Cara Install TWRP Acer Z320 Pasti Sukses - Tips Tutorial Bersama

Jumat, 04 Februari 2022

Cara Install TWRP Acer Z320 Pasti Sukses

Cara Install TWRP Acer Z320 Pasti Sukses

Pada artikel yang akan saya berikan pada kesempatan kali ini, disini saya akan membagikan sebuah link download TWRP Acer Z320 versi terbaru. File custom recovery ini telah saya sediakan versi yang sama seperti yang tersedia dalam forum xda. Untuk kalian yang saat ini sedang mencarinya, kamu dapat mengambilnya melalui link di bawah ini.

Namun sebelum kamu memulai proses instalasi twrp di ponsel Acer tersebut, kamu harus menyiapkan dahulu perangkat komputer seperti PC atau laptop. Karena untuk pemasangan custom recovery ini akan menggunakan tool yang bernama adb and fastboot. Tool tersebut hanya dapat dijalankan terhadap sistem operasi windows saja.

Untuk kalian yang masih pemula atau yang baru pertama kali mengoprek sistem operasi Android, tenang saja karena melalui tutorial yang akan saya jelaskan ini akan saya buat semudah mungkin agar kamu dapat memahaminya dengan mudah. Selain itu cara ini pun dapat dilakukan oleh siapa saja bagi mereka yang ingin berusaha melakukannya.

Pada kenyataannya untuk instalasi twrp tidak akan menghapus seluruh data-data yang terdapat di dalam penyimpanan internal. Tetapi ada baiknya jika kamu backup dahulu semua data tersebut. Sebenarnya Cara Pasang TWRP Acer Z320 Tanpa PC bisa saja dilakukan, tetapi tidak semua perangkat ponsel Acer ada yang cocok dengan metode tersebut.

Cara Install TWRP Acer Z320 Pasti Sukses

Seperti yang telah saya sampaikan sebelumnya di atas, bahwa melalui artikel ini kamu akan mengetahui cara Pasang TWRP Acer Z320 dengan menggunakan PC. Dengan memasang custom recovery di ponsel Android, maka nanti kamu dapat langsung memodifikasi sistemnya sesuai dengan kebutuhan kalian masing-masing.

Selain itu cara di bawah ini juga dapat diterapkan untuk kamu yang ingin mengetahui tutorial root & install twrp Acer Liquid Z330. Hanya saja untuk file recovery twrp nya menggunakan versi yang berbeda dari Z320. Namun untuk langkah-langkah pemasangannya tetap sama, jadi kamu tetap dapat mengikuti cara ini untuk melakukannya.

Sedangkan untuk Acer Liquid Z320 dapat kamu download di bawah ini untuk semua file-file yang akan digunakan untuk proses instalasi twrp tersebut. Perlu kalian ketahui, bahwa sebelum memulainya pastikan dahulu kalau ponsel Acer Z320 kamu sudah di unlock bootloader dahulu. Karena jika bootloader masih terkunci, kamu tidak akan dapat memasang twrp di ponsel.

Download Semua File Yang Diperlukan

Di bawah ini telah saya sediakan beberapa file yang wajib kamu download sebelum memulai proses install twrp recovery Acer Liquid Z320. Jadi, pastikan kalau kamu sudah menyiapkan dahulu semua bahan-bahan tersebut jika ingin langsung segera memulai langkah-langkahnya.

Setelah selesai mendownload semua bahan-bahan di atas, sekarang kamu sudah dapat menginstal twrp recovery di Acer Z320. Untuk langkah-langkahnya dapat kamu lihat melalui penjelasan di bawah ini secara lengkap.

Langkah Install TWRP Acer Z320 Pasti Sukses

Seperti yang telah saya sampaikan di atas, bahwa di bawah ini merupakan langkah-langkah untuk cara install twrp di Acer Z320 dengan menggunakan adb and fastboot. Untuk kamu yang ingin mengetahuinya, silahkan disimak penjelasan berikut ini dengan teliti.

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah dengan melakukan Unlock Bootloader.
  2. Jika kamu tidak mengetahui caranya, kamu dapat melihatnya melalui artikel yang telah saya berikan di atas.
  3. Jika ponsel kamu sudah di unlock bootloader, lalu download semua bahan-bahan di atas.
  4. Selanjutnya extract semua file tersebut dengan menggunakan WinRar versi terbaru.
  5. Selanjutnya install Acer USB Driver di PC atau laptop yang akan digunakan.
  6. Selanjutnya pindahkan file twrp yang tadi telah kamu extract ke dalam folder adb and fastboot.
  7. Selanjutnya jalankan command prompt melalui adb and fastboot.
    1. Windows 7: Silahkan buka folder adb and fastboot, lalu klik kanan pada area kosong yang ada di dalam folder tersebut sambil menekan tombol Shift, lalu pilih Open command windows here.
    2. Windows 10: Silahkan buka folder adb and fastboot, lalu klik pada kolom address bar dan ketik cmd, lalu tekan enter.
  8. Selanjutnya aktifkan OEM Unlock dan USB Debugging di ponsel Acer Z320 kalian.
  9. Untuk dapat mengaktifkan kedua tombol tersebut, pertama masuk ke menu Pengaturan >> Tentang Ponsel >> kemudian tap 7x pada Nomor Bentukan.
  10. Selanjutnya kembali ke menu utama Pengaturan >> Opsi Pengembang.
  11. Selanjutnya kamu cari OEM Unlock dan USB Debugging, lalu aktifkan tombol yang ada didekatnya.
  12. Selanjutnya matikan ponsel Acer Z320 kalian sampai dalam kondisi benar-benar mati.
  13. Selanjutnya tekan dan tahan tombol Power + Volume Up secara bersamaan.
  14. Setelah muncul logo Acer, lalu lepaskan tombol Power dan tombol Volume Atas tetap dalam kondisi di tekan.
  15. Maka nanti akan masuk ke dalam mode recovery bawaan dari ponsel tersebut.
  16. Setelah berhasil masuk ke dalam mode recovery, lalu pilih Fastboot Mode dengan mengarahkannya melalui tombol Volume Bawah, dan untuk memilihnya tekan tombol Power.
  17. Selanjutnya hubungkan ponsel ke PC dengan menggunakan kabel USB.
  18. Selanjutnya masukkan perintah ini fastboot devices di layar command prompt / cmd yang tadi telah terbuka, lalu tekan enter.
  19. Selanjutnya masukkan perintah ini fastboot flash recovery recovery.img dan tekan enter. Perintah tersebut digunakan untuk tujuan instal twrp.
  20. Selanjutnya masukkan lagi perintah ini fastboot boot recovery.img dan tekan enter. Perintah tersebut digunakan agar ponsel dapat langsung masuk ke menu twrp.
  21. Selesai.

Sampai disini kamu telah selesai melakukan proses cara install twrp recovery di ponsel Acer Z320. Jika dikemudian hari kamu ingin masuk ke twrp, kamu bisa menekan tombol Power + Volume Atas secara bersamaan. Maka nanti ponsel akan langsung masuk secara otomatis ke mode recovery tersebut.

Sekarang kamu sudah dapat melakukan proses root dengan file Magisk.zip melalui twrp recovery. Untuk dapat melakukan cara root tersebut, kamu dapat mengetahuinya melalui artikel yang telah saya berikan di atas. Dengan begitu nantinya kamu bisa langsung memulai install custom rom di Acer Z320.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah untuk dapat melakukan proses install twrp Acer Z320 dapat dilakukan melalui adb and fastboot yang dijalankan melalui PC. Selain itu tutorial di atas juga dapat digunakan untuk ponsel Acer dengan tipe Z330. Karena untuk kedua ponsel ini bisa menggunakan file twrp yang sama.

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments