Cara Root OnePlus One Dengan Sangat Mudah - Tips Tutorial Bersama

Sabtu, 27 Agustus 2022

Cara Root OnePlus One Dengan Sangat Mudah

Cara Root OnePlus One Dengan Sangat Mudah

Pada artikel yang akan saya berikan pada kesempatan kali ini, disini saya akan membuatkan tutorial mengenai Cara Root OnePlus One. Untuk dapat melakukan Root pada ponsel yang satu ini, kamu wajib melakukan Unlock Bootloader terlebih dahulu. Jika tidak, maka proses Root tersebut akan mengalami kegagalan dan akan menyebabkan ponsel menjadi bootloop.

Root merupakan sebuah metode yang dapat memungkinkan penggunanya untuk melakukan modifikasi sistem agar dapat berjalan secara maksimal. Jika salah satu penggunanya melakukan Root pada ponselnya, maka mereka mampu meningkatkan performa CPU menjadi jauh lebih ringan. Tentu saja, mereka harus memulai langkah Root for OnePlus One dahulu.

Untuk langkah-langkah yang akan saya jelaskan melalui postingan ini, disini saya telah membuatkan caranya dengan cukup mudah. Jadi, kamu dapat memahaminya tanpa perlu khawatir mengalami kesulitan apapun. Akan tetapi ada beberapa hal yang harus kamu ketahui terlebih dahulu sebelum memulai proses Root pada ponsel OnePlus ini.

Setelah penggunanya berhasil melakukan Root Smartphone Android OnePlus, maka akan menyebabkan kehilangan garansi resmi atau bisa menyebabkan keamanan ponsel rentan terkena virus atau malware. Jika kamu masih tetap ingin melakukan Cara Root OnePlus One Tanpa PC, silahkan simak baik-baik setiap penjelasan di bawah ini.

Cara Root OnePlus One Dengan Sangat Mudah

OnePlus One merupakan Smartphone Android yang telah resmi diluncurkan pada bulan Juni 2014 dan sudah menggunakan Android 4.4.2 dan dapat di update ke versi Android 6.0.1. Ponsel android besutan OnePlus memiliki kinerja dan performa yang sangat baik. Hal tersebut menjadikan perangkat ini banyak dicari oleh masyarakat pada masa itu.

OnePlus One juga termasuk salah satu ponsel android kelas menengah ke bawah yang sangat diminati oleh masyarakat. Karena ponsel ini dilengkapi dengan RAM 3 GB dan penyimpanan internal 16 GB / 64 GB. Dengan mempunyai spesifikasi tersebut cukup mampu untuk menyimpan berbagai file di dalam ponsel dengan cukup banyak dan tidak terlalu ngelag.

Sedangkan untuk kemampuan kameranya telah dilengkapi dengan resolusi 13 MP untuk kamera belakang dan 5 MP untuk kamera depan, serta mampu membuat rekaman video dengan kualitas 4K. Tidak hanya itu saja, tetapi dalam segi Chipset sudah menggunakan Qualcomm MSM8974AC Snapdragon 801, CPU Quad-core 2.5 GHz Krait 400.

1. Persyaratan yang harus dilakukan terlebih dahulu

Sebelum kamu memulai proses pemasangan root untuk OnePlus One yang satu ini, kamu harus menyiapkan dahulu semua syarat-syaratnya. Karena salah satu syarat tersebut dapat menjadi faktor keberhasilan untuk proses root pada ponsel ini.

Nah, untuk syarat-syaratnya dapat kamu lihat melalui daftar di bawah ini.

  • Backup seluruh data-data penting yang terdapat di dalam penyimpanan internal.
  • Pastikan baterai ponsel sudah terisi daya 50% atau lebih.
  • Pastikan kamu memiliki koneksi internet yang stabil.
  • Pastikan download semua bahan-bahan yang diperlukan.
  • Pastikan selalu mengikuti setiap instruksi yang disebutkan.
  • Pastikan ponsel sudah di Unlock Bootloader dan terinstal Custom Recovery TWRP.

2. Download semua bahan yang diperlukan

Jika kamu sudah mempersiapkan semua persyaratan di atas, sekarang kamu tinggal download semua bahan-bahannya saja. Di bawah ini telah saya sediakan beberapa file yang harus kamu download untuk memulai proses root tersebut.

Nah, untuk bahan-bahannya silahkan kamu download di bawah ini.

3. Langkah-langkah flash pada OnePlus One

Untuk dapat melakukan Root OnePlus One, sebenarnya terdapat beberapa langkah yang dapat dilakukan. Disini saya akan menjelaskan dengan menggunakan tiga metode yang berbeda. Dari semua metode tersebut dapat dilakukan tanpa menggunakan PC atau laptop.

Nah, untuk langkah-langkahnya dapat kamu lihat di bawah ini secara lengkap.

3.1. Root menggunakan aplikasi KingRoot

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah dengan Download KingRoot.
  2. Selanjutnya extract file tersebut dengan menggunakan WinRar versi terbaru.
  3. Selanjutnya buka folder hasil extract tadi dan pindahkan file di dalamnya ke penyimpanan internal ponsel.
  4. Selanjutnya klik pada file tersebut untuk memulai proses instalasinya.
  5. Selanjutnya kamu install dulu aplikasinya sampai selesai.
  6. Jika proses instalasinya sudah selesai, lalu buka aplikasi tersebut.
  7. Selanjutnya klik tombol Try It, maka nanti proses root akan langsung berjalan secara otomatis.
  8. Selanjutnya kamu tunggu saja sampai prosesnya mencapai 100%.
  9. Jika prosesnya sudah 100%, lalu restart OnePlus One kamu.
  10. Selesai.

3.2. Root menggunakan SuperSu

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah dengan melakukan Unlock Bootloader dan Install TWRP Recovery.
  2. Jika kamu belum melakukan kedua hal tersebut, kamu dapat melakukannya melalui artikel yang telah saya berikan pada bagian Baca Juga.
  3. Selanjutnya Download SuperSU, lalu pindahkan file tersebut ke dalam penyimpanan internal ponsel.
  4. Selanjutnya matikan ponsel dan boot ke dalam Mode Recovery TWRP dengan cara menekan tombol Volume Bawah + Power secara bersamaan.
  5. Maka nanti ponsel akan masuk ke dalam Mode Recovery TWRP.
  6. Selanjutnya pilih menu Install, lalu cari file UPDATE SuperSU v2.02.zip yang tadi telah kamu pindahkan.
  7. Selanjutnya Swipe to confirm flash untuk memulai proses instalasinya.
  8. Jika proses selesai, lalu Reboot System.
  9. Selanjutnya tunggu beberapa saat sampai ponsel berhasil menyala.
  10. Jika ponsel sudah berhasil menyala dan masuk ke dalam OS-nya, maka nanti kamu akan melihat aplikasi SuperSU yang terinstal di ponsel OnePlus One kamu.
  11. Selesai.

3.3. Root menggunakan Magisk

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah dengan melakukan Unlock Bootloader dan Install TWRP.
  2. Jika kamu belum melakukan kedua hal tersebut, kamu dapat melakukannya melalui artikel yang telah saya berikan pada bagian Baca Juga.
  3. Selanjutnya Download Magisk, lalu pindahkan ke dalam penyimpanan internal ponsel.
  4. Selanjutnya matikan ponsel OnePlus kamu, lalu tekan dan tahan tombol Power + Volume Bawah secara bersamaan.
  5. Maka nanti ponsel akan langsung masuk ke dalam Mode Recovery TWRP.
  6. Selanjutnya pilih menu Install, lalu cari file Magisk.zip yang tadi telah kamu pindahkan.
  7. Selanjutnya Swipe to confirm flash untuk memulai proses pemasangannya.
  8. Jika prosesnya sudah selesai, lalu klik Reboot System.
  9. Selanjutnya tunggu beberapa saat sampai ponsel berhasil menyala dan masuk ke dalam OS-nya.
  10. Setelah ponsel berhasil masuk ke dalam menunya, maka nanti kamu akan melihat aplikasi root yang bernama Magisk Manager.
  11. Selesai.

Jika artikel ini bermanfaat untuk teman-teman, mohon dukungannya dengan membantu donasi dengan cara mengklik salah satu tombol di bawah ini.

Sampai disini kamu telah selesai dan berhasil melakukan root pada ponsel OnePlus One dengan mengikuti salah satu metode yang telah saya jelaskan di atas. Jika kamu masih belum yakin apakah ponsel sudah di root atau belum, kamu dapat mengeceknya melalui aplikasi Root Checker yang dapat di download secara gratis melalui Play Store.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah Root merupakan salah satu metode yang dapat digunakan untuk memodifikasi sistem pada ponsel android. Pada ponsel android yang sudah di root, maka penggunanya dapat menginstal Kernel atau Module untuk meningkatkan kecepatan CPU. Selain itu, untuk proses root pada ponsel ini tidak perlu menggunakan perintah fastboot oem.

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini mengenai How To Root OnePlus One dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini. Sampai jumpa kembali di artikel saya yang selanjutnya.

Bagikan artikel ini

Tidak ada komentar: