Cara Flash Google Pixel 6 Menggunakan Firmware Terbaru - Tips Tutorial Bersama

Sabtu, 21 Januari 2023

Cara Flash Google Pixel 6 Menggunakan Firmware Terbaru

Cara Flash Google Pixel 6 Menggunakan Firmware Terbaru

Pada artikel yang akan saya berikan pada kesempatan kali ini, disini saya akan membuatkan tutorial mengenai Flash Google Pixel 6. Sebelum teman-teman melakukan proses flash di ponsel Google Pixel ini, pastikan dahulu kalau kalian telah menginstal Google Pixel USB Driver di PC. Karena cara flash yang akan saya jelaskan disini akan menggunakan PC atau laptop.

Smartphone Google Pixel adalah salah satu ponsel Android terbaik untuk di kelasnya yang menawarkan perangkat keras yang memiliki kualitas premium dan akan memberikan pengalaman terbaik untuk setiap penggunanya. Akan tetapi untuk dapat melakukan flash di ponsel ini akan memerlukan aplikasi tambahan seperti Adb and Fastboot Platform Tools.

Google yang juga termasuk dalam salah satu perusahaan terbesar di dunia sempat sukses menjual berbagai tipe ponsel Android besutannya di seluruh dunia, bahkan di Indonesia juga sudah banyak orang yang menggunakan ponsel ini. Namun sebagian di antara mereka ada yang ingin memasangkan custom roms di ponselnya agar meningkatkan performanya.

Nah, jika kamu pengguna setia dari Google Pixel device, maka kamu juga harus mengetahui bagaimana melakukan Cara Flash Google Pixel 6 dengan benar. Karena menurut beberapa survei, bahwa dari sekian banyaknya pengguna ponsel Google Pixel ternyata masih banyak orang yang tidak mengetahui cara flashing di ponsel Android yang satu ini.

Persyaratan Sebelum Melakukan Flash Di Ponsel Google Pixel

Sebenarnya untuk dapat melakukan proses Cara Flash Google Pixel 6 Terbaru dapat dilakukan dengan sangat mudah asalkan kalian sudah mempunyai file factory image atau firmware stock rom dari ponsel tersebut. Sebelum memulai proses flashing untuk ponsel ini, kamu harus melakukan beberapa persyaratan di bawah ini terlebih dahulu.

  • Install Google Pixel USB Driver di PC.
  • Isi daya baterai mencapai minimal 50%.
  • PC dan kabel USB.
  • Backup semua data-data penting yang tersedia di dalam penyimpanan internal.
  • Download semua bahan-bahan yang akan diperlukan.

Jika kalian sudah selesai menyiapkan semua persyaratan di atas sebelum memulai proses mem-flash stock rom di ponsel ini, sekarang kamu bisa langsung download semua bahan-bahan yang akan digunakan untuk proses flashing di ponsel Google Pixel ini.

Baca Juga : Cara Root Google Pixel 6 Menggunakan Firmware Terbaru

Download Semua Bahan Yang Akan Diperlukan

Untuk mem-flash ponsel Google Pixel 6 di PC atau laptop, maka kamu harus menyiapkan semua file-file yang akan diperlukannya. Untuk semua bahan-bahan tersebut telah saya sediakan di dalam daftar di bawah ini secara lengkap dan versi terbaru.

Jika kalian sudah selesai mengunduh semua file di atas, maka sekarang kamu bisa langsung memulai proses flashing untuk ponsel Android yang satu ini. Cara flashing yang akan saya jelaskan di bawah ini juga dapat digunakan untuk ponsel Google Pixel 6 Pro.

Baca Juga : Cara Install TWRP Google Pixel 6 Menggunakan Firmware Terbaru

Cara Flash Google Pixel 6 Menggunakan Firmware Terbaru

Cara flash untuk Smartphone Android ini dapat dilakukan dengan sangat mudah dan tidak akan membutuhkan waktu yang lama, asalkan teman-teman telah menyediakan semua file-file latest version yang telah saya sediakan di atas akan dapat berjalan dengan sangat lancar.

  1. Langkah 1 yang akan kalian lakukan terlebih dahulu adalah dengan download semua bahan-bahan di atas.
  2. Selanjutnya extract semua file tersebut dengan menggunakan WinRar versi terbaru dan simpan di dalam satu folder.
  3. Selanjutnya install Google Pixel USB Driver di PC yang akan digunakan.
  4. Selanjutnya pindahkan file firmware Google Pixel 6 yang sudah di extract ke dalam folder minimal adb and fastboot platform tools.
  5. Selanjutnya jalankan command prompt melalui folder Minimal Adb and Fastboot Platform Tools yang tadi sudah di extract.
    1. Windows 7: Buka folder minimal adb and fastboot yang sudah di extract, lalu klik kanan pada area kosong sambil menekan tombol Shift di dalam folder tersebut dan pilih Open command windows here.
    2. Windows 10: Buka folder minimal adb and fastboot yang sudah di extract, lalu klik pada kolom address bar yang ada di atas dan ketik cmd, lalu tekan enter.
  6. Selanjutnya sambungkan ponsel ke PC dengan menggunakan kabel USB, pastikan ponsel dalam keadaan menyala dan tidak terkunci.
  7. Selanjutnya masukkan perintah fastboot reboot-bootloader dan tekan enter, perintah tersebut bertujuan agar ponsel masuk ke dalam Fastboot Mode.
  8. Jika di ponsel kamu tidak dapat masuk ke dalam OS-nya, maka kamu bisa menekan tombol Volume Bawah + Power button secara bersamaan agar dapat masuk ke dalam Fastboot Mode.
  9. Selanjutnya jika ponsel sudah berhasil masuk ke dalam mode fastboot, lalu masukkan perintah flash-all.bat dan tekan enter, perintah tersebut bertujuan untuk memulai proses fastboot flashing.
  10. Selanjutnya kamu tunggu saja sampai proses flash-nya selesai, mungkin akan membutuhkan waktu beberapa menit.
  11. Jika flashing process sudah selesai, maka ponsel akan langsung reboot secara otomatis ke dalam sistem.
  12. Selesai.

Note: Untuk dapat melakukan proses flashing atau install ulang di ponsel Google Pixel 6, pastikan terlebih dahulu kalau ponsel tersebut sudah di Unlock Bootloader. Karena jika ponsel belum di Unlock Bootloader, maka proses flash tidak akan dapat berjalan lancar.

Jika artikel ini bermanfaat untuk teman-teman, mohon dukungannya dengan membantu donasi dengan cara mengklik salah satu tombol di bawah ini.

Sampai disini kamu telah selesai dan berhasil melakukan flashing di ponsel Google Pixel 6 dengan menggunakan firmware versi terbaru, dan sekarang kondisi ponsel Pixel 6 tersebut sudah menghapus semua data yang tersimpan di dalam penyimpanan internal.

Baca Juga : Cara Unlock Bootloader Google Pixel 6 Menggunakan Firmware Terbaru

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah Flashing Google Pixel 6 merupakan sebuah metode yang dapat digunakan untuk menginstal ulang ponsel dengan menggunakan file firmware flashing yang sesuai dengan tipe ponsel. Cara flash ini sangat bermanfaat sekali untuk memperbaiki atau mengatasi ponsel Android yang sedang mengalami masalah sistem seperti bootloop.

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini. Sampai jumpa kembali di artikel saya yang selanjutnya dan jangan sampai terlewat dengan postingan kami yang lainnya.

Bagikan artikel ini

Tidak ada komentar: