Cara Install TWRP Realme 3 Dengan Tepat - Tips Tutorial Bersama

Selasa, 20 September 2022

Cara Install TWRP Realme 3 Dengan Tepat

Cara Install TWRP Realme 3 Dengan Tepat

Pada artikel yang akan saya berikan pada kesempatan kali ini, disini saya akan membagikan sebuah file yang bernama TWRP Realme 3. Untuk kamu pengguna android yang suka ngoprek ponsel, maka pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan file yang satu ini. Pasalnya TWRP dapat digunakan untuk melakukan instalasi Custom ROM atau Root.

Akan tetapi sebelum memulai proses pemasangannya, disini saya akan memberitahukan terlebih dahulu syarat utama untuk dapat memasangnya. Ponsel Realme tidak seperti Smartphone Android Samsung yang dapat langsung menginstal TWRP di ponselnya. Tetapi penggunanya harus melakukan proses Unlock Bootloader dahulu sebagai syarat utamanya.

Tapi tenang saja, karena di dalam halaman ini telah saya sediakan Cara Unlock Bootloader Realme 3 yang terdapat pada bagian Baca Juga. Jadi kamu bisa langsung mengikuti langkah-langkahnya melalui tutorial yang telah saya jelaskan pada artikel tersebut. Dengan begitu, maka nanti kamu bisa langsung memulai instalasi TWRP Recovery di ponsel ini.

Nah, jika saat ini teman-teman yang ingin mengetahui langkah-langkah Cara Pasang TWRP Realme 3 untuk bisa mem-backup sistem atau root, maka kamu bisa melihatnya melalui penjelasan yang akan saya sampaikan di bawah ini dengan lengkap. Namun sebelum memulainya, mari kita ketahui dahulu mengenai spesifikasi dari ponsel Realme tersebut.

Cara Install TWRP Realme 3 Dengan Tepat

Realme 3 merupakan salah satu Smartphone Android yang telah resmi dirilis pada bulan Maret 2019. Sejak awal peresmiannya hingga saat ini ternyata ponsel ini masih banyak dicari oleh sebagian masyarakat dari berbagai wilayah. Pasalnya pada perangkat Realme yang satu ini memiliki spesifikasi yang cukup baik, serta harga jualnya kini telah semakin terjangkau.

Ponsel Realme 3 untuk pertama kalinya telah menggunakan Android 9.0 dan kini dapat di update ke versi Android 10. Sedangkan untuk proses pembaruan tersebut dapat dilakukan dengan sangat mudah dan tidak perlu menggunakan jasa service hanya ingin upgrade firmware tersebut. Walaupun untuk saat ini masih Android 10 untuk versi tertingginya.

Pada ponsel Realme ini terdapat dua varian yang berbeda, yaitu RMX1825 dan RMX1821. Walaupun perangkat ini memiliki dua versi yang berbeda, tapi memiliki spesifikasi yang sama. Untuk Chipsetnya menggunakan Mediatek MT6771 Helio P60. CPU Octa-core (4x2.0 GHz Cortex-A73 & 4x2.0 GHz Cortex-A53), dan GPU Mali-G72 MP3.

Sedangkan untuk RAM 3 GB / 4 GB dan memori internal 32 GB / 64 GB. Selain itu untuk kamera belakangnya sudah menggunakan resolusi 13 MP dan kamera depan 13 MP. Nah, untuk kamu yang ingin melakukan Pasang TWRP Realme 3, kamu bisa mengikuti langkah-langkah yang akan saya jelaskan melalui penjelasan di bawah ini.

1. Persyaratan yang harus dilakukan terlebih dahulu

Sebelum kamu memulai proses instalasi Custom Recovery TWRP untuk ponsel Realme yang satu ini, maka kamu harus menyiapkan dahulu semua syarat-syaratnya. Jika tidak, maka kamu akan menyesal jika tidak melakukannya dahulu.

Nah, berikut ini adalah semua persyaratan yang harus kamu lakukan.

  • Backup semua data-data penting yang terdapat di dalam penyimpanan internal.
  • Isi baterai ponsel Realme 3 sampai terisi daya minimal 50% atau diatasnya.
  • Install Realme USB Driver di PC atau laptop yang akan digunakan.
  • Siapkan sebuah media kabel USB dan PC atau laptop.
  • Siapkan sebuah penyimpanan SD Card minimal 8 GB.
  • Pastikan kamu memiliki koneksi internet yang lancar dan stabil.
  • Download semua file-file yang akan dibutuhkan.
  • Siap menerima semua resiko apapun yang akan terjadi.
  • Pastikan selalu mengikuti setiap instruksi yang telah disebutkan.
  • Pastikan kamu sudah melakukan Unlock Bootloader untuk membuka kunci OEM.
  • Aktifkan USB Debugging dan OEM Unlock.

2. Download semua bahan-bahan yang diperlukan

Setelah kamu menyiapkan semua persyaratan di atas, sekarang kamu bisa langsung download semua file yang akan digunakan untuk proses instalasi TWRP tersebut. Pastikan kamu sudah mendownload semua bahan yang disediakan tanpa tersisa satu file pun.

Nah, untuk bahan-bahannya dapat kamu download di bawah ini.

3. Langkah-langkah instalasi TWRP di Realme 3

Setelah menyiapkan semua persyaratan dan bahan-bahannya, sekarang kamu bisa langsung memulai proses pemasangan Recovery TWRP di ponsel yang satu ini. Selain itu, jika kamu ingin mengetahui Cara Install TWRP Realme 3 Pro, kamu dapat mengetahui langkah-langkahnya melalui artikel tersebut.

Nah, untuk langkah-langkahnya dapat kamu lihat di bawah ini.

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah dengan melakukan Unlock Bootloader.
  2. Jika kamu belum melakukannya, maka kamu bisa melihat tutorialnya melalui artikel yang telah saya berikan yang terdapat pada bagian Baca Juga.
  3. Selanjutnya download semua bahan-bahan yang telah saya berikan di atas.
  4. Selanjutnya extract semua file tersebut dan simpan di dalam satu folder.
  5. Selanjutnya install Realme USB Driver di PC atau laptop yang akan digunakan.
  6. Selanjutnya pindahkan folder Minimal Adb and Fastboot Platform Tools ke Data C >> Program Files >> pastekan disini.
  7. Selanjutnya rename file TWRP yang sudah di extract tadi menjadi recovery.img.
  8. Selanjutnya pindahkan file TWRP tersebut ke dalam folder Minimal Adb and Fastboot Platform Tools.
  9. Selanjutnya jalankan command prompt atau cmd melalui folder adb and fastboot tersebut.
  10. Untuk dapat melakukannya, kamu dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini.
    1. Windows 7: Buka folder Minimal adb and Fastboot yang sudah di extract, lalu klik kanan pada area kosong di dalam folder sambil menekan tombol Shift pada keyboard, lalu pilih Open command window here.
    2. Windows 10: Buka folder Minimal adb and Fastboot yang sudah di extract, lalu klik pada kolom address bar dan ketik cmd, lalu tekan enter.
  11. Maka nanti tampilan command prompt akan langsung terbuka secara otomatis.
  12. Selanjutnya enable USB Debugging dan OEM Unlock di ponsel Realme kalian.
  13. Untuk dapat melakukannya, pertama buka aplikasi Pengaturan >> Tentang Ponsel (About Phone) >> lalu ketuk 7x pada Nomor Bentukan (Build Number).
  14. Maka nanti menu Opsi Pengembang atau Developer Options akan terbuka.
  15. Selanjutnya kembali ke menu utama Pengaturan >> Pengaturan Tambahan >> Opsi Pengembang >> lalu cari USB Debugging dan OEM Unlock.
  16. Selanjutnya kamu aktifkan tombol di sebelahnya.
  17. Selanjutnya sambungkan ponsel ke PC dengan menggunakan kabel USB, pastikan ponsel dalam keadaan menyala dan tidak terkunci layar.
  18. Selanjutnya ketik perintah ini adb devices pada layar cmd yang tadi telah terbuka, lalu tekan enter.
  19. Selanjutnya ketik perintah ini adb reboot bootloader dan tekan enter.
  20. Jika di layar ponsel kamu muncul notifikasi perizinan, lalu berikan izin dahulu.
  21. Maka nanti ponsel akan restart secara otomatis dan akan masuk ke dalam Fastboot Mode.
  22. Selanjutnya ketik perintah ini fastboot devices dan tekan enter.
  23. Selanjutnya ketik perintah ini fastboot flash recovery recovery.img dan tekan enter.
  24. Maka nanti proses installing TWRP akan langsung berjalan secara otomatis.
  25. Jika prosesnya sudah selesai, lalu ketik perintah ini fastboot reboot dan tekan enter.
  26. Maka nanti ponsel akan restart secara otomatis dan akan masuk ke dalam OS-nya.
  27. Jika perintah tersebut tidak berhasil, kamu bisa merestart ponsel dengan cara manual.
  28. Selesai.

Jika artikel ini bermanfaat untuk teman-teman, mohon dukungannya dengan membantu donasi dengan cara mengklik salah satu tombol di bawah ini.

Sampai disini kamu telah selesai dan berhasil melakukan instalasi Recovery TWRP dengan menggunakan perintah adb fastboot yang telah saya jelaskan di atas. Untuk dapat masuk ke dalam Mode Recovery TWRP Realme 3, kamu bisa melakukannya dengan menekan dan tahan tombol Power + Volume Atas secara bersamaan.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah TWRP Realme 3 RMX1821 merupakan sebuah fitur yang dapat digunakan untuk mem-flash file zip yang berfungsi untuk memodifikasi sistem android ponsel dengan cara di root. Sebagian besar pengguna Smartphone Android telah menggunakan TWRP di ponselnya, karena memiliki banyak keuntungan yang akan didapatkan.

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini. Sampai jumpa kembali di artikel saya yang selanjutnya.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments