Cara Install TWRP Samsung Galaxy A3 SM-A300H - Tips Tutorial Bersama

Selasa, 20 September 2022

Cara Install TWRP Samsung Galaxy A3 SM-A300H

Cara Install TWRP Samsung Galaxy A3 SM-A300H

Pada artikel yang akan saya berikan pada kesempatan kali ini, disini saya akan membagikan sebuah file TWRP Samsung A3 secara gratis dan lengkap dengan cara instalasinya. Pada versi TWRP yang akan saya berikan tersebut tidak dapat digunakan pada perangkat Samsung Galaxy A3 2017, karena file ini berbeda versi dengan ponsel tersebut.

Pada saat pertama kali diperkenalkan ke publik, ponsel ini belum mendapatkan akses untuk menginstal Custom Recovery TWRP. Namun selang beberapa bulan kemudian, pada akhirnya pihak pengembang dari Team Win Recovery Project telah berhasil membuatkan TWRP Custom untuk ponsel Samsung A3 2014 Duos yang satu ini tanpa adanya masalah bug apapun,

Setelah satu tahun sejak peresmiannya, akhirnya pihak pengembang telah membuatkan kembali TWRP Recovery Official Samsung Galaxy A3 SM-A300H yang dapat di install melalui aplikasi TWRP yang dapat di download melalui Google Play Store. Untuk kedua versi recovery tersebut antara Custom dan Official memiliki cara pemasangan yang berbeda.

Walaupun demikian nanti akan saya jelaskan mengenai Install TWRP Samsung A3 secara lengkap dan benar. Oleh karena itu, melalui halaman ini saya akan membantu teman-teman yang ingin memulai proses installing TWRP pada series ponsel Samsung Duos yang satu ini. Namun sebelum memulainya, mari kita ketahui dahulu mengenai spesifikasinya.

Cara Install TWRP Samsung Galaxy A3 SM-A300H

Samsung Galaxy A3 merupakan salah satu Smartphone Android Samsung yang telah resmi dirilis pada tahun 2014. Untuk ponsel yang satu ini terdapat beberapa varian yang berbeda, yaitu ada yang memakai RAM 512 MB dan 1 GB. Selain itu pada tahun 2016 juga telah tersedia seri lain lagi dari ponsel Samsung A3 ini dan memiliki spesifikasi yang berbeda juga.

Sedangkan pada tipe SM-A300H telah dilengkapi dengan RAM 1 GB dan penyimpanan internal 16 GB. Sedangkan untuk Androidnya menggunakan versi 4.4.4 (KitKat) dan dapat di update ke versi 5.0.2 (Lollipop). Untuk kemampuan kamera belakangnya sudah menggunakan 8 MP dan untuk kamera depannya menggunakan resolusi 5 MP dan sudah cocok untuk selfie.

Untuk kemampuan prosesornya juga tidak kalah dengan kemampuan lainnya, yaitu menggunakan Chipset Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410, CPU Quad-core 1.2 GHz Cortex-A53, dan GPU Adreno 306. Namun kekurangan dari ponsel Samsung A3 ini tidak dapat di update ke versi android terbaru dan jaringannya masih menggunakan kualitas 3G.

Nah, itulah semua penjelasan yang diberikan mengenai spesifikasi dari ponsel Samsung yang satu ini. Sekarang kita kembali ke pembahasan sebelumnya mengenai Pasang TWRP Samsung A3. Sebelum kamu memulai proses flashing TWRP pada ponsel ini, kamu harus menyiapkan dahulu semua syarat-syarat dan bahan-bahannya terlebih dahulu.

1. Persyaratan yang harus dilakukan terlebih dahulu

Sebelum kamu memulai download and install Recovery TWRP di Samsung Galaxy A3, kamu harus menyiapkan dahulu semua syarat-syarat yang diperlukan. Jika kamu tidak melengkapi semua persyaratan ini dapat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan selama proses berlangsung.

Nah, untuk syarat-syaratnya dapat kamu lihat di bawah ini dengan lengkap.

  • Backup terlebih dahulu semua data-data penting yang terdapat di dalam ponsel.
  • Isi baterai ponsel sampai terisi daya minimal 50% atau lebih.
  • Siapkan kabel USB dan PC atau laptop.
  • Koneksi internet yang stabil dan lancar.
  • Install Samsung USB Driver di PC atau laptop yang akan digunakan.
  • Aktifkan USB Debugging dan OEM Unlock.
  • Siap menerima semua resiko apapun yang akan terjadi.

2. Download semua bahan-bahan yang diperlukan

Jika kamu sudah menyiapkan semua persyaratan di atas, sekarang kamu bisa langsung download semua file-file di bawah ini. Pastikan kamu telah mendownload semua file tersebut sesuai yang telah saya instruksikan demi kelancaran dan keberhasilannya.

Nah, untuk bahan-bahannya dapat kamu kamu download di bawah ini.

3. Langkah-langkah Install TWRP di Samsung Galaxy A3 SM-A300H

Jika kamu sudah menyiapkan semua persyaratan dan bahan-bahannya, sekarang kamu bisa langsung memulai proses Install TWRP di Samsung A3 SM-A300H. Pastikan untuk selalu mengikuti setiap instruksi yang telah saya sebutkan jika ingin prosesnya berhasil.

Nah, untuk langkah-langkahnya dapat kamu lihat melalui penjelasan di bawah ini.

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah dengan download semua bahan-bahan di atas.
  2. Selanjutnya extract semua file tersebut dan simpan di dalam satu folder, kecual file TWRP Recovery.
  3. Selanjutnya install Samsung USB Driver di PC atau laptop yang akan digunakan.
  4. Selanjutnya aktifkan USB Debugging di ponsel Samsung A3 kamu agar unlock the bootloader.
  5. Untuk dapat melakukannya, silahkan bukan aplikasi Pengaturan (Settings) >> Tentang Perangkat (About Device) >> selanjutnya ketuk 7x pada Nomor Versi (Build Number).
  6. Maka nanti menu Opsi Pengembang atau Developer Options akan terbuka.
  7. Selanjutnya kembali ke menu utama Pengaturan >> Pilihan Pengembang (Developer Options).
  8. Selanjutnya beri tanda centang pada Mendebug USB (USB Debugging).
  9. Selanjutnya matikan ponsel Samsung A3 kamu dan nyalakan ke dalam Download Mode.
  10. Untuk dapat melakukannya, silahkan pressing and holding Volume Down + Home + Power secara bersamaan.
  11. Maka nanti kamu akan melihat tampilan yang bertuliskan Warning, lalu tekan Volume Atas untuk melanjutkannya ke Mode Download.
  12. Selanjutnya sambungkan ponsel ke PC dengan menggunakan USB cable.
  13. Selanjutnya buka aplikasi Odin yang tadi telah kamu extract.
  14. Jika ponsel sudah berhasil terdeteksi, maka pada bagian ID:COM akan berubah menjadi warna biru.
  15. Selanjutnya klik pada bagian AP dan cari zip files TWRP yang tadi telah kamu download, lalu klik Open.
  16. Selanjutnya klik pada menu Options, lalu pastikan pada Auto Reboot dan F.Reset Time telah diberi tanda centang.
  17. Selanjutnya klik tombol Start untuk memulai proses instalasinya.
  18. Selanjutnya kamu tunggu saja sampai prosesnya selesai, mungkin akan membutuhkan waktu beberapa menit.
  19. Jika prosesnya sudah selesai, maka kamu akan melihat tulisan PASS yang berwarna hijau.
  20. Maka nanti ponsel akan restart secara otomatis dan akan Reboot ke System.
  21. Selesai.

Jika artikel ini bermanfaat untuk teman-teman, mohon dukungannya dengan membantu donasi dengan cara mengklik salah satu tombol di bawah ini.

Sampai disini kamu telah selesai dan berhasil melakukan instalasi Recovery TWRP di Samsung Galaxy A3 SM-A300H dengan mengikuti langkah-langkah yang telah saya jelaskan di atas. Untuk kamu yang ingin masuk ke dalam Recovery Mode, kamu bisa melakukannya dengan cara menekan Volume Up + Home + Power buttons secara bersamaan.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah Recovery TWRP pada Smartphone Android dapat digunakan untuk mem-flash file zip seperti SuperSU, Magisk, atau Custom ROM. Sedangkan TWRP untuk Samsung A3 memiliki format file TAR yang di dalamnya terdapat image file recovery. Dengan mengikuti tutorial ini, kamu dapat memasangnya di ponsel Samsung tersebut dengan aman.

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini mengenai Cara Instal TWRP Samsung Galaxy A3 dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini. Sampai jumpa kembali di artikel saya yang selanjutnya.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments