Cara Root Xiaomi Redmi Note 10 Work 100% - Tips Tutorial Bersama

Sabtu, 04 Februari 2023

Cara Root Xiaomi Redmi Note 10 Work 100%

Cara Root Xiaomi Redmi Note 10 Work 100%

Pada artikel yang akan saya berikan pada kesempatan kali ini, disini saya akan membuatkan tutorial mengenai Root Xiaomi Redmi Note 10. Cara root yang akan saya berikan kali ini sangat cocok sekali untuk teman-teman yang ingin memasang Custom ROM melalui TWRP Recovery. Oleh karena itu dengan melalui artikel ini saya akan membantu kalian yang membutuhkannya.

Xiaomi merupakan salah satu produk Smartphone Android yang berasal dari negeri tirai bambu alias China. Ponsel besutan pabrikan Xiaomi ini sudah sangat terkenal di dunia, terutama untuk wilayah Asia Tenggara. Banyak orang yang telah menggunakan ponselnya untuk berbagai keperluan, terlebih lagi apabila sudah memiliki akses root dan advantages of rooting phone.

Xiaomi Redmi Note 10 termasuk salah satu Smartphone Android kelas menengah yang memiliki spesifikasi yang cukup baik. Ponsel yang telah dibekali chipset Qualcomm SDM678 Snapdragon 678 dan kamera belakang 48 MP, serta masing-masing kamera memiliki resolusi sekitar 8 MP, f/2.2, 118˚ (ultrawide), 2 MP, f/2.4, (macro), 2 MP, f/2.4, (depth).

Tidak hanya itu saja, tetapi ponsel ini juga sangat cocok digunakan oleh kalangan remaja yang gemar bermain game online. Nah, untuk teman-teman yang ingin mengetahui Cara Root Xiaomi Redmi Note 10 melalui Custom Recovery TWRP, maka kamu dapat melihatnya melalui penjelasan yang akan saya berikan di bawah ini secara lengkap dan pasti berhasil.

Download Semua File Yang Diperlukan

Di bawah ini telah saya sediakan semua file yang akan digunakan untuk root ponsel Mi Note 10, jadi pastikan kalau kamu sudah mendownload semua file tersebut. Namun pastikan untuk mem-backup seluruh data-data penting yang tersimpan di dalam penyimpanan internal agar tidak kehilangan semua data tersebut.

Jika kamu sudah selesai menyiapkan semua file untuk root Redmi Note 10, sekarang kamu bisa langsung memulai langkah-langkah rootnya dengan melalui instruksi di bawah ini. Harap diperhatikan bahwa kamu harus siap menerima semua risiko apa pun yang akan terjadi, karena saya tidak akan bertanggung jawab jika ponsel mengalami bootloop atau masalah lainnya.

Baca Juga : Cara Install TWRP Xiaomi Redmi Note 10 Work 100%

Cara Root Xiaomi Redmi Note 10 Work 100%

Sebagian orang yang sedang mengalami masalah kinerja terhadap Smartphone Android, khususnya untuk pengguna ponsel Xiaomi yang mengalami ngelag, maka mereka akan me-root ponselnya. Karena metode tersebut sangat cocok digunakan untuk cara mengatasi performa handphone Android yang mengalami penurunan kinerja prosesor.

1. Cara install TWRP Recovery Xiaomi Redmi Note 10

Sebelum kamu mulai melakukan root di ponsel Xiaomi Redmi Note 10 yang sudah menggunakan layar Corning Gorilla Glass 3 adalah harus menginstal TWRP Recovery terlebih dahulu. Cara root untuk ponsel ini sama dengan tipe ponsel Xiaomi yang lainnya. Oleh karena itu kamu harus melakukan langkah ini terlebih dahulu.

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah dengan melakukan Unlock Bootloader.
  2. Jika di ponsel Xiaomi kamu belum di Unlock Bootloader, maka kamu dapat melihat caranya dengan melalui artikel yang telah saya berikan pada bagian Baca Juga.
  3. Selanjutnya aktifkan USB Debugging dan OEM Unlock dengan cara sebagai berikut:
    1. Buka Pengaturan (Settings) >> Tentang Ponsel (About Phone) >> ketuk 7x pada MIUI Version (MIUI Versi).
      Cara Root Xiaomi Redmi Note 10 Work 100% #1

    2. Kembali ke menu utama Pengaturan (Settings) >> Opsi Pengembang (Developer Options).
      Cara Root Xiaomi Redmi Note 10 Work 100% #2

    3. Aktifkan tombol pada USB Debugging dan OEM Unlock.
      Cara Root Xiaomi Redmi Note 10 Work 100% #3

  4. Selanjutnya download semua file di atas dan simpan di dalam satu folder.
  5. Selanjutnya extract semua file tersebut dengan menggunakan WinRar versi terbaru.
  6. Selanjutnya install Xiaomi USB Driver di PC atau laptop.
  7. Selanjutnya pindahkan file Magisk-v23.0.apk ke dalam penyimpanan internal.
  8. Selanjutnya rename file Magisk-v23.0.apk menjadi Magisk-v23.0.zip.
  9. Selanjutnya rename file TWRP yang tadi sudah di download menjadi twrp.img, lalu pindahkan ke dalam folder adb dan fastboot yang tadi sudah di extract.
  10. Selanjutnya jalankan command prompt atau cmd melalui folder Minimal Adb and Fastboot yang tadi sudah di extract dengan cara sebagai berikut:
    1. Windows 7: Buka folder adb and fastboot yang sudah di extract, lalu klik kanan pada area kosong di dalam folder tersebut sambil menekan tombol Shift pada keyboard, lalu pilih Open command windows here.
    2. Windows 10 / 11: Buka folder adb and fastboot yang sudah di extract, lalu klik pada kolom location folder, lalu ketik cmd dan tekan enter.
  11. Selanjutnya sambungkan ponsel ke PC dengan menggunakan kabel USB, pastikan ponsel dalam keadaan menyala dan tidak terkunci layar.
  12. Selanjutnya masukkan perintah adb reboot bootloader, lalu tekan enter.
    Cara Root Xiaomi Redmi Note 10 Work 100% #4

  13. Selanjutnya masukkan perintah fastboot devices, lalu tekan enter.
    Cara Root Xiaomi Redmi Note 10 Work 100% #4

  14. Selanjutnya masukkan perintah fastboot flash recovery twrp.img, lalu tekan enter.
    Cara Root Xiaomi Redmi Note 10 Work 100% #6

  15. Selanjutnya masukkan perintah fastboot boot twrp.img, lalu tekan enter.
    Cara Root Xiaomi Redmi Note 10 Work 100% #7

  16. Selesai.

Baca Juga : Cara Unlock Bootloader Xiaomi Redmi Note 10 Work 100%

2. Cara root Xiaomi Redmi Note 10 menggunakan Magisk

Jika ponsel sudah selesai di install TWRP Redmi Note 10 dan sudah berhasil masuk ke dalam mode Recovery TWRP, sekarang kamu bisa langsung mulai root dengan menggunakan mode recovery tersebut. Jika kamu tidak ingin mengalami kegagalan selama prosesnya sedang berlangsung, pastikan untuk selalu mengikuti setiap instruksi yang telah diberikan.

  1. Pada menu utama TWRP Recovery, lalu pilih menu Wipe >> Format Data >> ketik Yes untuk mulai menghapusnya.
  2. Selanjutnya kembali ke menu utama TWRP Recovery, lalu pilih Reboot >> Recovery.
  3. Selanjutnya ponsel akan me-reboot dan akan kembali masuk ke dalam Mode Recovery TWRP.
  4. Selanjutnya pilih menu Mount >> Enable MTP.
  5. Selanjutnya sambungkan ponsel ke PC dengan menggunakan kabel USB, lalu pindahkan file Magisk-v23.0.zip ke dalam penyimpanan internal. Pastikan file Magisk-v23.0.apk sudah di rename menjadi Magisk-v23.0.zip
  6. Selanjutnya kembali ke menu utama TWRP, lalu pilih menu Install.
  7. Selanjutnya cari file Magisk-v23.0.zip yang tadi telah kamu pindahkan ke penyimpanan internal.
  8. Selanjutnya Swipe to Confirm Flash, maka nanti proses root akan langsung berjalan secara otomatis.
  9. Jika prosesnya sudah selesai, lalu klik Reboot.
  10. Selesai.

Jika artikel ini bermanfaat untuk teman-teman, mohon dukungannya dengan membantu donasi dengan cara mengklik salah satu tombol di bawah ini.

Sampai disini kamu telah selesai melakukan root terhadap ponsel Xiaomi Redmi Note 10 dengan menggunakan Magisk. Setelah ponsel berhasil menyala lagi, maka kamu akan melihat aplikasi Magisk Manager yang menandakan bahwa ponsel sudah di root. Namun jika kamu belum yakin, kamu juga bisa mengeceknya dengan menggunakan aplikasi Root Checker.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah Cara Root Xiaomi Redmi Note 10 dapat dilakukan dengan menggunakan Magisk Zip versi terbaru. Akan tetapi sebelum melakukan proses root terhadap perangkat Android yang satu ini, pastikan dahulu kalau ponsel Xiaomi kamu sudah di Unlock Bootloader dan sudah terinstal Custom Recovery TWRP Xiaomi Redmi Note 10.

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini. Sampai jumpa kembali di artikel saya yang selanjutnya dan jangan sampai terlewat dengan postingan kami yang lainnya.

Bagikan artikel ini

Tidak ada komentar: