Cara Unlock Bootloader Oppo A5 Terbaru Dengan Mudah - Tips Tutorial Bersama

Minggu, 26 Februari 2023

Cara Unlock Bootloader Oppo A5 Terbaru Dengan Mudah

Cara Unlock Bootloader Oppo A5 Terbaru Dengan Mudah

Pada artikel yang akan saya berikan pada kesempatan kali ini, disini saya akan membuatkan tutorial mengenai Unlock Bootloader Oppo A5. Cara ini wajib dilakukan terlebih dahulu apabila pengguna ingin melakukan install TWRP Recovery, Custom ROM, atau Root. Tanpa membuka kunci bootloader, maka ponsel akan mengalami kegagalan proses modifikasi tersebut.

Pada awal tahun 2020 lalu, Oppo menjadi salah satu brand Smartphone Android yang cukup diminati oleh masyarakat. Pasalnya hp Oppo A5 2020 ini telah dibekali dengan spesifikasi kelas menengah yang cukup baik untuk dijajarannya. Tidak heran, kalau banyak orang ingin menggunakan ponsel Android ini sebagai alat komunikasi terbaik untuk keperluan sehari-hari.

Oppo A5 2020 tersedia dengan berbagai varian RAM yang berbeda, dimulai dari 3 GB sampai dengan 5 GB. Sayangnya ponsel ini tidak memiliki akses root pada awalnya, jadi pengguna tidak dapat melakukan modifikasi sistem secara bebas. Padahal dengan memiliki akses root memungkinkan pengguna untuk meningkatkan performa CPU menjadi lebih maksimal.

Tanpa membuka kunci bootloader di ponsel Android, pengguna tidak akan bisa melanjutkan ke proses root. Untuk mengatasi permasalahan seperti ini, maka pengguna bisa melakukan langkah Unlock Bootloader Oppo A5 2020 terlebih dahulu. Namun jika kamu tidak mengetahui langkah 1 atau langkah 2, kamu bisa melihatnya melalui instruksi di bawah ini dengan lengkap.

Cara Unlock Bootloader Oppo A5 Terbaru Dengan Mudah

Cara Unlock Bootloader Oppo A5 2020 merupakan suatu syarat utama dan wajib dilakukan terlebih dahulu untuk pengguna yang ingin melakukan Install TWRP Recovery dan Root. Jika pengguna tidak membuka kunci bootloader di ponselnya, maka akan menyebabkan kegagalan selama proses modifikasi dan akan menyebabkan ponsel mengalami kerusakan sistem.

Oppo A5 2020 telah resmi diluncurkan pada bulan Oktober 2019 dengan dibekali spesifikasi yang mumpuni. Ukuran dari ponsel ini sekitar 6.5” dan tersedia dua pilihan warna, yaitu Mirror Black dan Dazzling White. Kapasitas baterainya telah dilengkapi dengan tipe Li-Po 5000 mAh, non-removable, dengan kata lain merupakan suatu baterai tanam yang tidak dapat dilepas.

Saat pertama kali digunakan, Oppo A5 2020 sudah menggunakan Android 9.0 dan dapat di upgrade ke Android 10. Untuk kemampuan prosesornya telah dibekali dengan Chipset Qualcomm SDM665 Snapdragon 665 (11 nm), CPU Octa-core (4x2.0 GHz Kryo 260 Gold & 4x1.8 GHz Kryo 260 Silver), dan GPU Adreno 610 yang sudah sangat sesuai.

1. Semua persyaratan yang diperlukan

Di bawah ini telah saya sediakan beberapa persyaratan khusus yang wajib dilakukan terlebih dahulu untuk pengguna yang ingin melakukan Unlock Bootloader. Pastikan untuk menyiapkan semua persyaratan tersebut jika ingin prosesnya dapat berjalan dengan lancar.

  • Isi daya baterai ponsel sampai terisi daya minimal 50%.
  • Backup semua data-data yang tersimpan di penyimpanan internal.
  • Siapkan komputer, kabel USB, dan koneksi internet.
  • Aktifkan USB Debugging dan OEM Unlock.
  • Download semua file-file yang diperlukan.
  • Siap menerima semua resiko apapun yang akan terjadi.

2. Download semua file yang diperlukan

Di bawah ini telah saya sediakan beberapa file yang harus di download oleh teman-teman. Karena semua file tersebut akan digunakan untuk proses Unlock Bootloader di Oppo A5 2020. Pastikan untuk mengunduh semua file tersebut jika ingin prosesnya dapat berjalan dengan lancar.

3. Langkah-langkah Unlock Bootloader di Oppo A5

Jika kamu sudah menyiapkan semua persyaratan dan bahan-bahan di atas, maka sekarang kamu sudah bisa melanjutkan ke tahap Unlock Bootloader di Oppo A5 2020. Untuk langkah-langkahnya dapat kamu lihat melalui panduan di bawah ini secara lengkap.

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah dengan download semua bahan-bahan di atas.
  2. Selanjutnya ekstrak semua file tersebut dan simpan di dalam satu folder.
  3. Selanjutnya install Oppo USB Driver di PC atau laptop.
  4. Selanjutnya sambungkan ponsel ke PC dengan menggunakan kabel data. Pastikan ponsel dalam kondisi menyala dan tidak terkunci layar.
  5. Selanjutnya jalankan command prompt atau cmd melalui folder adb and fastboot dengan cara sebagai berikut:
    1. Windows 7: Buka folder adb and fastboot, lalu klik kanan pada area kosong di dalam folder sambil tahan tombol Shift, lalu pilih Open command window here.
    2. Windows 10 / 11: Buka folder adb and fastboot, lalu klik pada kolom Location Folder, lalu ketik cmd dan tekan enter.
  6. Jika kamu melakukannya dengan benar, maka akan muncul tampilan command prompt atau command line windows yang berwarna hitam.
  7. Selanjutnya ketik perintah adb devices pada layar command prompt dan tekan enter. Perintah tersebut digunakan untuk mengecek apakah ponsel sudah terdeteksi atau belum.
    Cara Unlock Bootloader Oppo A5 Terbaru Dengan Mudah #1

  8. Selanjutnya ketik perintah adb reboot bootloader dan tekan enter. Perintah tersebut digunakan untuk me-restart ponsel ke Fastboot Mode.
  9. Selanjutnya ketik perintah fastboot devices dan tekan enter seperti pada gambar dibawah ini. Perintah tersebut digunakan untuk mengecek apakah ponsel sudah terdeteksi atau belum.
    Cara Unlock Bootloader Oppo A5 Terbaru Dengan Mudah #2

  10. Selanjutnya ketik perintah fastboot oem unlock dan tekan enter. Perintah tersebut digunakan untuk memulai proses Unlock Bootloader di Oppo A5 2020.
    Cara Unlock Bootloader Oppo A5 Terbaru Dengan Mudah #3

  11. Selanjutnya jika proses instalasi Unlock Bootloader sudah selesai, lalu ketik perintah fastboot reboot dan tekan enter. Perintah tersebut digunakan untuk me-restart ponsel secara otomatis.
  12. Jika perintah tersebut tidak berfungsi, kamu bisa me-restart ponsel secara manual dengan tekan tombol Power.
  13. Selesai.

Sampai disini kamu telah selesai dan berhasil melakukan Unlock Bootloader di Oppo A5 2020 dengan mengikuti instruksi yang telah saya sediakan di atas. Sekarang kamu sudah bisa melanjutkan ke tahap install TWRP Recovery dan Root dengan menggunakan Magisk Latest Version.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah Cara Unlock Bootloader Oppo A5 2020 dapat dilakukan dengan menggunakan minimal adb and fastboot. Dengan membuka kunci bootloader di ponsel Android memungkinkan pengguna untuk memodifikasi sistem ponsel dengan cara melalui Install TWRP Recovery, Custom ROM, Root, atau Install Tweak lainnya yang dapat digunakan dengan bebas.

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini. Sampai jumpa kembali di artikel saya yang selanjutnya dan jangan sampai terlewat dengan postingan kami yang lainnya.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments