Cara Root Samsung Galaxy J7 2017 Via TWRP Recovery - Tips Tutorial Bersama

Minggu, 12 September 2021

Cara Root Samsung Galaxy J7 2017 Via TWRP Recovery

Root Samsung J7 2017

Untuk melakukan Root Samsung J7 2017 sebenarnya sangatlah mudah untuk dikerjakan. Hanya saja membutuhkan ketelitian dan kejelian kamu dan cara ini bisa dilakukan dengan menggunakan komputer maupun tanpa komputer. Untuk melakukan root dengan menggunakan komputer, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan menginstal TWRP terlebih dahulu.

Dan jika kamu ingin melakukan root tanpa harus menggunakan komputer, kamu dapat menggunakan aplikasi tambahan seperti KingRoot atau FramaRoot. Untuk melakukan root pada ponsel Android, kamu harus mengetahui resiko kemungkinan terburuknya. Jika kamu masih belum yakin untuk melakukan root, saya sarankan batalkan saja niat kamu untuk melakukan proses rooting ini.

Namun jika kamu sudah merasa yakin, kamu dapat melanjutkannya dengan mengikuti langkah-langkah yang akan saya berikan di bawah ini. Untuk melakukan Root dan Install TWRP, kamu harus menggunakan komputer dan cara ini dapat diterapkan pada semua tipe ponsel Samsung. Dalam langkah ini, saya akan menggunakan tools Odin versi terbaru.

Namun jika kamu mengalami kegagalan selama proses berlangsung, saya sarankan kamu menggunakan versi Odin yang lain, dikarenakan tidak semua ponsel Samsung cocok dengan menggunakan satu versi Odin saja. Jika kamu masih mengalami kegagalan selama proses instalasi TWRP, ada kemungkinan file TWRP yang kamu gunakan tidak cocok dengan seri Samsung J7 milik kamu.

Cara Root Samsung Galaxy J7 2017 Via TWRP Recovery

Untuk melakukan Root Samsung J7 2017 Tanpa PC hal pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan menginstal Custom Recovery TWRP terlebih dahulu. Tanpa menggunakan TWRP kamu tidak dapat melakukan Root Samsung J7 2017.

1. Download semua bahan yang akan dibutuhkan

Untuk menginstal TWRP dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi Odin, dan kamu harus mendownload terlebih dahulu semua file-file yang dibutuhkan untuk melakukannya.

  1. Samsung USB Driver
  2. Odin3_v3.12.3
  3. TWRP_3.2.1_1_SM-J730GM_16318
  4. SuperSU-v2.82.zip

2. Aktifkan OEM Unlock dan USB Debugging

Untuk mengaktifkan OEM Unlock dan USB Debugging, kamu dapat mengikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

  1. Buka Pengaturan.
  2. Selanjutnya cari About Device.
  3. Selanjutnya pilih Software Info.
  4. Selanjutnya ketuk 7x pada Build Number.
  5. Jika sudah, lalu kembali ke dalam menu Pengaturan.
  6. Lalu cari Developer Option.
  7. Selanjutnya tinggal aktifkan OEM Unlock dan USB Debugging.

3. Masuk ke Mode Download

Untuk dapat masuk ke dalam Mode Download, kamu dapat mengikuti langkah-langkah sebagai berikut. Matikan ponsel sampai kedalam keadaan mati, jika sudah lalu tekan dan tahan tombol Volume Bawah + Power + Home sacara bersamaan.

Jika ponsel sudah sudah menyala, lalu tekan tombol Volume Atas untuk melanjutkan ke dalam Mode Download. Setelah kamu melihat gambar robot Android, maka kamu sudah berhasil memasuki Mode Download.

4. Buka Odin

Setelah ponsel sudah berhasil masuk ke dalam Mode Download, lalu buka aplikasi Odin yang tadi sudah kamu download di komputer. Selanjutnya sambungkan ponsel kamu ke PC dengan menggunakan kabel USB.

5. Sambungkan ponsel ke komputer

Setelah ponsel sudah terhubung di komputer, lalu buka aplikasi Odin dan tunggu sampai Odin telah berhasil mendeteksi ponsel. Jika ponsel sudah terhubung dengan Odin, maka kamu akan melihat tulisan ID:COM. Jika kamu tidak melihat tulisan tersebut, maka instal Samsung USB Driver terlebih dahulu di komputer kamu. Jika ponsel sudah terhubung dengan Odin, selanjutnya ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Klik pada bagian AP lalu cari file TWRP yang tadi sudah kamu download.
  2. Jika sudah lalu klik Start untuk memulai proses pemasangan TWRP via Odin.
  3. Setelah prosesnya sudah selesai, maka kamu akan melihat tulisan PASS yang berwana hijau. Lalu reboot ponsel kamu ke dalam Mode TWRP.

Sampai disini kamu telah berhasil menginstal Custom Recovery TWRP di Samsung J7 2017. Selanjutnya kamu tinggal melakukan langkah rooting.

6. Pemasangan SuperSU dan Root

Setelah kamu telah berhasil menginstal TWRP, selanjutnya boot ponsel kamu ke Mode Recovery untuk melakukan langkah rooting. Untuk dapat masuk ke Mode Recovery, pertama matikan ponsel lalu tekan dan tahan tombol Volume Atas + Power + Home sacara bersamaan.

Setelah kamu berhasil boot ponsel ke dalam Mode Recovery, selanjutnya kamu tinggal melakukan pemasangan SuperSU untuk melakukan Root Samsung J7 2017. Untuk melakukannya kamu dapat mengikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

  1. Pindahkan file SuperSU.zip yang tadi sudah kamu download ke dalam penyimpan ponsel.
  2. Selanjutnya pilih menu Install yang terdapat di Menu Utama TWRP.
  3. Lalu cari file Flashable-SuperSU-v2.82.zip yang ada di dalam penyimpanan ponsel kamu.
  4. Jika sudah lalu Swipe to confirm flash untuk memulai proses pemasangan TWRP dan tunggu sampai prosesnya selesai.
  5. Setelah prosesnya selesai, lalu kembali ke Menu Utama TWRP dan pilih Wipe.
  6. Selanjutnya pilih Wipe Dalvik/Cache dan Swipe.
  7. Jika sudah, lalu Reboot ponsel kamu dengan memilih Reboot to system.
  8. Setelah melakukan reboot, mungkin akan membutuhkan waktu yang cukup lama sampai ponsel benar-benar masuk kedalam system.
  9. Selesai.

Kesimpulan

Nah, dengan begitu kamu telah selesai melakukan Root Samsung J7 2017. Maka di ponsel kamu sekarang terdapat aplikasi SuperSu, itu menandakan bahwa ponsel sudah berhasil di root dengan menggunakan SuperSU. Namun jika kamu masih belum yakin apakah sudah di root atau belum, kamu bisa mengeceknya melalui aplikasi Root Checker.

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini. Sebelum kamu meninggalkan halaman ini mohon untuk meninggalkan jejak dengan memberikan komentar di bawah ini.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments