Download Custom Rom Android 10 For LG G4 - Tips Tutorial Bersama

Rabu, 07 Juli 2021

Download Custom Rom Android 10 For LG G4

LG G4 diluncurkan pada April 2015 datang dengan menggunakan Android 5.1.1 Lollipop. Di bawah ini kami akan memberikan Custom Rom Android 10 untuk ponsel LG G4. Android 10 sekarang telah resmi sebagai OS Android versi 10 Google dengan banyak fitur baru dan perubahan Sistem UI. Android 10 atau biasa yang dikenal dengan nama Android Q mulai meluncurkan ke perangkat G4, Essential PH, Redmi K2 Pro, perangkat OnePlus 7 Pro.

Google tidak datang dengan nama item makanan penutup untuk versi Android baru kali ini dan itu langkah yang bagus. Jika kamu baru mengenal ekosistem Android, perlu disebutkan bahwa Android adalah Proyek Sumber Terbuka (AOSP) oleh Google. Di bawah ini kamu dapat download dan menginstal Android 10 pada perangkat LG G4.

AOSP adalah Custom Rom yang berarti setiap OEM smartphone dapat membuat atau menyesuaikan Rom Android sesuai dengan kebutuhan mereka melalui kode sumber. Semua Custom Rom atau Custom Firmware berjalan pada versi OS Android dari inti, tetapi menawarkan jenis pengalaman pengguna yang berbeda. Sekarang, mari kita lihat mengenai spesifikasi perangkat ini secara singkat.

Apa Yang Ada Di Android 10

Google telah mulai meluncurkan pembaruan versi Android 10 terbaru ke perangkat Pixel-nya yang merupakan iterasi ke-10 dari OS Android. Ini membawa banyak fitur baru ke sistem perangkat seperti Sistem UI, navigasi gerakan baru, privasi yang ditingkatkan, dan kontrol lokasi. Pembaruan juga menawarkan izin aplikasi yang ditingkatkan, dukungan tampilan yang dapat dilipat, fitur keamanan, mode gelap diseluruh sistem, dan lain sebagainya.

Baca Juga : Cara Install TWRP Recovery Official LG G4 H811

Android 10 juga menawarkan penyaringan panggilan bawaan, API multi-kamera, smart reply di panel notifikasi, dukungan 5G, kualitas panggilan yang ditingkatkan, fitur gelembung, text langsung, dan masih banyak lagi. Sementara versi terbaru juga meningkatkan masa pakai baterai, mode fokus yang mirip dengan Mode Jangan Ganggu, dan lain sebagainya. Selain itu, Android 10 juga menghadirkan 65 emoji baru. Itu juga dilengkapi dengan dukungan streaming audio langsung ke perangkat alat bantu dengar.

Fitur Android 10

Di sini kami akan memberikan detail singkat tentang fitur Android 10 yang paling disorot sebagian pengguna Android. Untuk kalian yang ingin mengetahui tentang apa saja fitur di Android 10, kamu bisa melihatnya di bawah ini secara lengkap.

  1. Live Caption: Fitur ini secara otomatis akan memulai caption saat kamu memutar media di ponsel kamu.
  2. Smart Reply: Ini akan menawarkan tanggapan atau tindakan yang disarankan untuk pesan masuk, seperti Messenger atau yang lainnya.
  3. Sound Amplifier: Ini akan meningkatkan audio, menyaring kebisingan latar belakang, dan menyempurnakan suara untuk pengalaman mendengarkan yang lebih baik.
  4. New Gesture Navigation: Sistem ini sekarang lebih lancar dan lebih cepat dari sebelumnya.
  5. Dark Theme: Menawarkan cadangan baterai yang lebih baik dan mengurangi ketegangan mata selama kondisi cahaya redup.
  6. Privacy Controls: Fitur ini menawarkan sistem perangkat kamu untuk memilih kapan dan bagaimana data kamu akan dibagikan.
  7. Location Controls: Fitur ini juga menawarkan lapisan keamanan tingkat lanjut dan mengontrol aplikasi atau peta apa pun untuk mengakses lokasi kamu.
  8. Faster Security Updates: Opsi ini akan berguna untuk OEM smartphone dan pengguna melalui layanan Google Play. Ini akan menawarkan pembaruan yang lebih cepat.
  9. Focus Mode: Ini adalah versi fitur kesehatan Digital yang ditingkatkan dengan antarmuka pengguna yang disempurnakan dan sedikit perubahan.
  10. Family Link: Ini sangat mirip dengan mode Fokus yang pada dasarnya untuk anak-anak. Orang tua sekarang dapat mengontrol batas waktu penggunaan perangkat atau aplikasi dan juga batas konten.

Custom Rom Android 10 AOSP

Setelah merilis Android 10 secara resmi ke perangkat Pixel, Xiaomi, dan OnePlus juga menyediakan versi beta. Sekarang, pengembang Custom Rom AOSP telah mengembangkan versi Rom terbaru untuk perangkat LG G4. Sekarang kamu dapat melihat link download dan langkah-langkah instalasi, serta persyaratan di bawah ini.

Langkah Install Android 10 Di LG G4

Pertama kamu harus membuka kunci bootloader pada perangkat tersebut untuk dapat mem-flash Custom Rom apa pun di LG G4. Maka kamu harus menggunakan TWRP Recovery untuk mem-flash file Rom tersebut. Namun, recovery ini tidak akan berfungsi untuk Rom yang menggunakan Android Pie.

Baca Juga : Cara Unlock Bootloader LG G4 H811 Via ADB and Fastboot

Jadi, kamu perlu menggunakan recovery ini untuk mem-flash Custom Rom Android 10. Akan tetapi sebelum melanjutkan ke langkah-langkahnya, mari kita lihat dahulu mengenai semua persyaratan dan link download.

Disclaimer:

Kami tidak bertanggung jawab atas segala jenis kerusakan atau kesalahan yang terjadi pada ponsel kamu saat atau setelah mengikuti tutorial di bawah ini. Ini adalah Custom Rom dan mungkin berisi beberapa bug atau masalah stabilitas. Kami tidak dapat menyarankan kamu untuk menggunakan firmware ini sebagai kinerja harian kamu. Jika kalian sudah siap menanggung segala risiko apa pun, kamu bisa melanjutkannya di bawah ini.

Persyaratan Yang Harus Dilakukan

  1. Ini adalah file Custom Rom AOSP yang berbasis Android 10 dan hanya support untuk perangkat LG G4.
  2. Kamu harus membuka kunci bootloader pada perangkat LG G4 tersebut.
  3. Download bahan-bahan yang akan diperlukan, meliputi TWRP, Custom Rom AOSP, Android 10 GApps di bawah ini.
  4. Jaga agar baterai perangkat kamu terisi hingga 60%, agar proses dapat berjalan dengan lancar.
  5. Buat backup data pada perangkat LG G4, agar tidak terjadinya kehilangan data-data penting dalam ponsel.

Link Download

  1. Lineage OS 17
  2. Download Android 10 Gapps
  3. Download dan install LG USB Drivers
  4. Download TWRP Recovery Image

Cara Install Custom Rom Android 10 Di LG G4

  1. Pastikan kamu telah mendownload semua file-file yang diperlukan di perangkat kamu.
  2. Sekarang, copy semua file tersebut ke dalam penyimpanan internal ponsel kamu.
  3. Selanjutnya, reboot LG G4 kamu ke dalam Mode Recovery.
  4. Kamu akan boot ponsel ke Mode Recovery TWRP.
  5. Di dalam menu recovery, pilih menu Install >> Install Image >> pilih file image TWRP dari tempat lokasi kamu menyimpannya.
  6. Selanjutnya, Swipe to confirm flash.
  7. Sekarang, reboot ponsel kamu dan reboot lagi ke dalam Mode Recovery.
  8. Di menu TWRP, pilih menu Wipe.
  9. Selanjutnya, pilih Advanced Wipe >> pilih data, sistem, vendor, cache. Jika sudah, lalu swipe untuk segera menghapusnya.
  10. Selanjutnya, kembali ke dalam menu Install lalu flash file Custom Rom Zip.
  11. Selanjutnya, hilangkan tanda centang pada mounted. Jika sudah, kemudian flash file Gapps zip dengan cara yang sama seperti tadi.
  12. Terakhir, reboot ponsel kamu ke sistem. Tunggu sampai proses boot selesai, mungkin akan membutuhkan waktu yang cukup lama.
  13. Selesai.

Kesimpulan

Kami berharap dengan tutorial di atas akan bermanfaat bagi teman-teman semua, dan kamu pun telah berhasil menginstal Custom Rom Android 10 AOSP di perangkat LG G4 kamu dengan mudah. Jika seandainya ada yang tidak beres atau jika kamu memiliki pertanyaan apa pun, kamu bisa berkomentar di bawah ini.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

Anda diperbolehkan untuk menyalin semua isi artikel atau link download dari blog kami ini, hanya saja dengan syarat menyertakan sumber dari blog ini.

Jika Anda menyertakan sumber dari blog kami, maka Anda tidak akan mengalami masalah teguran "Hak Cipta Dari Saya" yang dapat menyebabkan terjadinya masalah pada blog Anda.