Cara Install TWRP Asus Zenfone 5 X00QD, ZE620KL, ZF620KL Terbaru - Tips Tutorial Bersama

Selasa, 21 Februari 2023

Cara Install TWRP Asus Zenfone 5 X00QD, ZE620KL, ZF620KL Terbaru

Cara Install TWRP Asus Zenfone 5 X00QD, ZE620KL, ZF620KL Terbaru

Pada artikel yang akan saya berikan pada kesempatan kali ini, disini saya akan membuatkan tutorial mengenai TWRP Asus Zenfone 5 T00F. TWRP Recovery merupakan singkatan dari Team Win Recovery Project yang dapat digunakan untuk keperluan modifikasi sistem pada ponsel Android, salah satunya untuk root, instalasi custom rom, atau instalasi kernel.

Asus Zenfone 5 pertama kali dirilis pada tahun 2018. Ponsel ini memiliki tiga model tipe yang berbeda, yaitu X00QD, ZE620KL, dan ZF620KL. Setiap performa dari ponsel Asus ini telah dibekali dengan spesifikasi yang memungkinkan untuk berbagai kebutuhan. Oleh karena itu setiap pengguna Asus Zenfone 5 wajib menginstal USB Driver di perangkat komputernya.

Pihak pengembang dari Smartphone on Android Asus Zenfone 5 sudah diproduksi beberapa tahun yang lalu sebelum resmi diluncurkannya seri ini. Tetapi banyak orang yang kesulitan untuk mencari tutorial instalasi TWRP, karena akan selalu menampilkan seri lawasnya. Saat ini sudah banyak penggunanya dari berbagai wilayah, terutama untuk wilayah Asia Tenggara.

Proses Install TWRP Asus Zenfone 5 dapat dilakukan hanya dengan menggunakan komputer seperti PC atau laptop. Jika teman-teman mencari tutorialnya di internet dan mereka tidak menyarankan menggunakan PC, maka proses pemasangan tersebut biasanya tidak akan berhasil. Selain itu, semua zip files yang akan digunakan juga harus dibuka melalui PC.

Semua Persyaratan Yang Harus Dilakukan Terlebih Dahulu

Terdapat banyak keuntungan apabila seseorang melakukan pemasangan TWRP di ponsel Android, khususnya untuk pengguna Asus Zenfone 5. TWRP Recovery biasanya sering digunakan untuk proses root Asus Zenfone 5 dan pemasangan custom rom untuk meningkatkan performa dari ponsel tersebut agar dapat bekerja secara maksimal dan optimal.

  • Ponsel wajib dilakukan Unlock Bootloader terlebih dahulu.
  • Download file TWRP yang sesuai dengan tipe ponsel.
  • PC atau laptop harus sudah terinstal Fastboot Driver atau Asus USB Driver.
  • Siapkan kabel USB, pastikan menggunakan kabel USB yang original.
  • Ponsel harus sudah diaktifkan USB Debugging dan OEM Unlock.
  • Isi daya baterai ponsel sampai terisi kapasitas daya minimal 50%.

Jika semua persyaratan di atas sudah kalian penuhi semuanya, maka sekarang kamu sudah bisa mulai instalasi TWRP Recovery pada Smartphone Asus Zenfone 5 ZE620KL. Untuk langkah-langkahnya dapat teman-teman lihat melalui penjelasan di bawah ini secara lengkap. Pastikan untuk selalu mengikuti setiap instruksi yang telah disebutkan jika ingin berhasil.

Download Semua File Yang Akan Digunakan

Untuk yang ingin memasang TWRP Recovery untuk Asus Zenfone 5, ada baiknya jika kamu sudah mengetahui fungsi sebenarnya dari Recovery TWRP. Tetapi jika kamu tidak mengetahui dan hanya ingin memasangnya saja tanpa mengetahui apapun, maka saya sarankan lebih baik cari tahu dahulu. Sebab proses ini memiliki risiko jika mengalami kegagalan.

Perlu kamu ketahui, bahwa versi dari TWRP yang akan saya sediakan disini juga dapat digunakan pada tipe Asus Zenfone 5 X00QD, ZE620KL, dan ZF620KL. Versi TWRP ini bukan versi official, melainkan versi unoffcial yang dapat digunakan pada semua versi Asus Zenfone 5. Tetapi tidak cocok digunakan untuk tipe Asus Zenfone 5 T00F/T00J.

Cara Install TWRP Asus Zenfone 5 X00QD, ZE620KL, ZF620KL Terbaru

Pasang TWRP Asus Zenfone 5 sering kali dimanfaatkan untuk meningkatkan performa dan kinerja dari ponsel tersebut agar tidak ngelag. Download TWRP yang sesuai dengan model ponsel Asus yang kalian miliki. Asus Zenfone 5, pasalnya memiliki dua varian yang berbeda. Namun untuk model yang satu ini merupakan model Asus Zenfone 5 terbaru.

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah dengan melakukan Unlock Bootloader.
  2. Jika di ponsel kamu belum di Unlock Bootloader, maka kamu bisa melihat caranya dengan melalui artikel yang telah saya sediakan pada bagian Baca Juga.
  3. Selanjutnya download semua file-file di atas dan extract dengan menggunakan WinRar versi terbaru.
  4. Selanjutnya aktifkan USB Debugging dan OEM Unlock di Asus melalui menu Pengaturan ponsel.
  5. Selanjutnya pindahkan file TWRP yang sudah di extract ke dalam adb folder yang sudah di extract.
  6. Selanjutnya rename file TWRP tersebut menjadi twrp.img.
  7. Selanjutnya jalankan command prompt atau cmd melalui folder Minimal Adb and Fastboot Platform Tool dengan cara sebagai berikut:
    1. Windows 7: Buka folder adb and fastboot yang sudah di extract, lalu klik pada area kosong sambil menekan tombol Shift, lalu pilih Open command windows here.
    2. Windows 10: Buka folder adb and fastboot yang sudah di extract, lalu klik pada kolom Location Folder, lalu ketik cmd dan tekan enter.
  8. Selanjutnya matikan ponsel dan nyalakan ke dalam Mode Fastboot dengan cara sebagai berikut, tekan tombol Power + Volume Bawah secara bersamaan.
  9. Selanjutnya jika ponsel sudah masuk ke Mode Fastboot, lalu hubungkan ponsel ke PC dengan menggunakan kabel USB.
  10. Selanjutnya ketik perintah adb devices, lalu tekan enter. Perintah tersebut untuk mengecek apakah ponsel sudah terdeteksi di PC atau belum.
  11. Selanjutnya ketik perintah adb reboot bootloader, lalu tekan enter. Perintah tersebut untuk merestart ponsel agar masuk ke mode bootloader.
  12. Selanjutnya ketik perintah fastboot flash recovery twrp.img, lalu tekan enter. Perintah tersebut akan langsung memulai proses pemasangan TWRP Recovery.
  13. Selanjutnya ketik perintah fastboot reboot, lalu tekan enter. Perintah tersebut dapat digunakan untuk me-reboot ponsel.
  14. Selesai.

Sampai disini kamu telah selesai dan berhasil menginstal TWRP Recovery di your Android phone Asus Zenfone 5. Jika ponsel Asus sudah berhasil masuk ke Mode Recovery TWRP, maka kamu sudah dapat mulai proses rooting dengan menggunakan file Magisk atau SuperSU. Jika kamu ingin mengetahui caranya bisa melihatnya melalui artikel yang telah saya berikan.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah Cara Pasang TWRP Asus Zenfone 5 dapat dilakukan dengan menggunakan PC atau laptop yang dibantu oleh Minimal Adb and Fastboot Platform Tool. Sebelum mulai proses pemasangan TWRP di ponsel ini, pastikan dahulu kalau di ponsel Asus kalian sudah di Unlock Bootloader jika tidak ingin mengalami kegagalan selama prosesnya.

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini. Sampai jumpa kembali di artikel saya yang selanjutnya dan jangan sampai terlewat dengan postingan kami yang lainnya.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments