Cara Root Vivo Y20 Semua Model Versi Terbaru - Tips Tutorial Bersama

Jumat, 03 Februari 2023

Cara Root Vivo Y20 Semua Model Versi Terbaru

.

Cara Root Vivo Y20 Semua Model Versi Terbaru

Pada artikel yang akan saya berikan pada kesempatan kali ini, disini saya akan membuatkan tutorial mengenai Root Vivo Y20. Sebenarnya untuk dapat melakukan root pada ponsel Vivo yang satu ini dapat dilakukan dengan melalui Unlock Bootloader atau tanpa Unlock Bootloader. Kedua metode tersebut memiliki langkah-langkah yang berbeda-beda.

Apakah di antara teman-teman sudah ada yang mengetahui “Apa itu Root”? Root pada hp Android merupakan salah satu metode yang sering digunakan oleh sebagian orang yang ingin meng-custom sistemnya. Jika teman-teman tertarik ingin melakukan root pada ponsel Vivo Y20, maka kamu dapat melihat caranya dengan melalui penjelasan di bawah ini.

Terdapat banyak kelebihan yang akan kamu dapatkan jika me-root Smartphone Android, salah satunya dapat digunakan untuk menghapus aplikasi bawaan dan menginstal Custom ROM yang telah dimodifikasi oleh pengembang terkenal. Kedua hal tersebut merupakan alasan utama mengapa banyak orang yang ingin melakukan root terhadap ponselnya.

Setiap Smartphone Android pasti akan memiliki beberapa aplikasi bawaan yang tidak dapat dihapus, lantaran semua aplikasi yang tersedia pada sistem operasi Android tersebut merupakan aplikasi penting yang telah disediakan oleh vendor atau sponsor dari merek hp tersebut. Nah, berikut ini adalah Cara Root Vivo Y20 tanpa menggunakan PC secara lengkap.

Download Semua File Yang Akan Digunakan

Di bawah ini telah saya sediakan berbagai file penting yang akan digunakan untuk proses root pada ponsel Vivo Y20. Salah satu dari file tersebut juga akan ada aplikasi SuperUser yang menjadi aplikasi penting sebagai akses root yang akan memberikan semua akses perizinan.

Jika kamu sudah mendownload semua file di atas, maka langkah selanjutnya adalah dengan enable USB Debugging. Karena fitur ini akan mendeteksi ponsel yang terhubung ke PC dengan menggunakan kabel USB. Jika tidak mengaktifkan fitur tersebut, maka ponsel tidak akan terdeteksi di aplikasi KingRoot PC.

Cara Root Vivo Y20 Semua Model Versi Terbaru

Smartphone Vivo Y20 dapat di root dengan menggunakan aplikasi KingRoot yang tersedia pada PC atau Android. Untuk kedua langkah root dengan melalui tanpa PC atau menggunakan PC akan saya jelaskan langkah-langkahnya satu persatu di bawah ini secara lengkap.

1. Cara root dengan menggunakan KingRoot for Android

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah dengan melakukan Unlock Bootloader.
  2. Jika di ponsel kamu belum di Unlock Bootloader, kamu dapat melihat caranya dengan melalui artikel yang telah saya sediakan pada bagian Baca Juga.
  3. Selanjutnya download KingRoot for Android, lalu extract file tersebut dengan menggunakan WinRar versi terbaru.
  4. Selanjutnya pindahkan file KingRoot.apk ke penyimpanan internal ponsel.
  5. Selanjutnya kamu install dahulu aplikasi tersebut di ponsel kalian, tapi jangan lupa untuk mengaktifkan Unknown Source agar apk tersebut dapat terinstal.
  6. Selanjutnya jalankan aplikasi KingRoot yang sudah di install.
  7. Jika aplikasinya sudah terbuka, lalu scroll ke bawah dan klik Continue.
  8. Selanjutnya tunggu beberapa saat sampai KingRoot selesai melakukan scan terhadap ponsel Vivo.
  9. Jika proses scan sudah selesai, lalu click Root.
  10. Selanjutnya proses root akan langsung berjalan secara otomatis, lalu tunggu beberapa menit sampai prosesnya selesai.
  11. Jika prosesnya sudah selesai dan berhasil, maka akan muncul pesan Successfully Rooted.
  12. Selesai.

2. Cara root dengan menggunakan KingRoot for PC

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah dengan melakukan Unlock Bootloader.
  2. Jika di ponsel Vivo kamu belum di Unlock Bootloader, kamu dapat melihat caranya dengan melalui artikel yang telah saya sediakan pada bagian Baca Juga.
  3. Selanjutnya aktifkan USB Debugging dan OEM Unlock melalui Pengaturan ponsel.
  4. Selanjutnya download KingRoot for PC dan Vivo USB Driver.
  5. Selanjutnya extract semua file tersebut dengan menggunakan WinRar versi terbaru.
  6. Selanjutnya install KingRoot for PC dan Vivo USB Driver di PC atau laptop.
  7. Selanjutnya jalankan aplikasi KingRoot yang tadi sudah di install.
  8. Selanjutnya sambungkan ponsel ke PC dengan menggunakan USB cable.
  9. Selanjutnya klik tombol Root pada aplikasi KingRoot.
  10. Selanjutnya proses root akan langsung berjalan secara otomatis, lalu tunggu saja sampai prosesnya selesai mungkin akan membutuhkan waktu beberapa menit.
  11. Jika prosesnya sudah selesai, maka akan muncul pesan Root Successfully.
  12. Selesai.

Note: Untuk dapat melakukan root dengan menggunakan aplikasi KingRoot, pastikan dahulu kalau di PC atau ponsel kamu sudah terhubung ke jaringan internet yang stabil.

Sampai disini kamu telah selesai dan berhasil melakukan root di ponsel Vivo dengan menggunakan aplikasi KingRoot. Untuk mengecek apakah ponsel sudah di root atau belum, kamu dapat mengetahuinya dengan menggunakan aplikasi Root Checker. Dengan melakukan root melalui aplikasi tersebut dapat dilakukan hanya dengan menekan one click root.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah Cara Root Vivo Y20 dapat dilakukan dengan melalui aplikasi KingRoot. Cara root Vivo tanpa PC ini sangat cocok digunakan untuk teman-teman yang merasa kesulitan untuk mencari cara yang menggunakan Custom Recovery TWRP. Karena root melalui KingRoot bisa dikatakan sebagai metode alternatif yang bersifat universal.

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini. Sampai jumpa kembali di artikel saya yang selanjutnya dan jangan sampai terlewat dengan postingan kami yang lainnya.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda