Cara Install TWRP HTC One M8 Terbaru Dengan Sangat Mudah - Tips Tutorial Bersama

Rabu, 22 Februari 2023

Cara Install TWRP HTC One M8 Terbaru Dengan Sangat Mudah

Cara Install TWRP HTC One M8 Terbaru Dengan Sangat Mudah

Pada artikel yang akan saya berikan pada kesempatan kali ini, disini saya akan membuatkan tutorial mengenai TWRP HTC One M8. TWRP (Team Win Recovery Project) pada Smartphone Android dapat bermanfaat untuk melakukan proses root dengan melalui install magisk. Karena magisk hanya dapat di flash atau install melalui mode Recovery TWRP atau CWM.

HTC One M8 pertama kali resmi diluncurkan pada tahun 2014, ponsel ini pertama kali akan menggunakan versi Android 4.4.2 (KitKat) dan dapat di upgrade ke versi Android 6.0 (Marshmallow). Sedangkan untuk Android 10, HTC One M8 belum didukung untuk operating system tersebut. Namun dengan menggunakan Custom ROM, hal itu dapat dilakukan.

Beberapa tahun yang lalu, akhirnya Smartphone Android ini telah mendapatkan Recovery TWRP Official. Oleh karena itu, dengan melalui halaman ini saya akan membantu teman-teman yang ingin mengganti Stock Recovery bawaan menjadi Recovery TWRP. Pastikan untuk download semua file yang akan diperlukan selama proses pemasangannya berlangsung.

Sebelum mulai menjalankan proses instalasi custom recovery tersebut, pastikan dahulu kalau di ponsel HTC One M8 kamu sudah di Unlock Bootloader. Karena untuk ponsel yang sudah di Unlock Bootloader sudah dapat melakukan proses Install TWRP HTC One M8 Official, Install Custom ROM, atau Root dengan menggunakan file Magisk versi terbaru atau SuperSU.

Keuntungan Menggunakan TWRP Recovery

Team Win Recovery Project adalah recovery image custom yang tersedia pada perangkat lunak sumber terbuka untuk Smartphone Android. Ini menyediakan antarmuka layar sentuh yang mendukung berbagai pilihan dan memungkinkan pengguna untuk menginstal firmware pihak ketiga, serta membuat backup sistem yang tersedia di dalam penyimpanan internal.

  • Dapat mem-flash Custom ROM di HTC One M8 menggunakan TWRP.
  • Dapat mem-flash file zip modding untuk menyesuaikan performa ponsel.
  • Mudah untuk mem-flash dan menggunakan Module Xposed menggunakan TWRP.
  • Mudah untuk Root dan Unroot menggunakan TWRP Recovery flashable zip SuperSU.
  • Dapat menginstal Magisk di HTC One M8.
  • Mudah untuk membuat dan mengembalikan backup nandroid system menggunakan TWRP Recovery.
  • Akses mudah untuk memulihkan backup system.
  • Dapat mem-flash file image menggunakan TWRP Recovery di HTC One M8.
  • Mudah untuk menghapus semua bloatware menggunakan TWRP Recovery di HTC One M8 untuk underclock dan overclock.
  • Dapat membersihkan cache dan data.

Itulah semua daftar keuntungan yang akan didapatkan oleh penggunanya yang sudah berhasil install TWRP Recovery untuk memodifikasi sistem pada ponsel Androidnya. Oleh karena itu banyak orang yang ingin memasangnya di perangkat Smartphone Android. Karena hanya dengan menggunakan satu fitur Recovery TWRP sudah dapat melakukan banyak hal.

Cara Install TWRP HTC One M8 Terbaru Dengan Sangat Mudah

TWRP HTC One M8 Marshmallow dapat di install dengan sangat mudah apabila mengikuti setiap petunjuk yang telah diberikan. Perlu kalian ketahui, bahwa sebelum melakukan proses instalasinya, pastikan dahulu kalau di ponsel kamu sudah dipersiapkan beberapa persyaratan yang wajib dilakukan terlebih dahulu.

1. Semua persyaratan yang harus dilakukan

Semua syarat-syarat di bawah ini wajib kamu lakukan terlebih dahulu jika tidak ingin mengalami kegagalan selama prosesnya sedang berlangsung. Bahkan semua persyaratan tersebut juga wajib dilakukan oleh semua ponsel Android, termasuk Samsung Galaxy, Xiaomi, atau lainnya.

  • Semua langkah-langkah dan file yang akan digunakan hanya cocok dipakai pada ponsel HTC One M8.
  • Pastikan ponsel sudah di Unlock Bootloader.
  • Siapkan sebuah perangkat PC / laptop, dan kabel USB original.
  • Backup seluruh data-data penting yang tersimpan di dalam penyimpanan internal.
  • Isi daya baterai minimal telah terisi daya 50%.

2. Download semua file yang akan diperlukan

Selain semua persyaratan di atas, kamu juga harus menyiapkan semua file-file yang akan digunakan untuk cara install TWRP Recovery di ponsel HTC One M8. Jadi, pastikan bahwa kalau kuota internet yang tersedia di ponsel kalian masih tersisa banyak.

3. Aktifkan USB Debugging dan OEM Unlock

Jika kamu sudah selesai menyiapkan semua bahan-bahan di atas termasuk downloaded TWRP for HTC One M8, maka sekarang kamu harus mengaktifkan fitur USB Debugging dan OEM Unlock di HTC. Jika salah satu fitur tersebut tidak diaktifkan, maka akan terjadi kegagalan selama proses instalasi TWRP sedang berlangsung.

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah dengan membuka aplikasi Pengaturan (Settings) yang tersedia di ponsel.
  2. Selanjutnya klik Sistem (System) >> Tentang Ponsel (About Phone) >> lalu ketuk 7x pada Nomor Bangun atau Nomor Bentukan (Build Number).
    Cara Install TWRP HTC One M8 Terbaru Dengan Sangat Mudah #1

  3. Selanjutnya Opsi Pengembang (Developer Options) akan langsung terbuka.
  4. Selanjutnya kembali ke menu utama Pengaturan (Settings) >> Opsi Pengembang (Developer Options).
    Cara Install TWRP HTC One M8 Terbaru Dengan Sangat Mudah #2

  5. Selanjutnya aktifkan tombol pada USB Debugging dan OEM Unlock.
  6. Selesai.

4. Langkah-langkah instalasi TWRP Recovery di HTC One M8

Sekarang kita akan masuk ke proses instalasinya. Untuk langkah-langkahnya, pastikan kalian telah mengikuti setiap instruksi yang telah disebutkan. Satu langkah saja ada yang terlewat, maka akan terjadi kegagalan dan akan membuat ponsel mengalami kerusakan sistem atau bootloop.

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah dengan melakukan Unlock Bootloader.
  2. Jika di ponsel kamu belum di Unlock Bootloader, maka kamu dapat melihat caranya melalui artikel yang telah saya sediakan pada bagian Baca Juga.
  3. Selanjutnya download semua bahan-bahan di atas.
  4. Selanjutnya extract semua file tersebut dengan menggunakan WinRar versi terbaru dan simpan di dalam satu folder.
  5. Selanjutnya download and install HTC USB Driver di PC atau laptop.
  6. Selanjutnya pindahkan file TWRP yang tadi sudah di extract ke dalam folder Minimal Adb and Fastboot yang sudah di extract.
  7. Selanjutnya rename file TWRP tersebut menjadi twrp.img.
  8. Selanjutnya jalankan command prompt (cmd) melalui folder Minimal Adb and Fastboot Platform Tool yang sudah di extract dengan cara sebagai berikut:
    1. Windows 7: Buka folder adb and fastboot, lalu klik pada area kosong di dalam folder tersebut sambil menekan tombol Shift, lalu pilih Open command windows here.
    2. Windows 10/11: Buka folder adb and fastboot, lalu klik pada kolom Location Folder, lalu ketik cmd dan tekan enter.
  9. Selanjutnya matikan ponsel dan nyalakan ke dalam Mode Fastboot dengan cara sebagai berikut, tekan dan tahan tombol Volume Up + Power button secara bersamaan.
  10. Selanjutnya sambungkan ponsel ke PC dengan menggunakan kabel USB.
  11. Selanjutnya ketik adb reboot bootloader dan tekan enter pada layar command prompt yang tadi sudah terbuka, perintah tersebut akan me-reboot ponsel ke Mode Bootloader.
  12. Selanjutnya ketik fastboot devices dan tekan enter, perintah tersebut akan mengecek apakah ponsel sudah terdeteksi di PC atau belum.
  13. Selanjutnya ketik fastboot flash recovery twrp.img dan tekan enter, perintah tersebut akan langsung mulai proses installing TWRP di HTC One M8.
  14. Selanjutnya ketik fastboot boot twrp.img, perintah tersebut akan me-restart ponsel dan akan langsung masuk ke mode TWRP Recovery.
  15. Selesai.

Sampai disini kamu telah selesai menginstal Recovery TWRP di ponsel HTC One M8. Jika ponsel sudah masuk ke dalam mode TWRP, maka kalian sudah dapat memulai proses root dengan menggunakan Magisk. Jika teman-teman tidak mengetahui caranya, maka kamu dapat melihat langkah-langkahnya dalam artikel yang telah saya berikan pada bagian Baca Juga.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah Cara Install TWRP HTC One M8 dapat dilakukan dengan menggunakan TWRP Official dan hanya dapat di pasang dengan menggunakan minimal adb and fastboot platform tool. Selama proses pemasangannya sedang berlangsung, pastikan kalau ponsel tetap dalam keadaan daya baterai yang mencukupi agar tidak terjadi kegagalan.

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini. Sampai jumpa kembali di artikel saya yang selanjutnya dan jangan sampai terlewat dengan postingan kami yang lainnya.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments