Cara Mematikan Auto Update Pada Windows 10 - Tips Tutorial Bersama

Kamis, 28 Oktober 2021

Cara Mematikan Auto Update Pada Windows 10

Untuk dapat mematikan Windows Update pada PC atau laptop yang menggunakan Windows 10. maka dapat dilakukan dengan cara sementara maupun permanen.

Pada artikel yang akan saya buatkan kali ini adalah mengenai Cara Mematikan Update Windows 10. Karena pada beberapa waktu yang lalu saya telah memberikan tutorial tentang Cara Menonaktifkan Windows Defender pada Windows 10.

Jadi untuk hari ini saya akan mengambil topik pembahasan tentang Windows Update di PC atau laptop yang menggunakan sistem operasi Windows 10. Karena pada windows tersebut memang tersedia fitur ini, akan tetapi fitur update ini sering kali membuat penggunanya merasa risih.

Oleh karena itu untuk mengatasi gangguan dari berbagai update yang berjalan secara otomatis tersebut mengharuskan penggunanya untuk menonaktifkan fitur windows update ini. Karena jika tidak, maka si laptop akan mendownload semua file update tersebut dengan sendirinya.

Alhasil akan mengakibatkan menguras kuota internet pada jaringan smartphone. Terlebih lagi tidak hanya satu file saja yang di update, melainkan ada banyak jenis file. Nah, bagi teman-teman yang ingin mematikan fitur ini, maka kamu dapat mengetahuinya melalui langkah-langkah di bawah ini.

Apa Itu Windows Update?

Windows Update adalah sebuah sistem atau fitur yang tersedia di dalam sistem operasi windows. Hampir semua jenis windows yang ada telah tertanam fitur ini pada sistem operasinya, baik pada Windows Xp, 7, 8, 8.1, 10, dan Windows 11 sekalipun.

Dengan adanya update otomatis windows ini akan membantu penggunanya untuk memperbarui driver atau program yang terdapat pada windows 10 itu sendiri. Jadi, penggunanya tidak perlu repot-repot untuk mengupdatenya secara manual.

Walaupun demikian terkadang fitur yang satu ini seringkali membuat penggunanya merasa frustasi dengan update otomatis tersebut. Karena jika PC atau laptop langsung terkoneksi dengan jaringan internet baik wifi maupun dari hotspot ponsel akan langsung berjalan dengan sendirinya.

Hal tersebut tidak dapat kita sadari, karena tidak tersedia notifikasi bahwa proses download windows update tersebut sedang berjalan. Karena alasan seperti ini banyak orang yang ingin mematikan fitur otomatis tersebut.

Alasan Ingin Mematikan Fitur Update Pada Windows 10

Ada banyak alasan mengapa seseorang ingin menonaktifkan fitur windows update tersebut. Karena jika komputer atau laptop yang sudah terlanjur di update, bisa saja akan menyebabkan menurunnya performa pada laptop yang mereka pakai.

Biasanya akan berdampak pada laptop yang menjadi berat atau ngelag. Untuk membuat komputer atau laptop tidak mengalami kejadian seperti ini, maka penggunanya harus mengambil tindakan jangan melakukan proses update tersebut.

Terlebih lagi jika seseorang baru selesai melakukan proses install ulang pada laptopnya untuk menghilangkan rasa ngelag, kemudian si laptop langsung tersambung ke dalam jaringan internet. Maka laptop pun akan langsung mendownload semua file update yang tersedia.

Jika ia menggunakan jaringan internet melalui smartphonenya, maka kasian kuota internetnya bisa langsung terkuras banyak gara-gara mendownload semua update windows tersebut. Oleh karena itu banyak orang yang tidak ingin mengaktifkan fitur windows update ini.

Begini Cara Mudah Mematikan Update Windows 10

Bagi teman-teman yang ingin mencoba menonaktifkan windows update ini pada laptop yang menggunakan Windows 10, maka kamu dapat mengikuti tutorial yang akan saya jelaskan di bawah ini. Karena cara ini sangat penting untuk meningkatkan performa laptop kalian lagi.

Selain itu pada penjelasan saya ini, disini saya juga akan menjelaskan dengan menggunakan metode sementara yang dapat diakses melalui layanan pembaruan windows atau permanen. Jadi kamu dapat memilih ingin menggunakan cara yang mana.

Berikut caranya dapat kamu lihat sendiri melalui penjelasan yang akan saya sampaikan di bawah ini.

1. Cara menonaktifkan windows update pada windows 10 secara sementara

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah dengan membuka menu Settings yang terdapat di dalam Windows 10.
  2. Kemudian pada halaman utama dari menu pengaturan tersebut pilih opsi Update & Security.
  3. Maka nanti kamu akan melihat tampilan dari halaman Windows Update / Check for Updates.
  4. Selanjutnya pilih menu Advanced options yang berada di bagian bawahnya.
  5. Maka nanti kamu akan melihat beberapa pilihan yang dapat dilakukan untuk menonaktifkannya.
  6. Kemudian matikan semua tombol tersebut ke posisi Off.
  7. Selanjutnya pada bagian Pause updates, klik pada Select date dan pilih waktu yang paling terlama.
  8. Hal ini bertujuan untuk menunda proses updatenya saja. Jika tanggalnya sudah mencapai waktu yang ditentukan, maka update nya pun akan langsung mengaktifkannya kembali.
  9. Selesai.

2. Cara menonaktifkan windows update pada windows 10 secara permanen

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah dengan menekan tombol Windows + R secara bersamaan.
  2. Kemudian ketik gpedit.msc dan tekan enter.
  3. Maka nanti kamu akan melihat layar Local Group Policy Editor.
  4. Pada halaman tersebut pilih Computer Configuration yang terletak di menu sebelah kiri.
  5. Kemudian pilih Administrative Templates >> Windows Components >> Windows Update.
  6. Kemudian klik dua kali pada Configure Automatic Updates atau klik kanan dan pilih edit..
  7. Maka nanti kamu akan melihat layar selanjutnya. Pada halaman tersebut pilih Disable yang terletak di bagian kiri atas, kemudian pilih tekan Apply dan klik OK.
  8. Selanjutnya restart laptop atau PC kalian masing-masing.
  9. Selesai.

Sampai disini kamu telah berhasil melakukan langkah mematikan windows update pada PC atau laptop yang menggunakan Windows 10. Maka selanjutnya komputer kalian tidak akan menerima pembaruan lagi setelah melakukan langkah di atas.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah bahwa windows update pada komputer yang menggunakan sistem operasi Windows 10 dapat dimatikan atau dinonaktifkan untuk fitur tersebut. Hal tersebut akan berguna untuk tidak menyebabkan laptop mengalami ngelag atau kuota internet terbuang karena mendownload pembaruan tersebut.

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini tentang cara meng dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments