Cara Root Realme 3 Dengan Tepat - Tips Tutorial Bersama

Sabtu, 27 Agustus 2022

Cara Root Realme 3 Dengan Tepat

Cara Root Realme 3 Dengan Tepat

Pada artikel yang akan saya berikan pada kesempatan kali ini, disini saya akan membuatkan tutorial mengenai Root Realme 3. Untuk dapat melakukan cara root Realme 3 sebenarnya terdapat beberapa metode yang dapat dilakukan, salah satunya adalah dengan PC atau tanpa PC. Untuk kedua cara tersebut sebenarnya terdapat kekurangan dan kelebihannya tersendiri.

Jika pengguna ponsel android yang ingin melakukan root dengan cara tanpa PC, maka sangat disarankan untuk menggunakan aplikasi KingRoot. Untuk cara yang satu ini tidak terdapat resiko apapun jika mengalami kegagalan saat proses root tersebut. Berbeda halnya dengan yang menggunakan aplikasi SuperSU yang di install melalui Recovery TWRP.

Namun perlu kamu ketahui terlebih dahulu, jika kamu ingin me-root ponsel Realme dengan menggunakan Pemulihan TWRP atau CWM, maka kamu akan membutuhkan sebuah perangkat komputer seperti PC atau laptop. Tapi kelebihan dengan menggunakan cara ini dapat berjalan dengan lancar dan berhasil 100%, walaupun terdapat resiko dan langkah yang rumit.

Tapi tenang saja, karena dengan postingan yang akan saya berikan pada tutorial ini, disini saya akan menjelaskan dengan menggunakan kedua metode tersebut. Jadi, kamu dapat memilih salah satu Cara Root Realme 3 yang sesuai dengan kemampuan kalian. Sedangkan jika kamu ingin melakukannya melalui TWRP Recovery, maka kamu harus memasangnya dahulu.

Cara Root Realme 3 Dengan Tepat

Realme 3 merupakan salah satu Smartphone Android yang telah resmi dirilis pada bulan Maret 2019. Sejak awal peresmiannya hingga saat ini ternyata ponsel ini masih banyak dicari oleh sebagian masyarakat dari berbagai wilayah. Pasalnya pada perangkat Realme yang satu ini memiliki spesifikasi yang cukup baik, serta harga jualnya kini telah semakin terjangkau.

Ponsel Realme 3 untuk pertama kalinya telah menggunakan Android 9.0 dan kini dapat di update ke versi Android 10. Sedangkan untuk proses pembaruan tersebut dapat dilakukan dengan sangat mudah dan tidak perlu menggunakan jasa service hanya ingin upgrade firmware tersebut. Walaupun untuk saat ini masih Android 10 untuk versi tertingginya.

Pada ponsel Realme ini terdapat dua varian yang berbeda, yaitu RMX1825 dan RMX1821. Walaupun perangkat ini memiliki dua versi yang berbeda, tapi memiliki spesifikasi yang sama. Untuk Chipsetnya menggunakan Mediatek MT6771 Helio P60. CPU Octa-core (4x2.0 GHz Cortex-A73 & 4x2.0 GHz Cortex-A53), dan GPU Mali-G72 MP3.

Sedangkan untuk RAM 3 GB / 4 GB dan memori internal 32 GB / 64 GB. Selain itu untuk kamera belakangnya sudah menggunakan resolusi 13 MP dan kamera depan 13 MP. Nah, untuk kamu yang ingin melakukan Root Realme 3 (RMX1821), kamu bisa mengikuti langkah-langkah yang akan saya jelaskan melalui penjelasan di bawah ini.

1. Persyaratan yang harus dilakukan terlebih dahulu

Sebelum kamu memulai melakukan root pada ponsel android yang satu ini, kamu wajib menyiapkan dahulu semua syarat-syaratnya. Selain itu, untuk kamu yang ingin mengetahui Cara Root Realme 3 Pro, kamu dapat melihatnya melalui artikel tersebut.

Nah, untuk syarat-syaratnya dapat kamu lihat melalui penjelasan di bawah ini.

  • Backup semua data-data penting yang terdapat di dalam penyimpanan internal.
  • Isi baterai ponsel Realme 3 sampai terisi daya minimal 50% atau diatasnya.
  • Install Realme USB Driver di PC atau laptop yang akan digunakan.
  • Siapkan sebuah media kabel USB dan PC atau laptop.
  • Siapkan sebuah penyimpanan SD Card minimal 8 GB.
  • Pastikan kamu memiliki koneksi internet yang lancar dan stabil.
  • Download semua file-file yang akan dibutuhkan.
  • Siap menerima semua resiko apapun yang akan terjadi.
  • Pastikan selalu mengikuti setiap instruksi yang telah disebutkan.
  • Pastikan di ponsel Realme 3 kamu sudah terpasang TWRP Recovery.
  • Kamu juga perlu melakukan Unlock Bootloader untuk membuka kunci OEM.
  • Aktifkan USB Debugging dan OEM Unlock.

2. Bahan-bahan yang akan diperlukan

Setelah kamu selesai menyiapkan semua persyaratan di atas, sekarang kamu harus download semua file di bawah ini sebelum memulai proses rooting untuk Smartphone Android Realme 3 yang satu ini. Pastikan kamu telah mendownload semua file tersebut tanpa terkecuali.

Nah, untuk bahan-bahannya dapat kamu download di bawah ini.

3. Langkah-langkah melakukan root di ponsel Realme 3

Setelah kamu selesai menyiapkan semua persyaratan dan bahan-bahannya, sekarang kamu bisa memulai melakukan root di ponsel yang satu ini. Untuk teman-teman yang ingin mengetahui Cara Root Realme 3 Pro Tanpa PC, maka kamu dapat melihatnya melalui artikel yang telah saya berikan di atas.

Seperti yang telah saya sampaikan sebelumnya di atas, bahwa di bawah ini akan saya jelaskan dengan menggunakan dua cara yang berbeda untuk melakukan proses root perangkat Realme 3 yang menggunakan Android 10 atau versi di atasnya..

Berikut ini adalah dua cara tersebut yang dapat kamu pilih salah satu.

3.1. Melalui aplikasi KingRoot

Cara pertama yang akan saya jelaskan terlebih dahulu adalah dengan menggunakan aplikasi KingRoot. Sebelum memulainya pastikan dahulu kalau kamu sudah download aplikasi KingRoot versi terbaru dan koneksi internet yang stabil. Saya sarankan lebih baik menggunakan jaringan internet seluler daripada menggunakan koneksi wifi.

Nah, untuk langkah-langkahnya dapat kamu lihat melalui penjelasan di bawah ini.

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah dengan mengaktifkan USB Debugging dan OEM Unlock.
  2. Untuk dapat melakukannya, pertama buka aplikasi Pengaturan >> Tentang Ponsel >> lalu ketuk 7x pada Nomor Bentukan.
  3. Maka nanti menu Opsi Pengembang atau Developer Options akan terbuka.
  4. Selanjutnya kembali ke menu utama Pengaturan >> Pengaturan Tambahan >> Opsi Pengembang >> lalu cari USB Debugging dan OEM Unlock.
  5. Selanjutnya kamu aktifkan tombol di sebelahnya.
  6. Jika ponsel Realme 3 kamu sudah berhasil di aktifkan USB Debugging dan OEM Unlock, lalu download KingRoot.
  7. Selanjutnya extract file zip tersebut dengan menggunakan WinRar versi terbaru.
  8. Selanjutnya buka folder hasil extract tadi dan pindahkan file di dalamnya ke penyimpanan internal.
  9. Selanjutnya kamu install dahulu aplikasi tersebut sampai selesai.
  10. Jika proses instalasinya sudah selesai, lalu jalankan aplikasi KingRoot yang telah terinstall tersebut.
  11. Setelah aplikasinya berhasil terbuka, lalu scroll ke bawah dan klik tombol Try It.
  12. Maka nanti kamu akan diarahkan ke tampilan berikutnya, lalu klik Get Now.
  13. Maka nanti proses root akan langsung berjalan secara otomatis, lalu kamu tunggu saja sampai prosesnya selesai.
  14. Jika proses root-nya sudah mencapai 100%, lalu restart ponsel Realme 3 kalian.
  15. Selesai.

3.2. Melalui mode recovery TWRP

Cara berikutnya yang akan saya jelaskan adalah dengan menggunakan file SuperSU yang di flash melalui Recovery TWRP. Untuk dapat menggunakan cara yang satu ini, kamu harus memasang Custom Recovery TWRP terlebih dahulu. Jika kamu belum menginstalnya di ponsel Realme 3, maka kamu tidak akan dapat melanjutkan ke tahap pemasangan root SuperSU ini.

Nah, untuk langkah-langkahnya dapat kamu lihat melalui penjelasan di bawah ini.

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah dengan melakukan Unlock Bootloader dan Instal TWRP Recovery.
  2. Jika kamu belum melakukan kedua hal tersebut, maka kamu dapat melihatnya melalui artikel yang telah saya berikan pada bagian Baca Juga.
  3. Selanjutnya Download SuperSU melalui link di atas, kamu tidak perlu mengekstraknya.
  4. Selanjutnya pindahkan file tersebut ke dalam penyimpanan internal.
  5. Selanjutnya aktifkan OEM Unlock dan USB Debugging melalui menu Developer Options.
  6. Untuk dapat melakukannya, pertama buka aplikasi Pengaturan >> Tentang Ponsel >> lalu ketuk 7x pada Nomor Bentukan.
  7. Maka nanti menu Opsi Pengembang atau Developer Options akan terbuka.
  8. Selanjutnya kembali ke menu utama Pengaturan >> Pengaturan Tambahan >> Opsi Pengembang >> lalu cari USB Debugging dan OEM Unlock.
  9. Selanjutnya kamu aktifkan tombol di sebelahnya.
  10. Jika USB Debugging dan OEM Unlock sudah aktif, sekarang matikan ponsel Realme 3 kamu dan nyalakan ke dalam Mode Recovery TWRP.
  11. Untuk dapat melakukannya, silahkan tekan tombol Volume Bawah + Power secara bersamaan.
  12. Selanjutnya pilih menu Install yang terdapat di dalam menu utama TWRP.
  13. Selanjutnya cari dan pilih file SuperSU yang tadi tekan kamu pindahkan ke dalam penyimpanan internal.
  14. Selanjutnya Swipe to confirm flash untuk memulai proses pemasangannya.
  15. Jika proses instalasinya sudah selesai, lalu klik Reboot System.
  16. Selesai.

Jika artikel ini bermanfaat untuk teman-teman, mohon dukungannya dengan membantu donasi dengan cara mengklik salah satu tombol di bawah ini.

Sampai disini kamu telah selesai dan berhasil melakukan root pada ponsel Realme 3 dengan menggunakan dua cara yang berbeda melalui langkah-langkah yang telah saya jelaskan di atas. Jika kamu melakukannya dengan tepat dan benar, maka nanti kamu akan melihat aplikasi yang memiliki akses root yang bernama SuperSU.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah Root Realme 3 RMX1821 merupakan sebuah metode atau istilah yang biasa digunakan oleh pengguna ponsel android yang ingin melakukan modifikasi terhadap sistemnya. Selain itu, untuk proses root ini sebenarnya dapat dilakukan dengan menggunakan PC atau Tanpa PC. Kedua cara tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini. Sampai jumpa kembali di artikel saya yang selanjutnya.

Bagikan artikel ini

Tidak ada komentar: