Cara Install Ulang Windows 10 Menggunakan Flashdisk - Tips Tutorial Bersama /* Label Tag */

Cara Install Ulang Windows 10 Menggunakan Flashdisk

Install Ulang Windows 10

Install Ulang Windows 10 merupakan sebuah langkah yang biasa di lakukan oleh setiap pengguna komputer atau laptop yang mengalami masalah pada operating systemnya. Hal ini biasa di lakukan mereka untuk memperbaiki Windowsnya yang mengalami eror atau terkena virus. Proses cara install ulang ini juga akan mengembalikan kondisi laptop seperti keadaan semula lagi.

Pada dasarnya untuk dapat melakukan proses install ulang Windows sebenarnya akan menggunakan media seperti DVD atau Flashdisk. Hal tersebut berlaku bagi komputer yang tidak mempunyai Windows Original. Sedangkan pada komputer yang sudah menggunakan Windows ori, maka tidak perlu lagi menggunakan DVD atau Flashdisk.

Melakukan proses install ulang pada komputer terdapat dua cara yang dapat di lakukan, seperti yang sebelumnya sudah kami sampaikan di atas. Pada artikel yang akan kami buatkan kali ini adalah mengenai kedua cara tersebut, yaitu cara install ulang Windows 10 dengan menggunakan flashdisk atau tanpa flashdisk. Namun sebelum memulainya ada beberapa hal yang harus kamu ketahui terlebih dahulu.

Perbedaan Refresh Dan Reset Di Windows 10

Pada Windows 10 sebenarnya sudah disediakan fitur bawaan yang bernama Refresh dan Reset. Fitur tersebut dapat berguna untuk melakukan install ulang pada Windows 10. Namun di balik kedua fitur tersebut terdapat perbedaan yang harus di ketahui, walaupun refresh dan reset sama-sama memiliki fungsi yang sama untuk install ulang Windows 10.

Refresh pada Windows 10 juga bisa di katakan sebagai langkah install ulang pada Windows, akan tetapi dengan melakukan refresh ini tidak akan menghapus aplikasi atau data-data yang tersimpan di dalamnya. Sedangkan reset akan menghapus seluruh sistem, termasuk aplikasi yang telah di install dan file-file yang terdapat pada data C dan D.

Namun perlu kamu ketahui agar bisa menggunakan fitur Refresh dan Reset ini hanya berlaku pada komputer atau laptop yang sudah menggunakan Windows 10 original. Jika kamu menggunakan Windows bajakan, maka cara tersebut tidak dapat di lakukan, walaupun refresh dan reset juga telah tersedia pada versi windows tersebut.

Cara Install Ulang Windows 10 Dengan Flashdisk Atau Tanpa Flashdisk

Seperti yang sudah kami janjikan di dalam artikel ini, di sini kami akan menyediakan tutorial tentang Install Ulang Windows 10 Dengan Flashdisk dan tanpa menggunakan flashdisk atau DVD. Sebagian besar masyarakat kekinian pasti sudah mengerti apa itu install ulang, tetapi dalam segi pembahasan tentang Windows mungkin masih banyak yeng belum mengetahuinya.

Windows 10 salah satu produk operating system besutan Microsoft Corporation yang cukup terkenal di kalangan masyarakat seluruh dunia. Microsoft telah terkenal sejak beberapa dekade yang lalu sampai saat ini. Pasalnya Microsoft Corporation telah meluncurkan beberapa produk olahannya ke publik dan dapat di pergunakan dengan baik oleh masyarakat.

Salah satunya adalah Office dan Windows, kedua produk tersebut sampai saat ini tetap masih digunakan oleh orang-orang untuk kepentingan pekerjaan atau lain-lain. Kini Microsoft telah meluncurkan beberapa seri operating system Windows, dimulai dari Windows XP, 7, 8, 10, dan 11. Setiap tampilan semua windowsnya tersebut berbeda-beda dan memiliki kelebihannya masing-masing.

Tidak heran kalau banyak orang yang ingin menggunakan Windows versi terbaru di perangkat komputernya masing-masing. Walaupun sekarang ini sudah tersedia Windows 11, namun masih banyak yang ingin menggunakan Windows 10 di laptopnya. Nah, melalui artikel ini kami akan membuatkan cara install ulang Windows 10 dengan dua cara yang berbeda.

Cara Install Ulang Windows 10 Menggunakan Flashdisk

Cara install ulang Windows 10 yang akan kami beritahukan terlebih dahulu adalah dengan menggunakan flashdisk. Namun sebelum kamu memulainya ada beberapa hal yang harus kamu lakukan terlebih dahulu. Jika tidak, maka proses install ulang dengan cara ini tidak dapat berjalan dengan lancar. Berikut adalah persyaratan yang harus kamu lakukan terlebih dahulu.

Persyaratan Yang Harus Di Lakukan Terlebih Dahulu

  1. Download terlebih dahulu file ISO Windows 10 versi terbaru.
  2. Buat Bootable Windows 10 ke flashdisk.
  3. Setting BIOS pada komputer atau laptop yang akan digunakan.

Note: Setiap merk laptop memiliki setingan BIOS yang berbeda-beda, untuk dapat melakukan hal ini kamu bisa mencari tutorialnya di Youtube untuk mencari setingan BIOS yang sesuai dengan merk laptop yang kamu gunakan.

Jika semua syarat tersebut sudah kamu kerjakan semuanya, kemudian kamu dapat melanjutkan ke proses install ulang Windows 10. Untuk langkah-langkahnya dapat kamu lihat di bawah ini dengan lengkap dan mudah. Pastikan untuk mengikuti setiap langkah yang telah kami berikan dengan benar jika tidak ingin mengalami kegagalan.

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan mematikan komputer atau laptop sampai dalam keadaan mati atau off.
  2. Langkah selanjutnya adalah dengan mencolokan USB Flashdisk yang tadi sudah kamu buatkan instaler Windows 10 atau bootable Windows 10.
  3. Langkah selanjutnya adalah dengan masuk ke dalam Boot Menu.
  4. Untuk dapat melakukan hal ini, kamu bisa menyalakan laptop atau komputer sambil menekan tombol ESC secara terus menerus. Hal ini berlaku pada semua laptop merk Asus.
  5. Sedangkan jika kamu menggunakan laptop lain, kamu bisa mencari tahunya dengan searching di google. Karena setiap laptop memiliki tombol yang berbeda untuk dapat masuk ke dalam Boot Menu.
  6. Jika sudah berhasil masuk ke dalam Boot Menu, kemudian pilih yang USB Flasdisk dan tekan enter.
  7. Kemudian kamu akan melihat pesan yang bertuliskan Pres any key to boot from CD or DVD.
  8. Jika kamu melihat pesan tersebut, tekan tombol apa saja yang ada di keyboard.
  9. Kemudian kamu akan di arahkan ke tampilan berikutnya.
  10. Pada tampilan tersebut pilih bahasa yang ingin digunakan dan format waktu, kemudian klik Next
  11. Pada halaman berikutnya pilih Install now.
  12. Maka selanjutnya kamu akan di arahkan ke halaman berikutnya. Pada halaman Active Windows klik pada I don't have a product key, kemudian klik Next.
  13. Selanjutnya kamu akan di arahkan ke halaman Select the operating system you want to install, pada halaman tersebut silahkan pilih versi Windows 10 yang kamu inginkan, kemudian klik Next.
  14. Maka selanjutnya kamu akan di arahkan ke halaman Applicable notices and license terms, pada halaman tersebut beri tanda centang pada I accept the license terms, kemudian klik Next.
  15. Maka selanjutnya kamu akan di arahkan ke halaman Which type of installation do you want?, pada halaman tersebut pilih yang Custom: Install Windows only (advanced).
  16. Maka selanjutnya kamu akan di arahkan ke halaman Where do you want to install Windows?, pada halaman tersebut saatnya untuk menghapus partisi.
  17. Jika kamu tidak ingin kehilangan semua data-data yang terdapat pada data D, maka yang harus kamu hapus cukup pilih yang Drive 0 Partition 1: System Reserved dan Drive 0 Partition 2.
  18. Pertama yang akan kita hapus Partition 1, untuk dapat melakukannya klik pada partisi tersebut dan klik Delete.
  19. Selanjutnya untuk Partition 2 juga lakukan hal yang sama.
  20. Jika kedua partisi tersebut sudah berhasil terhapus, selanjutnya untuk membuat partisi ulang untuk kedua partisi tadi.
  21. Untuk dapat melakukannya klik pada Drive 0 Unallocated Space. Kemudian klik New dan tentukan size yang di inginkan, jika sudah klik Apply.
  22. Jika sudah selesai, kemudian klik pada Partition 1 dan klik Next.
  23. Maka selanjutnya proses install ulang Windows 10 akan langsung berjalan secara otomatis.
  24. Pada tahap ini kamu tunggu saja sampai prosesnya selesai, mungkin akan membutuhkan waktu 10 - 15 menit tergantung dari spesifikasi laptop yang kamu pakai.
  25. Jika prosesnya sudah mencapai 100% maka kamu akan melihat halaman Let's start with region. Is this correct?, pada halaman tersebut pilih Indonesia dan klik Yes.
  26. Maka selanjutnya kamu akan di arahkan ke halaman Is this the right keyboard layout?, pada halaman ini kamu pilih US dan klik Yes.
  27. Maka selanjutnya kamu akan di arahkan ke halaman Do you want to add a second keyboard layout?, pada halaman tersebut klik Skip.
  28. Maka selanjutnya kamu akan di arahkan ke halaman Let's connect you to a network, pada halaman tersebut kamu bisa menyambungkan ke wifi yang kamu miliki. Tapi jika kamu tidak mempunyainya klik pada I don't have internet.
  29. Maka selanjutnya kamu akan di arahkan ke halaman There's more to discover when you connect to the internet, pada halaman tersebut klik saja pada Continue with limited setup.
  30. Maka selanjutnya laptop akan restart dengan sendirinya, kemudian kamu tunggu saja sampai dengan selesai.
  31. Setelah laptop berhasil menyala kembali, maka akan kembali ke halaman seperti pada langkah nomor 28 dan 29. Pada kedua halaman tersebut lakukan seperti yang tadi kamu lakukan.
  32. Jika sudah, maka kamu akan di arahkan ke halaman Who's going to use this PC?, pada halaman tersebut silahkan kamu beri nama apa saja, jika sudah klik Next.
  33. Selanjutnya kamu akan di arahkan ke halaman Create a super memorable password, pada halaman tersebut silahkan isi password yang di inginkan atau kamu juga bisa mengosongkannya saja, jika sudah klik Next.
  34. Selanjutnya kamu akan di arahkan ke halaman Choose privacy settings for you device, pada halaman tersebut klik saja pada bagian Accept.
  35. Selanjutnya kamu akan di arahkan ke halaman Do more across devices with activity history, pada halaman tersebut pilih saja Yes.
  36. Maka selanjutnya kamu tunggu saja sampai prosesnya selesai, mungkin akan membutuhkan beberapa menit.
  37. Setelah prosesnya selesai, maka akan langsung masuk ke dalam OS Windows 10.
  38. Selesai.

Sampai di sini kamu telah berhasil menginstal Windows 10 dengan menggunakan flashdisk. Langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah dengan melakukan aktivasi pada Windows 10 tersebut. Untuk dapat melakukannya kamu bisa melihat langkah-langkahnya di bawah ini.

Cara Install Ulang Windows 10 Original Atau Tanpa Menggunakan Flasdisk

Sekarang kami akan membuatkan tutorial tentang cara install ulang Windows 10 yang menggunakan Windows original. Pada tutorial sekarang ini, kamu tidak akan menggunakan media DVD atau Flashdisk sebagai bootable instalernya. Karena pada versi originalnya telah tersedia instaler bawaannya yang telah di tanam di dalam hardisk. Untuk langkah-langkahnya bisa kamu lihat di bawah ini.

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan menyalakan laptop yang sudah menggunakan Windows 10 ori.
  2. Setelah komputer berhasil masuk ke dalam OS Windowsnya, kemudian buka Settings atau Pengaturan.
  3. Kemudian pilih menu Update & Security.
  4. Selanjutnya pilih menu Recovery yang terletak di bagian kiri.
  5. Kemudian klik Restart now yang terletak di bawah Advanced startup.
  6. Maka kemudian laptop akan restart dengan sendirinya dan akan masuk ke dalam halaman Choose an option.
  7. Pada halaman tersebut pilih menu Troubleshoot.
  8. Kemudian pilih Reset this PC.
  9. Pada halaman berikutnya kamu akan diminta untuk memilih salah satu menu.
  10. Jika kamu memilih menu Keep my files, maka kamu tidak akan kehilangan data-data yang ada di laptop. Jadi yang akan terhapus hanya aplikasi dan semua pengaturan saja. Sedangkan jika kamu memilih Remove everything, maka semua data-data dan aplikasi juga akan ikut terhapus semuanya.
  11. Di sini kami akan memilih Remove everything, kemudian laptop akan restart dengan sendirinya.
  12. Setelah laptop berhasil menyala kembali, maka akan di arahkan ke halaman berikutnya.
  13. Pada halaman tersebut kamu akan diminta salah satu opsi, yaitu Only the drive where Windows is installed dan All drivers.
  14. Jika kamu memilih Only the drive where Windows is installed, maka yang akan terhapus hanya partisi C saja. Sedangkan jika kamu memilih All drivers, maka semua partisi yang ada di laptop akan terhapus semua termasuk data C dan D.
  15. Di sini kami akan memilih opsi yang Only the drive where Windows is installed.
  16. Maka selanjutnya akan di arahkan ke halaman berikutnya.
  17. Pada halaman tersebut kamu akan diminta untuk memilih salah satu opsi yang diberikan, yaitu Just remove my files dan Full clean the drive.
  18. Di sini kami akan memilih opsi Fully clean the drive, kemudian kamu tunggu saja sampai loadingnya selesai.
  19. Jika loadingnya sudah selesai, kemudian klik pada Reset.
  20. Maka selanjutnya proses install ulang atau recovery pada Windows 10 akan langsung berjalan dengan otomatis.
  21. Pada tahap ini kamu tunggu saja sampai prosesnya selesai, mungkin akan membutuhkan waktu yang sedikit lama.
  22. Setelah prosesnya selesai, maka kamu akan di arahkan ke halaman Let's start with region. Pada halaman tersebut pilih saja Indonesia dan klik Yes.
  23. Selanjutnya pada halaman Is this the right keyboard layout, pilih saja yang US dan klik Yes.
  24. Selanjutnya pada halaman Want to add a second keyboard layout, langsung saja klik pada bagian Skip.
  25. Pada halaman Let's connect you to a network, kamu bisa langsung menghubungkan koneksi wifi yang kamu miliki. Namun jika kamu tidak memiliki koneksi wifi, kamu bisa memilih skip for now.
  26. Maka selanjutnya laptop akan restart dengan sendirinya.
  27. Setelah berhasil menyala kembali, maka kamu akan di arakan ke halaman Here's the License Agreement. Pada halaman tersebut klik Accept untuk melanjutkannya.
  28. Selanjutnya kamu akan di arahkan ke halaman Who's going to use this PC. Pada halaman tersebut silahkan beri nama pada laptop kamu sesuai selera masing-masing, jika sudah klik Next.
  29. Selanjutnya kamu akan di arahkan ke halaman Create a super memorable password. Pada halaman tersebut kamu bisa membuat password yang akan di jadikan keamanan untuk laptop kamu tersebut. Jika kamu tidak ingin membuat password, kamu bisa mengosongkannya saja  Kemudian klik Next untuk melanjutkannya.
  30. Kemudian kamu akan di arahkan ke halaman Choose privacy settings for your device. Pada halaman tersebut klik Accept untuk melanjutkannya.
  31. Maka selanjutnya kamu akan di arahkan ke halaman Register and Protect. Pada halaman tersebut bisa kamu kosongkan saja dan langsung klik Next.
  32. Pada halaman berikutnya klik lagi Next.
  33. Kemudian kamu tunggu saja sampai prosesnya selesai.
  34. Jika prosesnya sudah selesai, maka akan langsung masuk ke dalam OS Windowsnya.
  35. Selesai.

Sampai di sini kamu telah selesai install ulang atau recovery Windows 10 original. Sekarang laptop yang kalian pakai tersebut sudah kembali bersih dari ancaman virus apa pun. Kemudian kamu bisa langsung menginstal aplikasi apa saja yang di perlukan.

Cara Aktivasi Windows 10 Menjadi Permanen

Setelah kalian berhasil melakukan proses install ulang Windows 10 dengan menggunakan flashdisk, kini saatnya untuk melakukan aktivasi product key pada windows tersebut. Jika kamu tidak melakukan langkah ini, maka laptop yang tadi telah kamu install ulang tidak dapat digunakan secara permanen dan tidak dapat bekerja secara optimal.

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa Windows 10 original memiliki harga jual yang cukup mahal, maka sebab dari itu sebagian besar masyarakat tidak ingin membeli lisensi Windows 10 tersebut. Lantas bagaimana cara aktivasi Windows 10 tanpa harus menggunakan lisensi tersebut?

Sebenarnya ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengaktivasi Windows 10, salah satunya dengan membeli lisensi original dan menggunakan sebuah tool khusus. Namun di sini kami akan menggunakan aktivasi melalui tool yang bernama KMSPico. KMSPico ini selain bisa digunakan untuk Microsoft Office, tapi juga bisa dilakukan untuk Windows.

  1. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan download KMSpico 10.2.0 Final + Portable.
  2. Sebelum menginstal aktivator ini, kami sarankan untuk menonaktifkan Windows Defender atau Antivirus terlebih dahulu.
  3. Jika proses downloadnya sudah selesai, kemudian extract file tersebut dengan menggunakan WinRar versi terbaru.
  4. Kemudian install file Setup.exe.
  5. Setelah proses instalasinya sudah selesai, kemudian buka KMSPico tersebut.
  6. Selanjutnya klik pada tombol yang berwarna merah.
  7. Maka proses aktivasi akan berjalan.
  8. Setelah prosesnya selesai, kemudian tinggal kamu cek sendiri apakah sudah berhasil di aktivasi atau belum.
  9. Selesai.

Dengan demikian kamu telah berhasil aktivasi Windows 10 dengan menggunakan tool yang bernama KMSPico 10 Beta 1. Perlu kamu ketahui bahwa KMSPico 10 Beta 1 ini juga dapat digunakan untuk Microsoft Office 2013 Profesional. Selanjutnya langkah terakhir yang harus kamu lakukan adalah dengan menginstal aplikasi yang dibutuhkan pada Windows 10 tersebut.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah bagi kalian yang ingin melakukan proses Cara Install Ulang Windows 10 Tanpa Menghapus Data bisa mengikuti langkah-langkah yang telah kami berikan di atas. Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman.

Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini. Sebelum kamu meninggalkan halaman ini mohon untuk meninggalkan jejak dengan memberikan komentar di bawah ini.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda