Cara Root Samsung Galaxy J2 SM-J200G Via Odin - Tips Tutorial Bersama

Kamis, 16 September 2021

Cara Root Samsung Galaxy J2 SM-J200G Via Odin

Root Samsung J200G

Root Samsung J200G merupakan sebuah langkah yang biasa dilakukan oleh pengguna Android untuk memodifikasi ponsel mereka dalam bentuk apapun. Langkah rooting ini bisa memberikan akses penuh terhadap penggunanya sampai ke sistem paling dasar sekalipun. Dengan begitu penggunanya dapat memodifikasi ponselnya tanpa batas.

Selain itu, ternyata setelah berhasil melakukan proses root ini pada ponsel Samsung J2 yang mereka pakai akan memiliki keuntungan yang lebih. Bahkan keuntungan tersebut tidak akan ditemukan pada ponsel bawaan pabrik itu sendiri. Salah satu keuntungannya mampu meningkatkan performa CPU sampai ke tingkat maksimal.

Walaupun demikian tidak selamanya memiliki kelebihan yang mengesankan seperti hal tersebut, melainkan root juga memiliki kekurangannya sendiri dan juga mempunyai tingkat risiko yang cukup besar. Bahkan risiko tersebut dapat mengakibatkan kerusakan sistem yang cukup parah. Tetapi jika kalian mengalami hal tersebut, kamu bisa mengatasinya dengan cara Flash Samsung J200G.

Dengan melakukan flashing, maka semua kerusakan ringan yang terjadi pada sistem Android akan teratasi semuanya. Tetapi, jika seseorang gagal mengalami root atau salah menghapus aplikasi bawaan bisa juga mengakibatkan kerusakan pada ponsel Samsung secara permanen.

Bagaimana apakah kamu masih tertarik ingin melakukan root pada Samsung Galaxy J2? Jika iya, kamu bisa melihat langkah-langkahnya di bawah ini secara lengkap. Satu hal yang akan saya sampaikan kepada kalian semua, bahwa disini saya tidak bertanggung jawab jika kalian mengalami kegagalan atau setelah root selesai. Karena disini saya hanya menyajikan tutorialnya saja, selebihnya kamu tanggung sendiri sebab akibatnya.

Cara Root Samsung Galaxy J2 SM-J200G

Tahukah kalian bahwa untuk melakukan root pada ponsel Samsung semua jenis terdapat dua langkah yang berbeda, yaitu dengan menggunakan PC atau tanpa PC. Akan tetapi pada tipe ponsel yang satu ini, disini saya akan memberikan Cara Root Samsung J200G Tanpa PC dan menggunakan tool yang bernama Odin. Silahkan kamu lihat baik-baik caranya di bawah ini secara lengkap.

Root Samsung J2 Tanpa Menggunakan PC Via KingRoot

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan download aplikasi KingRoot v5.4.0 terlebih dahulu.
  2. Kemudian extract file tersebut dengan menggunakan WinRar versi terbaru.
  3. Selanjutnya pindahkan file hasil extract tadi ke penyimpanan internal ponsel.
  4. Kemudian install file apk tersebut di ponsel Samsung J2 milik kalian.
  5. Jika sudah, selanjutnya buka aplikasi tersebut.
  6. Setelah aplikasi KingRootnya sudah terbuka tunggu beberapa saat sampai KingRoot selesai menscan ponsel secara keseluruhan.
  7. Jika proses scannya sudah selesai, kemudian klik tombol Try Root untuk memulai proses rooting pada ponsel Samsung Galaxy J2.
  8. Pastikan sebelum memulai proses root tersebut, ponsel J2 kamu sudah terkoneksi dengan jaringan internet baik melalui data seluler ataupun wifi.
  9. Setelah proses root tersebut selesai, silahkan restart ponsel kamu.
  10. Setelah berhasil menyala kembali, silahkan cek ponsel kamu apakah sudah berhasil di root atau belum melalui aplikasi KingRoot tadi.
  11. Selesai.

Root Samsung J2 Dengan Menggunakan Odin

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan download CF Auto Root Samsung J2 SM-J200G terlebih dahulu.
  2. Selanjutnya download Samsung USB Driver dan install di PC kalian.
  3. Selanjutnya download Odin v3.12 terlebih dahulu. 
  4. Kemudian extract semua file tersebut termasuk CF Auto Root, Samsung USB Driver, dan Odin v3.12
  5. Jika sudah, kemudian simpan semua file tersebut di dalam satu folder agar mudah ditemukan.
  6. Langkah selanjutnya adalah dengan mematikan ponsel sampai dalam keadaan Off.
  7. Kemudian boot ponsel tersebut ke dalam Downloading Mode, untuk dapat melakukannya tekan dan tahan tombol Volume Bawah + Home + Power secara bersamaan.
  8. Maka kemudian kamu akan melihat dua opsi yang berbeda, lalu tekan Volume Atas untuk melanjutkan ke dalam Mode Download.
  9. Selanjutnya adalah dengan menghubungkan ponsel ke PC dengan menggunakan kabel USB.
  10. Kemudian jalankan aplikasi Odin v3.12 dengan cara Run as administrator.
  11. Lalu tunggu sampai tulisan ID:COM menjadi warna biru, hal tersebut menandakan bahwa ponsel sudah terdeteksi di Odin.
  12. Kemudian klik tombol AP dan cari file CF Auto yang tadi sudah kamu extract di PC.
  13. Lalu klik tab Option yang terletak disebelah kiri, lalu beri tanda centang pada Auto Reboot dan F. Reset Time.
  14. Jika sudah semuanya, kemudian klik tombol Start untuk memulai proses root dan tunggu sampai prosesnya selesai.
  15. Jika prosesnya sudah selesai, maka kamu akan melihat tulisan PASS yang berwarna hijau, hal tersebut menandakan bahwa prosesnya sudah berhasil.
  16. Kemudian ponsel akan merestart secara otomatis.
  17. Jika tidak restart otomatis, kamu bisa merestartnya secara manual.
  18. Setelah ponsel sudah berhasil menyala, maka akan terdapat aplikasi yang bernama SuperSU atau Magisk. Kedua aplikasi tersebut adalah aplikasi root manager dan prosesnya pun telah selesai.
  19. Namun, jika kamu masih belum yakin apakah sudah di root atau belum, kamu bisa mengeceknya melalui aplikasi Root Checker yang dapat di download secara gratis di Play Store.
  20. Selesai.

Root Samsung J2 Dengan Menggunakan TWRP

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan menginstal Custom Recovery TWRP terlebih dahulu di ponsel Samsung J2 kalian.
  2. Kemudian download SuperSU-v2.82 atau Magisk-v20.0 terlebih dahulu.
  3. Kemudian pindahkan file tersebut ke dalam penyimpanan internal ponsel.
  4. Kemudian boot ponsel kamu ke dalam Mode Recovery TWRP. Untuk dapat melakukannya silahkan matikan ponsel terlebih dahulu sampai ke dalam keadaan Off, kemudian tekan dan tahan tombol Volume Atas + Home + Power secara bersamaan.
  5. Maka ponsel akan langsung masuk secara otomatis ke dalam Mode Recovery TWRP.
  6. Pada menu utama TWRP pilih menu Wipe, kemudian pilih Wipe Dalvik/Cache.
  7. Jika sudah selesai, silahkan kembali ke menu utama TWRP.
  8. Kemudian pilih menu Install dan cari file SuperSU.zip atau Magisk.zip yang tadi sudah kamu pindahkan ke dalam penyimpanan internal ponsel.
  9. Jika sudah, kemudian Swipe to confirm flash untuk memulai proses root dan tunggu sampai prosesnya selesai.
  10. Jika prosesnya sudah selesai, kemudian pilih Reboot to system dan tunggu sampai ponsel berhasil masuk ke dalam OSnya.
  11. Jika sudah berhasil menyala kembali, maka kamu akan melihat aplikasi SuperSU atau Magisk Manager. Kedua aplikasi tersebut menandakan bahwa ponsel sudah berhasil di root dengan benar.
  12. Namun, jika kamu ingin mengeceknya secara pasti apakah sudah di root atau belum, kamu bisa menggunakan aplikasi Root Checker yang dapat di download secara gratis di Play Store.
  13. Selesai.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah untuk dapat melakukan proses root pada ponsel Samsung Galaxy J2 SM-J200G terdapat tiga metode yang berbeda untuk melakukannya. Dari semua metode tersebut salah satunya ada yang menggunakan Cara Root Samsung J200G Via Odin yang banyak dicari oleh sebagian orang untuk langkah rooting pada ponsel tersebut.

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini. Sebelum kamu meninggalkan halaman ini mohon untuk meninggalkan jejak dengan memberikan komentar di bawah ini.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments