Cara Flash OnePlus 9 Pro Dengan Sangat Mudah - Tips Tutorial Bersama

Minggu, 22 Januari 2023

Cara Flash OnePlus 9 Pro Dengan Sangat Mudah

Cara Flash OnePlus 9 Pro Dengan Sangat Mudah

Pada artikel yang akan saya berikan pada kesempatan kali ini, disini saya akan membuatkan tutorial mengenai Flash OnePlus 9 Pro. Cara flash untuk ponsel OnePlus ini sebenarnya dapat dilakukan melalui aplikasi SP Flash Tool. Namun pada penjelasan yang akan saya berikan di bawah ini, disini saya tidak akan menggunakan aplikasi tersebut, melainkan via Fastboot.

Akan tetapi sebelum kalian melakukan langkah flashing untuk ponsel OnePlus 9 Pro tersebut, saya sarankan untuk menginstal OnePlus USB Driver di komputer terlebih dahulu. Karena flash melalui fastboot hanya dapat dilakukan melalui komputer Windows seperti PC atau laptop. Oleh karena itu kalian juga harus mempunyai komputer jika ingin melakukan flash di ponsel ini.

Setiap Smartphone Android yang mengalami masalah sistem seperti bootloop, stuck di logo, lupa pola, atau yang lainnya hanya bisa dilakukan dengan cara flashing. Namun dalam kasus Smartphone Android OnePlus bisa dilakukan dengan cara melalui PC atau tanpa PC. Selain itu ada juga beberapa tipe ponsel yang mengharuskan untuk membuka kunci bootloadernya.

Karena jika bootloader masih terkunci, maka penggunanya tidak akan dapat melakukan proses flashing atau install ulang di ponsel tersebut. Nah, jika teman-teman ingin mengetahui Cara Flash OnePlus 9 Pro, maka kamu dapat melihat langkah-langkahnya dalam penjelasan yang akan saya sampaikan di bawah ini untuk mengatasi software issues seperti bootloop.

Apa Itu Stock ROM?

Stock ROM merupakan sebuah firmware yang berfungsi sebagai sistem operasi dari sebuah perangkat ponsel Android. Jika Stock ROM mengalami masalah, maka ponsel tersebut tidak akan dapat masuk ke dalam menunya. Oleh karena itu Stock ROM pada ponsel Android sangat penting sekali. Tanpa adanya Stock ROM, maka sebuah ponsel tidak akan berguna.

Nah, apabila di Smartphone Android OnePlus 9 yang kalian pakai sedang mengalami kerusakan sistem, maka untuk memperbaikinya adalah dengan menggantikan firmware yang lama dengan yang baru. Dengan melalui halaman ini, kamu dapat download links firmware flashing OnePlus 9 Pro yang akan saya sediakan di bawah ini secara gratis.

Tidak hanya itu saja, tetapi di bawah ini juga telah saya sediakan instruksi tentang Cara Flash OnePlus 9 Pro Fastboot. Untuk teman-teman yang ingin mengetahui langkah-langkahnya, silahkan kamu download dahulu stock firmware dari ponsel ini. Kamu juga harus mendownload semua bahan-bahan lainnya, karena disini saya juga akan menggunakan file yang lainnya.

Keuntungan Menggunakan Stock ROM

Pasti di antara kalian sudah mengetahui tentang keuntungan dan kelebihan dengan menggunakan Stock ROM di ponsel Android. Namun untuk kamu yang masih pemula, maka kalian juga harus mengetahui semua keuntungan dari Stock ROM atau Firmware tersebut.

  • Flash Stock ROM untuk Unbrick perangkat Android.
  • Memperbaiki masalah bootloop pada ponsel.
  • Meningkatkan dan menurunkan versi perangkat lunak.
  • Unroot perangkat dengan mudah.
  • Memperbaiki lag atau masalah perangkat lunak pada OnePlus 9 Pro.
  • Kembalikan ke Stock ROM untuk mendapatkan garansi perangkat lagi (jika ada).

Nah, itulah semua deretan dari daftar keuntungan jika menggunakan Stock ROM di ponsel OnePlus 9 Pro. Sekarang kamu sudah bisa memulai proses flashing untuk ponsel ini, namun kalian harus download semua bahan-bahan di bawah ini secara lengkap.

Download Semua Bahan Yang Diperlukan

Sebenarnya untuk dapat melakukan flash di OnePlus 9 Pro dapat dilakukan dengan berbagai cara yang berbeda, seperti melalui PC atau tanpa PC. Namun pada tutorial yang akan saya jelaskan disini akan menggunakan Adb and Fastboot Platform Tools melalui PC.

Jika kamu sudah selesai download semua bahan di atas, sekarang kamu bisa langsung memulai proses flashing di ponsel OnePlus yang satu ini. Tetapi kalian harus menyiapkan dahulu semua syarat-syarat apa saja yang akan diperlukan demi kelancaran.

Semua Persyaratan Yang Harus Dilakukan Terlebih Dahulu

Sebelum kamu memulai proses flashing untuk memperbaiki ponsel OnePlus 9 Pro yang mengalami bootloop, kalian harus mempersiapkan dahulu semua persyaratan di bawah ini. Karena semua syarat tersebut akan kita gunakan dalam langkah-langkah flashing.

  • Download semua bahan-bahan di atas termasuk firmware OnePlus 9 Pro.
  • Komputer seperti PC atau laptop dan kabel USB OnePlus.
  • Install OnePlus USB Driver di PC yang akan digunakan.
  • Isi baterai ponsel sampai terisi daya minimal 50%.
  • Backup semua data-data penting yang terdapat di dalam penyimpanan internal.
  • Selalu mengikuti setiap instruksi yang telah disampaikan.

Jika kalian sudah mempersiapkan semua persyaratan dan bahan-bahannya, maka sekarang kamu bisa langsung memulai proses flashing di ponsel OnePlus 9 Pro di bawah ini. Nah, untuk kalian yang ingin mengetahui caranya bisa melihat di bawah ini secara lengkap.

Cara Flash OnePlus 9 Pro Dengan Sangat Mudah

Seperti yang sudah saya sampaikan di atas, bahwa di bawah ini telah saya jelaskan bagaimana cara melakukan flashing untuk Smartphone OnePlus 9 Pro. Pastikan kalian selalu mengikuti setiap instruksi yang telah disebutkan jika ingin prosesnya dapat berjalan dengan lancar.

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah dengan download semua bahan-bahan di atas.
  2. Selanjutnya extract semua file tersebut dengan menggunakan WinRar dan simpan di dalam satu folder.
  3. Selanjutnya install OnePlus USB Driver di PC atau laptop yang akan digunakan.
  4. Selanjutnya extract file firmware tersebut dengan cara payload.bin.
  5. Selanjutnya pindahkan hasil extract firmware tadi ke dalam folder Minimal Adb and Fastboot Platform Tool.
  6. Selanjutnya matikan ponsel OnePlus 9 Pro sampai dalam kondisi benar-benar mati.
  7. Selanjutnya tekan dan tahan tombol Volume Atas + Power secara bersamaan sambil menghubungkan ponsel ke PC dengan menggunakan kabel USB, maka nanti ponsel akan langsung masuk ke dalam Mode Fastboot.
  8. Selanjutnya buka folder Minimal Adb and Fastboot yang sudah di extract, lalu jalankan command prompt dengan cara berikut ini:
    1. Windows 7: Klik kanan pada area kosong di dalam folder sambil menekan tombol Shift pada keyboard, lalu pilih Command windows here.
    2. Windows 10: Klik pada kolom address bar, lalu ketik cmd dan tekan enter.
  9. Selanjutnya masukkan perintah ini dan tekan enter fastboot -w.
  10. Selanjutnya masukkan perintah di bawah ini dan tekan enter.
  11. fastboot flash boot boot.img
    fastboot flash cpucp cpucp.img
    fastboot flash dtbo dtbo.img
    fastboot flash modem modem.img
    fastboot flash oplusstanvbk oplusstanvbk.img
    fastboot flash oplus_sec oplus_sec.img
    fastboot flash qweslicstore qweslicstore.img
    fastboot flash shrm shrm.img
    fastboot flash splash splash.img
    fastboot flash vbmeta vbmeta.img
    fastboot flash vbmeta_vendor vbmeta_vendor.img
    fastboot flash vbmeta_system vbmeta_system.img
    fastboot flash vendor_boot vendor_boot.img
    fastboot flash vm-bootsys vm-bootsys.img
  12. Selanjutnya masukkan perintah fastboot reboot fastboot dan tekan enter.
  13. Selanjutnya masukkan perintah di bawah ini dan tekan enter.
  14. fastboot flash abl abl.img
    fastboot flash aop aop.img
    fastboot flash bluetooth bluetooth.img
    fastboot flash devcfg devcfg.img
    fastboot flash dsp dsp.img
    fastboot flash featenabler featenabler.img
    fastboot flash hyp hyp.img
    fastboot flash imagefv imagefv.img
    fastboot flash keymaster keymaster.img
    fastboot flash multiimgoem multiimgoem.img
    fastboot flash qupfw qupfw.img
    fastboot flash tz tz.img
    fastboot flash uefisecapp uefisecapp.img
    fastboot flash xbl xbl.img
    fastboot flash xbl_config xbl_config.img
    fastboot flash product product.img
    fastboot flash system system.img
    fastboot flash system_ext system_ext.img
    fastboot flash vendor vendor.img
    fastboot flash odm odm.img
  15. Selanjutnya masukkan perintah fastboot reboot bootloader dan tekan enter.
  16. Selanjutnya masukkan perintah fastboot reboot dan tekan enter, maka ponsel akan Restart secara otomatis dan akan masuk ke OS-nya.
  17. Selesai.

Jika artikel ini bermanfaat untuk teman-teman, mohon dukungannya dengan membantu donasi dengan cara mengklik salah satu tombol di bawah ini.

Sampai disini kamu telah selesai dan berhasil melakukan flash di ponsel OnePlus 9 Pro dengan melalui fastboot mode. Setelah ponsel berhasil menyala dan masuk ke dalam OS-nya, maka kamu tinggal melakukan langkah aktivasi ponsel agar dapat bisa digunakan secara normal.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah untuk memperbaiki ponsel Android yang mengalami masalah bootloop atau lupa pola bisa dilakukan dengan Cara Flash OnePlus 9 Pro Via Fastboot. Karena cara flash ini akan mengembalikan kondisi sistem ponsel yang rusak kembali seperti baru lagi. Namun flash tersebut akan menyebabkan terhapusnya semua data-data yang ada di ponsel.

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini. Sampai jumpa kembali di artikel saya yang selanjutnya dan jangan sampai terlewat dengan postingan kami yang lainnya.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments