Cara Membuat Akun iCloud Baru Di Perangkat Apple - Tips Tutorial Bersama /* Label Tag */

Cara Membuat Akun iCloud Baru Di Perangkat Apple

Cara Membuat iCloud Baru

Cara Membuat iCloud Baru di iPhone, iPad, atau iPod sangatlah mudah sekali dilakukan bagi mereka yang baru pertama kali menggunakan produk dari Apple. Dengan membuat akun Apple ID, maka penggunanya dapat mendownload berbagai aplikasi yang tersedia di dalam App Store. App Store ini sama halnya dengan Google Play Store yang terdapat pada Android.

Hanya saja yang membedakan dari keduanya adalah format aplikasinya yang berbeda. Jika pada Android biasanya akan menggunakan format APK sebagai aplikasinya, sedangkan untuk perangkat Apple atau IOS akan menggunakan format IPA. Format IPA inilah yang menjadi dasar dari aplikasi yang ada di iPhone, iPad, atau iPod Touch.

Maka dari itu akun Apple ID sangat penting sekali bagi mereka yang menggunakan Iphone atau iPad. Tanpa adanya akun tersebut, maka penggunanya tidak bisa mendownload aplikasi yang ada di App Store. Bagi mereka yang telah memiliki akun Apple ID, maka mereka bisa memanfaatkan fitur iCloud yang terdapat di iPhone.

iCloud inilah yang menjadi ciri khas dari Apple, karena untuk keamanan akunnya sendiri sangat terjamin dan tidak mudah di bobol oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Walaupun saat ini sudah keluar iPhone 12, tetapi masih saja banyak yang menggunakan iPhone 5S. Pasalnya iPhone 5S juga sudah memiliki spesifikasi yang cukup baik untuk kebutuhan sehari-hari.

Bagi kalian yang baru pertama kali menggunakan iPhone 5S atau seri iPhone yang lainnya dan tidak tahu bagaimana membuat akun ICloud, disini Anda dapat melihat tutorialnya tentang Cara Membuat iCloud Baru iPhone 5S dengan sangat mudah. Karena di iCloud ini penggunanya bisa melakukan backup data atau melacak ponsel iPhone-nya.

Cara Membuat Akun iCloud Baru Di iPhone

iCloud adalah sebuah sistem komputasi yang dipublikasikan oleh Apple Inc pada tahun 2011 lalu. Beragam fitur dan manfaat bisa dilakukan oleh iCloud tersebut, seperti mensinkronkan data foto, musik, dokumen, video, dan lain sebagainya ke perangkat Apple yang lainnya. Namun sebelum bisa memiliki akses tersebut penggunanya harus mengetahui terlebih dahulu tentang Cara Membuat iCloud Baru Di iPhone.

Untuk membuat akun iCloud atau Apple ID bisa dilakukan dengan dua cara yang berbeda, yaitu bisa melalui perangkat Apple-nya sendiri atau melalui situs resmi Apple. Nanti disini akan saya jelaskan semuanya satu per satu dan Anda dapat memilih ingin menggunakan metode yang mana yang sesuai dengan selera kalian.

Perlu kalian ketahui bahwa akun Apple ID dan iCloud sama-sama menggunakan akun yang sama. Jadi, kalian tidak perlu membuat alamat email yang berbeda untuk membuat kedua akun tersebut. Hanya saja untuk bisa mengaktifkan layanan iCloud tersebut dapat dilakukan dengan cara manual, tenang saja nanti hal tersebut juga akan saya bahas disini.

Cara Membuat Apple ID / iCloud Melalui Situs Apple.com

Bagi setiap pengguna produk Apple baik itu perangkat iPhone, iPad, iPod Touch, iMac, atau Macbook sekalipun wajib memiliki akun Apple ID atau iCloud. iCloud selain berfungsi untuk menyinkronkan data dari satu device ke device lainnya juga berfungsi untuk layanan Find My Phone. Fitur ini dapat dimanfaatkan untuk melacak lokasi perangkat yang hilang.

Jadi, jika diantara kalian ada yang mengalami kehilangan iPhone atau iPad dapat melacak keberadaan device tersebut melalui akun iCloud yang telah di sign in di perangkat Apple yang lainnya. Namun sebelum bisa melakukan hal tersebut, penggunanya harus memiliki terlebih dahulu akun iCloud tersebut.

Bagi kalian yang belum mempunyai akunnya, saya sarankan untuk membuatnya terlebih dahulu. Namun, jika kalian tidak mengetahui bagaimana cara membuat iCloud atau Apple Id bisa melihatnya melalui langkah-langkah di bawah ini. Pertama saya akan menjelaskan bagaimana membuat akun tersebut melalui situs resmi Apple.com.

  1. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan membuka halaman Apple.com.
  2. Lalu pada situs tersebut scroll ke paling bawah dan milih menu Manage Your Apple ID yang terdapat di dalam menu Account.
  3. Pada halaman selanjutnya, lalu pilih yang Create your Apple ID.
  4. Maka nanti kalian akan diminta untuk memasukkan beberapa informasi. Lalu isi saja setiap kolom tersebut sesuai yang telah diperintahkan, jika sudah klik Continue.
  5. Maka selanjutnya Anda akan diminta untuk memasukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan melalui email.
  6. Selanjutnya Anda buka saja kotak masuk di email Anda, lalu masukkan kode yang diberikan tersebut ke dalam halaman verfikasi yang terdapat di situs Apple.com tadi.
  7. Jika sudah kalian masukkan kode verifikasi tersebut, lalu klik Continue.
  8. Maka kalian akan diminta untuk memasukkan kode verifikasi lagi yang dikirimkan ke no handphone yang tadi di daftarkan untuk membuat akun Apple Id.
  9. Lalu masukkan lagi kode tersebut dan klik Continue.
  10. Sampai disini Anda telah selesai membuat akun Apple ID melalui situs Apple.com. Selanjutnya tinggal kalian login kan saja ke perangkat iPhone yang kalian miliki.
  11. Untuk melakukannya buka menu Pengaturan yang terdapat di dalam iPhone kalian.
  12. Selanjutnya pilih Masuk ke iPhone Anda, lalu masukkan alamat email yang tadi telah Anda daftarkan di dalam kolom ID Apple, lalu masukkan juga password yang tadi telah Anda buat.
  13. Sampai disini Anda telah berhasil login Apple Id ke dalam iPhone.
  14. Lalu untuk mengaktifkan layanan iCloud bisa dilakukan melalui menu ID Apple tadi, lalu pilih iCloud yang ada di bagian bawah.
  15. Selesai.

Dengan begini Anda telah selesai membuat akun Apple ID atau iCloud baru melalui situs resminya. Selanjutnya Anda dapat mendownload aplikasi yang ada di App Store dan mengaktifkan layanan iCloud. Jika kalian mengalami kesulitan apapun, Anda dapat memberikan komentar di bawah ini.

Cara Membuat Apple ID / iCloud Melalui iPhone atau iPad

Sebelumnya saya telah selesai memberikan tutorial tentang cara membuat akun Apple ID dengan melalui situs resminya. Selanjutnya di bawah ini saya akan memberikan tutorial dengan membuat akun Apple ID melalui langsung dari iPhonenya. Tentu saja cara berikut ini tidak akan menggunakan kartu kredit dan dapat dilakukan dengan cara gratis.

  1. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan membuka menu Pengaturan yang terdapat di iPhone yang kalian miliki.
  2. Setelah terbuka, lalu pilih Masuk ke iPhone Anda.
  3. Selanjutnya pilih yang Tidak memiliki ID Apple atau lupa?.
  4. Selanjutnya pilih yang Buat ID Apple.
  5. Maka selanjutnya Anda diminta untuk memasukkan Nama Depan, Nama Belakang, dan Tanggal Lahir. Jika sudah, lalu klik Berikutnya yang terletak di bagian pojok kanan atas.
  6. Selanjutnya masukkan alamat email yang ingin kalian jadikan alamat email Apple ID nanti. Jika sudah, klik Berikutnya lagi.
  7. Selanjutnya masukkan Kata Sandi atau Password yang ingin dijadikan password Apple ID tersebut.
  8. Selanjutnya pada halaman Pertanyaan Keamanan pilih saja salah satu yang kalian inginkan. Pilih Pertanyaan dan Jawaban sesuka kalian, hal ini digunakan sebagai langkah alternatif jika sewaktu-waktu kalian lupa password Apple ID tersebut.
  9. Selanjutnya pada halaman Syarat dan Ketentuan klik Setuju yang terdapat di bagian kanan bawah.
  10. Maka selanjutnya Anda akan di arahkan ke halaman Masuk ke iCloud.
  11. Pada halaman tersebut Anda diminta untuk melakukan Verifikasi alamat email. Lalu pilih saja yang Verifikasikan Alamat Email.
  12. Selanjutnya Anda akan diminta untuk memasukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan melalui alamat email yang tadi telah kalian daftarkan.
  13. Setelah berhasil memasukkan kode tersebut, maka akan langsung di proses secara otomatis.
  14. Jika kalian melihat pesan Cari iPhone Saya Diaktifkan, klik saja OKE untuk melanjutkannya.
  15. Selanjutnya pilih menu iTunes dan App Store. Maka kemudian Anda akan diarahkan pada tampilan Atur Media & Pembelian, pada tampilan tersebut pilih saja Lanjutkan.
  16. Kemudian pada langkah selanjutnya, silahkan kembali ke menu utama iPhone dan buka aplikasi App Store.
  17. Pada langkah ini, silahkan Anda coba download salah satu aplikasi yang gratis.
  18. Jika kalian sudah memutuskan ingin mendownload aplikasi apa, lalu klik DAPATKAN. Maka selanjutnya Anda akan melihat pesan Masuk. Kemudian pilih yang Gunakan ID Apple Yang Ada.
  19. Selanjutnya masukkan ID Apple dan Kata Sandi yang tadi telah Anda buat sebelumnya, kemudian klik OKE.
  20. Maka kalian akan melihat pesan ID Apple ini belum pernah digunakan di iTunes Store, kemudian pilih saja Tinjau.
  21. Maka selanjutnya Anda akan diarahkan ke halaman berikutnya yang bernama Lengkapi ID Apple Anda.
  22. Pada halaman tersebut pilih Indonesia dan aktifkan tombol Menyetujui Syarat dan Ketentuan, kemudian klik Berikutnya.
  23. Maka selanjutnya Anda akan di arahkan ke halaman METODE PEMBAYARAN.
  24. Pada menu Kartu Kredit/Debit pilih yang Tidak Ada. Lalu pada ALAMAT PENAGIHAN isi sesuai alamat kalian.masing-masing, jika sudah klik Berikutnya.
  25. Maka selanjutnya Anda akan melihat tampilan ID Apple Selesai Dibuat, lalu klik saja pada bagian Lanjutkan.
  26. Maka proses download aplikasi yang tadi akan langsung di proses. Kemudian klik Instal, lalu masukkan Kata Sandi ID Apple yang tadi telah berhasil dibuat, lalu klik Masuk.
  27. Sampai disini kalian telah selesai membuat akun Apple ID.
  28. Selesai.

Sampai disini kalian telah selesai membuat akun Apple ID dan iCloud baru dengan menggunakan dua metode yang berbeda. Perlu kalian ketahui bahwa Apple ID tersebut juga dapat digunakan sebagai akun iCloud. Selanjutnya kalian bebas merubah pengaturan yang terdapat pada iCloud yang telah di login melalui iPhone.

Apa Yang Dimaksud Dengan Lock iClod

Lock iCloud adalah sebuah sistem keamanan tingkat tinggi yang terdapat pada semua merek Apple. Sebagian besar yang mengalami permasalahan seperti ini terjadi pada perangkat iPhone yang telah menggunakan versi IOS 7 ke atas. Setelah penggunanya mengalami akun iCloud yang terkunci seperti tersebut, maka ponsel iPhone miliknya tidak bisa digunakan lagi.

Penyebab terbesar mengapa bisa terjadi hal seperti ini, karena penggunanya lalai sebelum melakukan langkah log out sebelum melakukan proses install ulang pada iPhone tersebut. Karena jika akun iCloudnya masih tersimpan di dalam iPhone dan mereka melakukan langkah restore atau install ulang, maka setelah proses restorenya selesai akan diminta untuk memasukkan Apple ID dan Kata Sandi dari iCloud tersebut.

Nah, karena hal tersebutlah mengapa iPhone menjadi terkunci oleh iCloud. Sebagian besar pengguna iPhone yang mengalami masalah ini, karena mereka lupa kata sandinya. Jika mereka tidak mengetahui alamat Apple ID dan Kata Sandinya, maka iPhone tidak dapat masuk ke dalam menu utamanya. Dengan kata lain, hanya stuck disitu saja.

Lantas Apakah Bisa Untuk Mengatasi iCloud Yang Terkunci

Untuk mengatasi permasalahan semacam ini bisa-bisa saja dilakukan. Jika kalian mencari tutorialnya di Youtube, maka disana Anda akan menemukan berbagai video yang menjelaskan untuk mengatasinya. Namun tidak semua orang yang mencoba melakukannya akan berhasil 100%. Faktanya untuk membuka akun iCloud yang terkunci seperti ini tidaklah mudah seperti yang terdapat pada video di Youtube tersebut.

Jika salah satu dari kalian ada yang mengalami lock iCloud, saya sarankan untuk meminta bantuan terhadap service center Apple pusat. Tentu saja untuk meminta bantuan dari service centernya tidaklah mudah, Anda bisa saja diminta untuk memverifikasi data diri atau semacamnya. Namun bukan berarti tidak ada solusi lainnya, salah satu solusi alternatifnya adalah dengan menggunakan jasa unlock iClod.

Kini sudah ada banyak jasa unlock iCloud di konter-konter atau dimana saja, kalian bisa mencarinya melalui sosial media atau bertanya kepada seseorang yang mengetahui lokasi jasa unlock iCloud tersebut. Biaya yang dikeluarkan untuk dapat menggunakan jasa tersebut tidaklah murah, menurut informasi yang telah saya dengar sekitar Rp1.500.000 atau bahkan bisa saja lebih mahal dari segitu.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah untuk kalian yang ingin mengetahui Cara Membuat iCloud Baru Di iPhone 4 bisa menggunakan salah satu metode yang telah saya jelaskan di atas. Setiap langkah tersebut dapat digunakan disemua produk Apple dan juga disemua versi IOS. Akhir kata saya ucapkan terimakasih, karena kalian telah mengunjungi halaman artikel ini. Semoga dengan artikel yang telah saya buat ini dapat bermanfaat untuk teman-teman semua.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda