Cara Root Acer Z320 Pasti Sukses - Tips Tutorial Bersama

Sabtu, 29 Januari 2022

Cara Root Acer Z320 Pasti Sukses

.

Cara Root Acer Z320 Pasti Sukses

Pada artikel yang akan saya berikan pada kesempatan kali ini, disini saya akan membagikan sebuah tutorial mengenai Root Acer Z320 dengan PC atau tanpa PC. Untuk kalian pengguna Smartphone Android yang satu ini dan ingin melakukan hal tersebut, maka kamu dapat mengikuti caranya melalui penjelasan di bawah ini.

Namun sebelum kamu memulai langkah-langkahnya, pastikan dahulu kalau kalian sudah mempunyai komputer PC atau laptop. Karena untuk dapat melakukan rooting di ponsel Acer akan menggunakan PC. PC tersebut akan dipakai untuk proses instalasi TWRP dan Unlock Bootloader.

Perlu kalian ketahui terlebih dahulu, bahwa untuk dapat melakukan hal ini tidak akan menghapus seluruh data yang terdapat di dalam penyimpanan internal ponsel. Akan tetapi alangkah baiknya jika kamu backup dahulu semua data-data penting yang ada di handphone, hal tersebut untuk menghindari kehilangan data jika terjadi sesuatu selama prosesnya.

Untuk kalian yang masih pemula atau yang baru pertama kali melakukan root, harap selalu mengikuti setiap instruksi yang telah disampaikan jika ingin proses rootingnya berhasil. Nah, jika kamu sudah tidak sabar lagi ingin memulai prosesnya, silahkan kamu simak baik-baik setiap penjelasan di bawah ini mengenai Cara Root Acer Z320.

Cara Root & Install TWRP Acer Z320 Dengan Atau Tanpa PC

Sebenarnya proses root ini dapat dilakukan oleh siapa saja dan dimana saja, hanya saja yang perlu diperhatikan adalah setiap langkah-langkahnya. Jika kamu salah sedikit saja mengikuti langkah Root Acer Z320 Dengan PC, maka kamu tidak akan dapat melanjutkan ke tahap install Custom Rom di ponsel tersebut.

Karena untuk Smartphone Acer ini memiliki cara yang sedikit berbeda dengan apa yang ada di dalam ponsel Android pada umumnya. Tetapi jika kamu mengikutinya dengan tepat dan benar, maka kamu tidak perlu khawatir apabila terjadi kegagalan. Karena biasanya kegagalan tersebut diakibatkan oleh salah satu file yang tidak sesuai dengan tipe ponselnya.

Seperti yang telah saya sampaikan sebelumnya di atas, bahwa untuk dapat me-root ponsel Acer ini, hal pertama yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah dengan install TWRP Acer Liquid Z320. Karena untuk file root nya akan di flash melalui mode recovery TWRP. Oleh karena itu TWRP sangat penting sekali untuk menginstal file Magisk.zip.

1. Semua persyaratan yang diperlukan

Sebelum kamu memulai proses root dan install TWRP di ponsel Acer Liquid Z330/Z320, mari kita lihat dahulu semua persyaratan yang akan diperlukan. Karena setiap syarat-syarat ini juga menjadi penentu apakah prosesnya dapat berjalan secara lancar atau tidak.

  • Backup seluruh data-data yang terdapat di dalam penyimpanan internal.
  • Pastikan baterai ponsel sudah terisi daya minimal 40% atau lebih.
  • Aktifkan OEM Unlock dan USB Debugging terlebih dahulu.
  • Install Acer USB Driver di PC atau laptop yang akan digunakan.
  • Koneksi internet yang stabil.
  • Pastikan ponsel kamu sudah terinstal Custom Recovery TWRP dan sudah dalam kondisi Unlock Bootloader.
  • Download semua bahan-bahan yang akan diperlukan.

Nah, itu semua merupakan persyaratan yang harus kamu persiapkan dahulu sebelum memulai proses root di Acer Z320 ini. Selain itu, pastikan juga bahwa akses internet di ponsel kalian dalam kondisi stabil. Hal tersebut berguna untuk proses download semua file yang akan dibutuhkan dan untuk root dengan menggunakan aplikasi KingRoot.

2. Download semua bahan yang diperlukan

Setelah kalian mempersiapkan semua persyaratan di atas, sekarang kamu tinggal mendownload semua bahan-bahannya saja untuk proses root tersebut. Dengan begitu, maka untuk melakukan akses root ini jauh lebih cepat dilakukan.

Setelah selesai mendownload semua file-file di atas, sekarang waktunya kalian memulai proses root Acer Z320. Pada tutorial ini, disini saya akan menjelaskan dengan yang menggunakan TWRP Recovery dan aplikasi KingRoot. Untuk langkah-langkahnya dapat kamu lihat melalui penjelasan di bawah ini.

Langkah Root Dengan Menggunakan KingRoot

Cara pertama yang akan saya jelaskan terlebih dahulu adalah dengan menggunakan aplikasi KingRoot. Karena dengan menggunakan apk tersebut merupakan cara termudah untuk melakukan root. Hanya saja untuk cara ini tidak selamanya akan berhasil 100%.

Untuk langkah-langkahnya dapat kamu lihat melalui penjelasan di bawah ini.

  1. Pastikan ponsel Acer Z320 kalian sudah di Unlock Bootloader. Jika belum, kamu bisa melakukannya dahulu dengan mengikuti tutorial yang telah saya berikan di dalam artikel ini.
  2. Selanjutnya download apk KingRoot versi terbaru melalui link di atas.
  3. Selanjutnya extract file tersebut dengan menggunakan WinRar versi terbaru.
  4. Selanjutnya buka folder hasil extract tadi dan jalankan file apk KingRoot tersebut dengan cara mengkliknya.
  5. Maka nanti akan muncul layar instalasinya, lalu kamu Install KingRoot dahulu sampai prosesnya selesai.
  6. Setelah proses instalasinya sudah selesai, lalu buka aplikasi root tool tersebut.
  7. Setelah aplikasinya terbuka, lalu klik Try It untuk memulai proses root.
  8. Lalu kamu tunggu sampai prosesnya mencapai 100%.
  9. Jika prosesnya sudah selesai, lalu restart ponsel Acer Z320.
  10. Selesai.

Sampai disini kamu telah selesai melakukan root Acer Liquid Z320 dengan KingRoot. Selanjutnya tinggal kamu cek saja melalui aplikasi Root Checker apakah ponsel sudah berhasil di root atau belum.

Langkah Root Dengan Menggunakan TWRP Recovery

Cara berikutnya yang akan saya jelaskan adalah dengan menggunakan Mode Recovery TWRP. Untuk cara yang kedua ini langkah-langkah sedikit sulit, karena kamu harus memasang TWRP dahulu ke dalam ponsel. Jika kamu belum memasangnya, kamu dapat mengikuti langkah-langkahnya melalui artikel yang telah saya berikan di dalam artikel ini.

Untuk langkah-langkahnya dapat kamu lihat melalui penjelasan di bawah ini.

  1. Pastikan ponsel kamu sudah dalam kondisi di Unlock Bootloader dan sudah terpasang Recovery TWRP.
  2. Jika kamu tidak mengetahui langkah-langkah instal TWRP, kamu dapat melihatnya melalui artikel di atas yang telah saya berikan.
  3. Selanjutnya download Magisk.zip melalui link di atas.
  4. Selanjutnya pindahkan file Magisk tersebut ke dalam penyimpanan internal ponsel, pastikan menyimpannya di luar folder agar mudah ditemukan.
  5. Selanjutnya matikan ponsel Acer Z320 kalian dan boot ke dalam Mode Recovery TWRP.
  6. Setelah ponsel sudah dalam kondisi mati, lalu tekan dan tahan tombol Power + Volume Atas secara bersamaan.
  7. Setelah ponsel sudah masuk ke menu TWRP, lalu pilih Install.
  8. Selanjutnya cari file Magisk.zip yang tadi telah kamu pindahkan ke dalam penyimpanan internal.
  9. Selanjutnya Swipe to confirm flash untuk memulai proses pemasangannya.
  10. Jika prosesnya sudah selesai, lalu klik Reboot System.
  11. Selesai.

Sampai disini kamu telah selesai melakukan cara root Acer Liquid Z320 dengan menggunakan file Magisk.zip yang di flash melalui TWRP. Setelah ponsel berhasil menyala, maka kamu akan melihat aplikasi Magisk. Aplikasi tersebut menandakan bahwa ponsel sudah berhasil di root.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah untuk dapat melakukan root for Acer Liquid Z330 dan Z320, sebenarnya dapat dilakukan dengan 2 cara berbeda, yaitu melalui KingRoot dan TWRP. Hanya saja untuk yang menggunakan aplikasi KingRoot tidak selamanya akan berhasil 100%, mungkin sebagian dari kalian ada yang tidak berhasil, walau prosesnya sudah mencapai 100%.

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda