Cara Unlock Bootloader Asus Zenfone Go X014D Pasti Berhasil - Tips Tutorial Bersama

Sabtu, 05 Februari 2022

Cara Unlock Bootloader Asus Zenfone Go X014D Pasti Berhasil

Cara Unlock Bootloader Asus Zenfone Go X014D Pasti Berhasil

Pada artikel yang akan saya berikan pada kesempatan kali ini, disini saya akan membagikan sebuah tutorial mengenai Cara Unlock Bootloader Asus Zenfone Go X014D. Untuk teman-teman yang ingin melakukan Root atau Install TWRP, maka pengguna ponsel Asus harus melakukan langkah ini terlebih dahulu agar proses tersebut dapat berjalan lancar.

Seperti yang diketahui bahwa proses UBL atau Unlock Bootloader pada setiap perangkat ponsel Android sangat penting untuk mereka yang ingin melakukan modifikasi sistem pada Androidnya tersebut. Bahkan untuk ponsel Redmi Note 8 Pro pun yang ingin melakukan Root, pasti penggunanya akan melakukan Unlock Bootloader juga.

Sebenarnya untuk melakukan UBL pada setiap ponsel Android memiliki cara yang berbeda-beda, misalnya saja untuk ponsel Sony atau Huawei yang memerlukan izin dengan memasukkan kode serial. Sedangkan dalam ponsel Asus ini, penggunanya tidak perlu menggunakan kode tersebut, melainkan bisa langsung dilakukan dengan adb and fastboot.

Jika kamu sudah siap untuk memulai proses Unlock Bootloader Asus Zenfone Go X014D ini untuk bisa segera memasang Custom ROM, kamu harus mengikuti semua syarat-syarat yang akan diperlukan. Semua persyaratan dan bahan-bahannya dapat kamu lihat melalui penjelasan yang akan saya sampaikan di bawah ini secara lengkap.

Cara Unlock Bootloader Asus Zenfone Go X014D Pasti Berhasil

Unlock Bootloader merupakan sebuah keamanan yang telah tersedia secara bawaan dari ponsel Android itu sendiri. Setiap Smartphone Android pasti akan memiliki bootloader yang masih terkunci, hal tersebut memungkinkan untuk menjaga keamanan ponsel dari instalasi software pihak ketiga yang telah dilarang dan bisa saja mengakibatkan kerusakan sistem.

Bahkan untuk ponsel Asus Zenfone Max Pro M2 yang terbilang cukup baru, dalam ponsel tersebut untuk pertama kalinya juga akan mendapati bootloader yang masih terkunci. Dengan begitu, penggunanya tidak akan dapat melakukan modifikasi sistem atau install software lainnya secara bebas.

Akan tetapi jika kamu tetap ingin melakukan Unlock Bootloader Asus Zenfone Go X014D tersebut, kamu harus mengikuti semua persyaratan yang akan diperlukan untuk menyelesaikan proses tersebut. Satu hal yang harus kamu ketahui, bahwa dengan membuka kunci bootloader dapat mengakibatkan ponsel rentan terkena kerusakan sistem.

Semua Persyaratan Yang Diperlukan

Jika kamu sudah siap akan semua risiko yang nantinya akan kamu dapatkan, kamu bisa memulai Unlock Bootloader setelah menyelesaikan semua syarat-syarat di bawah ini. Silahkan kamu simak baik-baik semua persyaratannya di bawah ini secara teliti.

  • Backup seluruh data-data penting yang terdapat di dalam penyimpanan internal.
  • Aktifkan OEM Unlock dan USB Debugging di ponsel Asus kalian.
  • Isi baterai ponsel sampai terisi daya minimal 50%.
  • Download semua bahan-bahan yang akan diperlukan.
  • Siapkan komputer PC atau laptop.

Setelah selesai mempersiapkan semua syarat di atas, sekarang kamu tinggal download semua bahan-bahanya dengan melalui daftar di bawah ini. Pastikan untuk download semua bahan tersebut dan jangan sampai ada yang terlewatkan satu file pun jika ingin prosesnya berhasil.

Download Semua Bahan Yang Diperlukan

Seperti yang telah saya katakan sebelumnya di atas, bahwa di bawah ini merupakan semua file-file yang harus kamu download. Silahkan kamu download terlebih dahulu semua file-file di bawah ini sebelum memulai proses Unlock Bootloader di Asus Zenfone Go X014D.

Jika kedua bahan di atas sudah kamu download semuanya, lalu extract semua file tersebut dan simpan di dalam satu folder agar mudah ditemukan. Sekarang kamu tinggal melakukan proses Unlock Bootloader dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

Langkah Unlock Bootloader Di Asus Zenfone Go X014D

Untuk memulai proses UBL atau Unlock Bootloader untuk perangkat ponsel Android Asus yang satu ini, kamu dapat melihatnya melalui penjelasan di bawah ini. Pastikan untuk mengikuti setiap instruksi yang telah diberikan jika ingin prosesnya dapat berjalan dengan lancar.

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah dengan download semua bahan-bahan di atas.
  2. Selanjutnya extract semua file tersebut dan simpan di dalam satu folder.
  3. Selanjutnya Install Asus USB Driver di PC atau laptop yang akan digunakan.
  4. Selanjutnya aktifkan OEM Unlock dan USB Debugging di ponsel Asus kalian.
  5. Untuk dapat melakukannya, silahkan buka menu Settings >> About >> Software Information >> lalu tap 7x pada Build Number.
  6. Selanjutnya kembali ke halaman utama dari pengaturan ponsel, lalu pilih Developer Options, lalu beri tanda centang pada OEM Unlock dan USB Debugging.
  7. Selanjutnya buka folder Adb and Fastboot yang tadi telah kamu extract, lalu jalankan command prompt atau cmd melalui folder tersebut.
  8. Untuk dapat melakukannya, kamu bisa melihatnya melalui langkah-langkah di bawah ini:
    1. Windows 7: Buka folder Adb and Fastboot yang sudah di extract, lalu klik kanan pada area kosong di dalam folder tersebut sambil menekan tombol Shift secara bersamaan, lalu pilih Open command windows here.
    2. Windows 10: Buka folder Adb and Fastboot yang sudah di extract, lalu klik pada kolom address bar yang terletak di atas, lalu ketik cmd dan tekan enter.
  9. Selanjutnya matikan ponsel Asus dan boot ke dalam Mode Fastboot.
  10. Untuk dapat melakukannya, silahkan tekan dan tahan tombol Power + Volume Atas secara bersamaan.
  11. Maka nanti ponsel Asus Zenfone Go tersebut akan langsung masuk ke dalam Mode Fastboot.
  12. Selanjutnya sambungkan ponsel ke PC dengan menggunakan kabel USB.
  13. Selanjutnya pada layar command prompt yang tadi telah kamu buka masukkan perintah ini adb reboot bootloader dan tekan enter.
  14. Selanjutnya masukkan perintah ini adb devices dan tekan enter.
  15. Selanjutnya masukkan perintah ini fastboot oem unlock dan tekan enter. Jika perintah tersebut tidak berhasil, coba gunakan perintah ini fastboot flashing unlock.
  16. Selanjutnya masukkan perintah ini fastboot reboot dan tekan enter.
  17. Maka nanti ponsel akan restart secara otomatis dan tunggu sampai menyala kembali.
  18. Selesai.

Sampai disini kamu telah selesai melakukan Unlock Bootloader di ponsel Asus Zenfone Go X014D dengan menggunakan perintah adb fastboot yang telah saya berikan di atas. Sekarang kamu sudah dapat melanjutkan proses Root atau Install TWRP di ponsel tersebut. Jika kamu menginginkannya, kamu bisa melihatnya melalui artikel di atas.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah untuk dapat melakukan Unlock Bootloader Asus Zenfone Go X014D, kamu bisa menggunakan bantuan tool Minimal Adb and Fastboot for Windows. Karena hanya tool tersebut yang dapat kamu lakukan untuk memulai proses UBL-nya di semua ponsel Asus.

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini. Sampai jumpa kembali di artikel saya yang selanjutnya.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments