Cara Root OnePlus 5 Dengan Sangat Mudah - Tips Tutorial Bersama

Kamis, 02 Februari 2023

Cara Root OnePlus 5 Dengan Sangat Mudah

Cara Root OnePlus 5 Dengan Sangat Mudah

Pada artikel yang akan saya berikan pada kesempatan kali ini, disini saya akan membuatkan tutorial mengenai Root OnePlus 5. Untuk dapat melakukan proses root terhadap ponsel ini, pengguna harus melakukan beberapa syarat terlebih dahulu, yaitu dengan melakukan Unlock Bootloader dan Install TWRP Recovery, karena pada cara ini akan menggunakan Magisk.

Pasti sebagian pengguna Smartphone Android pernah terpikirkan untuk me-rooting ponsel Androidnya tanpa harus melalui format data. Tetapi tidak semua orang dapat melakukannya, lantaran terdapat kelebihan dan kekurangannya yang dapat menyebabkan terjadinya kerusakan sistem yang menyebabkan ponsel mengalami bootloop atau softbrick, serta hard brick.

Semua cara root dengan menggunakan Magisk zip merupakan salah satu metode tradisional yang sangat ampuh, tapi terdapat resiko apabila mengalami kegagalan. Namun tenang saja kamu tidak perlu merasa khawatir jika mengalami kegagalan seperti yang dimaksudkan. Jika kamu mengikuti instruksi yang disebutkan, maka prosesnya dapat berjalan dengan lancar.

Seperti yang diketahui, bahwa dengan melakukan root dapat membuat aplikasi perbankan tidak dapat di install dan digunakan. Itu adalah salah satu kerugian jika pengguna me-rooting ponsel Android. Sedangkan kelebihannya dapat membuat performa ponsel dapat berjalan dengan lancar dengan cara menginstal Custom ROM melalui Custom Recovery TWRP.

Cara Root OnePlus 5 Dengan Sangat Mudah

Cara Root OnePlus 5 sebenarnya dapat dilakukan dengan menggunakan dua metode yang berbeda, yaitu bisa melalui KingRoot dan Magisk zip file. Namun pada instruksi yang akan saya jelaskan di halaman ini, saya akan menggunakan metode root dengan Magisk. Tetapi, pengguna harus melakukan Unlock Bootloader dan Install TWRP Recovery terlebih dahulu.

OnePlus 5 / OnePlus 5T merupakan salah satu Smartphone Android yang telah diluncurkan pada bulan Juni 2017. Saat pertama kali digunakan OnePlus 5 telah menggunakan Android 7.1.1 dan dapat di upgrade ke Android 10. Kedua ponsel ini memiliki kapasitas penyimpanan internal dengan 64 GB dan 128 GB, serta memiliki ukuran layar sekitar 5.5 inci.

Untuk kemampuan prosesornya telah dibekali dengan Chipset Qualcomm MSM8998 Snapdragon 835, CPU Octa-core (4x2.45 GHz Kryo & 4x1.9 GHz Kryo), dan GPU Adreno 540. Sedangkan untuk kemampuan photography telah dilengkapi dengan kamera belakang 16 MP dan kamera depan 16 MP, serta memiliki fitur HDR, panorama, dan dual-LED flash.

1. Semua persyaratan yang diperlukan

Di bawah ini telah saya sediakan beberapa persyaratan yang harus teman-teman lakukan terlebih dahulu. Pastikan untuk selalu mengikuti semua syarat-syarat yang telah diberikan jika tidak ingin mengalami kegagalan selama prosesnya sedang berlangsung.

  • Isi daya baterai ponsel sampai terisi daya minimal 60%.
  • Backup semua data-data yang tersimpan di penyimpanan internal.
  • Siapkan komputer, kabel USB, dan koneksi internet yang stabil.
  • Pastikan ponsel sudah di Unlocking the Bootloader dan terpasang TWRP Recovery.
  • Aktifkan USB Debugging dan OEM Unlock.
  • Siap menerima semua resiko apapun yang akan terjadi.

2. Download semua file-file yang diperlukan

Untuk melakukan root di ponsel OnePlus 5 dengan menggunakan Magisk versi terbaru, maka kamu harus download semua file-file di bawah ini. Pastikan untuk selalu download semua file yang diperlukan jika tidak ingin mengalami kegagalan selama prosesnya sedang berlangsung.

3. Langkah-langkah Root di OnePlus 5

Jika kamu sudah menyiapkan semua persyaratan dan bahan-bahan yang diperlukan, maka sekarang kamu bisa memulai proses root dengan Magisk. Pastikan untuk selalu mengikuti setiap instruksi yang telah disebutkan jika tidak ingin mengalami kegagalan selama prosesnya sedang berlangsung.

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah dengan melakukan Unlock Bootloader dan Install TWRP Recovery.
  2. Selanjutnya Aktifkan USB Debugging dan OEM Unlock di OnePlus.
  3. Selanjutnya download semua file-file yang diperlukan.
  4. Selanjutnya ekstrak semua file tersebut dengan menggunakan WinRar versi terbaru.
  5. Selanjutnya pindahkan file Magisk.zip ke penyimpanan internal.
  6. Selanjutnya booting ponsel ke Recovery Mode dengan cara sebagai berikut:
    1. Matikan ponsel terlebih dahulu, pastikan ponsel sudah dalam kondisi benar-benar mati.
    2. Selanjutnya tekan dan tahan tombol Volume Bawah + Power button secara bersamaan.
  7. Jika ponsel sudah masuk ke mode recovery, lalu pilih menu Install.
  8. Selanjutnya cari file Magisk.zip yang tadi telah dipindahkan ke penyimpanan internal.
  9. Jika sudah ketemu, lalu pilih file Magisk tersebut dan Swipe to confirm flash.
  10. Selanjutnya proses root akan langsung berjalan secara otomatis, lalu tunggu sampai proses selesai.
  11. Jika prosesnya sudah selesai, lalu klik Reboot System.
  12. Selesai.

Sampai disini kamu telah selesai dan berhasil melakukan root di OnePlus 5 dengan menggunakan Magisk. Jika di ponsel kamu belum di Unlock Bootloader dan Install TWRP, kamu dapat melakukannya dengan mengikuti artikel yang telah saya sediakan pada bagian baca juga dengan melalui perintah fastboot flash recovery dan fastboot oem unlock.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah Cara Root OnePlus 5 dapat dilakukan dengan menggunakan Magisk yang di flash melalui TWRP Recovery. Tapi pastikan dahulu kalau ponsel sudah di Unlock Bootloader dan Install TWRP dengan melalui Fastboot Mode. Sekarang ponsel OnePlus kamu sudah memiliki gaining root access untuk memodifikasi sistem ponsel secara bebas.

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini. Sampai jumpa kembali di artikel saya yang selanjutnya dan jangan sampai terlewat dengan postingan kami yang lainnya.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments