Cara Flash OnePlus 5 Dengan Sangat Mudah - Tips Tutorial Bersama

Minggu, 22 Januari 2023

Cara Flash OnePlus 5 Dengan Sangat Mudah

Cara Flash OnePlus 5 Dengan Sangat Mudah

Pada artikel yang akan saya berikan pada kesempatan kali ini, disini saya akan membuatkan tutorial mengenai Flash OnePlus 5. Tutorial ini sangat berguna sekali untuk kamu yang mengalami masalah seperti lupa buka kunci layar atau bootloop. Banyak orang yang menggunakan cara flashing sebagai solusi terbaik untuk kedua masalah tersebut.

OnePlus 5 pertama kali dirilis pada tahun 2017 dan telah menggunakan Android 7.1.1 (Nougat). Ponsel ini telah dibekali dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 835 yang mampu digunakan untuk memainkan game HD. OnePlus 5 telah mendapatkan pembaruan Android 10 belum lama ini dan membuat perangkat OnePlus menjadi salah satu Smartphone yang cukup diminati.

Untuk dapat menginstal firmware file stock rom OnePlus 5, pengguna harus menginstal driver adb and fastboot di PC atau laptop terlebih dahulu. Metode flashing atau install ulang pada ponsel Android yang satu ini dapat dilakukan dengan sangat mudah. Tidak hanya itu saja, tetapi disini saya juga telah menyediakan beberapa tutorial lainnya untuk perangkat OnePlus ini.

Nah, jika teman-teman tertarik ingin mengetahui Cara Flash OnePlus 5, maka kamu dapat melihat caranya melalui langkah-langkah di bawah ini. Pastikan dahulu kalau kamu sudah memiliki file firmware flash stock rom official dan yang sesuai dengan ponsel ini. Jika tidak, maka stock rom tersebut tidak akan sesuai dengan perangkat OnePlus 5 kamu.

Spesifikasi OnePlus 5

OnePlus 5 telah resmi diluncurkan pada bulan Juni 2017 dan telah menggunakan Android 7.1.1 (Nougat) dan dapat di upgrade ke versi Android 10 (OxygenOS 10.0.0). Ponsel ini memiliki ukuran layar sebesar 5,5” dan telah dibekali dengan fasilitas tipe Optic AMOLED. Fitur tersebut memungkinkan membuat ketajaman warna layar menjadi lebih baik dari pendahulunya.

Prosesornya sendiri telah menggunakan Chipset Qualcomm MSM8998 Snapdragon 835 (10 nm), CPU Octa-core (4x2.45 GHz Kryo & 4x1.9 GHz Kryo), dan GPU Adreno 540. Dengan ditanamkan prosesor seperti ini, membuat kinerja dan performa ponsel dapat berjalan dengan sangat lancar, bahkan ketika pengguna sedang memainkan game online di ponsel.

Untuk penyimpanan internalnya memiliki kapasitas ruang sebesar 64 GB dan 128 GB, serta RAM 6 GB dan 8 GB. Sedangkan untuk kemampuan kameranya memiliki fitur HDR, panorama, dan dual LED flash. Dengan kemampuan kamera belakang 16 MP dan kamera depan 16 MP sangat cocok digunakan untuk pengguna yang suka selfie di alam terbuka.

Cara Flash OnePlus 5 Dengan Sangat Mudah

Cara Flash OnePlus 5 yang akan saya jelaskan di bawah ini, disini saya akan menggunakan PC atau laptop. Jadi, untuk OnePlus 5 yang mengalami kerusakan sistem, kamu dapat mencoba dan menggunakan metode ini untuk mengatasinya. Namun sebelum memulainya, pastikan dahulu kalau kamu sudah menyiapkan semua persyaratan di bawah ini.

1. Semua persyaratan yang diperlukan

Sebelum kamu mulai melakukan flashing di ponsel ini, pastikan dahulu kalau kamu sudah menyiapkan semua syarat-syarat di bawah ini. Jika tidak, maka selama proses flash sedang berlangsung dapat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Oleh karena itu, kamu wajib mengikuti semua persyaratan yang telah saya sediakan di bawah ini.

  • Isi daya baterai ponsel sampai terisi daya minimal 50%.
  • Backup semua data-data penting yang tersimpan di penyimpanan internal.
  • Siapkan komputer, kabel USB, dan koneksi internet yang stabil.
  • Download semua file yang diperlukan seperti flash tool dan stock firmware.
  • Siap menerima semua resiko apa pun yang akan terjadi.

Baca Juga : Cara Root OnePlus 5 Dengan Sangat Mudah

2. Download semua file yang diperlukan

Setelah menyiapkan semua persyaratan di atas, sekarang kamu harus download semua file-file yang akan diperlukan untuk proses flash di OnePlus 5. Semua flash file tersebut akan digunakan dan pastikan koneksi internet yang digunakan dalam kondisi stabil dan lancar.

Baca Juga : Cara Install TWRP OnePlus 5 Dengan Sangat Mudah

3. Langkah-langkah flash di OnePlus 5

Jika semua persyaratan di atas sudah kamu siapkan semuanya dan kamu pun sudah menyediakan semua file yang diperlukan, maka sekarang kamu dapat melanjutkan ke tahap flash di OnePlus 5. Pastikan untuk selalu mengikuti setiap instruksi yang telah disebutkan jika tidak ingin mengalami kegagalan.

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah dengan download semua file di atas.
  2. Selanjutnya ekstrak semua file tersebut dan simpan di dalam satu folder.
  3. Selanjutnya install OnePlus USB Driver di PC atau laptop.
  4. Selanjutnya pindahkan folder hasil ekstrak file firmware stock rom ke dalam folder adb and fastboot.
  5. Selanjutnya matikan ponsel dan nyalakan ke Recovery Mode dengan cara tekan tombol Power + press Volume Bawah secara bersamaan.
  6. Selanjutnya pada Recovery Mode, lalu pilih Install from USB.
  7. Selanjutnya sambungkan ponsel ke PC dengan menggunakan kabel USB.
  8. Selanjutnya jalankan command prompt melalui folder adb and fastboot yang sudah di ekstrak dengan cara sebagai berikut:
    1. Windows 7: Buka folder adb and fastboot, lalu klik kanan pada area kosong di dalam folder sambil menekan tombol Shift, lalu pilih Open command window here.
    2. Windows 10 / 11: Buka folder adb and fastboot, lalu klik pada kolom Location Folder, lalu ketik cmd dan tekan enter.
  9. Jika kamu melakukannya dengan benar, maka akan muncul tampilan command prompt yang berwarna hitam.
  10. Selanjutnya masukkan perintah adb devices pada layar cmd tadi dan tekan enter. Perintah tersebut digunakan untuk mengecek apakah ponsel sudah terdeteksi atau belum.
  11. Selanjutnya masukkan perintah adb sideload OnePlus5OxygenOS dan tekan enter. Perintah tersebut digunakan untuk memulai proses flashing.
  12. Selanjutnya tunggu beberapa saat sampai proses flash-nya selesai, mungkin akan membutuhkan waktu beberapa menit.
  13. Selesai.

Jika artikel ini bermanfaat untuk teman-teman, mohon dukungannya dengan membantu donasi dengan cara mengklik salah satu tombol di bawah ini.

Sampai disini kamu telah selesai dan berhasil melakukan flash pada ponsel OnePlus 5 dengan mengikuti langkah-langkah yang telah saya sediakan di atas. Sekarang ponsel OnePlus kamu sudah kembali seperti semula dan semua kerusakan apa pun telah diperbaiki dengan menggunakan file stock rom versi terbaru.

Baca Juga : Cara Unlock Bootloader OnePlus 5 Dengan Sangat Mudah

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah Cara Flash OnePlus 5 hanya dapat dilakukan dengan menggunakan adb and fastboot platform tool. Metode flash pada ponsel OnePlus tidak sama dengan Smartphone Android lain pada umumnya yang memerlukan aplikasi flash tool. Namun dengan melalui adb and fastboot sudah lebih dari cukup untuk install ulang ponsel tersebut.

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini. Sampai jumpa kembali di artikel saya yang selanjutnya dan jangan sampai terlewat dengan postingan kami yang lainnya.

Bagikan artikel ini

Tidak ada komentar: