Cara Install Realme USB Driver Latest Version - Tips Tutorial Bersama

Senin, 06 Desember 2021

Cara Install Realme USB Driver Latest Version

Cara Install Realme USB Driver Latest Version

Pada artikel yang akan saya berikan kali ini, disini saya akan membagikan sebuah link download Realme USB Driver untuk sistem operasi Windows. Untuk teman-teman yang menginginkannya, maka kamu dapat mengambilnya di bawah ini secara gratis.

Seperti yang sudah diketahui, bahwa saat ini sudah tersedia berbagai brand Smartphone Android yang telah dipasarkan di tanah air kita ini. Bahkan diantaranya ada salah satu brand atau produk luar yang cukup populer di Indonesia ini.

Sampai-sampai produk tersebut sempat mengalahkan nilai penjualan terhadap brand lama yang cukup terkenal di dunia. Tidak heran kalau sekarang ini sudah banyak berbagai developer pihak ketiga yang mengembangkan perangkat lunak untuk sebuah perangkat ponsel Android.

Nah, untuk kalian semua yang saat ini sedang membutuhkan driver usb Realme untuk keperluan kustomisasi seperti Unlock Bootloader, Install TWRP, atau Root sekalipun. Melalui postingan ini telah saya siapkan driver tersebut untuk semua versi Windows, termasuk Windows 10.

Apa Itu Realme USB Driver?

Realme USB Driver adalah sebuah komponen atau perangkat lunak yang dirancang oleh developer untuk membantu penggunanya agar dapat ponselnya terdeteksi di komputer, terutama untuk perangkat Smartphone Realme.

Selain itu, USB Driver ini juga berbeda dengan halnya drive USB, dimana drive USB ini akan menampilkan semua data penyimpanan di My Computer yang terdapat pada USB Flashdisk atau bisa juga pada ponsel smartphone.

Kedua hal tadi adalah bagian dari perbedaan penjelasan antara USB Driver dan Drive USB. Jadi teman-teman jangan sampai salah mengartikannya lagi ya. Untuk bisa mendapatkan USB Driver tersebut dapat dilakukan dengan berbagai cara yang berbeda.

Download Realme USB Driver

Seperti yang telah saya katakan sebelumnya di atas, bahwa melalui artikel ini kamu dapat download Realme USB Driver for Windows 10 untuk dapat melanjutkan ke tahap instalasi Custom Rom pada ponsel Realme tersebut.

Akan tetapi sebelum dapat melakukan hal tersebut, kamu harus install the Realme USB terlebih dahulu di PC atau laptop yang akan digunakan nantinya. Selain itu disini juga telah saya sediakan dua versi yang berbeda, yaitu versi Mediatek dan Qualcomm yang dapat digunakan untuk semua operating system windows.

File Name Link Download
Realme USB Driver Mediatek 1fichier
Realme USB Driver Qualcomm 1fichier

Password : www.tipstutorialbersama.com/13-11-2021

Setelah berhasil download driver yang sesuai dengan prosesor ponsel Realme kalian, sekarang belum waktunya untuk melakukan hal seperti connect your phone. Karena drivernya belum terinstal dan ponsel pun tidak akan terdeteksi di PC tersebut.

Cara Install Realme USB Driver Latest Version

Untuk kalian yang sudah tidak sabar lagi untuk mengetahui cara instalasinya seperti apa agar dapat segera menjalankan tool adb drivers, kamu bisa langsung mengetahuinya melalui penjelasan yang akan saya jelaskan di bawah ini secara lengkap.

Selain itu, disini juga akan saya jelaskan bagaimana menginstal driver Realme Smartphone yang versi Mediatek dan Qualcomm. Untuk selengkapnya dapat kamu lihat berikut ini.

1. Langkah instalasi driver Realme Mediatek

Cara pertama yang akan saya jelaskan terlebih dahulu adalah dengan driver Mediatek. Setelah berhasil menginstal driver tersebut, maka nanti kamu dapat langsung menghubungkan ponsel ke PC dengan USB cable.

Untuk langkah-langkahnya dapat kamu lihat melalui tutorial di bawah ini.

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah dengan download Realme USB Driver Mediatek.
  2. Selanjutnya extract the downloaded tersebut dengan menggunakan WinRar versi terbaru.
  3. Selanjutnya sambungkan ponsel ke PC dalam kondisi menyala.
  4. Selanjutnya buka Device Manager di PC atau laptop kalian.
  5. Untuk dapat membukanya klik kanan pada shortcut My Computer, lalu pilih Manage.
  6. Selanjutnya pada menu di sebelah kiri pilih Device Manager.
  7. Selanjutnya klik menu Action yang berada di atas, lalu pilih Add legacy hardware.
  8. Selanjutnya klik Next >> Install the hardware that I manually select from a list >> Next >> Next >> Have Disk >> Browse.
  9. Lalu arahkan ke folder Realme USB Driver yang sudah di extract, lalu pilih android_winusb >> Open >> OK >> Next >> Next.
  10. Jika muncul pesan pada layar PC kalian, lalu beri tanda centang pada Always trust software from, lalu klik Install.
  11. Selanjutnya tunggu sampai proses instalasinya selesai.
  12. Selesai.

Sampai disini kamu telah selesai dan berhasil menginstal drivers on your windows. Sekarang ponsel kamu sudah dapat terdeteksi di PC dan kamu pun dapat melanjutkan ke tahap adb and fastboot.

2. Langkah instalasi driver Realme Qualcomm

Cara berikutnya yang akan saya jelaskan adalah dengan menggunakan driver Qualcomm. Untuk langkah yang kedua ini setelah proses instalasinya selesai, kamu bisa langsung connect your Realme ke PC atau laptop.

Untuk langkah-langkah manually install nya dapat kamu lihat di bawah ini secara lengkap.

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah dengan download Realme USB Driver Qualcomm.
  2. Selanjutnya extract file tersebut dengan menggunakan WinRar versi terbaru.
  3. Selanjutnya buka folder hasil extract tersebut dan klik 2x pada Qualcomm_USB_Driver_V1.0.
  4. Maka nanti layar instalasinya akan langsung terbuka, lalu klik Next >> Next >> I accept the terms in the license agreement >> Next >> Install.
  5. Lalu tunggu sampai proses instalasinya selesai.
  6. Setelah proses instalasinya selesai, lalu klik tombol Finish.
  7. Selesai.

Sampai disini kamu telah selesai menginstal driver Qualcomm untuk perangkat Realme phones. Sekarang semua tipe ponsel Realme devices dapat terdeteksi di PC atau laptop. Jadi kamu dapat melanjutkan proses modifikasi terhadap Smartphone Realme tersebut.

Cara Update Realme USB Driver Di Windows

Setelah selesai melakukan instalasi driver Realme di atas, kamu juga perlu mengetahui untuk cara update versi usb driver tersebut. Cara ini dapat digunakan pada komputer yang sudah menggunakan Windows 10 / Windows yang lainnya.

Untuk caranya seperti apa, kamu dapat melihatnya melalui langkah-langkah berikut ini.

  1. Langkah pertama buka dahulu halaman Device Manager, lakukan seperti saat menginstal driver Mediatek di atas.
  2. Lalu cari drivers for Realme yang terletak pada bagian layar sebelah kanan.
  3. Setelah ketemu, lalu klik kanan pada driver tersebut dan select Update driver.
  4. Maka nanti kamu akan melihat dua pilihan yang tersedia.
  5. Pada pilihan tersebut, kamu dapat memilih ingin menggunakan cara otomatis atau cara manual. Silahkan pilih sesuai dengan selera kalian masing-masing.
  6. Setelah melakukan update driver lalu muncul pesan drivers installed, berarti tandanya driver tersebut sudah menggunakan versi yang terbaru.

Dengan begitu nantinya kamu dapat dengan lancar ketika sedang melakukan kustomisasi. Apalagi jika kamu ingin melakukan proses flashing Realme dengan menggunakan aplikasi flash tool.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah sebelum dapat menggunakan Oppo / Realme USB drivers, kamu harus melakukan persiapan dengan cara Realme USB Driver Download dengan melalui link yang telah saya berikan melalui artikel berikut ini.

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini.

Bagikan artikel ini

Tidak ada komentar: