Cara Root Realme C2 RMX1941 Via TWRP Recovery - Tips Tutorial Bersama /* Label Tag */

Cara Root Realme C2 RMX1941 Via TWRP Recovery

Root Realme C2

Root Realme C2 merupakan sebuah langkah yang biasa dilakukan oleh pengguna Android untuk dapat memodifikasi ponsel miliknya. Modifikasi tersebut bisa dilakukan untuk berbagai kebutuhan, salah satunya bisa meningkatkan performa CPU, menghapus aplikasi bawaan, menginstal custom rom, dan masih banyak lagi. Jika kamu pengguna ponsel Realme C2 dan ingin melakukan root pada perangkat tersebut, kamu dapat mengikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

Realme C2 salah satu produk besutan Oppo atau Realme yang cukup populer di kalangan masyarakat, termasuk di Indonesia. Karena smartphone kelas menengah ini memiliki kemampuan kamera dan desain body yang elegan. Kedua hal tersebut yang membuat masyarakat merasa tertarik ingin segera memilikinya. Kini ponsel tersebut telah dijual di pasaran dengan harga yang cukup terjangkau, bahkan cukup untuk kantong anak pelajar.

Performa dari perangkat besutan Realme ini juga memiliki kemampuan yang mumpuni dalam segi berbagai hal. Walaupun demikian masih saja banyak orang yang ingin memodifikasi smartphone tersebut agar dapat berjalan lebih maksimal lagi. Biasanya mereka menggunakan metode root, karena setiap ponsel Android yang sudah di modifikasi dapat membuka seluruh sistem bawaannya. Di bawah ini juga telah saya sediakan langkah-langkahnya untuk kalian semua.

Apa Itu Root

Root adalah sebuah istilah yang biasa dilakukan oleh pengguna Android untuk dapat memodifikasi ponsel miliknya tersebut. Bagi seseoang yang telah berhasil me-root perangkat Androidnya, maka mereka mampu mengakses sistem terdalamnya dengan akses administrator. Dengan kata lain, bukan tidak mungkin lagi untuk meningkatkan performa prosesor ponsel itu sendiri. Terlepas dari semua kelebihannya itu, ternyata juga ada dampak buruknya.

Seseorang yang akan melakukan root pada ponselnya tersebut, mereka juga harus mengetahui semua risiko yang nantinya akan di dapatkan setelah berhasil melakukannya. Semua risiko tersebut dapat mengakibatkan kerusakan pada sistem atau kebocoran data pribadi. Namun yang sering ditemukan oleh pengguna Android adalah kerusakan pada sistem Androidnya. Hal tersebut menyebabkan ponsel Realme tidak dapat boot ke dalam OS-nya.

Akan tetapi kamu tidak perlu khawatir akan tersebut, karena ada solusi yang bisa kamu lakukan jika mengalami permasalahan seperti itu. Kerusakan sistem seperti yang dimaksudkan tadi adalah bootloop, bootloop adalah istilah ponsel yang tidak dapat booting dan hanya stuck di logo saja. Untuk mengatasi masalah tersebut harus menggunakan metode Flash Realme C2 agar semuanya dapat kembali normal seperti semula.

Cara Root Realme C2 Menggunakan TWRP Recovery

Root Realme C2 RMX1941 dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti menggunakan Recovery TWRP atau menggunakan aplikasi pihak ketiga. Proses cara yang termudah untuk me-root ponsel Realme adalah dengan menggunakan aplikasi KingRoot atau KingoRoot. Namun dengan menggunakan kedua aplikasi tersebut tidak akan memberikan fitur root secara lengkap. Karena tidak ada aplikasi Magisk Manager di dalamnya.

Magisk Manager adalah sebuah aplikasi Android yang membutuhkan akses root di dalamnya, karena aplikasi tersebut dapat berguna untuk menginstal module. Sedangkan jika kalian ingin mendapatkan aplikasi Magisk Manager tersebut, kamu harus menggunakan cara root via TWRP Recovery. Bagi seseorang yang melakukan root melalui cara berikut ini, maka ia akan mendapatkan fitur lengkap di ponsel miliknya.

Akan tetapi sebelum kamu memulai proses root tersebut, ada beberapa hal yang harus kamu lakukan terlebih dahulu. Jika kamu langsung memulai langkah root ini tanpa mempersiapkan semua persyaratannya, maka akan terjadi kegagalan dan akan menyebabkan ponsel mengalami error. Semua persyaratan tersebut dapat kamu lihat melalui daftar di bawah ini secara lengkap.

Persyaratan

  1. Pastikan ponsel sudah di Unlock Bootloader terlebih dahulu.
  2. Pastikan ponsel sudah di Install Recovery TWRP terlebih dahulu.
  3. Membutuhkan PC atau laptop.
  4. Install Realme USB Driver terlebih dahulu di PC.
  5. Pastikan sudah mempunyai Android SDK Platform Tool.
  6. Kabel USB.
  7. Charger baterai ponsel Realme hingga mencapai setidaknya 50%.
  8. Download semua bahan yang akan dibutuhkan selama proses ini berlangsung.

Langkah Root Realme C2 Via TWRP Recovery

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan melakukan Unlock Bootloader dan Install TWRP Recovery terlebih dahulu.
  2. Kemudian download Magisk v20.3.zip terlebih dahulu.
  3. Kemudian pindahkan file Magisk.zip yang tadi sudah kamu download ke dalam penyimpanan internal ponsel Realme.
  4. Kemudian sambungkan ponsel Realme C2 kamu ke PC dengan menggunakan kabel USB dalam keadaan menyala.
  5. Kemudian buka folder Android SDK Platform Tool yang tadi sudah kamu download.
  6. Kemudian pada folder tersebut klik di area kosong sambil menekan tombol Shift + klik kanan secara bersamaan.
  7. Kemudian pilih Open PowerShell windows here.
  8. Maka nanti akan langsung terbuka tampilan command promt di layar komputer kamu.
  9. Kemudian masukkan perintah di bawah ini untuk masuk ke dalam mode recovery.
  10. adb reboot recovery
  11. Maka selanjutnya ponsel akan langsung masuk ke dalam Mode Recovery TWRP.
  12. Kemudian pada layar TWRP tersebut pilih menu Install.
  13. Kemudian cari file Magisk.zip yang tadi sudah kamu pindahkan ke dalam penyimpanan internal.
  14. Jika sudah, kemudian swipe untuk memulai proses rooting.
  15. Jika sudah selesai, kemudian klik Reboot untuk memuat ulang ponsel.
  16. Selesai.

Sampai di sini kamu telah berhasil melakukan root pada perangkat Realme C2 dengan menggunakan TWRP Recovery. Maka kamu akan melihat aplikasi Magisk Manager di ponsel Realme kamu, aplikasi tersebut menandakan bahwa ponsel sudah berhasil di root. Namun jika kamu masih belum yakin apakah sudah di root atau belum, kamu bisa menggunakan aplikasi Root Checker untuk mengetahuinya. Aplikasi Root Checker tersebut dapat kamu download secara gratis melalui Google Play Store.

Mengapa Kamu Harus Melakukan Root Pada Realme C2?

Di balik sesuatu hal pasti terdapat beragam alasan di baliknya, seperti yang terjadi pada seseorang yang ingin melakukan root pada ponsel miliknya sendiri. Alangkah baiknya jika kalian hendak melakukan hal tersebut, pastikan untuk memiliki alasan yang kuat untuk melakukannya. Jika kamu hanya asal coba root dan tidak mempunyai alasan yang tepat, lantas apa gunanya root tersebut nanti.

Setiap langkah modifikasi pada smartphone Android, kita harus berterimakasih kepada beberapa pihak pengembang yang telah menciptakan tool yang dapat mempermudah pengguna Android untuk memodifkasi ponselnya. Tanpa adanya kerja keras dari mereka dalam suatu pengembangan, kita tidak akan bisa melakukan langkah-langkah root tersebut dengan metode yang telah diberikannya.

Perlu kalian ketahui juga bahwa untuk melakukan root pada ponsel Android terdapat banyak cara yang dapat dilakukan, salah satunya dengan menggunakan Magisk, SuperSU, KingRoot, KinggoRoot, iRoot, dan masih banyak lagi. Dari semua cara tersebut masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Jadi apa pun yang kamu gunakan tetap akan memiliki fungsi dan tujuan utama yang sama, yaitu root.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah untuk dapat berhasil melakukan langkah Cara Root Realme C2 RMX1941 harus mempersiapkan semua persyaratannya terlebih dahulu. Jika tidak, maka kalian tidak akan menjalankan proses root tersebut dan akan menemukan kegagalan selama proses tersebut berlangsung. Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman.

Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini. Sebelum kamu meninggalkan halaman ini mohon untuk meninggalkan jejak dengan memberikan komentar di bawah ini, agar pengunjung yang lain dapat mengetahui informasi selanjutnya yang telah kamu berikan di sini.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda