digunakan sudah sesuai.

  • Semua file dan langkah-langkahnya hanya dapat digunakan untuk semua model Samsung Galaxy A52.
  • Pastikan pada ponsel Samsung A52 sudah diaktifkan USB Debugging dan OEM Unlock.
  • Siapkan sebuah komputer Windows seperti PC atau laptop dan kabel USB.
  • Backup semua data-data penting yang tersimpan di dalam penyimpanan internal.
  • Isi daya baterai ponsel sampai terisi minimal 50%.
  • Download semua file yang diperlukan.
  • Siap menerima semua resiko apapun, karena disini saya tidak bertanggung jawab jika terjadi kesalahan atau kegagalan apapun.

2. Download semua file yang diperlukan

Jika semua persyaratan di atas sudah kalian persiapkan semuanya, maka sekarang kamu harus download semua file di bawah ini. Pastikan untuk mendownload semua file tersebut dan jangan sampai ada satu file yang tidak di download. Karena dapat mengakibatkan kegagalan jika salah satu file ada yang kurang.

3. Langkah-langkah instalasi TWRP di Samsung Galaxy A52

Untuk langkah-langkah instalasi Recovery TWRP di Samsung Galaxy A52 hanya dapat dilakukan dengan menggunakan PC atau laptop. Sedangkan untuk kalian yang tidak mempunyainya, maka kamu harus meminjamnya dari teman atau kerabat yang memilikinya.

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah dengan download semua file-file di atas.
  2. Selanjutnya extract semua file tersebut dengan menggunakan WinRar versi terbaru dan simpan di dalam satu folder.
  3. Selanjutnya install Samsung USB Driver di PC atau laptop.
  4. Selanjutnya Enable USB Debugging dan OEM Unlock di Samsung. Untuk caranya dapat kamu lihat dalam langkah-langkah di bawah ini.
    1. Buka aplikasi Pengaturan (Settings), lalu pilih Tentang Ponsel (About Phone).
    2. Selanjutnya pilih Informasi Perangkat Lunak (Software Information), lalu ketuk 7x pada Nomor Bentukan (Build Number).
    3. Selanjutnya menu Opsi Pengembang (Developer Options) akan terbuka.
    4. Selanjutnya kembali ke menu utama Pengaturan (Settings), lalu pilih Opsi Pengembang (Developers Options).
    5. Selanjutnya aktifkan tombol pada USB Debugging dan OEM Unlock.
  5. Selanjutnya jalankan aplikasi Odin yang tadi sudah di extract.
  6. Selanjutnya matikan ponsel dan nyalakan ke dalam Download Mode. Untuk caranya kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.
    1. Dalam keadaan ponsel mati, lalu sambungkan ponsel ke PC dengan menggunakan USB cable.
    2. Selanjutnya press and hold Volume Up + Power secara bersamaan.
    3. Selanjutnya akan muncul tampilan Warning, lalu pilih Continue dengan cara pressing Volume button untuk menavigasikannya, lalu tekan tombol Power untuk mengkonfirmasikannya.
  7. Selanjutnya lihat pada aplikasi Odin, jika sudah muncul tulisan ID:COM yang berwarna biru, maka tandanya ponsel sudah terdeteksi.
  8. Selanjutnya klik tombol AP, lalu cari dan pilih file TWRP yang tadi sudah di extract.
  9. Selanjutnya klik menu Options, lalu beri tanda centang pada Auto Reboot dan F.Reset.
  10. Selanjutnya klik tombol Start untuk memulai proses pemasangannya, lalu tunggu beberapa saat sampai prosesnya selesai.
  11. Jika prosesnya sudah selesai, maka akan menampilkan tulisan PASS yang berwarna hijau dan ponsel akan me-reboot ke TWRP Recovery mode.
  12. Selesai.

Sampai disini kamu telah selesai dan berhasil menginstal TWRP di Samsung Galaxy A52. Jika ponsel sudah masuk ke mode Recovery TWRP, maka kamu sudah dapat memulai proses root dengan menggunakan Magisk. Untuk caranya, kamu dapat melihat langkah-langkahnya melalui artikel yang telah saya sediakan pada bagian Baca Juga.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah Cara Install TWRP Samsung Galaxy A52 SM-A525F dapat dilakukan dengan menggunakan PC dan akan membutuhkan aplikasi Odin versi terbaru. Untuk proses root di ponsel Samsung A52 sendiri sangat mudah, kamu hanya perlu melakukan Swipe to confirm flash, maka proses root dengan Magisk akan langsung berjalan secara otomatis.

Jika setelah selesai melakukan instalasi TWRP atau Root dan ponsel mengalami masalah stuck di Samsung logo, maka biasanya hal tersebut terjadi karena salah satu langkah ada yang terlewat. Nah, untuk mengatasi masalah tersebut hanya dapat dilakukan dengan Cara Flashing Samsung Galaxy A52 SM-A525F dengan menggunakan stock rom versi terbaru.

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini. Sampai jumpa kembali di artikel saya yang selanjutnya dan jangan sampai terlewat dengan postingan kami yang lainnya.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda