Download Custom Rom DotOS For LG G4 - Tips Tutorial Bersama

Kamis, 15 Juli 2021

Download Custom Rom DotOS For LG G4

LG G4 H811 pertama kali diluncurkan pada bulan April 2015 lalu, ponsel ini pertama kali keluar telah menggunakan Android 5.1.1 Lollipop dan beberapa waktu kemudian akhirnya resmi meluncurkan pembaruan ke versi Android Nougat. Jika Anda penggemar Custom ROM, maka Anda bisa mencoba Custom ROM DotOS terbaru ini pada LG G4. ROM yang satu ini didasarkan dari AOSP Android 8.1 Oreo. Bagi Anda yang ingin mencobanya, Anda bisa mengikuti tutorial ini untuk dapat menginstal Custom ROM DotOS di perangkat LG G4 H811.

Jika Anda ingin mencoba dotOS di perangkat LG G4, Anda harus membuka Unlock Bootloader dan Install TWRP Recovery terlebih dahulu. Jika Anda mengalami kesalahan saat menginstal ROM tersebut, pastikan bahwa Anda telah mendownload file image TWRP terbaru demi kelancaran proses instalasinya. Di bawah ini juga telah kami cantumkan bagaimana cara memasang TWRP Recovery LG G4 dengan benar.

Apabila Anda belum memiliki TWRP pada ponsel LG ini, maka sudah dipastikan Anda tidak dapat menginstal Custom ROM dotOS ini. Jadi, pastikan untuk memasangnya dahulu. Nah, sebelum akan kami mulai ke pokok utama pembahasan ini, alangkah baiknya jika Anda mengetahui semua fitur-fitur yang terdapat pada dotOS ini.

Apa Itu dotOS

DotOS adalah singkatan sederhana dari istilah Droid On Time Operating System. ROM ini dikembangkan oleh komunitas dan anggota tim Ganesh Varma dan Kuber Sharma. ROM ini juga membawa banyak tweak dan fitur baru dan juga menggabungkan beberapa fitur dari Custom ROM terbaik.

Apakah Anda menginstal Custom ROM untuk pertama kalinya atau Anda sudah menginstal Custom ROM apa pun di ponsel Anda. Kemudian cobalah Custom ROM terbaru bernama dotOS. ROM menghadirkan banyak fitur keren dan bertujuan untuk memberikan kinerja dan stabilitas terbaik. Pengembang di balik dotOS berfokus pada performa dan baterai, sehingga seseorang bisa mendapatkan hasil maksimal dari perangkat Anda.

Fitur dotOS

Seperti yang sudah kami janjikan sebelumnya di atas, bahwa kami akan memberitahukan beberapa fitur yang akan didapatkan jika menggunakan DotOS ini. Untuk selengkapnya Anda bisa mengetahuinya di bawah ini.

  1. Status Bar Tweaks: Anda dapat mengubah posisi jam dan tanggal, gaya ikon baterai, ikon bilah status, dan lain-lain.
  2. Navigation Bar Customization: Ubah ukuran, tweak smartbar dan Anda juga dapat mengubah ke fling dan tweak nav DUI lainnya.
  3. Quick Settings: Anda memiliki sakelar penggeser kecerahan, mengubah warna background, tarik ke bawah yang cepat dan cerdas, dan masih banyak lagi.
  4. Recent Menu: Tampilkan bilah memori, opsi terbaru yang imersif bersama dengan tombol hapus semua.
  5. Lockscreen Customization: Ketuk dua kali untuk sleep dan fitur layar kunci lainnya.
  6. Buttons: Anda dapat menyesuaikan menu daya, tombol H/W, dan tweak tombol volume.
  7. Miscellaneous: Kustomisasi pengisian daya lampu baterai, operasi aplikasi, dan banyak fitur lainnya.

Langkah-Langkah Untuk Menginstal DotOS Di LG G4

Jika Anda baru pertama kali menginstal Custom ROM, maka pastikan untuk membaca postingan kami tentang perbedaan antara Custom ROM dan Stock ROM. Jika Anda sudah memiliki Custom ROM di LG G4, maka kami dapat memastikan bahwa dotOS adalah Custom ROM terbaik.

ROM ini membawa banyak fitur bersamaan dengan cadangan baterai dan kinerja yang sangat baik. Seperti yang kami katakan, ROM ini berdasarkan dari Android 8.1 Oreo. Berikut adalah penjelasan singkat dan apa yang ada di Android 8.1 Oreo.

Apa Yang Ada Di Android 8.1 Oreo

Seperti yang Anda harapkan, Android 8.1 Oreo adalah pembaruan tambahan yang membangun beberapa fitur baru yang ditemukan di versi pertama Oreo. Android 8.1 Oreo adalah versi perbaikan dan kekurangan dari Android 8.0 Oreo, ini tidak berarti Android 8.1 tidak menyertakan fitur baru, karena memang demikian. Berikut adalah semua fitur Android Oreo.

Features Android Oreo

Bagi Anda yang belum mengetahui fitur apa saja yang di dapatkan dari Android Oreo, di bawah ini merupakan beberapa fitur yang akan nantinya Anda dapatkan jika menggunakan versi Android 8.0 / 8.1.

  1. Notifications Channels (8.0)
  2. Picture In A Picture (8.0)
  3. Multi-Display Support (8.0)
  4. Keyboard Navigation (8.0)
  5. Background Limits (8.0)
  6. New Wi-Fi Features (8.0)
  7. Better Icons (8.0)
  8. Autofill (8.0)
  9. Cheeseburger Emoji (8.1)
  10. Neural Networks API (8.1)
  11. Pixel Visual Core co-processing technology to third-party developers (8.1)

Setelah Anda mengetahui semua fitur-fitur dari Android Oreo 8.0, selanjutnya mari kita lihat semua persyaratan apa saja sebelum Anda memulai memasang Custom ROM dotOS ini.

Persyaratan

Di bawah ini adalah semua syarat-syarat penting untuk menginstal Custom ROM. Pastikan bahwa Anda telah mengikuti semua syarat ini, jika tidak maka proses pemasangan ROM tersebut tidak dapat berjalan dengan lancar.

  1. File Custom ROM ini hanya support untuk perangkat LG G4 seri H811 saja. Jadi, pastikan jangan mencoba-coba ROM ini pada perangkat lain.
  2. Charger baterai ponsel Anda sampai terisi setidaknya 60% / 70%. Hal ini dapat mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan selama proses berlangsung.
  3. Download LG USB Driver, lalu install di komputer / laptop Anda.
  4. Selanjutnya Backup semua data-data yang tersimpan dalam penyimpanan internal. Karena pemasangan Custom ROM ini mengharuskan untuk menghapus semua data-data yang terdapat pada ponsel.
  5. Terakhir, pastikan bahwa Anda telah mendownload semua bahan-bahan yang diperlukan, terutama file Zip Custom ROM dan Open Gapps.

Cara Install Custom ROM DotOS Di LG G4

Setelah kalian sudah memenuhi semua persyaratan di atas, selanjutnya Anda dapat langsung mengikuti caranya di bawah ini. Pastikan untuk mengikuti setiap langkah dengan benar apabila Anda ingin berhasil memasang Custom ROM DotOS LG G4 H811.

  1. Pastikan bahwa perangkat Anda sudah melakukan Unlock Bootloader LG G4.
  2. Selanjutnya, pastikan bahwa perangkat Anda sudah di Install TWRP Recovery LG G4.
  3. Download Custom ROM DotOS 8.1 Oreo untuk LG G4.
  4. Download Open Gapps Android Oreo untuk LG G4.
  5. Jika kedua file tersebut sudah Anda download semua, lalu pindahkan ke dalam penyimpanan internal ponsel.
  6. Langkah selanjutnya adalah dengan boot ponsel Anda ke dalam Mode Recovery. Untuk melakukannya Anda bisa menekan tombol Volume Bawah + Power secara bersamaan.
  7. Jika sudah berhasil masuk ke Mode Recovery, selanjutnya klik menu Wipe. Pada menu Wipe ini kita akan menghapus semua data diponsel meliputi Data, System, Cache, dan Dalvik / Cache.
  8. Jika sudah selesai, sekarang kembali ke menu utama TWRP. Selanjutnya kita akan mem-flash file Custom ROM dan Open Gapps.
  9. Yang pertama kita akan mem-flash file Custom ROM dahulu, untuk melakukannya pilih menu Install, lalu cari file Custom ROM DotOS yang tadi sudah Anda salin ke penyimpanan internal, lalu Swipe to confirm flash.
  10. Jika sudah selesai, selanjutnya ulangi lagi cara tersebut dan sekarang tinggal mem-flash file Open Gapps Android Oreo.
  11. Jika prosesnya sudah selesai, selanjutnya klik Reboot untuk memuat ulang ponsel Anda.
  12. Pada tahap ini biasanya akan membutuhkan waktu cukup lama sampai ponsel menyala kembali, mungkin akan membutuhkan waktu kurang lebih 15 menitan.
  13. Selesai.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah untuk dapat menginstal Custom ROM DotOS Android 8.0 dan Open Gapss Android Oreo untuk ponsel LG G4, proses pemasangannya akan menggunakan mode Recovery TWRP. Semoga dengan tutorial yang telah kami buat ini dapat bermanfaat untuk teman-teman semuanya yang saat ini sedang membutuhkannya.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

Anda diperbolehkan untuk menyalin semua isi artikel atau link download dari blog kami ini, hanya saja dengan syarat menyertakan sumber dari blog ini.

Jika Anda menyertakan sumber dari blog kami, maka Anda tidak akan mengalami masalah teguran "Hak Cipta Dari Saya" yang dapat menyebabkan terjadinya masalah pada blog Anda.