Cara Install TWRP OnePlus 9 Pro Dengan Sangat Mudah - Tips Tutorial Bersama

Kamis, 23 Februari 2023

Cara Install TWRP OnePlus 9 Pro Dengan Sangat Mudah

.

Cara Install TWRP OnePlus 9 Pro Dengan Sangat Mudah

Pada artikel yang akan saya berikan pada kesempatan kali ini, disini saya akan membuatkan tutorial mengenai TWRP OnePlus 9 Pro. Install the TWRP memungkinkan pengguna untuk melakukan modifikasi sistem dengan cara install custom rom, kernel, atau root. Oleh karena itu banyak orang yang ingin memasangkannya di ponsel Android, termasuk OnePlus 9 Pro.

OnePlus 9 Pro telah resmi dirilis setelah kesuksesan OnePlus 8 yang sangat diminati oleh para pengguna ponsel Android. OnePlus 9 Pro pertama kali diluncurkan bersamaan dengan seri OnePlus 9 dan kedua tipe ponsel ini telah dilengkapi dengan spesifikasi yang cukup memadai. Sedangkan untuk TWRP Recovery on OnePlus 9 / Pro memiliki file TWRP Official.

Recovery TWRP mungkin adalah Recovery Custom yang paling banyak digunakan dan paling populer di dunia. Untuk pengguna Smartphone Android yang suka memodifikasi sistem ponsel, pasti sebagian besar sudah pada mengetahui apa itu TWRP. Pasalnya Recovery TWRP mampu backup atau restore OS yang tersedia di device storage ponsel.

Nah, jika teman-teman saat ini yang ingin melakukan Install TWRP OnePlus 9 Pro, maka kamu dapat mengikuti caranya dengan melalui langkah-langkah yang telah saya berikan di bawah ini secara lengkap. Selain itu, kamu juga dapat download the TWRP OnePlus 9 Pro secara resmi. Jadi, ponsel tidak perlu khawatir mengalami kerusakan apapun setelah selesai memasangnya.

Apa Itu TWRP Recovery?

TWRP adalah singkatan dari Team Win Recovery Project yang berguna dan sangat populer di dunia dan salah satu perangkat lunak sumber terbuka. Fitur ini memiliki antarmuka yang mendukung layar sentuh dan memungkinkan pengguna untuk mem-flash firmware pihak ketiga. Tetapi, untuk dapat menggunakannya ponsel harus sudah di unlock the bootloader dahulu.

TWRP Recovery juga dapat digunakan untuk backup sistem dengan sangat mudah. Mode recovery ini sangat cocok digunakan oleh pengguna yang suka memodifikasi ponsel dengan menginstal file custom, seperti Xposed atau Magisk. Custom Recovery ini sangat dibutuhkan sekali dan telah tersedia link download the latest TWRP Recovery OnePlus 9 Pro.

Selain itu, kamu juga dapat menginstal kernel, module, root atau unroot, backup Nandroid, dan masih banyak lagi. Sementara itu, kamu dapat menghapus partisi sistem, penyimpanan internal, data, cache, vendor, dan masih banyak lagi. Apakah kamu tertarik ingin mengetahui Cara Install TWRP OnePlus 9 Pro? Jika iya, silahkan simak penjelasannya di bawah ini.

Cara Install TWRP OnePlus 9 Pro Dengan Sangat Mudah

Saat ini telah tersedia dua versi yang berbeda dari cara install TWRP Recovery di ponsel OnePlus 9 Pro, yaitu dengan menggunakan file TWRP Official dan TWRP Unofficial. Namun pada instruksi yang akan saya jelaskan disini akan menggunakan file TWRP Recovery Official.

1. Semua persyaratan yang diperlukan

Sebelum memulai proses pemasangan Custom Recovery TWRP di Smartphone Android, pastikan dahulu kalau sudah menyiapkan semua syarat-syarat yang dibutuhkan. Karena semua persyaratan tersebut dapat menjadi salah satu poin keberhasilan instalasi TWRP.

  • Isi daya baterai ponsel sampai terisi minimal 50%.
  • Backup semua data-data penting yang tersimpan di penyimpanan internal.
  • Aktifkan USB Debugging dan OEM Unlock.
  • Install Adb Fastboot Driver atau OnePlus USB Driver.
  • Pastikan ponsel sudah di Unlock Bootloader.
  • Download semua file-file yang akan digunakan.
  • Siap menerima semua resiko apapun yang akan terjadi.

2. Download semua file yang akan diperlukan

Setelah selesai menyiapkan semua persyaratan di atas, sekarang kamu harus download semua file-file yang akan digunakan untuk instalasi TWRP Recovery di OnePlus 9 Pro. Pastikan untuk mengunduh semua file tersebut tanpa terkecuali jika tidak ingin mengalami kegagalan.

3. Aktifkan USb Debugging dan OEM Unlock

Seperti yang sebelumnya sudah saya katakan di atas, bahwa ponsel harus sudah di enable USB Debugging dan OEM Unlocking. Karena jika ponsel belum dilakukan hal tersebut, maka tidak akan terdeteksi di PC dan akan mengalami kegagalan yang disebabkan OEM masih terkunci.

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah dengan membuka aplikasi Pengaturan (Settings) di ponsel OnePlus.
  2. Selanjutnya pilih Tentang Ponsel (About Phone), lalu ketuk 7x pada Nomor Bentukan (Build Number).
  3. Selanjutnya Opsi Pengembang (Developer Option) sudah di enable the Developer Option, lalu kembali ke menu utama Pengaturan (Settings).
  4. Selanjutnya pilih Sistem (System) >> Opsi Pengembang (Developer Option).
  5. Selanjutnya aktifkan tombol pada USB Debugging dan OEM Unlock.
  6. Selesai.

4. Langkah-langkah instalasi TWRP di OnePlus 9 Pro

Jika kamu sudah selesai menyiapkan semua persyaratan di atas, maka sekarang kamu sudah dapat memulai proses instalasi Recovery TWRP di ponsel OnePlus 9 Pro. Untuk langkah-langkahnya dapat dilihat dalam penjelasan di bawah ini. Namun pastikan untuk selalu mengikuti setiap instruksi yang telah disebutkan jika tidak ingin mengalami kegagalan.

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah dengan melakukan Unlock Bootloader.
  2. Jika di ponsel kamu belum di Unlock Bootloader, maka kamu dapat melihat caranya melalui artikel yang telah saya berikan pada bagian Baca Juga.
  3. Selanjutnya download semua file-file di atas dan extract dengan menggunakan WinRar versi terbaru.
  4. Selanjutnya install OnePlus USB Driver di PC atau laptop.
  5. Selanjutnya pindahkan file TWRP yang sudah di extract ke dalam folder Minimal Adb and Fastboot.
  6. Selanjutnya sambungkan ponsel ke PC dengan menggunakan usb cable. Pastikan ponsel dalam posisi menyala dan tidak terkunci layar.
  7. Selanjutnya jalankan command prompt (cmd) melalui folder adb and fastboot. Untuk langkah-langkahnya bisa dilihat di bawah ini:
    1. Windows 7: Buka folder adb and fastboot, lalu klik kanan pada area kosong di dalam folder sambil menekan tombol Shift, lalu pilih Open command windows here.
    2. Windows 10: Buka folder adb and fastboot, lalu klik pada kolom Location Folder dan ketik cmd, lalu tekan enter.
  8. Selanjutnya ketik perintah adb reboot bootloader di layar cmd yang tadi telah terbuka, lalu tekan enter.
  9. Selanjutnya ketik perintah fastboot flash recovery twrp.img dan tekan enter. Jika perintah tersebut tidak berfungsi, coba menggunakan perintah fastboot flashing recovery twrp.img.
  10. Selanjutnya ketik perintah fastboot reboot dan tekan enter.
  11. Selesai.

Sampai disini kamu telah selesai dan berhasil menginstal TWRP Recovery di OnePlus 9 Pro dengan mengikuti langkah-langkah yang telah saya jelaskan di atas. Untuk dapat masuk ke mode TWRP Recovery bisa menekan tombol Volume Atas + Power button secara bersamaan.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah Cara Install TWRP OnePlus 9 Pro dapat dilakukan dengan menggunakan file Recovery TWRP Official dan Unofficial. Kedua file TWRP tersebut hanya dapat di flash dengan menggunakan alat minimal adb and fastboot platform tool. Jadi, kamu harus mempunyai perangkat komputer seperti PC atau laptop dan bahan-bahan lainnya.

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini. Sampai jumpa kembali di artikel saya yang selanjutnya dan jangan sampai terlewat dengan postingan kami yang lainnya.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda