Cara Unlock Bootloader Realme 3 Pro Dengan Tepat - Tips Tutorial Bersama

Senin, 06 Desember 2021

Cara Unlock Bootloader Realme 3 Pro Dengan Tepat

Cara Unlock Bootloader Realme 3 Pro Dengan Tepat

Pada artikel yang akan saya berikan kali ini, disini saya akan membuatkan tutorial mengenai Cara Unlock Bootloader Realme 3 Pro dengan mudah. Untuk kalian yang saat ini sedang mencari caranya, maka kamu dapat melihatnya melalui postingan berikut ini.

Tentu saja kalian sudah pada tahu kan apa itu bootloader dan kegunaannya? Oleh karena itu sekarang kamu mencari langkah-langkahnya yang nantinya akan digunakan untuk melakukan kustomisasi pada perangkat Realme tersebut.

Seperti yang diketahui bahwa untuk dapat membuka bootloader yang masih terkunci akan membutuhkan perangkat PC atau laptop. Jadi sebelum memulai prosesnya, pastikan dahulu kalau teman-teman sudah mempunyai PC atau laptop tersebut.

Jika kamu tidak mempunyainya, maka kamu dapat meminjamnya terlebih dahulu kepada teman atau kerabat yang mempunyainya. Karena untuk proses unlock bootloader ini akan menggunakan tool Adb and Fastboot yang hanya bisa digunakan pada komputer saja.

Apa Itu Unlock Bootloader?

Unlock Bootloader adalah sebuah bootloader yang sudah dibuka. Dengan kata lain, suatu perangkat Android yang sudah di UBL maka akan dapat melakukan hal seperti memodifikasi ponselnya dengan memasangkan Custom Rom.

Jika kalian masih belum memahami apa itu bootloader, disini akan saya berikan sedikit contoh akan hal tersebut. Bootloader agar lebih mudah untuk dipahami biasanya berhubungan dengan ponsel yang booting ke dalam OS nya.

Sebagai contoh, ponsel yang berhasil booting atau masuk ke dalam OS / menu di dalamnya, hal itu juga bisa dikatakan sebagai bootloader. Jika suatu ponsel Android masih dalam kondisi terkunci bootloader, lalu ia memasangkan custom rom, root, atau install twrp.

Maka biasanya hal tersebut akan mengalami kegagalan dan akan menyebabkan ponsel mengalami kerusakan sistem. Oleh karena itu, agar dapat berhasil melakukan ketiga hal tersebut, maka penggunanya harus membuka kunci bootloadernya terlebih dahulu.

Cara Unlock Bootloader (UBL) Pada Hp Realme 3 Pro

Seperti yang telah saya janjikan dalam judul postingan ini, disini saya akan membuatkan Cara Unlock Bootloader Realme 3 Pro dengan benar dan tepat. Jika kamu tidak mempercayainya, maka saya sarankan jangan menggunakan penjelasan yang akan saya sampaikan ini.

Jika kamu sudah yakin dan tetap ingin melakukan proses UBL Realme 3 Pro, silahkan kamu ikuti langkah-langkahnya disini. Akan tetapi sebelum memulai prosesnya, alangkah baiknya jika kamu membaca dahulu semua persyaratan di bawah ini.

Persyaratan yang harus dilakukan terlebih dahulu

  • Pastikan baterai ponsel Realme 3 Pro sudah terisi data 40% atau lebih.
  • Backup seluruh data penting yang terdapat di dalam penyimpanan internal.
  • Install Realme USB Driver di PC atau laptop.
  • Sediakan kabel USB dan PC / laptop.
  • Koneksi internet yang stabil.
  • Download semua bahan-bahan yang diperlukan.
  • Pastikan selalu mengikuti instruksi yang telah diberikan, jangan sampai ada satu langkah yang terlewatkan.

Download bahan-bahan yang diperlukan

Langkah-langkah unlock bootloader

Setelah selesai mempersiapkan semua persyaratan dan bahan-bahan yang diperlukan, sekarang kamu sudah dapat melakukan cara membuka unlock bootloader pada perangkat Realme 3 Pro ini. Untuk langkah-langkahnya dapat kamu lihat di bawah ini secara lengkap.

Langkah 1:

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah dengan download semua bahan-bahan di atas.
  2. Selanjutnya extract semua file tersebut dan simpan di dalam satu folder agar mudah ditemukan.
  3. Selanjutnya Install Realme USB Driver di PC atau laptop yang akan digunakan.
  4. Selanjutnya pindahkan file In-depth Test yang tadi telah kamu download ke dalam penyimpanan internal.
  5. Selanjutnya install apk tersebut di ponsel Realme 3 Pro kalian.
  6. Setelah proses instalasinya selesai, lalu buka aplikasi tersebut.
  7. Setelah aplikasi berhasil terbuka, lalu klik pada Start applying >> beri centang pada I have read and agreed to the aforesaid content >> Submit application.
    Cara Unlock Bootloader Realme 3 Pro Dengan Tepat #1

  8. Selanjutnya tunggu beberapa saat sampai pengajuannya di acc. Jika pengajuannya sudah di acc, maka kamu akan melihat pesan yang bertuliskan Review Successful.
  9. Selanjutnya klik pada Start the in-depth test.
    Cara Unlock Bootloader Realme 3 Pro Dengan Tepat #2

  10. Maka nanti ponsel akan restart secara otomatis dan akan masuk ke dalam Mode Fastboot.
    Cara Unlock Bootloader Realme 3 Pro Dengan Tepat #3

  11. Selesai.

Read Me: Jika saat menunggu proses Application Submitted yang terlalu lama dan aplikasinya sampai tertutup dengan sendirinya, silahkan kamu jalankan kembali aplikasinya dan klik pada Query verification status untuk mengecek apakah hasilnya sudah unlock verify ok atau belum.

Langkah 2:

  1. Selanjutnya sambungkan ponsel ke PC dengan menggunakan kabel USB.
  2. Selanjutnya buka folder adb and fastboot yang tadi telah kamu extract.
  3. Selanjutnya buka layar command prompt atau cmd melalui adb and fastboot tersebut, untuk caranya bisa kamu lihat di bawah ini.
    1. Cara pertama: Klik pada bagian kolom address bar yang terletak di atas dan ketik cmd, lalu tekan enter.
    2. Cara kedua: Buka folder adb and fastboot, lalu klik pada area kosong di dalam folder tersebut, kemudian klik kanan sambil menekan tombol Shift, lalu pilih Open PowerShell windows here.
  4. Selanjutnya masukkan perintah ini fastboot devices di layar cmd tersebut dan tekan enter.
  5. Selanjutnya masukkan perintah ini fastboot flashing unlock dan tekan enter. Jika gagal coba menggunakan perintah ini ./fastboot flashing unlock.
  6. Selanjutnya lihat pada bagian layar ponsel, lalu pilih ke UNLOCK THE BOOTLOADER. Untuk mengarahkan nya tekan tombol Volume Atas atau Bawah, lalu tekan tombol Power untuk memilihnya.
    Cara Unlock Bootloader Realme 3 Pro Dengan Tepat #4

  7. Maka nanti ponsel akan restart secara otomatis.
  8. Selanjutnya tunggu saja sampai prosesnya selesai, mungkin akan membutuhkan waktu beberapa menit.
  9. Selesai.

Sampai disini kamu telah selesai melakukan proses unlock bootloader pada perangkat Realme 3 Pro dengan tepat. Saya sarankan kamu jangan mengunci bootloadernya kembali. Karena jika kamu menguncinya lagi, maka untuk melakukan kustomisasi nanti akan semakin rumit.

Cara Install TWRP Realme 3 Pro

Jika kamu ingin melakukan proses pemasangan TWRP pada Realme 3 Pro, maka kamu dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini. Selain itu, cara instalasi TWRP Recovery ini juga dapat dilakukan pada perangkat Realme 3 Pro RMX1851.

Langkah-langkah memasang custom recovery

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah dengan download TWRP Recovery Realme 3 Pro.
  2. Selanjutnya pindahkan file twrp yang tadi telah kamu download ke dalam folder adb and fastboot.
  3. Selanjutnya aktifkan OEM Unlock dan USB Debugging.
  4. Untuk dapat melakukannya buka Pengaturan ponsel >> Opsi Pengembang >> kemudian aktifkan tombol OEM Unlock dan USB Debugging.
  5. Jika sudah, selanjutnya sambungkan ponsel ke PC dengan menggunakan kabel USB.
  6. Selanjutnya buka folder adb and fastboot yang tadi telah kamu extract, kemudian buka layar command prompt seperti cara di atas.
  7. Jika layar cmd sudah berhasil terbuka, kemudian masukkan perintah ini adb reboot bootloader agar ponsel masuk ke dalam Fastboot Mode.
  8. Jika pada ponsel muncul pesan perizinan, silahkan beri izin dahulu.
  9. Jika ponsel sudah berhasil masuk ke dalam mode fastboot, lalu masukkan perintah ini fastboot flash recovery twrp-3.3.3.1-1-RMX1851.img.
  10. Selanjutnya masukkan lagi perintah ini fastboot reboot di layar cmd.
  11. Selesai.

Sampai disini kamu telah selesai melakukan proses instalasi TWRP Recovery di ponsel Realme 3 Pro dengan mengikuti langkah-langkah yang telah saya berikan di atas. Selanjutnya jika kamu ingin melakukan cara root Realme 3 Pro, kamu bisa melihat caranya melalui artikel yang telah saya berikan di atas.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah untuk dapat melakukan proses Cara Unlock Bootloader Realme 3 Pro pertama harus menginstal aplikasi In-depth Test terlebih dahulu, kemudian disusul dengan Android Platform Tool adb and fastboot untuk membuka kunci bootloader.

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments