Cara Install TWRP Realme 3 Pro Dengan Tepat - Tips Tutorial Bersama

Sabtu, 04 Desember 2021

Cara Install TWRP Realme 3 Pro Dengan Tepat

Cara Install Custom Recovery TWRP Realme 3 Pro

Pada artikel yang akan saya berikan kali ini, disini saya akan membuatkan tutorial tentang cara install custom recovery TWRP Realme 3 Pro dengan mudah. Hanya saja cara yang akan saya jelaskan ini harus menggunakan PC atau laptop.

Bagi teman-teman yang tidak mempunyai PC, alangkah baiknya jika kamu meminjam dahulu laptop teman atau dari kerabat kamu. Jika tidak, maka nanti kamu tidak akan dapat melakukan pemasangan custom rom pada ponsel Realme ini.

Karena untuk proses pemasangan twrp ini akan menggunakan adb and fastboot yang hanya bisa dijalankan pada komputer saja. Oleh karena itu, laptop atau PC merupakan syarat utama untuk bisa flash twrp di adb and fastboot.

Nah, untuk kamu yang ingin mengetahui bagaimana cara melakukan instalasi twrp pada ponsel Realme 3 Pro, kamu bisa melihat caranya di bawah ini. Akan tetapi sebelum melakukannya, pastikan terlebih dahulu kalau ponsel Realme kamu sudah di unlock bootloader.

Apa Itu Custom Recovery TWRP Pada Ponsel Android?

TWRP adalah singkatan dari Team Win Recovery Project yang dikembangkan oleh pihak pengembang ketiga untuk membantu pengguna Android untuk memodifikasi ponselnya. Mode Custom Recovery ini sama seperti pada Mode Recovery bawaan dari ponsel itu sendiri.

Hanya saja antara recovery bawaan dan recovery custom terdapat beberapa perbedaan. Pada recovery bawaan penggunanya tidak dapat untuk mem flash file zip di dalamnya, sedangkan pada recovery custom memungkinkan penggunanya untuk melakukan hal tersebut.

Selain itu juga terdapat persamaan antara keduanya, yaitu sama-sama dapat melakukan factory reset atau wipe data. Akan tetapi pada tampilan recovery custom sudah tersedia fitur touchscreen. Jadi memungkinkan penggunanya untuk menyentuh menu yang diinginkan.

Sedangkan pada recovery bawaan masih belum tersedia fitur touchscreen, jadi hanya bisa menggunakan tombol volume dan power untuk memilih setiap menu yang diinginkan. Nah, karena alasan seperti ini mengapa banyak orang yang lebih tertarik menggunakan TWRP.

Apa Saja Manfaat Dari Fitur TWRP?

Mungkin di antara teman-teman masih banyak yang belum mengetahui manfaat apa saja yang akan didapatkan setelah memasang twrp pada ponsel Android. Salah satunya adalah dapat melakukan proses root Realme 3 Pro.

Pada kenyataannya tidak hanya itu saja manfaatnya, melainkan ada beberapa keuntungan lainnya yang bisa kamu gunakan pada mode twrp ini.

  1. Dapat menginstal custom rom.
  2. Dapat melakukan proses root atau unroot.
  3. Dapat melakukan backup system secara keseluruhan termasuk semua data-data penting.
  4. Serta masih banyak manfaat lainnya yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu disini.

Nah, itu semua manfaat yang akan kamu dapatkan setelah berhasil menginstal custom recovery twrp pada ponsel Android. Bagaimana, apakah dari seluruh daftar di atas ada yang membuat kamu semakin tertarik ingin memasangnya?

Sebelum Memasang TWRP Lakukan Hal Ini Terlebih Dahulu

Seperti yang telah saya sampaikan sebelumnya di atas, bahwa untuk dapat menginstal twrp di ponsel Android apa pun terdapat beberapa syarat yang harus dilakukan dahulu. Ingin tahu apa saja semua syarat tersebut? Silahkan lihat melalui daftar di bawah ini.

  1. Pastikan terlebih dahulu kalau ponsel Realme 3 Pro kamu sudah di unlocked bootloader.
  2. Siap menerima konsekuensi kehilangan garansi resmi.
  3. Backup seluruh data-data penting yang terdapat di dalam penyimpanan internal.
  4. Isi daya baterai ponsel Realme 3 Pro sampai terisi daya minimal 40% atau lebih.
  5. Download semua bahan-bahan yang diperlukan.
  6. Pastikan selalu mengikuti setiap instruksi yang telah berikan.

Nah, itulah semua persyaratan yang harus kamu lakukan terlebih dahulu sebelum memulai proses pemasangan twrp pada ponsel yang satu ini. Jika semua persyaratan di atas sudah kamu lakukan semuanya, maka kamu bisa melanjutkan ke tahap berikutnya.

Cara Pasang TWRP Realme 3 Pro

Setelah kalian sudah mempersiapkan semua syarat di atas, sekarang kamu sudah bisa melakukan proses cara install TWRP Realme 3 Pro. Untuk langkah-langkahnya dapat kamu lihat melalui penjelasan yang telah saya berikan di bawah ini.

Selain itu, cara pemasangan ini juga dapat dilakukan pada perangkat Realme 3 Pro RMX1851. Jadi, kamu tidak perlu mencari-cari lagi tutorialnya. Sebelum memulainya, lebih baik kamu download dahulu semua bahan-bahan yang akan diperlukan disini.

Download bahan-bahan yang akan diperlukan

Langkah-langkah memasang custom recovery

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah dengan mendownload semua file yang dibutuhkan.
  2. Setelah semua file tersebut sudah berhasil di download, kemudian extract file tersebut dengan menggunakan WinRar.
  3. Selanjutnya install usb driver Realme di PC atau laptop kalian.
  4. Jangan lupa juga untuk menginstal adb and fastboot sesuai instruksi yang telah diberikan pada postingan tersebut.
  5. Selanjutnya pindahkan file twrp yang tadi telah kamu download ke dalam folder adb and fastboot.
  6. Jika semua hal di atas sudah berhasil kamu lakukan semuanya, selanjutnya aktifkan OEM Unlock dan USB Debugging.
  7. Untuk dapat melakukannya buka Pengaturan ponsel >> Opsi Pengembang >> kemudian aktifkan tombol OEM Unlock dan USB Debugging.
  8. Jika sudah, selanjutnya sambungkan ponsel ke PC dengan menggunakan kabel USB.
  9. Selanjutnya buka folder adb and fastboot yang tadi telah kamu extract melalui C program, kemudian buka layar command prompt.
  10. Untuk dapat membuka tampilan command prompt atau cmd, kamu bisa mengikuti tutorialnya melalui link download adb and fastboot.
  11. Jika tampilan cmd sudah berhasil terbuka, kemudian masukkan perintah ini adb reboot bootloader agar ponsel masuk ke dalam Fastboot Mode.
  12. Jika muncul pesan perizinan pada ponsel kamu, silahkan beri izin.
  13. Jika ponsel sudah berhasil masuk ke dalam mode fastboot, kemudian masukkan perintah ini fastboot flash recovery twrp-3.3.3.1-1-RMX1851.img.
  14. Selanjutnya masukkan lagi perintah ini fastboot reboot di layar cmd.
  15. Selesai.

Sampai disini kamu telah selesai melakukan proses installing twrp di ponsel Realme 3 Pro dengan mengikuti langkah-langkah yang telah saya berikan di atas. Selanjutnya jika kamu ingin melakukan cara root Realme 3 Pro, kamu bisa melihat caranya melalui artikel yang telah saya berikan di atas.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah untuk dapat memasang custom recovery twrp pada perangkat Smartphone Realme 3 Pro bisa menggunakan file berikut ini twrp-3.3.1-1-RMX1851.img dan instruksi yang telah saya berikan di atas.

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments