Cara Install Mi Flash Tool Latest Version - Tips Tutorial Bersama

Senin, 31 Januari 2022

Cara Install Mi Flash Tool Latest Version

Cara Install Mi Flash Tool Latest Version

Pada artikel yang akan saya berikan pada kesempatan kali ini, disini saya akan membagikan sebuah aplikasi yang bernama Mi Flash. Aplikasi Mi Flash ini sangat cocok sekali digunakan untuk kalian yang ingin melakukan flashing pada ponsel Xiaomi. Selain itu, tool yang satu ini juga sudah mendukung dengan berbagai ponsel Xiaomi apapun.

Seperti yang diketahui, bahwa ponsel Xiaomi merupakan salah satu Smartphone Android yang memiliki harga yang cukup terjangkau. Brand yang salah satu produksi asal negara tirai bambu ini telah memperlebar sayapnya di hampir seluruh dunia. Karena setiap tipe dari ponsel tersebut memiliki penanganan yang sangat mudah, tidak seperti pada Android lainnya yang cukup sulit.

Misalnya saja seperti pada kasus hp Xiaomi yang mengalami bootloop atau stuck di logo. Untuk mengatasi masalah tersebut biasanya penggunanya akan menggunakan cara flashing. Selain itu, untuk proses tersebut dapat dilakukan dengan melalui flashing options via stock rom atau factory reset. Tentu saja untuk kedua cara tersebut memiliki perbedaannya masing-masing.

Namun perlu kalian ketahui, bahwa sebelum melakukan flashing ponsel Xiaomi dengan menggunakan Mi Flash Tool, penggunanya harus menginstal usb driver terlebih dahulu ke PC atau laptop yang akan digunakan. Tanpa melakukan langkah instalasi driver Xiaomi di komputer, maka ponsel itu pun tidak akan terdeteksi di aplikasi tersebut.

Apa Itu Mi Flash Tool?

Xiaomi Mi Flash Tool merupakan sebuah aplikasi atau software yang dapat digunakan untuk mem-flash firmware atau stock rom bawaan pada ponsel itu sendiri. Dengan menggunakan bantuan dari aplikasi yang satu ini, maka setiap penggunanya dapat melakukan install ulang semua Xiaomi device dengan menggunakan firmware yang tersedia secara resmi.

Tidak hanya itu saja, melainkan tool ini juga berfungsi untuk perangkat Xiaomi seperti Smartphone atau Tablet. Untuk kalian yang ingin menggunakan software tersebut, kamu harus menginstal drivernya terlebih dahulu di PC. Dengan begitu, maka ponsel akan terdeteksi di dalam Mi Flash Tool termasuk Microsoft MTP dan driver lainnya.

Seperti yang diketahui, bahwa sebagian besar ponsel Xiaomi ada yang menggunakan chipset Mediatek dan Qualcomm. Walaupun menggunakan versi chipset yang berbeda, tapi Mi Flash Tool ini sudah dapat digunakan untuk ponsel Xiaomi yang menggunakan Qualcomm devices dan Mediatek. Hanya saja yang berbeda adalah dari jenis firmware yang digunakannya.

Fitur Terbaru Mi Flash Tool

Sebelum kamu menggunakan aplikasi ini untuk memulai proses flash firmware on Xiaomi Smartphones, kamu juga harus mengetahui beberapa fitur yang akan disediakan oleh flash tool yang satu ini. Nah, berikut ini adalah semua fitur yang akan kamu dapatkan:

  • Mi Flash Tool sudah dilengkapi dengan beberapa driver di dalamnya.
  • Mi Flash Tool hadir dengan driver bawaan yang bisa langsung digunakan.
  • Mi Flash Tool dapat digunakan untuk semua perangkat Xiaomi apapun.
  • Mi Flash Tool dapat digunakan dengan sangat mudah.
  • Mi Flash Tool memiliki interface yang simple.

Nah, seperti itu mengenai beberapa fitur dan keunggulan yang tersedia pada aplikasi Mi Flash Tool. Dengan begitu kamu pun dapat menggunakannya untuk flash the stock firmware Xiaomi dengan sangat mudah dan tidak sulit untuk dijalankannya.

Manfaat Menggunakan Mi Flash Tool

Tahukah kalian bahwa terdapat berbagai manfaat jika menggunakan Mi Flash Tool untuk melakukan flashing pada ponsel Android, khususnya untuk semua Smartphone Xiaomi. Seperti yang diketahui, bahwa firmware dari Xiaomi terdapat dua jenis yang berbeda, yaitu Fastboot Rom dan Image Rom.

Untuk melakukan flashing terhadap kedua jenis firmware tersebut juga memiliki caranya masing-masing. Misalnya saja untuk file Image Rom tidak dapat dijalankan melalui Mi Flash, melainkan hanya bisa digunakan melalui mode recovery. Sedangkan untuk file Fastboot Rom hanya bisa dilakukan melalui Mi Flash dan sudah tersedia inbuilt drivers pada aplikasinya.

Oleh karena itu banyak orang lebih memilih dengan menggunakan firmware yang terakhir ini. Selain itu, dalam aplikasi Mi Flash Tool nya sendiri juga terdapat beberapa pilihan yang bisa digunakan untuk melakukan flash, yaitu flash all, flash all except storage, dan flash lock. Salah satu dari pilihan tersebut ada yang berfungsi untuk menghapus seluruh data dan yang tidak.

Download Mi Flash Tool Latest Version

Untuk teman-teman yang saat ini sedang mencari link Download Mi Flash untuk PC, kamu bisa mengambilnya melalui link yang telah saya sediakan di bawah ini. Disini saya juga telah menyiapkan semua versi dari yang lawas hingga yang terbaru. Jadi kamu dapat memilih salah satu yang sesuai dengan version of Xiaomi yang kamu gunakan saat ini.

File Name Link Download
Mi-FlashTool_20140509 TeraBox
Mi-FlashTool_20150601 TeraBox
Mi-FlashTool_20150731 TeraBox
Mi-FlashTool_20151028 TeraBox
Mi-FlashTool_20160401 TeraBox
Mi-FlashTool_20160830 TeraBox
Mi-FlashTool_20161222 TeraBox
Mi-FlashTool_20170425 TeraBox
Mi-FlashTool_20171212 TeraBox
Mi-FlashTool_20180528 TeraBox
Mi-FlashTool_20181115 TeraBox
Mi-FlashTool_20191030 TeraBox
Mi-FlashTool_20191111 TeraBox
Mi-FlashTool_20191206 TeraBox
Mi-FlashTool_20200314 TeraBox

Setelah selesai download salah satu dari file Mi Flash di atas, sekarang kamu tinggal menggunakannya saja untuk langkah flashing. Untuk langkah flashing, terutama untuk seri ponsel Xiaomi Redmi Note, kamu bisa mengikuti langkah-langkahnya pada tutorial yang telah diberikan tersebut. Mungkin ada sedikit tahap yang berbeda dengan hp Xiaomi yang lainnya.

Cara Install Mi Flash Tool Latest Version

Untuk kamu yang tidak mengetahui cara install atau cara menggunakan dari tool gratis yang satu ini, kamu dapat melihatnya pada penjelasan di bawah ini. Satu hal yang harus kamu ketahui terlebih dahulu, bahwa Mi Flash Tool is compatible dengan semua sistem operasi windows. Jadi kamu tidak perlu khawatir kalau tidak dapat dijalankan di PC.

Berikut ini adalah langkah-langkahnya yang dapat kamu ikuti:

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah dengan download Mi Flash Tool dengan melalui link di atas.
  2. Selanjutnya extract file tersebut dengan menggunakan WinRar versi terbaru.
  3. Selanjutnya buka folder hasil extract tadi dan jalankan file XiaoMiFlash.exe.
  4. Maka nanti akan langsung muncul tampilan aplikasi Mi Flash nya.
  5. Selesai.

Sampai disini kamu telah selesai melakukan download Xiaomi Mi Flash Tool dan cara instalasinya. Untuk cara menggunakannya untuk melakukan flashing, kamu dapat melihatnya melalui penjelasan yang akan saya sampaikan di bawah ini.

Cara Menggunakan Mi Flash Tool Latest Version

Untuk dapat melakukan flashing di ponsel Xiaomi, kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini. Tentu saja cara tersebut dapat digunakan untuk semua Smartphone Android Xiaomi yang menggunakan stock rom fastboot. Sedangkan untuk flashing OTA files, kamu bisa menggunakan mode recovery bawaan ponsel.

Berikut ini adalah langkah-langkahnya yang dapat kamu ikuti:

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah dengan download firmware Xiaomi yang versi stock rom fastboot.
  2. Selanjutnya extract firmware tersebut dan simpan di dalam folder yang mudah ditemukan.
  3. Selanjutnya Install Xiaomi USB Driver di PC atau laptop yang akan digunakan.
  4. Selanjutnya buka aplikasi Mi Flash dengan cara yang telah saya sampaikan di atas.
  5. Selanjutnya klik tombol Select dan arahkan ke dalam folder firmware yang tadi telah kamu extract.
  6. Selanjutnya pada bagian bawah terdapat tiga pilihan, yaitu di antaranya:
    1. Clean All / flash_all.
    2. Save User Data / flash_all_except_data_storage.
    3. Clean All and Lock / flash_all_lock.
  7. Untuk pilihan tersebut, kamu dapat memilih salah satu.
  8. Namun yang lebih disarankan adalah yang Clean All, karena akan menghapus seluruh dan menggantinya dengan firmware yang baru.
  9. Selanjutnya boot ponsel Xiaomi ke dalam Mode Fastboot, lalu sambungkan ponsel ke PC dengan menggunakan kabel USB.
  10. Selanjutnya klik tombol Refresh yang terletak pada aplikasi Mi Flash Tool.
  11. Maka nanti ponsel akan terdeteksi pada aplikasi tersebut.
  12. Jika ponsel sudah terdeteksi di Mi Flash, lalu klik tombol Flash untuk memulai proses flashing.
  13. Selanjutnya kamu tunggu saja sampai prosesnya selesai, mungkin akan membutuhkan waktu beberapa menit.
  14. Jika prosesnya sudah selesai, maka pada bagian Status akan muncul tulisan Flash Done.
  15. Selesai.

Sampai disini kamu telah selesai melakukan flashing hp Xiaomi dengan menggunakan Mi Flash Tool. Jika prosesnya sudah selesai, kamu boleh melepaskan ponsel dari PC. Oh ya, satu hal yang akan saya beritahukan, bahwa pada versi Mi Flash Tool 2019 ke atas, di dalamnya sudah tersedia dan termasuk file rndis driver.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah melalui postingan ini, kamu dapat Download Mi Flash Tool versi terbaru atau versi lama. Selain itu, disini juga telah saya berikan langkah-langkah instalasi dan cara menggunakan Mi Flash dengan benar untuk proses flashing di Smartphone Xiaomi.

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini. Sampai jumpa kembali di artikel saya yang selanjutnya.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments