Cara Unlock Bootloader LG Optimus L5 II E450 Dengan Sangat Mudah - Tips Tutorial Bersama

Minggu, 26 Februari 2023

Cara Unlock Bootloader LG Optimus L5 II E450 Dengan Sangat Mudah

Cara Unlock Bootloader LG Optimus L5 II E450 Dengan Sangat Mudah

Pada artikel yang akan saya berikan pada kesempatan kali ini, disini saya akan memberikan tutorial mengenai Unlock Bootloader LG Optimus L5 II E450. Sebagian besar pengguna ponsel Smartphone LG Optimus yang masih menggunakan versi OS Android 4.4.2, pasti di antaranya masih banyak yang belum mengetahui apa itu bootloader dan fungsi yang sebenarnya.

Sedangkan untuk pengguna Android yang sudah berpengalaman di dunia opreker, pasti sudah memahami bahwa untuk LG Optimus L5 II E450 yang sudah tidak terkunci bootloader dapat melakukan banyak hal yang serbaguna. Semua hal tersebut dapat memungkinkan pengguna untuk memodifikasi sistem ponsel dengan menginstal perangkat lunak pihak ketiga.

LG Optimus L5 II E450 pertama kali diluncurkan pada tahun 2013 dan sudah menggunakan Android 4.4.2 (KitKat). Ponsel ini telah dilengkapi dengan Chipset Mediatek MT6575 dan sudah menggunakan kualitas kamera belakang beresolusi 5 MP. Sedangkan untuk penyimpanan internal tersedia kapasitas 4 GB, serta menggunakan RAM sebesar 512 MB.

Nah, jika teman-teman tertarik ingin mengetahui Cara Unlock Bootloader LG Optimus L5 II E450, maka kamu dapat mengikuti langkah-langkahnya dalam instruksi di bawah ini secara lengkap. Metode membuka kunci bootloader di ponsel Android merupakan syarat utama untuk dapat melakukan install CWM Recovery / TWRP Recovery dan Root dengan Magisk.

Apa Itu Bootloader Dan Apa Itu Kegunaannya?

Sebelum memulai melakukan proses Unlock Bootloader di ponsel LG Optimus yang satu ini, ada baiknya if you mengetahui dahulu apa itu bootloader dan kegunaannya. Bootloader merupakan sebuah menu atau sistem yang telah direkayasa, bisa dibilang bahwa seperti BIOS yang terdapat pada komputer seperti PC atau laptop yang menggunakan OS Windows.

Ini memungkinkan untuk manipulasi tingkat dalam yang terdapat pada Smartphone Android, tetapi bukan hanya untuk reset pabrik. Secara default, bootloader dalam keadaan terkunci untuk setiap ponsel Android apapun. Hal ini dilakukan agar pengguna ponsel Android yang masih pemula tidak melakukan kesalahan saat mengedit kernel atau brick pada ponsel.

Namun dengan membuka kunci bootloader akan memberikan akses pemilik ponsel untuk dapat melakukan banyak hal seperti kemampuan untuk menginstal Custom ROM dan Root agar dapat memiliki akses khusus untuk memodifikasi sistem ponsel secara bebas. Apakah kamu tertarik ingin mengetahui Cara Unlock Bootloader LG Optimus L5 II E450?

Cara Unlock Bootloader LG Optimus L5 II E450 Dengan Sangat Mudah

Jika kamu pengguna ponsel LG sejati, pasti kalian sudah mengetahui istilah Unlock Bootloader, Root, dan TWRP Recovery. Dengan melakukan root LG Optimus L5 II E450, maka setiap pengguna akan memiliki akses khusus untuk dapat memodifikasi sistem bawaan ponsel dan menggantinya dengan sistem yang telah dimodifikasi untuk dapat meningkatkan performa.

1. Semua persyaratan yang diperlukan

Sebelum kamu memulai proses Unlock Bootloader di ponsel LG Optimus yang satu ini, pastikan dahulu kalau kamu sudah menyiapkan semua syarat-syarat di bawah ini. Karena semua persyaratan tersebut dapat mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

  • Isi daya baterai ponsel sampai terisi minimal 50%.
  • Backup semua data-data penting yang tersimpan di dalam penyimpanan internal.
  • Aktifkan USB Debugging dan OEM Unlock.
  • Siapkan komputer seperti PC atau laptop, kabel USB, dan koneksi internet.
  • Download semua file-file yang diperlukan.
  • Siap menerima semua resiko apapun yang akan terjadi.

2. Download semua file yang diperlukan

Di bawah ini telah saya sediakan beberapa file yang harus di download. Jadi, pastikan untuk mengunduh semua file tersebut jika tidak ingin mengalami kegagalan. Karena semua file tersebut akan digunakan untuk proses membuka kunci bootloader di LG Optimus L5 II.

3. Aktifkan USB Debugging dan OEM Unlock

Untuk hal yang satu ini juga tidak kalah penting dengan semua hal di atas. Pastikan sebelum memulai proses Unlock Bootloader ponsel sudah di aktifkan USB Debugging dan OEM Unlock. Jika tidak, maka ponsel tidak akan terdeteksi di PC dan akan mengalami kegagalan yang disebabkan oleh OEM yang masih terkunci.

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah dengan membuka Settings >> About Phone >>  ketuk 7x pada Build Number.
  2. Selanjutnya akan muncul notifikasi bahwa Opsi Pengembang telah diaktifkan.
  3. Selanjutnya kembali ke menu utama Settings >> Developer Options.
  4. Selanjutnya aktifkan tombol atau beri tanda centang pada USB Debugging dan OEM Unlock.
  5. Selesai.

4. Langkah-langkah Unlock Bootloader di LG Optimus L5 II E450

Jika kamu sudah menyiapkan semua persyaratan di atas dan semua file yang akan digunakan, maka sekarang kamu sudah dapat melanjutkan ke tahap Unlock Bootloader di LG Optimus L5. Untuk langkah-langkahnya, silahkan kamu ikuti dalam instruksi yang akan saya sediakan di bawah ini secara lengkap.

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah dengan download semua file di atas.
  2. Selanjutnya ekstrak semua file tersebut dengan menggunakan WinRar versi terbaru.
  3. Selanjutnya install LG USB Driver di PC atau laptop.
  4. Selanjutnya sambungkan ponsel ke PC dengan menggunakan kabel USB. Pastikan ponsel dalam keadaan menyala dan tidak terkunci layar.
  5. Selanjutnya jalankan command prompt melalui folder adb and fastboot yang sudah di ekstrak dengan cara sebagai berikut:
    1. Windows 7: Buka folder adb and fastboot, lalu klik pada area kosong di dalam folder sambil menekan tombol Shift, lalu pilih Open command windows here.
    2. Windows 10 / 11: Buka folder adb and fastboot, lalu klik pada kolom Location Folder dan ketik cmd, lalu tekan enter.
  6. Jika kamu melakukannya dengan benar, maka akan muncul tampilan command prompt yang berwarna hitam.
  7. Selanjutnya ketik perintah adb devices pada layar command prompt dan tekan enter. Perintah tersebut digunakan untuk mengecek apakah ponsel sudah terdeteksi atau belum.
  8. Selanjutnya ketik perintah adb reboot bootloader dan tekan enter. Perintah tersebut digunakan untuk me-restart ponsel ke Fastboot Mode atau Bootloader Mode.
  9. Selanjutnya ketik perintah fastboot oem unlock dan tekan enter. Perintah tersebut digunakan untuk memulai proses Unlock Bootloader.
  10. Jika prosesnya sudah selesai, lalu ketik perintah fastboot reboot dan tekan enter. Perintah tersebut digunakan untuk me-restart secara otomatis. Namun jika perintah tersebut tidak berfungsi, kamu dapat me-restart ponsel secara manual.
  11. Selesai.

Sampai disini kamu telah selesai dan berhasil melakukan proses Unlock Bootloader di ponsel LG Optimus L5 II E450 dengan mengikuti langkah-langkah yang telah saya jelaskan di atas. Sekarang ponsel kamu sudah dapat melanjutkan ke tahap install TWRP Recovery dan Root.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah Cara Unlock Bootloader LG Optimus L5 II E450 hanya dapat dilakukan dengan menggunakan minimal adb and fastboot platform tool. Unlock Bootloader merupakan salah satu syarat utama untuk dapat melakukan install TWRP, Custom ROM, dan Root. Tanpa membuka kunci bootloader, maka akan menyebabkan kegagalan untuk itu semua.

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini. Sampai jumpa kembali di artikel saya yang selanjutnya dan jangan sampai terlewat dengan postingan kami yang lainnya.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments