Cara Reset Pabrik Oppo A5 Terbaru Dengan Mudah - Tips Tutorial Bersama

Selasa, 21 Februari 2023

Cara Reset Pabrik Oppo A5 Terbaru Dengan Mudah

.

Cara Reset Pabrik Oppo A5 Terbaru Dengan Mudah

Pada artikel yang akan saya berikan pada kesempatan kali ini, disini saya akan membuatkan tutorial mengenai Cara Reset Pabrik Oppo A5. Cara ini dapat kamu lakukan untuk memperbaiki ponsel Oppo yang mengalami masalah seperti lupa pola atau bootloop. Akan tetapi, untuk dapat melakukan reset pabrik akan menghapus semua data atau format data pada ponsel.

Oppo A5 telah resmi diluncurkan pada bulan Oktober 2019 dan telah menggunakan Android 9.0 (Pie). Ponsel ini menggunakan Chipset Qualcomm SDM665 Snapdragon 665, CPU Octa-core (4x2.0 GHz Kryo 260 Gold & 4x1.8 GHz Kryo 260 Silver), dan GPU Adreno 610. Dengan menggunakan prosesor seperti ini dapat membuat performa ponsel semakin lancar.

Namun ada kalanya ponsel tersebut mengalami penurunan performa dan membuat ponsel menjadi ngelag, bahkan terkadang pengguna sering mengalami masalah seperti lupa pola kunci layar atau mengalami masalah bootloop. Jika kamu mengalami salah satu permasalahan tersebut, maka solusinya adalah dengan melalui cara reset hp Oppo A5 melalui recovery mode.

Nah, jika teman-teman tertarik ingin mengetahui Cara Factory Reset Oppo A5, maka kamu dapat mengikuti caranya dengan melalui langkah-langkah di bawah ini. Selain itu, metode ini tidak perlu menggunakan PC atau laptop. Reset pabrik tidak perlu melakukan install ulang firmware atau flashing stock rom, pengguna hanya perlu menggunakan mode recovery.

Cara Reset Pabrik Oppo A5 Terbaru Dengan Mudah

Cara Hard Reset Oppo A5 2020 dapat dilakukan dengan sangat mudah dan tidak perlu menggunakan PC. Sebenarnya ada dua metode yang berbeda untuk reset ponsel ke pengaturan pabrik, yaitu melalui pengaturan ponsel dan recovery mode. Kedua cara tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, tetapi memiliki fungsi yang sama.

Dengan melakukan reset pabrik melalui menu pengaturan ponsel sangat cocok digunakan untuk ponsel yang masih dapat masuk ke OS-nya dan tetap masih bisa membuka setiap aplikasi di dalamnya. Sedangkan jika kamu mengalami lupa pola atau bootloop, maka kamu harus menggunakan fitur ColorOS Recovery bawaan yang tersedia pada setiap ponsel Oppo.

Jika kamu sedang mengalami masalah kerusakan pada sistem ponsel Android, kamu dapat mencoba 2 cara reset pabrik yang akan saya sediakan di bawah ini secara lengkap. Selain itu, kamu juga dapat memilih salah satu cara yang sesuai dengan kondisi ponsel Oppo kamu saat ini. Namun pastikan dahulu kalau baterai ponsel kamu telah terisi daya minimal 50%.

1. Factory Reset melalui menu Pengaturan

Cara pertama yang akan saya jelaskan terlebih dahulu adalah dengan reset pabrik melalui menu pengaturan. Cara ini sangat cocok digunakan untuk ponsel Oppo yang masih bisa masuk ke menunya. Tidak hanya itu saja, tetapi juga akan sekalian hapus data yang ada di internal.

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah dengan membuka aplikasi Pengaturan ponsel.
  2. Selanjutnya pilih Pengaturan Tambahan, lalu pilih Cadangkan dan Atur Ulang.
  3. Selanjutnya pilih Reset ke Pengaturan Pabrik, lalu akan muncul tampilan Pernyataan Izin, lalu klik OK.
  4. Selanjutnya pilih Clear All Data, lalu pilih Clear Data untuk mengkonfirmasikannya.
  5. Selanjutnya ponsel akan restart secara otomatis dan akan memulai proses reset pabrik.
  6. Selanjutnya tunggu sampai prosesnya selesai, mungkin akan membutuhkan waktu sekitar 10 - 15 menit.
  7. Jika prosesnya sudah selesai, maka ponsel akan masuk ke tampilan aktivasi.
  8. Selesai.

2. Factory Reset melalui Recovery Mode bawaan

Cara berikutnya yang akan saya jelaskan adalah dengan reset pabrik melalui mode recovery bawaan ponsel. Cara ini sangat cocok digunakan untuk kamu yang tidak dapat masuk ke menu ponsel yang diakibatkan karena masalah lupa pola, stuck logo Oppo, atau bootloop.

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah dengan mematikan ponsel Oppo A5 sampai kondisi benar-benar mati.
  2. Selanjutnya tekan dan tahan tombol Volume Bawah + Power secara bersamaan.
  3. Selanjutnya setelah muncul logo Oppo, lalu lepaskan tombol Power dan Volume Bawah tersebut.
  4. Selanjutnya kamu akan melihat tampilan pilih bahasa, lalu pilih Bahasa Inggris dan tekan tombol daya (power) untuk mengkonfirmasikannya.
  5. Selanjutnya tekan tombol volume turun untuk memilih Wipe Data and cache.
  6. Selanjutnya pilih OK, maka proses Factory Reset akan langsung berjalan secara otomatis.
  7. Selanjutnya kamu tunggu saja sampai prosesnya selesai, mungkin akan membutuhkan waktu sekitar 10 - 15 menit.
  8. Jika prosesnya sudah selesai, maka ponsel akan Restart secara otomatis dan akan masuk ke tampilan aktivasi.
  9. Selesai.

Sampai disini kamu telah selesai dan berhasil melakukan reset pabrik di Oppo A5 dengan mengikuti salah satu metode yang telah saya jelaskan di atas. Sekarang ponsel kamu sudah kembali seperti semula dan semua permasalahan sebelumnya telah selesai diperbaiki.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah Cara Factory Reset Oppo A5 dapat dilakukan dengan menggunakan dua cara yang berbeda, yaitu melalui pengaturan ponsel dan recovery bawaan ponsel. Kedua metode tersebut terdapat kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun yang lebih disarankan adalah dengan melalui Recovery Mode bawaan ponsel itu sendiri.

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini. Sampai jumpa kembali di artikel saya yang selanjutnya dan jangan sampai terlewat dengan postingan kami yang lainnya.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda