Cara Root Google Pixel 6 Menggunakan Firmware Terbaru - Tips Tutorial Bersama

Rabu, 01 Februari 2023

Cara Root Google Pixel 6 Menggunakan Firmware Terbaru

Cara Root Google Pixel 6 Menggunakan Firmware Terbaru

Pada artikel yang akan saya berikan pada kesempatan kali ini, disini saya akan memberikan tutorial mengenai Root Google Pixel 6. Untuk teman-teman yang ingin melakukan root pada Android device Google Pixel ini, pastikan dahulu kalau kamu sudah menginstal Custom Recovery TWRP. Karena metode root ini akan menggunakan file Magisk versi terbaru.

Selain itu, ada satu persyaratan utama yang harus dilakukan oleh setiap pengguna ponsel Google Pixel 6, yaitu harus membuka kunci bootloader terlebih dahulu. Bootloader merupakan salah satu keamanan di setiap ponsel Android, tanpa membuka kunci bootloader tersebut, maka penggunanya tidak akan dapat melakukan proses root atau install Custom ROMS.

Setiap pengguna ponsel Android apapun pasti akan mengharapkan ponselnya memiliki performa yang sangat baik agar kinerja dari ponsel tersebut tidak mengalami ngelag. Untuk mengatasi masalah seperti ini, biasanya sebagian besar pengguna Android akan me-root ponselnya. Ponsel Android yang sudah memiliki root access mampu memodifikasi sistemnya.

Nah, untuk teman-teman yang saat ini ingin mengetahui Cara Root Google Pixel 6, silahkan kamu simak setiap instruksi yang telah saya jelaskan di bawah ini secara lengkap. Namun pastikan dahulu kalau di ponsel Google Pixel kamu sudah di aktifkan mode USB Debugging dan OEM Unlock jika tidak ingin mengalami kegagalan selama prosesnya berlangsung.

Download Semua File Yang Akan Dibutuhkan

Untuk teman-teman yang ingin mulai root di ponsel Google Pixel 6, silahkan kamu download semua bahan-bahan di bawah ini. Karena semua bahan tersebut akan digunakan untuk me-root Android phones Google Pixel 6 dengan menggunakan file Magisk versi terbaru.

Jika kamu sudah selesai download semua zip file di atas, sekarang kamu bisa langsung memulai proses root untuk Google Pixel 6. Untuk langkah-langkahnya dapat kamu lihat dalam penjelasan yang akan saya sampaikan di bawah ini secara lengkap.

Cara Root Google Pixel 6 Menggunakan Firmware Terbaru

Di bawah ini telah saya sediakan semua petunjuk dan instruksi untuk melakukan proses root di ponsel Google Pixel yang satu ini. Namun saya ingatkan sekali lagi, bahwa pastikan kamu sudah melakukan unlock the bootloader terlebih dahulu jika tidak ingin mengalami kegagalan.

1. Langkap root tahap ke-1

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah dengan melakukan Unlock Bootloader Google Pixel 6.
  2. Selanjutnya download the latest semua bahan-bahan di atas.
  3. Selanjutnya extract semua file yang tadi sudah di download dengan menggunakan WinRar versi terbaru.
  4. Selanjutnya buka folder hasil extract Google Pixel 6 Factory Image, lalu pindahkan file boot.img ke dalam penyimpanan internal ponsel.
  5. Selanjutnya install magisk app yang tadi sudah di download ke ponsel kamu.
  6. Selanjutnya jalankan aplikasi Magisk yang tadi sudah terinstal, lalu pada bagian Magisk klik Install >> Select and Patch a File.
  7. Selanjutnya cari dan pilih image file boot.img yang tadi sudah dipindahkan ke penyimpanan internal ponsel.
  8. Selanjutnya klik tombol LET’S GO yang terletak di bagian pojok kanan atas.
  9. Selanjutnya proses patched image akan langsung berjalan secara otomatis.
  10. Jika proses patched boot.img sudah selesai, lalu buka folder Download di ponsel kalian, lalu pindahkan file patched boot images tersebut ke dalam folder Minimal Adb and Fastboot.
  11. Selanjutnya sambungkan ponsel ke PC dengan menggunakan kabel USB.
  12. Selanjutnya buka folder Minimal Adb and Fastboot Platform Tool, lalu jalankan cmd melalui folder tersebut.
    1. Windows 7: Buka folder adb and fastboot yang sudah di extract, lalu klik kanan pada area kosong di dalam folder tersebut sambil menekan tombol Shift pada keyboard, lalu pilih Open command windows here.
    2. Windows 10 / 11: Buka folder adb and fastboot yang sudah di extract, lalu klik pada kolom address bar, lalu ketik cmd dan tekan enter.
  13. Selanjutnya ketik perintah ini adb reboot bootloader di layar command prompt yang tadi telah terbuka, lalu tekan enter.
  14. Selanjutnya ketik perintah fastboot devices, lalu tekan enter untuk mengecek apakah ponsel sudah terhubung di PC atau belum.
  15. Selanjutnya ketik perintah fastboot boot magisk_patched.img, lalu tekan enter.
  16. Selanjutnya ponsel akan restart dan akan masuk ke dalam OS-nya, lalu ponsel sudah berhasil di root sementara. Untuk dapat membuatnya permanen, silahkan simak penjelasan berikutnya di bawah ini.

2. Langkah root tahap ke-2

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan menjalankan aplikasi Magisk Manager yang telah terinstal.
  2. Selanjutnya pada bagian Magisk, lalu klik Install >> Direct Install (Recommended) >> LET'S GO.
  3. Selanjutnya proses instalasinya akan langsung berjalan secara otomatis, lalu tunggu beberapa saat sampai prosesnya selesai.
  4. Jika prosesnya sudah selesai, lalu klik Reboot.
  5. Selesai.

Sampai disini kamu telah selesai dan berhasil melakukan root di ponsel Google Pixel 6 dengan menggunakan Magisk App. Jika selama proses root tersebut mengalami kegagalan, ada kemungkinan bahwa ponsel kamu masih dalam kondisi locked bootloader.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah Cara Root Google Pixel 6 bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi Magisk Manager yang tidak perlu menggunakan TWRP Recovery. Selain itu, cara ini berbeda dengan perangkat Google Pixel 6 Pro yang harus melalui metode fastboot flashing atau fastboot flash boot yang memiliki langkah-langkah yang cukup rumit.

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini. Sampai jumpa kembali di artikel saya yang selanjutnya dan jangan sampai terlewat dengan postingan kami yang lainnya.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments