Cara Install Android 10 Di Nokia 7 Plus - Tips Tutorial Bersama

Sabtu, 30 Oktober 2021

Cara Install Android 10 Di Nokia 7 Plus

Bagi kamu pengguna ponsel Nokia 7 Plus dan belum mendapatkan pembaruan terbaru, kamu bisa mengikuti cara ini untuk mengupdatenya ke Android 10.

HMD Global started rolling pembaruan security update berbasis android pada 10 Januari 2015 lalu, kini pada tahun 2020 kemarin security update terbaru telah resmi dirilis untuk semua pengguna Nokia 7 Plus di seluruh dunia.

Jika kamu masih belum mendapatkan pemberitahuan OTA ini, maka kamu dapat mendownload paket pembaruan OTA Android 10 Nokia 7 Plus melalui artikel berikut ini.

Nokia telah membuat kehadiran yang kuat di pasar smartphone, terutama karena dukungan perangkat lunaknya yang luar biasa. OEM telah merilis Android 10 untuk Nokia 8.1, Nokia 9 Pureview, dan Nokia 7.1, sesuai jadwal yang dijanjikan.

Dan sekarang, setelah Nokia 6.1 Plus dan Nokia 6.1, HMD secara berturut-turut meluncurkan pembaruan Android 10 untuk Nokia 7 Plus juga. Pengumuman resmi tersebut telah diposting oleh Nokia Mobile di Twitter.

Pembaruan Nokia 7 Plus Android 10 dilengkapi dengan nomor pembuatan perangkat lunak V4.10D dan security patch Januari 2020. File OTA yang diluncurkan hanya berukuran sebesar 53,3 MB.

Ini sudah tersedia untuk pengguna di India dan Myanmar menurut beberapa laporan dari Reddit. Untuk mengecek pembaruan secara paksa, buka Pengaturan >> Sistem >> Pembaruan sistem di ponsel kamu dan tekan tombol Periksa Pembaruan.

Apa Yang Baru Di Android 10 Untuk Nokia 7 Plus?

Karena peluncuran berlangsung secara bertahap dimulai pada April 2018, mungkin diperlukan waktu sebelum pembaruan benar-benar tersedia di setiap wilayah. Dalam hal ini, kamu dapat download package zip OTA dan instal dengan secara manual security update Nokia 7 Plus Android 10 Februari 2020.

Sekarang, sebelum kamu membuka link download dan tutorial, mari kita lihat apa saja fitur terbaru dan perubahan yang dibawa pembaruan ini. Android 10 menghadirkan banyak fitur terbaru bagi pengguna Nokia 7 Plus, bahkan fitur ini tidak akan tersedia pada versi Android Nokia 4.2.

Fitur terbesar pertama adalah Dark Theme di seluruh sistem, yang mengubah UI sistem lengkap menjadi warna yang lebih gelap. ini tidak hanya membuatnya lebih mudah untuk melihat layar dalam kondisi kurang cahaya tetapi juga membantu menghemat masa pakai baterai.

Bagian terbaiknya adalah bahwa Dark Theme Android 10 juga meluas ke sebagian besar aplikasi Google dan aplikasi terpasang lainnya di ponsel. Navigasi gerakan yang baru dan lebih baik di Android 10 menjadikan sistem navigasi lebih mudah dan lebih intuitif.

Bahkan fitur ini tidak hanya tersedia pada Nokia 7 Plus saja, melainkan juga bisa dinikmati oleh Nokia Q1 2020. Kamu dapat dengan mudah menggunakan geseran touchscreen dan tarik layar untuk kembali, kembali ke halaman utama, dan beralih di antara aplikasi yang baru dibuka.

Kontrol privasi merupakan nilai tambahan dari Android 10. Pengaturan baru memungkinkan kamu untuk memiliki kontrol lebih rinci atas izin yang diberikan untuk aplikasi masing-masing. Kamu juga mendapatkan lebih banyak opsi untuk mengontrol bagaimana aplikasi masing-masing menggunakan layanan lokasi.

Kamu dapat tetap mengaktifkannya atau dinonaktifkan. Setelah kehadiran Android 10 di perangkat semua ponsel Nokia termasuk Nokia 2.2, Nokia 3.1 Plus juga, kini ponsel tersebut mulai kembali diminati oleh masyarakat.

Dark mode dan smart reply adalah salah satu fitur lain yang menganalisis penggunaan kamu untuk menyarankan tanggapan dan tindakan berdasarkan jenis pesan yang kamu terima. Terdapat fitur lain yang lebih dari ini, kamu bisa kunjungi situs web resmi untuk informasi lebih lanjut tentang ini.

Persyaratan Yang Harus Dilakukan Terlebih Dahulu

Sebelum memulai proses instalasi software update Android 10 pada perangkat Nokia 7 Plus, pastikan kamu telah memenuhi semua syarat yang tercantum di bawah ini sebelum kamu mengikuti tutorial untuk instal update Nokia 7 Plus Android 10 dengan mengikuti langkah-langkah yang akan saya jelaskan.

  • Backup seluruh data terlebih dahulu yang terdapat pada penyimpanan internal.
  • Charger baterai ponsel Nokia kamu sampai terisi penuh dan cukup.
  • Download driver ADB and Fastboot terbaru dan instal menggunakan PC kamu.

Download Nokia 7 Plus Android 10 OTA Update

File update Android 10 OTA yang tersedia sebagai paket zip dan dapat diinstal pada Nokia 7 Plus yang sudah menggunakan Android Pie. Dalam postingan ini, semua package OTA harus diinstal berdasarkan Build Number yang telah ditentukan.

Note: Pastikan untuk mengubah nama package yang didownload seperti yang sudah disebutkan.

1. Stable Android 10 Update (V4.10C) with December 2019 Security Patch

2. January 2020 Security Update (V4.10D):

3. February 2020 Security Update (V4.10E):

Cara Install Android 10 Di Ponsel Nokia 7 Plus

Seperti yang telah saya katakan sebelumnya di atas, bahwa melalui artikel ini kamu dapat install Update Android 10 OTA pada ponsel Nokia Smartphone 7 Plus. Pastikan jangan mencoba tutorial ini pada perangkat Nokia 3.1 Plus dan Nokia 3.2. Karena file ini hanya bisa digunakan pada ponsel 7 Plus saja.

  1. Download file package zip Nokia 7 Plus Android 10 OTA terlebih dahulu.
  2. Kemudian rename file OTA tersebut yang sudah di download menjadi seperti yang sudah disebutkan diatas.
  3. Kemudian copy file OTA tersebut ke folder instalasi ADB yang sudah berhasil terinstal di PC kamu.
  4. Kemudian buka command prompt dengan cara seperti yang sudah dijelaskan melalui halaman link download adb tadi.
  5. Kemudian matikan ponsel kamu ke dalam keadaan mati.
  6. Kemudian tekan dan tahan tombol Volume Atas + Power secara bersamaan untuk masuk ke dalam Mode Recovery Nokia 7 Plus.
  7. Saat kamu melihat pesan No Command di layar ponsel kamu, lalu tekan tombol Volume Atas 1 kali sambil menahan tombol Power.
  8. Kemudian sambungkan ponsel ke PC saat dalam Mode Recovery.
  9. Gunakan tombol Volume Atas / Bawah untuk memilih opsi Apply update from ADB dan tekan Tombol Power untuk mengkonfirmasinya.
  10. Selanjutnya ketikkan perintah berikut di layar cmd adb devices untuk memastikan apakah ponsel sudah terdeteksi di PC atau belum.
  11. Selanjutnya install Update OTA Nokia 7 Plus Android 10 dengan mengetikan perintah berikut ini adb sideload ota-package-filename.
  12. Misalnya, untuk Instal Update Security Januari 2020 OTA, ketik perintahnya sebagai berikut: adb sideload B2N-410D-0-00WW-B01-B2N-410C-0-00WW-B04-update.zip.
  13. Proses instalasi akan dimulai dan mungkin perlu waktu beberapa menit sampai prosesnya selesai. Jangan lepaskan ponsel dari PC selama proses instalasi ini.
  14. Setelah prosesnya selesai, restart ponsel kamu ke system dengan menggunakan opsi Reboot System Now.
  15. Selesai.

Ponsel kamu sekarang harus booting ke dalam System yang sudah di Update ke Android 10 dan Patch Security Januari 2020 terbaru. Silahkan kamu mencoba dan menjelajahi semua fitur yang disediakan dalam Update Android 10 ini.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah Nokia telah resmi rolling out the Android 10 untuk ponsel Nokia 7 Plus. Untuk dapat melakukan update pada ponsel ini bisa menggunakan cara melalui adb and fastboot yang dijalankan melalui PC atau laptop windows.

Setelah berhasil melakukan pembaruan ini, maka tampilan dari ponsel Nokia tersebut akan memiliki kemampuan gesture navigation dan full HD display. Sebelum mengakhiri artikel ini, saya sarankan kamu agar selalu rutin mengecek pembaruan.

Untuk mengecek pembaruan tersebut bisa melalui menu settings >> about phone >> system updates. Nanti disana akan kelihatan jika ada notifikasi pembaruan terbaru. Sekarang ponsel Nokia 7 Plus kamu sudah tertanam security updates terbaru.

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini.


Bagikan artikel ini

Tidak ada komentar: