Cara Membuat Sushi Mentai Roll Dengan Sangat Mudah - Tips Tutorial Bersama

Rabu, 15 Februari 2023

Cara Membuat Sushi Mentai Roll Dengan Sangat Mudah

.

Cara Membuat Sushi Mentai Roll Dengan Sangat Mudah

Pada artikel yang akan saya berikan pada kesempatan kali ini, disini saya akan membuatkan tutorial mengenai Cara Membuat Sushi Mentai Roll. Sushi mentai roll merupakan salah satu sushi yang cukup populer di Jepang, banyak orang Jepang yang membuat sushi ini dengan menggunakan isian timun Jepang yang sudah di buang bijinya dan diiris tipis-tipis.

Cara buat sushi mentai rumahan dapat dilakukan oleh siapa saja yang ingin berusaha untuk membuatnya sendiri, bahkan tidak sedikit seseorang yang berhasil membuatnya tidak jauh berbeda dengan restoran khas Jepang. Namun itu semua tidak dapat dilakukan dengan mudah, tetapi beberapa di antaranya akan menggunakan bahan-bahan yang berkualitas.

Sushi mentai pada umumnya akan disajikan dengan saus sambal khusus seperti menggunakan kecap Shoyu atau Wasabi. Karena hanya dengan menggunakan salah satu saus tersebut dapat membuat cita rasa sushi yang khas dengan lapisan nori atau rumput laut sesuai. Sedangkan untuk isiannya dapat digunakan dengan berbagai varian seafood atau sayuran.

Nah, jika kamu tertarik ingin mengetahui Cara Membuat Sushi Mentai Roll, maka kamu dapat melihat caranya dengan mengikuti langkah-langkah dan resep yang akan saya jelaskan di bawah ini. Pada resep yang akan saya gunakan, disini saya akan menggunakan nasi seafood dan sayuran yang sangat sesuai dengan lidah orang Indonesia atau daerah manapun.

Cara Membuat Sushi Mentai Roll Dengan Sangat Mudah

Cara Membuat Sushi Mentai Roll dapat dijadikan menu spesial saat mengunjungi restoran khas Jepang yang terbuat dari nasi seafood dan bahan isian lainnya yang menggiurkan. Cara Buat Sushi Mentai Rumahan dapat dilakukan dengan menggunakan bahan-bahan sederhana dan mudah ditemukan dimana saja, termasuk di supermarket atau online shop.

1. Semua bahan-bahan yang diperlukan

Di bawah ini telah saya sediakan beberapa daftar semua bahan-bahan utama yang akan digunakan untuk membuat sushi mentai roll. Jadi, pastikan untuk menyiapkan terlebih dahulu semua bahan tersebut jika ingin mendapatkan hasil yang memuaskan.

1.1. Bahan utama

  • 200 gr fillet ikan salmon tanpa kulit dengan kualitas sashimi.
  • 2 sdm atau 4 sdm mayonnaise.
  • 4 lembar nori ukuran 20 x 20 cm.

1.2. Bahan nasi sushi

  • 1 sdm cuka beras.
  • ¾ gula pasir.
  • ½ sdt garam.
  • 300 gr nasi putih dengan bulir pendek.

1.3. Bahan saus mentai

  • 200 ml mayonnaise.
  • 1 sdm saus tomat.
  • 1 sdm tobiko.
  • 1 sdt bubuk cabai.

1.4. Bahan pelengkap

  • Tobiko.
  • Gari.
  • Wasabi.
  • Kecap shoyu.

2. Langkah-langkah membuat sushi mentai roll

Jika kamu sudah selesai menyiapkan semua bahan-bahan di atas, maka sekarang kamu sudah dapat memulai membuatnya sendiri di rumah dan kamu pun dapat berkreasi sendiri sesuai selera. Untuk cara membuatnya, kamu bisa mengikuti langkah-langkah yang telah saya sediakan di bawah ini secara lengkap.

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah dengan memotong ¼ bagian fillet ikan salmon, lalu iris tipis.
  2. Selanjutnya potong sisa fillet tersebut ke dalam ukuran memanjang (1 x 1 x 10 cm) sebanyak 8 buah, lalu sisihkan.
  3. Selanjutnya campurkan cuka beras, gula pasir, dan garam ke wadah kosong, lalu aduk sampai rata.
  4. Selanjutnya tuangkan campuran cuka beras tersebut ke dalam nasi yang sudah matang, lalu aduk sampai tercampur merata.
  5. Selanjutnya campurkan semua bahan saus mentai, lalu aduk sampai rata, lalu masukkan ke dalam piping bag dan sisihkan.
  6. Selanjutnya letakkan 1 lembar nori di atas sushi mat, lalu berikan 1 bagian nasi di atasnya dan ratakan hingga menutup permukaan nori.
  7. Selanjutnya balikkan nori dan pastikan nasi hingga berada di bagian bawah.
  8. Selanjutnya letakkan 2 potong irisan ikan salmon secara memanjang di atas nori, lalu tambahkan 1 sdm mayonaise.
  9. Selanjutnya gulung sushi sambil dipadatkan.
  10. Selanjutnya susun irisan tipis ikan salmon di atas gulungan nasi, lalu potong memanjang menjadi 8 bagian atau sesuai selera.
  11. Selanjutnya letakkan potongan sushi dalam piring saji, lalu berikan saus mentai di atasnya.
  12. Selanjutnya bakar dengan blow torch sampai kecoklatan, lalu sajikan dengan menggunakan bahan pelengkap.
  13. Selesai.

Sampai disini kamu telah selesai dan berhasil membuat sushi roll dengan mengikuti resep dan langkah-langkah yang telah saya jelaskan di atas. Bagaimana menurut pendapat kalian, apakah terasa sulit membuat sushi mentai roll tersebut? Jika kamu mengikuti instruksi yang telah disebutkan, maka kamu tidak akan mengalami masalah apapun ketika sedang membuatnya.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah Cara Membuat Sushi Mentai Roll dapat dilakukan dengan sangat mudah dan menggunakan bahan-bahan seperti irisan tipis ikan salmon. Jika kamu tidak menyukai ikan salmon, kamu dapat mengganti bahan isian lainnya dengan menggunakan tempura udang, irisan sosis, daging sapi asap, atau berbagai jenis sayuran lainnya.

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini. Sampai jumpa kembali di artikel saya yang selanjutnya dan jangan sampai terlewat dengan postingan kami yang lainnya.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda