Cara Install TWRP Google Pixel 6 Menggunakan Firmware Terbaru - Tips Tutorial Bersama

Selasa, 21 Februari 2023

Cara Install TWRP Google Pixel 6 Menggunakan Firmware Terbaru

.

Cara Install TWRP Google Pixel 6 Menggunakan Firmware Terbaru

Pada artikel yang akan saya berikan pada kesempatan kali ini, disini saya akan membuatkan tutorial mengenai TWRP Google Pixel 6. Sebagian besar ponsel Android yang ingin menginstal Custom ROM, maka biasanya akan menggunakan TWRP Recovery. Berbicara mengenai pemasangan TWRP, tentunya akan membutuhkan satu set perangkat PC atau laptop.

Sebenarnya untuk dapat memiliki mode Recovery TWRP di Google Pixel 6 ada dua cara yang berbeda untuk proses instalasinya, yaitu dengan atau tanpa menggunakan PC. Kedua metode tersebut sama-sama harus download TWRP Recovery untuk ponsel Google Pixel 6. Karena file TWRP tersebut dapat digunakan untuk kedua metode instalasi via PC atau tanpa PC.

Selain itu, kedua metode tersebut terdapat perbedaan dan kelebihannya masing-masing. Instalasi image file TWRP dengan menggunakan PC tidak perlu memerlukan akses root. Jadi, penggunanya tidak harus me-root ponselnya dahulu. Berbeda dengan pemasangan TWRP yang menggunakan tanpa PC, yaitu harus memerlukan akses root jika ingin berhasil.

Sebelum teman-teman mulai proses pemasangannya, alangkah baiknya jika kamu harus melakukan creates a backup seluruh data-data penting yang tersimpan di dalam penyimpanan internal. Hal tersebut untuk mencegah terjadinya kehilangan data penting atau hal-hal yang tidak diinginkan selama proses Install TWRP Google Pixel 6 sedang berlangsung.

Apa Itu TWRP Recovery?

TWRP adalah singkatan dari Team Win Recovery Project, ini merupakan software sumber terbuka. Ini juga akan memberikan antarmuka layar sentuh untuk menginstal file recovery. Tidak hanya itu saja, tetapi juga dapat membuat backup sistem dari memori internal. TWRP tidak hanya dapat di install pada Google Pixel 6 saja, tetapi juga mendukung untuk Google Pixel 2.

Karena Recovery TWRP adalah perangkat lunak sumber terbuka yang memiliki banyak fungsi untuk memodifikasi sistem Android. Jadi, siapa pun dan di mana pun mereka berada dapat memodifikasi dan menyesuaikan ulang perangkat lunak dan meluncurkannya atas nama mereka. Custom Recovery open source memberikan lebih banyak fleksibilitas untuk ponsel.

Saat ini sudah banyak orang di dunia yang telah menginstal TWRP Recovery di Smartphone Android. Fungsi utama dari fitur recovery ini akan memberikan akses ke penggunanya untuk menginstal file zip yang akan dibutuhkan untuk proses modifikasi. Namun ada satu syarat yang harus dilakukan terlebih dahulu, yaitu dengan melakukan unlocking the bootloader.

Mengapa Harus Menginstal TWRP Recovery Di Ponsel Android?

Setiap Smartphone Android apa pun, pasti ketika pertama kali seseorang membelinya akan terkunci dengan perangkat keamanan yang telah disediakan oleh pabrikan ponsel tersebut. Keamanan tersebut bertujuan untuk melindungi sistem agar tidak mengalami kerusakan sistem yang diakibatkan oleh penggunanya yang ingin menginstal aplikasi pihak ketiga.

Sebenarnya performa dari ponsel Android yang baru dibeli akan memiliki kinerja yang masih maksimal. Namun seiring berjalannya waktu dan masa pemakaian, biasanya ponsel akan mengalami ngelag seiring berjalannya waktu. Hal ini disebabkan oleh banyak faktor, tetapi yang menjadi persoalannya adalah bagaimana mengembalikan performanya lagi seperti semula.

Untuk mengembalikan kinerja dari ponsel Android yang ngelag karena faktor usia, maka harus dilakukan dengan metode root. Root merupakan sebuah istilah untuk mendapatkan akses penuh terhadap sistem Android agar mampu dimodifikasi secara bebas. Tetapi untuk me-root ponsel Android akan memerlukan TWRP Recovery, maka penting sekali untuk memasangnya.

Cara Install TWRP Google Pixel 6 Menggunakan Firmware Terbaru

Cara Install TWRP Google Pixel 6 yang akan saya jelaskan di bawah ini sedikit berbeda dengan ponsel Google Pixel 2 atau 2 XL. Karena pada seri Pixel 6 sudah tersedia file TWRP official dan tentu saja dapat dilakukan dengan proses yang sangat mudah, tetapi kalian akan memerlukan sebuah komputer Windows seperti PC atau Desktop.

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah dengan melakukan Unlock Bootloader.
  2. Jika di ponsel kamu belum di Unlock Bootloader, maka kamu dapat melihatnya melalui artikel yang telah saya sediakan pada bagian Baca Juga.
  3. Selanjutnya aktifkan USB Debugging dan OEM Unlock di Google Pixel melalui menu Developer Options yang ada di Pengaturan ponsel.
  4. Selanjutnya download and install aplikasi Official TWRP melalui Google Play Store.
    Cara Install TWRP Google Pixel 6 Menggunakan Firmware Terbaru #1

  5. Jika proses download dan installnya sudah selesai, lalu jalankan aplikasi tersebut.
  6. Selanjutnya beri tanda centang pada I consent to the data processing dan I accept the terms of use, lalu klik Accept.
    Cara Install TWRP Google Pixel 6 Menggunakan Firmware Terbaru #2

  7. Selanjutnya beri tanda centang pada ketiga kotak yang telah disediakan, lalu klik OK.
    Cara Install TWRP Google Pixel 6 Menggunakan Firmware Terbaru #3

  8. Selanjutnya klik pada TWRP Flash.
    Cara Install TWRP Google Pixel 6 Menggunakan Firmware Terbaru #4

  9. Selanjutnya cari tipe ponsel dari Google Pixel kalian (Note: Jika pada list tersebut tidak tercantum nama tipe ponsel kalian, jangan coba-coba untuk melanjutkannya jika tidak ingin mengalami bootloop yang diakibatkan file TWRP tidak sesuai).
    Cara Install TWRP Google Pixel 6 Menggunakan Firmware Terbaru #5

  10. Selanjutnya jika sudah ketemu nama dan tipe dari perangkat kalian, silahkan download dahulu file TWRP Image dan simpan di dalam penyimpanan internal.
  11. Selanjutnya kembali ke menu utama, lalu klik Select a File To Flash.
    Cara Install TWRP Google Pixel 6 Menggunakan Firmware Terbaru #6

  12. Selanjutnya cari file Image TWRP yang tadi sudah selesai di download.
  13. Selanjutnya klik Flash to Recovery untuk mulai proses instalasinya.
    Cara Install TWRP Google Pixel 6 Menggunakan Firmware Terbaru #7

  14. Selanjutnya jika installation process sudah selesai, maka akan menampilkan pesan Successfully.
  15. Selesai.

Sampai disini kamu sudah selesai flash file TWRP Recovery Official untuk Google Pixel 6 atau Google Pixel 6 Pro. Kelebihan dengan menggunakan cara ini, tentu saja ponsel tidak perlu masuk ke fastboot mode dan menjalankan perintah command prompt untuk proses install TWRP Recovery di ponsel ini.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah Cara Install TWRP Google Pixel 6 dapat dilakukan dengan menggunakan file recovery twrp official. Keuntungan menggunakan file TWRP Official tentu tidak akan membahayakan ponsel. Namun bukan berarti tidak ada yang harus dikhawatirkan, tetapi jika proses instalasinya mengalami kegagalan dapat menyebabkan ponsel bootloop.

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini. Sampai jumpa kembali di artikel saya yang selanjutnya dan jangan sampai terlewat dengan postingan kami yang lainnya.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda