Cara Install Recovery TWRP Realme C2 RMX1941 Official - Tips Tutorial Bersama /* Label Tag */

Cara Install Recovery TWRP Realme C2 RMX1941 Official

TWRP Realme C2

TWRP Realme C2 merupakan sebuah fitur yang sangat berguna untuk membantu penggunanya dalam memasang module atau bisa juga membantu dalam urusan Root Realme C2. Seperti yang diketahui bahwa ponsel yang satu ini telah diluncurkan pada bulan April 2019 lalu dan sudah menggunakan Android 9.0 Pie.

Pada pertengahan tahun 2019 kemarin ponsel ini sudah mendapatkan dukungan atas Recovery TWRP Official. Maka sebab dari itu melalui artikel berikut ini di sini saya akan membantu teman-teman untuk menginstal TWRP Recovery pada Realme C2. Langkah-langkah yang akan saya sampaikan ini dapat dipahami dengan mudah.

Jadi sebelum memulai proses pemasangan recovery ini, pastikan bahwa kamu sudah mendownload semua file yang akan diperlukan di bawah ini. Satu hal lagi yang harus kalian ketahui bahwa untuk instalasi TWRP ini harus terlebih dahulu melakukan proses Unlock Bootloader dan mengaktifkan OEM Unlock pada ponsel Realme tersebut.

Karena setiap ponsel smartphone Android pada awalnya masih memiliki OEM yang masih terkunci, dengan kata lain ponsel tersebut tidak dapat dimodifikasi jika OEMnya masih terkunci. Maka dari itu untuk memodifikasi perangkat Android mengharuskan kalian membuka OEM tersebut terlebih dahulu.

Jika hal tersebut sudah kalian laksanakan, maka kemudian kalian bisa meneruskannya ke proses instalasi custom recovery TWRP dan Root Realme C2 tersebut. Selain itu melalui mode Recovery TWRP ini penggunanya juga bisa membuat backup sistem dan seluruh data-data di dalam perangkat tersebut tanpa terkecuali satu pun.

Keuntungan Menggunakan Recovery TWRP Pada Smartphone Android

TWRP adalah singkatan dari Team Win Recovery Project yang merupakan file dalam format image yang bersifat open source untuk setiap perangkat Android apa pun. Interface pada recovery TWRP ini bersifat touchscreen yang dapat memudahkan penggunanya untuk menginstal software pihak ketiga atau bisa juga digunakan untuk backup sistem.

Keuntungan Dari Recovery TWRP

  1. Dapat mem-flash Custom ROM di Realme C2 dengan menggunakan TWRP.
  2. Dapat mem-flash file berbagai file zip mod untuk memodifikasi ponsel.
  3. Dapat membantu untuk menginstal modul Xposed melalui TWRP.
  4. Dapat membantu proses Root atau Unroot menggunakan TWRP Recovery.
  5. Dapat menginstal Magisk.zip untuk proses rooting.
  6. Dapat membuat backup sistem secara keseluruhan atau mengembalikan sistem tersebut.
  7. Dapat digunakan dengan mudah dan tanpa mengalami kesulitan.
  8. Dapat digunakan untuk mem-flash file dalam format image.
  9. Dapat menghapus semua malware atau bloatware yang terdapat pada ponsel.
  10. Dapat juga digunakan untuk proses Wipe, Cache, dan Data.

Cara Install Recovery TWRP Pada Realme C2 RMX1941

Sebelum kalian memulai proses pemasangan TWRP Realme C2 RMX1941 official, ada beberapa persyaratan yang harus kalian lakukan terlebih dahulu. Hal tersebut dapat membantu untuk melancarkan setiap proses instalasi TWRP berjalan dengan lancar. Berikut di bawah ini merupakan semua persyaratan tersebut.

Persyaratan Yang Harus Dilakukan Terlebih dahulu

  1. Semua file dan langkah-langkah di bawah ini hanya support untuk perangkat Realme C2 RMX1941. Jadi jangan coba-coba melakukannya pada perangkat lain.
  2. Lakukan Unlock Bootloader terlebih dahulu.
  3. Pastikan kalian telah mempunyai PC atau laptop dan kabel USB.
  4. Pastikan telah membuat backup data terlebih dahulu.
  5. Charger baterai ponsel Realme C2 sampai terisi daya mencapai 50%.
  6. Download semua bahan-bahan yang akan diperlukan.
  7. Download Realme USB Driver dan install di komputer yang akan digunakan.
  8. Download ADB and Fastboot dan install di komputer yang akan digunakan.

Detail Recovery TWRP Official Realme C2

  1. File Name: TWRP Recovery
  2. Version: V3.4.0 and Higher
  3. Support: Official
  4. Developer: TWRP Team
  5. Link Download: Download (Kalau sudah di download, kemudian extract file TWRP tersebut)

Disclaimer:

Saya tidak bertanggung jawab atas segala jenis kegagalan atau kesalahan apa pun yang terjadi pada perangkat smartphone kalian saat atau setelah menginstal file atau mengikuti tutorial ini. Pastikan bahwa kamu sudah membackup seluruh data yang tersimpan pada penyimpanan ponsel. Pastikan bahwa kalian telah siap akan risiko apa pun jika terjadi sesuatu selama proses tersebut berlangsung.

Langkah Pemasangan Recovery TWRP Official Realme C2

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan mengaktifkan Developer Option dan mengaktifkan USB Debugging di perangkat kamu.
  2. Untuk dapat melakukannya buka Pengaturan Ponsel >> Sistem >> Tentang Ponsel >> kemudian tap 7x pada Build Number untuk mengaktifkan mode opsi pengembang.
    Cara Install Recovery TWRP Realme C2 Official

  3. Jika sudah, kemudian kembali ke halaman utama pengaturan ponsel.
  4. Kemudian buka opsi pengembang di dalam menu pengaturan dan aktifkan tombol pada USB Debugging dan OEM Unlock.
    Cara Install Recovery TWRP Realme C2 Official

  5. Selanjutnya buka folder ADB and Fastboot yang sudah di extract pada komputer kalian.
  6. Kemudian klik pada area kosong di dalam folder tersebut sambil menekan tombol Shift + klik kanan secara bersamaan dan pilih Open PowerShell windows here.
    Cara Install Recovery TWRP Realme C2 Official

  7. Selanjutnya matikan ponsel Realme C2 kamu sampai dalam kondisi off, kemudian tekan dan tahan tombol Volume Atas + Power secara bersamaan sampai masuk ke dalam Mode Fastboot.
  8. Kemudian sambungkan ponsel ke PC dengan menggunakan kabel USB.
  9. Selanjutnya masukkan perintah berikut ini adb reboot bootloader di layar cmd yang tadi sebelumnya telah kamu buka, kemudian tekan enter.
  10. Maka ponsel kamu sudah berhasil masuk ke dalam Mode Fastboot.
  11. Selanjutnya masukkan perintah berikut ini fastboot devices untuk mengecek apakah ponsel sudah terhubung dengan baik di PC atau tidak.
  12. Selanjutnya masukkan perintah berikut ini fastboot flash recovery twrp-3.5.2_10-0-RMX1941.img untuk memulai proses pemasangan TWRP Recovery. Sebelum memasukkan perintah tersebut, pastikan file TWRP yang tadi sudah kamu download sudah berada di dalam folder ADB and Fasboot.
  13. Selanjutnya masukkan perintah berikut ini fastboot reboot untuk merestart ponsel ke dalam Mode Recovery TWRP.
  14. Selesai.

Apa Itu TWRP Recovery

TWRP merupakan sebuah tool yang sering digunakan oleh sebagian orang untuk memodifikasi ponselnya dengan melalui metode flash file zip di dalamnya. TWRP ini juga salah satu alat khusus yang diciptakan oleh pengembang Android untuk dapat membantu penggunanya memodifikasi ponsel tersebut.

TWRP Recovery ini memiliki interface yang simple dan sudah mempunyai kemampuan touchscreen untuk mempermudah memilih setiap menu di dalamnya. Selain itu TWRP juga bisa melakukan proses instalasi Root, Custom ROM, Install Module Xposed, dan masih banyak lagi.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah untuk mengetahui Cara Pasang TWRP Realme C2 bisa menggunakan file image dan ADB and Fastboot yang telah saya berikan sebelumnya di atas. Pastikan sebelum memulai proses instalasi tersebut sudah mengikuti semua persyaratan yang telah saya cantumkan di atas secara lengkap.

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini. Sebelum kamu meninggalkan halaman ini mohon untuk meninggalkan jejak dengan memberikan komentar di bawah ini.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda