Download Custom Rom LG G4 H811 Terbaik Dan Terlengkap - Tips Tutorial Bersama

Rabu, 07 Juli 2021

Download Custom Rom LG G4 H811 Terbaik Dan Terlengkap

LG G4 merupakah salah satu seri smartphone Android keluaran dari pabrikan LG, ponsel ini juga memiliki beberapa fitur lainnya yang cukup menarik dari pendahulunya. Maka dari itu, maka di bawah ini kami akan membagikan link download LG G4 H811 Custom Rom yang sudah menggunakan versi Android Nougat atau di atasnya.

Perlu kamu ketahui, bahwa untuk dapat menginstal custom rom LineageOS ini ada baiknya jika kamu melakukan Flash LG G4 H811 terlebih dahulu. Karena hal tersebut dapat meminimalkan terjadinya kegagalan selama proses pemasangan tersebut. Seperti yang sudah diketahui ponsel yang sudah di flashing akan menghapus semua virus-virus di dalamnya.

Apabila kalian mengalami permasalahan tentang ponsel Android yang memiliki aplikasi bawaan yang sangat banyak, dan menjadikan kinerja ponsel menjadi lambat. Maka salah satu solusinya adalah dengan menginstal custom rom di ponsel tersebut. Smartphone LG G4 yang sudah di custom akan memiliki sedikit aplikasi bawaan, dan tentunya pemakaian RAM juga tidak akan terlalu banyak.

Seperti yang telah diketahui, bahwa saat ini sudah banyak berbagai developer yang menciptakan sebuah rom khusus yang sudah dimodifikasi, salah satunya adalah dari Cyanogen dan LineageOS. Kedua nama developer tersebut merupakan para pengembang yang sudah banyak menciptakan custom rom untuk handphone Android, seperti LG G4 H811 ini.

Salah satu yang membuat ponsel LG terkenal dan berbeda dengan smartphone Android lainnya adalah karena LG mempunyai ciri khas tersendiri dalam setiap ponselnya, yaitu selalu memiliki tombol dibagian belakangnya. Mungkin bagi sebagian orang yang baru pertama kali menggunakan ponsel LG akan merasa aneh, namun bagi mereka yang sudah terbiasa dengan adanya tombol dibelakang dapat memudahkan mereka dalam penggunaannya.

Beberapa tahun yang lalu, pabrikan LG sempat tidak mengeluarkan ponsel terbarunya. Karena banyak yang bilang bahwa LG telah kehilangan beberapa sahamnya. Walaupun demikian, LG di masa lalu memiliki kenangan yang cerah. Nah, maka sebab dari itu, disini kami akan memberikan informasi mengenai custom rom terbaik untuk LG G4 berdasarkan rekomendasi dari XDA.

Tetapi ada beberapa syarat yang harus dilakukan sebelum melakukan instalasi custom rom tersebut, yaitu dengan melakukan langkah Root LG G4 terlebih dahulu. Jika, kamu tidak melakukan hal ini, maka bisa dipastikan untuk proses instalasi custom rom tersebut tidak dapat berjalan dengan lancar dan akan mengalami kegagalan, serta dapat menyebabkan ponsel menjadi bootloop.

LG G4 pertama kali diluncurkan dan diperkenalkan ke publik pada bulan April 2015, dan banyak dari sebagian pengguna Android yang menanti-nantikanya untuk dapat segera menjajalkannya. Ponsel ini menampilkan IPS Quantum LCD Display sebesar 5,5 inci dan menjadikannya smartphone flagship kelas menangah yang disukai banyak masyarakat.

Baca Juga : Cara Root Asus Zenfone Max Pro M1 Via TWRP Recovery

Ponsel ini ditenagai dengan prosesor Snapdragon 808 Hexa-core 1,8 GHz, ditambah dengan RAM 3 GB yang membuat performanya semakin terdepan. Sedangkan dalam segi kamera, LG G4 mempunyai kamera belakang dengan resolusi 16 MP dan kamera depan 8 MP. Bagi para pencinta fotografi, ponsel ini akan menghasilkan kualitas gambar yang cukup jernih.

Pada pertama kali dirilis, LG G4 menggunakan Android versi 5.1.1 (Lollipop). Dan untuk saat ini perangkat tersebut sudah tidak bisa lagi menerima pembaruan dan maksimal hanya bisa sampai di Android Marshmallow. Sedangkan jika ingin menggunakan versi Android yang lebih tinggi lagi, penggunanya harus menggunakan cara custom rom.

Kebetulan sekali, custom rom yang kami miliki saat ini sudah menggunakan versi 7.1.1 (Nougat). Rom yang satu ini merupakan salah satu custom rom yang dikembangkan oleh LineageOS. Proses instalasinya juga sangat mudah sekali dan tidak perlu menggunakan PC atau Laptop, hanya saja dengan menggunakan TWRP LG G4 H811.

Jika, kalian belum memasang Custom Recovery TWRP pada LG G4, kami sarankan untuk memasangnya terlebih dahulu. Seperti yang sudah kami katakan sebelumnya, bahwa rom ini merupakan sebuah custom rom LineageOS yang merupakan versi official dari pengembangnya tersebut. Mereka telah banyak berkontribusi dari komunitas Android diberbagai forum resminya.

Baca Juga : Cara Install TWRP Acer Z220 Via Aplikasi Rashr

Ada kabar yang mengatakan bahwa CyanogenMod kini beroperasi di bawah nama LineageOS. Jadi, dengan begitu kamu akan mendapatkan semua fitur yang terdapat dalam CM di dalam Rom LineageOs tersebut. Selain itu Rom Official dari LineageOS ini, penggunanya juga tetap akan menerima pembaruan secara rutin dan beberapa patch yang lebih stabil lagi.

Perlu kalian ketahui, walaupun LineageOS official ini cukup stabil, tetapi masih dalam tahap awal. Jadi, mungkin saja akan ada beberapa bug atau masalah yang terjadi pada rom tersebut. Jika, kamu menemukan bug di dalamnya, kamu dapat memberitahukannya ke salah satu forum untuk dapat segera diperbaiki.

Pengguna Android yang ingin melakukan install custom rom di perangkat mereka, pastikan untuk menerima semua resiko yang terjadi nantinya, terutama untuk mereka pengguna LG G4. Seperti yang sudah kami katakan sebelumnya, untuk dapat menginstal custom rom harus menggunakan Mode Recovery TWRP.

Nah, bagi kamu yang tidak mengetahui bagaimana cara menginstal TWRP tersebut, kamu harus melakukan langkah pertama dahulu, yaitu dengan proses Unlock Bootloader LG G4 H811. Setelah berhasil membuka kunci OEM, maka nanti pengguna dapat menginstal Custom Recovery TWRP melalui mode fastboot

Download Custom Rom Terbaik Untuk LG G4

Di bawah ini telah kami sediakan link download Custom Rom untuk perangkat LG G4, selain itu rom ini juga dapat digunakan untuk semua varian G4. Disini juga telah kami sortir untuk beberapa custom rom yang sangat cocok untuk perangkat LG yang satu ini.

Jika kamu pengguna perangkat LG G4, maka kalian sudah mengetahuinya bahwa smartphone ini menggunakan sistem operasi Android. Setiap pengguna Android akan memiliki beberapa keuntungan, dan ini memungkinkan setiap pengembang untuk menyesuaikan ROM untuk ponsel mereka.

LG G4 diluncurkan pada April 2015 dan menggunakan Android Lollipop, dan kemudian muncul pembaruan sampai ke versi Nougat. Nah, disini akan kami beritahukan beberapa nama custom rom yang terbaik untuk digunakan smartphone LG G4 semua varian.

Perbedaan Antara Stock Rom Dan Custom Rom

Namun sebelum kamu memulainya, disini akan kami beritahukan perbedaan antara Custom Rom dan Stock Rom. Hal tersebut agar kamu dapat membedakannya dan mengetahui kelebihan dan kekurangannya dari masing-masing.

1. Apa Itu Stock Rom Pada Android

Biasanya pada saat kamu pertama kali membeli suatu smartphone, maka ponsel tersebut biasanya akan dilengkapi dengan Stock Rom. Stock Rom adalah suatu sistem operasi yang sudah terinstal sebelumnya pada perangkat tersebut. Stock Rom tersebut memiliki fungsi yang terbatas yang telah ditentukan oleh produsen ponsel.

Nah, bagi kalian semua yang ingin memiliki beberapa fitur tambahan lainnya yang ingin ditambahkan pada ponsel tersebut, maka kamu harus menggunakan sebuah firmware yang sudah dimodifikasi atau biasa yang disebut sebagai Custom Rom.

2. Apa Itu Custom Rom Pada Android

Seperti yang sudah diketahui, bahwa Android adalah platform open source yang dimana developer dapat mengambil semua sumber kode dari Google dan membuat sistem operasi mereka sendiri yang biasanya berbentuk image system untuk perangkat smartphone maupun tablet.

Custom Rom ini merupakan sebuah sistem operasi yang tidak resmi dan biasanya akan menggantikan rom bawaan atau yang dikenal sebagai Stock Rom. Hal tersebut datang dengan kernel yang membuatnya menjadi OS yang sepenuhnya dapat berdiri sendiri. Jadi beberapa pengembang di berbagai komunitas Android akan menyesuaikan OS Android dengan menghapus beberapa file sistem yang tidak diperlukan.

Baca Juga : Cara Unlock Bootloader Acer Z220 Via Adb & Fastboot

Custom Rom ini diperbarui oleh pengembangnya secara berkala dan mereka akan memperbaiki semua laporan yang diterimanya terkait permasalahan bug. Custom Rom juga dapat memungkinkan memberikan pengalaman penggunanya untuk bisa merasakan sensasi dari OS terbaru tersebut.

Custom Rom Terbaik Untuk LG G4

Berikut di bawah ini adalah beberapa daftar Custom Rom terbaik untuk perangkat LG G4. Untuk dapat menginstal Custom Rom di smartphone LG G4, kamu akan memerlukan sebuah TWRP Recovery di perangkat tersebut. Setelah kamu berhasil menginstal TWRP, maka kamu akan dengan mudah menginstal Custom Rom atau Mod apa pun pada perangkat LG G4 yang kamu miliki.

Bagi kalian yang belum memiliki TWRP Recovery di LG G4, maka kalian harus memasangnya terlebih dahulu. Apabila kamu tidak mengetahui caranya, maka kamu dapat melihat langkah-langkahnya melalui postingan yang telah kami sampaikan di atas. Disana tertulis secara lengkap dan terperinci setiap langkah demi langkahnya.

Akan tetapi, jika kamu sudah memiliki TWRP di perangkat ini, maka kamu cukup mem-flash salah satu Custom Rom terbaik LG G4 disini. Seperti yang kami katakan, ada banyak jenis Custom Rom di luar sana yang dapat kamu pilih secara bebas. Namun, ada beberapa Custom Rom yang tidak berjalan dengan stabil pada setiap perangkat Android yang digunakan.

Kamu cukup membaca bagian deskripsi dan fitur yang telah disertakan dalam Custom Rom yang telah kami berikan di bawah ini untuk perangkat LG G4.

1. Android 10 (Q)

Pada Android 10 juga telah menawarkan penyaringan panggilan bawaan, API multi-kamera, smart reply di panel notifikasi, dukungan 5G, kualitas panggilan yang telah ditingkatkan, fitur gelembung, live caption, dan masih banyak lagi.

Sementara versi terbaru juga meningkatkan masa pakai baterai, focus mode yang mirip dengan mode Do Not Disturb, dan lain-lain. Selain itu, pada Android 10 juga menghadirkan 64 emoji terbaru. Itu juga dilengkapi dengan dukungan streaming audio langsung ke perangkat alat bantu dengar.

Download Custom Rom Android 10

2. Android 9.0 (Pie)

Android 9.0 (Pie) adalah iterasi ke-9 dan pembaruan utama dari OS Android Google. Android Pie baru menerima beberapa perubahan desain ke penerus Android Oreo, tetapi yang paling menonjol adalah sistem navigasi berbasis gesture.

Fitur lain dari Android 9 Pie adalah desain UI pengaturan cepat baru, penggeser volume yang didesain ulang, baterai canggih dengan dukungan AI, dukungan takik, kecerahan adaptif yang ditingkatkan, pemilihan tema manual, dasbor Android yang disebut Google Digital Wellbeing, dan masih banyak fitur lainnya.

Download Custom Rom Android 9.0

3. Lineage OS

Lineage OS adalah warisan Custom Firmware yang terkenal sejak lama, yang dikenal sebagai CyanogenMod atau CM. Perusahaan di balik Cyanogen.Inc telah menarik mod Android yang terpopuler, CyanogenMod yang membuat penggunanya kecewa. Beberapa percaya bahwa warisan CyanogenMod akan dibawa ke depan oleh mod Android yang baru.

Namun, itu semua belum bisa dipastikan. Karena di tengah-tengah kekacauan isu itulah LineageOS diperkenalkan dan pasti memberikan kembali semua jawaban tentang mod Android.

Lineage OS adalah salah satu Custom Rom terbaik untuk semua perangkat Smartphone Android. Rom Lineage untuk ponsel LG G4 telah hadir dengan banyak fitur canggih, seperti Customizable Status Bar, Theme, Resizing Navbar, Nav Bar Color, dan Customization, fitur Quick Toggle, dan masih banyak lagi.

4. AOSPExtended ROM

AOSPExtended ROM didasarkan pada kode Sumber AOSP yang membawa banyak komitmen yang dipilih dari beberapa proyek lainnya. Berbasis AOSP ini memberikan pengalaman yang sangat mulus dan bebas lag. Pengembang AOSP Extended telah berjanji untuk menambahkan banyak fitur terbaru dan akan membuatnya menjadi lebih baik untuk pembaruan di masa mendatang.

Custom Rom satu ini sama seperti Custom Rom lain pada umumnya, AOSP Extended Rom juga memiliki banyak fitur sebagai Status Bar dan kustomisasi Lockscreen, Theming, Navbar / Flingbar DU, AOSP Pie, dan fitur lainnya.

Download Custom Rom AOSP Extended Rom

5. Havoc OS

Havoc OS adalah Custom Rom baru yang dirancang berdasarkan OS Lineage dan menghadirkan banyak fitur baru yang mungkin tidak terdapat pada Custom Rom lainnya. Rom ini menghadirkan System-wide Rounded UI, Spectrum support, Battery Teak features, Status bar tweaks, OmniSwitch and Slim recent option for quick multitasking, dan masih banyak lagi.

Download Custom Rom Havoc OS

6. Resurrection Remix

Resurrection Remix adalah kombinasi stabilitas yang disediakan oleh CM dan fitur-fitur dari Slim, Omni, dan Remix aslinya yang menyediakan kombinasi luar biasa antara kinerja, penyesuaian daya, dan fitur-fitur terbaru yang dibawa langsung ke perangkat Android kamu.

Rom ini pada akhirnya memiliki fitur lengkap, stabil, dan dikombinasikan dengan fitur terbaik dari Rom Open Source. Rom ini juga menyediakan banyak add-on Resurrection Remix asli yang mengagumkan dalam build yang mencakup performa terbaik, kustomisasi, daya, dan fitur terbaru dari pengkat kamu.

Download Custom Rom Resurrection Remix

7. DotOS

DotOS adalah singkatan sederhana dari istilah Droid On Time Operating System. Rom ini dikembangkan oleh komunitas dan anggota tim yang bernama Ganesh Varma dan Kuber Sharma. Rom ini juga membawa banyak tweak dan fitur-fitur baru dan juga menggabungkan beberapa fitur dari Custom Rom terbaik.

Download Custom Rom DotOS

8. Bootleggers ROM

Bootleggers Rom adalah sebuah firmware purnajual berdasarkan Proyek Sumber Terbuka Ground Zero (GZOSP) dan telah menghadirkan fitur khusus dengan aplikasi paling berguna di perangkat kamu. Custom Rom ini menggunakan stabilitas dan kompatibilitas GZOSP, Rom ini juga dikemas dengan beberapa wallpaper custom (Dawn oleh fxckingdeathwish), nada dering, dan font untuk membawa perangkat kamu ke tampilan yang lebih segar, juga dengan pilihan ikon, paket header, dan wallpaper di aplikasi ShishiWalss.

Download Custom Rom Bootleggers Rom

9. CrDroid OS

CrDroid OS adalah Custom Rom baru berdasarkan AOSP / Lineage OS yang telah dibangun dari awal dengan menambahkan beberapa opsi kustomisasi dari AOSPA, Lineage, SlimROM, CrDroid OS dan masih banyak Rom hebat lainnya di luar sana. Rom satu ini membawa banyak opsi penyesuaian bersama dengan pengalaman Android murni.

Download Custom Rom CrDroid OS

10. CypherOS

CypherOS adalah Custom Rom baru dan didasarkan pada Android Open Source Code (AOSP). Rom ini merupakan perpanjangan dari Android murni dan mencoba menjaga kemurnian Android sambil menawarkan fitur yang berguna bagi pengguna. Tujuannya adalah untuk memberikan tingkat kinerja tertinggi sekaligus yang mencapai kesederhanaan.

CypherOS juga dikenal sebagai AOSCP yang merupakan singkatan dari Android Open Source CypherOS Project.

Download Custom Rom CypherOS

11. AICP OS

AICP juga merupakan singkatan dari Android ICE Cold Project yang merupakan firmware aftermarket berbasis Android Open Source Project. Rom ini pertama kali dikembangkan untuk perangkat HTC Disire HD pada tahun 2012. Sejak saat itu AICP telah berkembang menjadi Rom terbesar dengan komunitas terbaik yang dapat kamu temukan. Saat ini, Rom tersebut didasarkan pada OS Lineage dengan beberapa penyesuaian dari AOSP.

Download Custom Rom AICP OS

12. AOSiP OS

AOSiP OS adalah singkatan dari bentuk penuh Proyek ilusi Sumber Terbuka Android. Ini adalah Custom Rom yang berkualitas yang murni berdasarkan sumber Google AOSP sejak rilis 6.0. Diputar dengan fitur terbaru dan dipadukan dengan stabilitas.

Download Custom Rom AOSiP OS

13. Pixel Experience ROM

Seperti pada namanya, Rom ini menghadirkan pengalaman Google Pixel yang asli pada smartphone LG G4. Ia memiliki semua fitur dan aplikasi yang keluar dari kotak dengan smartphone Google Pixel. Sekarang kamu dapat merasakan Smartphone Pixel yang sebenarnya dengan menggunakan Rom yang satu ini.

Download Custom Rom Pixel Experience ROM

Kesimpulan

Nah, itulah beberapa daftar nama dari Custom Rom LG G4 yang terbaik dari berbagai pilihan. Kami berharap dari salah satu Custom Rom di atas ada yang sesuai dengan perangkat Android yang kamu miliki. Semoga dengan postingan yang kami berikan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman semua.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

Anda diperbolehkan untuk menyalin semua isi artikel atau link download dari blog kami ini, hanya saja dengan syarat menyertakan sumber dari blog ini.

Jika Anda menyertakan sumber dari blog kami, maka Anda tidak akan mengalami masalah teguran "Hak Cipta Dari Saya" yang dapat menyebabkan terjadinya masalah pada blog Anda.