Cara Unlock Bootloader Realme C2 RMX1941 Via Adb And Fastboot - Tips Tutorial Bersama /* Label Tag */

Cara Unlock Bootloader Realme C2 RMX1941 Via Adb And Fastboot

Unlock Bootloader Realme C2

Unlock Bootloader Realme C2 merupakan sebuah langkah pertama yang harus dilakukan sebelum memulai proses Install TWRP Realme C2 dan Root Realme C2. Jika saat ini kamu sedang mencari tutorial untuk dapat melakukan hal tersebut, maka melalui artikel berikut ini telah saya jelaskan langkah-langkahnya secara terperinci.

Sebelum kamu memulainya ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan terlebih dahulu, bahwa setelah berhasil melakukan unlock bootloader pada ponsel Realme C2 akan membatalkan garansi resmi dari ponsel tersebut. Jika kalian sudah siap akan hal tersebut, maka kamu bisa melihat langkah demi langkah yang telah saya berikan di sini.

Pastikan untuk mencoba cara berikut ini hanya dipraktekan pada ponsel Realme C2 saja. Jika kamu mencobanya pada perangkat lain, di sini saya tidak bertanggung jawab jika terjadi sesuatu pada saat proses unlock bootloader tersebut. Nah, di bawah ini merupakan cara unlock bootloader pada ponsel Realme C2 RMX1941.

Spesifikasi Realme C2

Realme C2 merupakan salah satu smartphone kelas menengah yang telah resmi diluncurkan pada tahun 2019 lalu. Ponsel yang satu ini memiliki desain body yang elegan dan sangat cocok dipakai oleh pria maupun wanita. Selain dari desainnya yang keren tersebut, ternyata masih ada kelebihan lainnya yang harus kamu ketahui.

  1. Memiliki ukuran layar sebesar 6,i inci.
  2. Sudah dilindungi oleh Corning Gorilla Glass 3.
  3. Sudah dilengkapi dengan CPU Octa-core Mediatek Helio P22.
  4. Sudah dilengkapi dengan RAM sebesar 3 GB dan penyimpanan internal sebesar 32 GB.
  5. Sudah menggunakan versi Android 9.0 Pie.
  6. Sudah dilengkapi dengan kamera depan 5 MP dan kamera belakang 15 MP.
  7. Sudah ditanamkan dengan kapasitas baterai sebesar 4000 mAh.

Cara Unlock Bootloader Realme C2 RMX1941

Sebelum kamu memulai langkah-langkah Unlock Bootloader Realme C2 RMX1941 terlebih dahulu, alangkah baiknya jika kamu mengetahui akan kelebihan dan kekurangan dari UBL tersebut. Hal ini mungkin akan sedikit membantu, jika sewaktu-waktu kalian mengalami permasalahan atas hal yang satu ini.

Alasan Melakukan Unlock Bootloader Pada Realme C2

Pada dasarnya setiap ponsel Android baik Realme atau merk apa pun pasti pada awalnya masih memiliki kondisi bootloader yang terkunci. Hal tersebut untuk menjaga keamanan sistem ponsel dari aktivitas yang tidak diinginkan. Setiap pabrikan akan merancang ponselnya masing-masing dengan keadaan bootloader masih terkunci.

Namun ada saja sebagian orang yang ingin membuka kunci bootloader tersebut demi kepentingannya sendiri. Karena setiap ponsel Android yang sudah di unlock bootloader akan memiliki kemampuan untuk memodifikasi ponselnya tersebut, seperti menginstal custom recovery TWRP, custom ROM, Root, atau yang lain sebagainya.

Nah, kebanyakan orang-orang yang ingin memodifikasi pada ponselnya tersebut akan melakukan cara seperti ini. Tetapi sebelum memulainya ada baiknya jika kamu mengetahui terlebih dahulu akan kelebihan dan kekurangannya dari unlock bootloader tersebut.

Keuntungan Melakukan Unlock Bootloader

  1. Dapat menginstal custom rom setelah melakukan unlock bootloader.
  2. Dapat melakukan proses root pada ponsel Android.
  3. Dapat menginstal custom recovery twrp.
  4. Dapat meningkatkan kinerja cpu menjadi lebih maksimal.

Kekurangan Melakukan Unlock Bootloader

  1. Setelah melakukan unlock bootloader akan menghilangkan garansi resmi pada ponsel tersebut.
  2. Mungkin kamu akan mengalami kesulitan saat sedang melakukan pembaruan OTA.
  3. Bisa saja terjadi kesalahan atau kegagalan saat proses root dan akan mengakibatkan ponsel mengalami bootloop.

Dislcaimer: Perlu kalian ketahui bahwa saya sebagai admin dari Tipstutorialbersama.com tidak akan bertanggung jawab atas semua kesalahan yang terjadi saat atau setelah melakukan unlock bootloader.

Langkah Unlock Bootloader Pada Realme C2

Seperti yang sudah saya sampaikan sebelumnya di atas bahwa ponsel Android yang masih memiliki bootloader yang terkunci, maka tidak dapat memodifikasinya dalam bentuk apa pun. Jadi, pastikan untuk membukanya terlebih dahulu agar dapat melakukan semua hal tetsebut. Berikut di bawah ini adalah langkah-langkahnya yang dapat kamu lakukan.

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan mengaktifkan OEM Unlock dan USB Debugging terlebih dahulu.
  2. Untuk dapat melakukannya silahkan buka Pengaturan yang terdapat di dalam ponsel, kemudian Tentang Ponsel, kemudian tap 7x pada Build Number. Maka Developer Option akan terbuka.
  3. Selanjutnya kembali ke halaman utama Pengaturan ponsel dan pilih menu Developer Option.
  4. Kemudian aktifkan tombol pada OEM Unlock dan USB Debugging.
  5. Kemudian download aplikasi ADB and Fastboot.
  6. Jika sudah di download, kemudian extract file tersebut dan simpan di tempat yang mudah ditemukan.
  7. Selanjutnya matikan ponsel sampai dalam keadaan Off.
  8. Kemudian tekan dan tahan tombol Volume Atas + Power secara bersamaan.
  9. Kemudian sambungkan ponsel ke PC dengan menggunakan kabel USB dan tunggu beberapa saat sampai proses instalasi driver ponsel tersebut berhasil.
  10. Jika instalasi driver ponsel tidak berhasil, silahkan install terlebih dahulu Realme USB Driver.
  11. Jika driver ponsel sudah terinstal dengan baik, kemudian buka folder ADB and Fastboot yang tadi sudah kamu extract.
  12. Kemudian klik pada area kosong di dalam folder tersebut sambil menekan tombol Shift + klik kanan secara bersamaan dan pilih Open PowerShell windows here. Maka nanti akan terbuka layar command promt atau CMD.
  13. Kemudian masukkan perintah berikut ini adb devices dan tekan enter. Perintah tersebut akan mengecek apakah ponsel sudah terhubung dengan baik di PC atau belum.
  14. Kemudian masukkan perintah berikut ini adb reboot bootloader dan tekan enter. Maka ponsel akan mereboot dan akan masuk ke dalam Mode Fastboot.
  15. Kemudian masukkan perintah berikut ini fastboot flashing unlock dan tekan enter. Perintah tersebut akan memulai proses unlock bootloader dan akan menghapus seluruh data yang terdapat pada penyimpanan internal ponsel.
  16. Kemudian kamu akan melihat pesan konfirmasi di layar ponsel. Silahkan konfirmasi pesan tersebut dengan memilih tombol volume atas atau bawah dan untuk mengkonfirmasinya tekan tombol power.
  17. Kemudian ponsel Realme C2 kamu akan reboot.
  18. Selesai.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah untuk mengetahui Cara Unlock Bootloader Realme C2, kamu bisa mengikuti langkah-langkah yang telah saya berikan di atas dengan menggunakan tool yang bernama ADB and Fastboot. Pastikan sebelum memulai proses ini, kamu sudah membackup data terlebih dahulu agar tidak kehilangan semua data penting.

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini. Sebelum kamu meninggalkan halaman ini mohon untuk meninggalkan jejak dengan memberikan komentar di bawah ini.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda