Cara Registrasi Kartu Telkomsel Dengan Sangat Mudah - Tips Tutorial Bersama

Senin, 20 Februari 2023

Cara Registrasi Kartu Telkomsel Dengan Sangat Mudah

Cara Registrasi Kartu Telkomsel Dengan Sangat Mudah

Pada artikel yang akan saya berikan pada kesempatan kali ini, disini saya akan membuatkan tutorial mengenai Cara Registrasi Kartu Telkomsel. Setiap pengguna yang ingin menggunakan kartu Telkomsel wajib melakukan registrasi dengan menggunakan nomor kartu keluarga dan KTP. Proses pendaftaran simcard tersebut harus sesuai dengan NIK yang berlaku.

Menurut website resmi Telkomsel, bagi siapapun yang ingin melakukan proses pendaftaran atau registrasi simcard dapat dilakukan dengan berbagai cara yang berbeda, seperti melalui secara online atau melalui ponsel. Kedua cara tersebut dapat dilakukan dengan sangat mudah, tetapi tetap harus memerlukan kartu identitas diri seperti KTP dan Kartu Keluarga.

Telkomsel menyediakan dua layanan kartu yang berbeda, yaitu pascabayar dan prabayar. Kedua layanan ini sama-sama memberlakukan kebijakan registrasi identitas untuk setiap pelanggan baru yang ingin menggunakan kartu Telkomsel. Bahkan untuk pelanggan lama yang belum memvalidasi identitas diri dapat memverifikasinya melalui aplikasi MyTelkomsel.

Hal tersebut agar pemerintah dapat melindungi setiap data pelanggan jasa telekomunikasi agar tidak disalah gunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Nah, jika teman-teman ingin mengetahui Cara Registrasi Kartu Telkomsel, maka kamu dapat melihat caranya dengan penjelasan yang akan saya sampaikan di bawah ini dengan cukup mudah dan sederhana.

Cara Registrasi Kartu Telkomsel Dengan Sangat Mudah

Cara Registrasi Kartu Telkomsel sebenarnya dapat dilakukan dengan berbagai cara yang berbeda, seperti melalui sms, telepon, aplikasi MyTelkomsel, dan situs resmi Telkomsel. Berdasarkan peraturan menkominfo atau peraturan Menteri Kementerian dan Informatika Nomor 12 tahun 2016, setiap pelanggan prabayar atau pascabayar wajib registrasi simcard.

Kewajiban ini wajib dilakukan oleh setiap provider manapun, termasuk Telkomsel. Jika pelanggan tidak melakukan registrasi pada simcard tersebut, maka ia tidak dapat melakukan layanan telepon, sms, maupun transaksi lainnya. Tetapi masih saja ada sebagian orang yang ingin mengetahui cara registrasi kartu Telkomsel tanpa KK (Kartu Keluarga).

Lantas bagaimana caranya untuk melakukan proses pendaftaran atau registrasi kartu prabayar? Tentu saja caranya dapat dilakukan dengan memasukkan Nomor Induk Kependudukan bagi setiap warga Indonesia yang memiliki KTP dan KK. Tanpa nomor kependudukan tersebut, maka setiap pelanggan kartu prabayar tidak bisa registrasi.

1. Cara Registrasi Kartu Telkomsel Tanpa KK

Cara Registrasi Kartu Telkomsel Tanpa KK apakah dapat dilakukan atau tidak? Jawabannya tentu saja tidak bisa. Karena seperti yang sudah saya katakan sebelumnya di atas, bahwa pemerintah mewajibkan setiap pelanggan kartu prabayar dari provider Telkomsel atau yang lainnya mengharuskan melakukan registrasi nomor Telkomsel sesuai dengan nomor identitas.

Jika kamu tidak mempunyai Nomor Induk Kependudukan (NIK) dari KTP atau KK yang diakibatkan telah kehilangannya karena suatu alasan, maka kamu bisa mencoba menggunakan NIK dari kerabat terdekat untuk menyelesaikan proses registrasi kartu Telkomsel. Tapi perlu diketahui, bahwa nanti simcard tersebut akan terdaftar dengan nama pemilik asli NIK tersebut.

Dengan menggunakan NIK dari kerabat terdekat sebenarnya tidak menjadi persoalan penting. Karena pelanggan Telkomsel akan melakukannya sendiri dalam urusan mengisi pulsa atau membayar tagihan kartu pascabayar, walaupun tidak terdaftar sebagai pemilik kartu prabayar Telkomsel tersebut. Solusi ini sangat cocok digunakan untuk kamu yang tidak memiliki NIK.

2. Cara Registrasi Kartu Telkomsel Secara Online

Cara berikutnya yang akan saya jelaskan adalah dengan melalui Cara Registrasi Kartu Telkomsel Secara Online. Dengan menggunakan cara online melalui situs resmi Telkomsel juga bisa digunakan untuk cara cek nomor Telkomsel yang sudah terdaftar. Selain itu juga lebih praktis jika dibandingkan dengan melalui sms atau kode USSD.

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah dengan mengunjungi situs resmi Registrasi Prabayar Telkomsel.
  2. Selanjutnya di halaman tersebut scroll ke bawah, lalu ikuti setiap instruksi yang telah diperintahkan di dalam halaman tersebut.
  3. Jika kamu melakukannya dengan benar, lalu tunggu beberapa saat sampai nomor Telkomsel mendapatkan sms balasan dari 4444.
  4. Selesai.

3. Cara Registrasi Kartu Telkomsel Lewat Telepon

Cara berikutnya yang akan saya berikan adalah dengan melalui Cara Registrasi Kartu Telkomsel Lewat Telepon. Setiap pengguna kartu baru Telkomsel dapat melakukan registrasi secara langsung melalui ponselnya masing-masing. Selain itu, cara ini juga dapat dilakukan dengan melalui sms dan kode USSD.

3.1. Cara Registrasi Kartu Telkomsel Melalui SMS

Cara pertama yang akan saya jelaskan terlebih dahulu adalah dengan melalui sms. Untuk dapat melakukan registrasi kartu Telkomsel lewat sms bisa dilakukan secara gratis. Jika kamu melakukannya dengan benar, maka nomor Telkomsel akan langsung aktif dan dapat digunakan langsung untuk transaksi online.

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah dengan membuka aplikasi Pesan (Message).
  2. Selanjutnya buat pesan baru.
  3. Selanjutnya ketik REG<spasi>NIK KTP#Nomor KK# (Contoh: REG 1234567890123456#3201060401130027).
  4. Selanjutnya kirim ke 4444.
  5. Selanjutnya tunggu beberapa saat sampai mendapatkan sms balasan yang menyatakan bahwa proses registrasi telah berhasil.
  6. Selesai.

3.2. Cara Registrasi Kartu Telkomsel Melalui Kode USSD

Cara berikutnya dan terakhir yang akan saya jelaskan adalah dengan melalui kode USSD. Banyak pengguna kartu Telkomsel yang menggunakan metode ini, karena cara ini terbilang sangat mudah dan dapat dilakukan dengan proses yang sangat cepat.

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah dengan membuka aplikasi Telepon.
  2. Selanjutnya ketik *444#, lalu tekan Panggil / Call.
  3. Selanjutnya akan muncul tampilan registrasi, lalu ikuti setiap instruksi yang telah disebutkan.
  4. Jika prosesnya sudah selesai, lalu tunggu beberapa saat sampai mendapatkan sms dari 4444 yang menyatakan bahwa proses registrasi sudah berhasil.
  5. Selesai.

Sampai disini kamu telah selesai dan berhasil melakukan registrasi kartu prabayar Telkomsel dengan mengikuti salah satu cara yang telah saya sampaikan di atas. Sekarang nomor Telkomsel yang sudah di registrasi sudah dapat digunakan untuk melakukan panggilan telepon atau sms.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah Cara Registrasi Kartu Telkomsel dapat dilakukan dengan banyak cara yang berbeda. Namun sebagian besar pelanggan calon Telkomsel prabayar akan memilih menggunakan metode registrasi melalui SMS atau kode USSD. Karena hanya kedua metode itu saja yang dapat dilakukan dengan sangat mudah dan proses yang cepat.

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini. Sampai jumpa kembali di artikel saya yang selanjutnya dan jangan sampai terlewat dengan postingan kami yang lainnya.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments