Cara Unlock Bootloader Acer Z320 Pasti Sukses - Tips Tutorial Bersama

Sabtu, 05 Februari 2022

Cara Unlock Bootloader Acer Z320 Pasti Sukses

Cara Unlock Bootloader Acer Z320 Pasti Sukses

Pada artikel yang akan saya berikan pada kesempatan kali ini, disini saya akan membagikan sebuah tutorial mengenai cara Unlock Bootloader Acer Z320. Untuk teman-teman yang ingin memodifikasi Smartphone Androidnya, maka kamu harus melakukan langkah tersebut terlebih dahulu agar proses modifikasi sistem dapat berjalan dengan lancar.

Jika kamu telah berhasil membuka bootloader yang sudah tidak terkunci, maka nanti kamu dapat menginstal custom rom, install twrp. root, atau bahkan menginstal berbagai module magisk untuk ponsel Acer yang kalian miliki ini. Dengan begitu perangkat smartphone kamu dapat bekerja secara maksimal dan tidak akan mengalami ngelag.

Akan tetapi ada satu hal yang harus kamu ketahui terlebih dahulu, bahwa setelah berhasil membuka kunci bootloader dapat menghilangkan garansi resmi dari ponsel Android Acer itu sendiri. Jadi, jika ponsel kamu masih memiliki garansi resminya, saya sarankan jangan dulu melakukan hal ini. Karena garansi tersebut nantinya akan menjadi sia-sia.

Sebenarnya setiap ponsel Android apapun yang telah resmi diproduksi, biasanya setiap ponsel tersebut masih dalam kondisi bootloader terkunci. Hal tersebut memungkinkan agar penggunanya tidak dapat menginstal apapun yang dapat membahayakan keamanan ponsel. Jika kamu ingin melakukan Unlock Bootloader Acer Z320, silahkan simak caranya berikut ini.

Apa Itu Bootloader?

Bootloader merupakan sebuah sistem yang terdapat di dalam ponsel Android ketika smartphone mulai dinyalakan. Selama dalam waktu dinyalakan, ponsel akan boot ke dalam OS Androidnya dan akan masuk ke dalam menu utama dari ponsel tersebut. Selama proses ponsel dinyalakan, itulah yang disebut sebagai bootloader.

Setiap bootloader dari berbagai brand apapun, biasanya ketika pertama kalinya membeli atau menggunakan ponsel tersebut masih dalam kondisi terkunci bootloader. Hal tersebut bertujuan agar keamanan sistem Androidnya dapat terlindungi dari berbagai masalah yang disebabkan oleh aplikasi pihak ketiga.

Misalnya saja seperti yang terjadi dalam kasus ponsel Acer Z320. Jika salah satu penggunanya langsung melakukan instalasi twrp atau root tanpa melakukan Unlock Bootloader Acer Z320 terlebih dahulu, maka biasanya akan terjadi kegagalan selama prosesnya berlangsung dan dapat mengakibatkan ponsel mengalami kerusakan sistem seperti bootloop.

Keuntungan & Kekurangan Bootloader

Untuk kamu yang ingin melakukan hal tersebut, maka kamu wajib mengetahui dahulu semua kelebihan dan kekurangannya setelah berhasil membuka kunci bootloader. Terutama untuk kalian yang baru pertama kali mencobanya, hal ini mungkin akan sedikit menambah wawasan kalian tentang bootloader.

1. Kelebihan bootloader

  • Kamu dapat menginstal custom rom atau modifikasi lainnya.
  • Kamu juga dapat melakukan proses root di ponsel tersebut.
  • Kamu juga dapat menginstal custom recovery twrp.

2. Kekurangan bootloader

  • Dapat menghilangkan garansi resmi dari ponsel Android itu sendiri.
  • Tidak akan lagi menerima pembaruan OTA ke versi terbaru.
  • Dapat mengakibatkan kerusakan sistem di kemudian hari.

Nah, seperti itulah semua kelebihan dan kekurangan jika kamu melakukan unlock bootloader di Acer Z320. Namun, jika kamu sudah siap akan semua kelebihan dan kekurangan tersebut, kamu dapat mengikuti caranya melalui langkah-langkah berikut ini.

Persyaratan Yang Harus Dilakukan Terlebih Dahulu

Seperti yang telah saya katakan sebelumnya di atas, bahwa jika kamu sudah siap untuk melakukan unlock bootloader, kamu harus mengikuti semua persyaratan di bawah ini jika ingin memulai proses membuka kunci bootloader.

  • Pastikan bahwa kamu sudah mempunyai PC atau laptop.
  • Pastikan baterai ponsel kamu sudah terisi daya minimal 40%.
  • Pastikan kamu sudah memiliki kabel usb.
  • Install Acer USB Driver di PC yang akan digunakan.
  • Backup seluruh data-data yang terdapat di dalam penyimpanan internal.
  • Download semua bahan-bahan yang akan dibutuhkan.

Setelah kamu sudah mempersiapkan semua persyaratan di atas, sekarang kamu sudah dapat melakukan unlock bootloader di ponsel Acer yang satu ini. Untuk langkah-langkahnya dapat kamu lihat melalui penjelasan di bawah ini secara lengkap.

Cara Unlock Bootloader Acer Z320 Pasti Sukses

Sebelum kamu memulai proses root your device di ponsel Acer yang kamu gunakan, kamu harus membuka kunci bootloadernya terlebih dahulu. Setelah selesai melakukan bootloader unlocking, kamu bisa langsung memulai langkah root dengan melalui twrp recovery.

Hanya saja untuk proses root tersebut, pastikan bahwa file Magisk.zip yang kamu download sudah sesuai dengan operating system Android yang kamu gunakan saat ini. Karena setiap versi dari Magisk sudah disesuaikan dengan setiap versi Androidnya masing-masing.

Nah, jika kamu sudah tidak sabar lagi ingin segera melakukan install twrp recovery dan root, kamu bisa langsung memulai unlock bootloader dengan mengikuti penjelasan di bawah ini. Pastikan selalu mengikuti setiap instruksi yang telah diberikan.

Langkah-langkah unlock bootloader

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah dengan download semua file yang diperlukan melalui link di atas.
  2. Selanjutnya extract semua file tersebut dengan menggunakan WinRar versi terbaru.
  3. Selanjutnya install Acer USB Driver di PC atau laptop yang akan digunakan.
  4. Jika semua hal di atas sudah kamu kerjakan semuanya, lalu Enable USB Debugging dan OEM Unlock di ponsel Acer Z320 kalian.
  5. Untuk dapat mengaktifkannya, pertama buka menu Pengaturan >> Tentang Ponsel >> lalu tap 7x pada Nomor Bentukan.
    Cara Unlock Bootloader Acer Z320 Pasti Sukses #1

  6. Selanjutnya kembali ke menu utama Pengaturan >> Opsi Pengembang (Developer Options), lalu aktifkan tombol pada OEM Unlock dan USB Debugging.
    Cara Unlock Bootloader Acer Z320 Pasti Sukses #2

  7. Selanjutnya sambungkan ponsel ke PC dengan menggunakan kabel USB.
  8. Selanjutnya jalankan command prompt melalui adb and fastboot.
    1. Windows 7: Silahkan buka folder adb and fastboot, lalu klik kanan pada area kosong yang ada di dalam folder tersebut sambil menekan tombol Shift, lalu pilih Open command windows here.
    2. Windows 10: Silahkan buka folder adb and fastboot, lalu klik pada kolom address bar dan ketik cmd, lalu tekan enter.
  9. Maka nanti akan muncul layar command prompt (cmd), lalu masukkan perintah ini adb reboot bootloader dan tekan enter.
  10. Perintah tersebut digunakan untuk dapat masuk ke dalam Fastboot Mode.
  11. Selanjutnya masukkan perintah ini fastboot flashing unlock dan tekan enter.
  12. Jika perintah di atas tidak berfungsi atau tidak terjadi apa-apa, coba menggunakan perintah ini fastboot oem unlock.
  13. Maka nanti di layar ponsel Acer akan muncul pesan konfirmasi, lalu pilih saja Yes dengan menggunakan tombol Volume bawah untuk menavigasikannya, lalu tekan tombol Power (Power Button) untuk memilihnya.
  14. Selanjutnya masukkan perintah ini fastboot reboot dan tekan enter.
  15. Selesai.

Sampai disini kamu telah selesai melakukan unlock bootloader dengan menggunakan adb and fastboot tool. Selain itu cara ini juga dapat dilakukan untuk perangkat Smartphone Acer Z320 dan Z330. Sekarang ponsel kamu sudah dalam kondisi bootloader yang sudah tidak terkunci lagi.

Kamu pun bisa langsung memulai proses install twrp Acer Z320 dan root. Jika kamu tidak mengetahui cara root, kalian dapat melihatnya melalui artikel yang telah saya berikan di atas. Dengan begitu kamu pun bisa langsung melakukan install custom rom di ponsel yang satu ini.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah agar ponsel Acer Liquid Z320 dapat di pasang twrp dan rooting, maka kamu harus melakukan langkah unlock bootloader terlebih dahulu. Karena jika ponsel masih terkunci bootloader, kamu tidak akan dapat melakukan kedua hal tersebut.

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments