Cara Root Samsung Galaxy S9 SM-G960F - Tips Tutorial Bersama

Kamis, 02 Desember 2021

Cara Root Samsung Galaxy S9 SM-G960F

Cara Root Samsung Galaxy S9 SM-G960F

Pada artikel yang akan saya berikan kali ini, disini saya akan membuatkan tutorial tentang cara Root Samsung S9 dengan menggunakan TWRP Recovery untuk Android 10. Untuk kalian yang ingin mengetahui langkah-langkahnya, kamu dapat melihatnya melalui penjelasan di bawah ini.

Selain itu cara yang akan saya sampaikan disini juga dapat dilakukan untuk semua versi Android, termasuk Android Oreo dan Pie. Seperti yang kita ketahui, bahwa untuk dapat melakukan root terhadap Android Q masih jarang yang memberikan tutorialnya.

Oleh karena itu melalui postingan ini, saya akan membantu teman-teman yang saat ini sedang mencari tutorialnya. Namun sebelum kamu memulai prosesnya, pastikan dahulu kalau kalian sudah siap akan risiko yang nantinya akan kamu hadapi di kemudian hari.

Sebab setelah melakukan Root Samsung S9 Android 10 bisa saja akan menyebabkan kerusakan terhadap sistem Androidnya yang menjadikannya bootloop. Jika kamu sudah siap menerima hal tersebut, silahkan kamu ikuti caranya melalui penjelasan di bawah ini.

Apa Itu Root?

Root adalah sebuah metode atau istilah yang sering diucapkan oleh para pengguna Android yang ingin melakukan modifikasi terhadap sistem Androidnya. Dengan melakukan root terhadap perangkat Android, penggunanya dapat melakukan banyak hal seperti menginstall custom rom.

Tidak hanya custom rom saja, melainkan masih terdapat keuntungan lainnya yang tidak akan ditemukan pada perangkat yang masih menggunakan pengaturan pabrik. Salah satunya ialah dapat menghapus aplikasi bawaan dan mampu mengontrol kecepatan CPU secara bebas.

Walaupun terdapat banyak kelebihan dan keuntungannya, tetapi root juga memiliki dampak buruknya. Bahkan salah satu dampak terbesarnya dapat mengakibatkan kerusakan sistem atau istilahnya bootloop. Dengan begitu, maka nantinya ponsel tidak akan dapat masuk ke dalam OS.

Cara Install TWRP & Root Samsung Galaxy S9 SM-G960F

Samsung Galaxy S9 merupakan salah satu ponsel Android untuk kelas menengah ke atas yang dibanderol dengan harga yang cukup tinggi. Desain body dari Smartphone Android yang satu ini memiliki tampilan yang mewah dan memiliki ukuran layar sebesar 5,8”.

Dengan ukuran layar seperti ini, maka ponsel tersebut sudah sangat baik untuk keperluan sehari-hari. Selain itu, performa dari Samsung Galaxy S9 SM-G960F sudah dibekali dengan Chipset Exynos 9810 Qualcomm SDM845 Snapdragon 845, CPU Octa-core (4x2.7 GHz Mongoose M3 & 4x1.8 GHz Cortex-A55) yang membuatnya semakin tidak terkalahkan.

Tidak hanya itu saja, melainkan ponsel ini juga dilengkapi dengan penyimpanan internal 64 GB dan RAM 4 GB. Dengan mengusung spesifikasi seperti ini, Samsung S9 banyak peminatnya bahkan hingga hari ini masih banyak yang mencari harga second nya.

Walaupun demikian, tetapi ada saja dari sebagian orang yang ingin melakukan rooting terhadap ponsel series S tersebut. Oleh karena itu, disini saya akan membuatkan caranya untuk Root Samsung Galaxy S9 Odin versi terbaru. Namun kalian harus mempersiapkan dahulu semua persiapannya.

Persiapan yang harus dilakukan terlebih dahulu

Sebelum kamu memulai proses cara root Samsung Galaxy yang satu ini, kamu harus mempersiapkan dahulu semua syarat-syarat yang harus dilakukan. Dengan mempersiapkan semua syarat tersebut, maka proses root dapat berjalan dengan lancar.

Berikut ini adalah daftar persyaratan yang harus kamu lakukan dahulu:

  • Backup seluruh data-data penting yang terdapat di dalam penyimpanan internal.
  • Pastikan baterai ponsel sudah terisi daya minimal 50% atau lebih.
  • PC atau laptop.
  • Kabel USB Samsung.
  • Pastikan komputer sudah terinstal Samsung USB Driver.
  • Koneksi internet yang stabil.
  • Download semua bahan-bahan yang diperlukan.
  • Pastikan selalu mengikuti setiap instruksi yang telah diberikan.

Setelah semua persyaratan di atas sudah kamu kerjakan semuanya, sekarang kamu tinggal download semua file-file yang akan diperlukan untuk proses root ini, termasuk file magisk Samsung Galaxy S9.

Download semua bahan yang diperlukan

Dengan mendownload semua bahan-bahan yang telah saya sediakan di bawah ini, maka nanti kamu dapat segera memulai proses rooting. Tidak hanya itu saja, melainkan nantinya handphone Samsung S9 kamu juga dapat melakukan kustomisasi.

Berikut ini adalah daftar semua file-file yang akan diperlukan untuk proses root:

Setelah selesai download semua bahan-bahan di atas, sekarang kamu sudah bisa melanjutkan ke tahap berikutnya, yaitu dengan pemasangan TWRP Recovery di Samsung Galaxy S9 dengan menggunakan Odin.

Cara Install TWRP Samsung Galaxy S9 SM-G960F

Sebelum memulai proses root di Samsung Galaxy S9 or S9 Plus, kamu harus memasang TWRP dahulu di ponsel tersebut. Untuk instalasi Custom Recovery, kamu bisa melihatnya melalui langkah-langkah di bawah ini secara lengkap.

  1. Download dahulu semua bahan-bahan di atas.
  2. Selanjutnya pindahkan file Disable_Dm-Verity_ForceEncrypt dan RMM_Bypass_v3_corsicanu ke dalam penyimpanan internal atau eksternal ponsel.
  3. Selanjutnya aktifkan OEM Unlock dan USB Debugging di ponsel Samsung kalian.
  4. Untuk dapat melakukannya, silahkan buka menu Pengaturan >> Tentang Ponsel >> Software Information >> lalu tap 7x pada Build Number.
  5. Selanjutnya kembali ke menu Pengaturan >> Developer Options >> lalu aktifkan tombol pada OEM Unlock dan USB Debugging.
  6. Selanjutnya Install Samsung USB Drivers di PC atau laptop yang akan digunakan.
  7. Selanjutnya matikan ponsel Samsung S9 kalian dan boot ke dalam Mode Download.
  8. Untuk dapat masuk ke Mode Download, silahkan tekan dan tahan tombol Power + Bixby + Volume Bawah secara bersamaan.
  9. Maka nanti kamu akan melihat layar yang bertuliskan Warning, lalu tekan tombol Volume Atas untuk melanjutkan ke Download Mode.
  10. Selanjutnya sambungkan ponsel ke PC dengan menggunakan kabel USB.
  11. Setelah ponsel berhasil terdeteksi di Odin, maka pada bagian ID:COM akan berubah menjadi warna biru.
  12. Selanjutnya klik tombol AP dan cari file TWRP yang tadi telah kamu download.
  13. Selanjutnya klik menu Option dan hilangkan tanda centang pada Auto Reboot.
  14. Selanjutnya klik tombol Start untuk memulai proses pemasangan TWRP di Samsung S9.
  15. Jika prosesnya sudah selesai, maka kamu akan melihat tulisan PASS yang berwarna hijau.
  16. Selanjutnya restart ponsel secara manual dengan cara tekan dan tahan tombol Power + Volume Bawah secara bersamaan, lalu langsung tekan tombol Power + Volume Atas untuk masuk ke mode recovery.
  17. Selesai.

Sampai disini kamu telah selesai melakukan instalasi Custom Recovery TWRP di Samsung Galaxy S9 SM-G960F. Sekarang kamu tinggal memulai proses root melalui TWRP Recovery tersebut. Untuk langkah-langkahnya dapat kamu lihat melalui penjelasan di bawah ini.

Cara Root Samsung Galaxy S9 SM-G960F

Seperti yang telah saya sampaikan sebelumnya di atas, bahwa di bawah ini akan saya jelaskan bagaimana melakukan root di ponsel Samsung yang satu ini. Pastikan kalian telah mengikuti step by step yang telah saya berikan jika ingin prosesnya berhasil.

  1. Dalam menu utama TWRP Recovery pilih menu Wipe dan lakukan Format Data terlebih dahulu.
  2. Selanjutnya kembali ke menu utama TWRP dan pilih menu Reboot, lalu pilih ke Recovery lagi.
  3. Maka nanti ponsel akan merestart dan akan masuk ke dalam mode Recovery lagi.
  4. Selanjutnya klik menu Install dan cari file Disable_Dm-Verity_ForceEncrypt_11.02.2020, lalu Swipe to confirm flash.
  5. Selanjutnya flash file RMM_Bypass_v3_corsicanu dengan cara yang sama seperti tadi.
  6. Selanjutnya flash file Magisk.zip dengan cara yang sama seperti tadi.
  7. Setelah prosesnya selesai, lalu klik Reboot System.
  8. Selanjutnya tinggal kamu tunggu saja sampai ponsel berhasil menyala kembali, mungkin akan membutuhkan waktu beberapa menit.
  9. Setelah ponsel menyala, lalu lakukan aktivasi ponsel seperti saat pertama kali membelinya.
  10. Setelah proses aktivasi selesai dan berhasil masuk ke dalam menu, maka kamu akan melihat aplikasi Magisk.
  11. Selesai.

Sampai disini kamu telah selesai melakukan proses root untuk ponsel Samsung Galaxy S9 and S9 Plus dengan mengikuti tutorial di atas. Sekarang kamu sudah bisa memberikan akses root untuk aplikasi Magisk Manager tersebut.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah untuk dapat berhasil melakukan proses Root Samsung Galaxy S9 Android 10, kamu harus menggunakan Magisk_v23.0.zip. Karena versi magisk tersebut cocok digunakan untuk versi Android Q atau di atasnya.

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments