Cara Install TWRP HTC U11 Terbaru Dengan Sangat Mudah - Tips Tutorial Bersama

Senin, 19 September 2022

Cara Install TWRP HTC U11 Terbaru Dengan Sangat Mudah

Cara Install TWRP HTC U11 Terbaru Dengan Sangat Mudah

Pada artikel yang akan saya berikan pada kesempatan kali ini, disini saya akan membagikan sebuah file yang bernama TWRP HTC U11. File tersebut dapat digunakan untuk kamu yang ingin menginstal Custom ROM untuk perangkat android HTC ini. Namun sebelum memulainya, ada beberapa hal yang harus kamu ketahui terlebih dahulu.

Smartphone Android HTC U11 telah resmi diluncurkan pada tahun 2017 lalu dan telah menggunakan android 7.0 Nougat. Kemudian selang beberapa bulan setelah peresmiannya, akhirnya HTC U11 telah menerima pembaruan ke versi 9.0 tanpa harus melalui metode Root HTC U11.

Dengan adanya pembaruan ke android 9.0 tersebut, akhirnya pihak pengembang telah berhasil meluncurkan produk Recovery TWRP Official yang dapat di install dengan bebas oleh penggunanya. Namun sebelum memulai proses instalasi TWRP Recovery on HTC U11, penggunanya harus sudah melakukan Unlock Bootloader terlebih dahulu.

Oleh karena itu melalui postingan ini, disini saya akan membantu teman-teman yang ingin melakukan Flash TWRP HTC U11. Selain itu, di bawah juga telah saya siapkan file TWRP Official yang dapat kamu download secara gratis dan lengkap dengan panduan install TWRP Recovery di ponsel ini dengan benar dan tepat.

Cara Install TWRP HTC U11 Terbaru Dengan Sangat Mudah

Android phones HTC U11 merupakan salah satu ponsel android yang telah diproduksi oleh HTC dan telah dirilis pada tahun 2017 lalu. Pada awal peresmiannya ponsel ini dibanderol dengan harga yang cukup tinggi. Karena ponsel tersebut telah dilengkapi dengan spesifikasi yang mumpuni untuk dikelasnya pada saat itu.

HTC U11 memiliki desain body yang sangat bagus dan memiliki ukuran layar sebesar 5,5” yang mampu menampilkan gambar atau video dengan kualitas yang sangat baik. Dengan ditanamkannya kamera beresolusi 12 MP telah menjadikannya mampu membuat hasil foto menjadi sangat epik.

Tidak hanya itu saja, tetapi dalam prosesornya sendiri telah dibekali dengan Qualcomm MSM8998 Snapdragon 835 yang membuat performanya semakin lancar. Walaupun spesifikasi dari ponsel HTC U11 sudah dilengkapi dengan hardware yang mumpuni, tetapi seiring berjalannya waktu pasti akan mengalami penurunan performa.

Jika pada ponsel kamu mengalami masalah seperti ini, maka kamu bisa mencoba menggunakan metode root untuk mengatasinya. Akan tetapi untuk dapat melakukan root tersebut, kamu harus melakukan dan mengetahui Cara Pasang TWRP HTC U11 terlebih dahulu. Jika tidak, maka kamu tidak akan dapat melakukan proses root tersebut.

1. Persyaratan yang harus dilakukan terlebih dahulu

Sebelum memulai proses installing TWRP Recovery di ponsel HTC U11 yang satu ini, maka kamu harus mempersiapkan dahulu semua persyaratannya. Jika tidak, maka selama prosesnya berlangsung dapat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Nah, berikut ini adalah semua persyaratan yang harus kamu lakukan terlebih dahulu.

  • Backup semua data-data penting yang terdapat di dalam penyimpanan internal.
  • Isi baterai ponsel HTC U11 sampai terisi daya minimal 50%.
  • Install HTC USB Driver di PC atau laptop yang akan digunakan.
  • Koneksi internet yang stabil.
  • Download semua bahan-bahan yang akan digunakan.
  • Selalu mengikuti setiap instruksi yang telah disebutkan.

2. Download semua bahan-bahan yang diperlukan

Setelah selesai mempersiapkan semua persyaratan di atas, sekarang kamu sudah dapat mendownload semua file-file yang akan digunakan untuk proses pemasangan Custom Recovery TWRP. Mode Recovery yang satu ini sangat berbeda dengan yang terdapat pada Stock Recovery yang memiliki keterbatasan fitur dan fungsi.

Nah, untuk semua bahan-bahannya dapat kamu download di bawah ini.

3. Langkah-langkah instalasi TWRP di HTC U11

Setelah selesai mempersiapkan semua persyaratan di atas termasuk TWRP Image file, sekarang kamu sudah dapat melakukan proses instalasinya. Seperti yang telah saya sampaikan sebelumnya di atas, bahwa di bawah ini merupakan caranya yang dapat kamu lakukan.

Nah, untuk langkah-langkahnya dapat kamu lihat melalui penjelasan di bawah ini.

3.1. Aktifkan OEM Unlock dan USB Debugging

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah dengan mengaktifkan OEM Unlock dan USB Debugging.
  2. Untuk dapat melakukannya, pertama buka dahulu aplikasi Pengaturan di ponsel kalian, lalu pilih System >> About Phone >> lalu tap pada Build Number sebanyak 7 times to enable developer option,
  3. Selanjutnya kembali ke menu utama Pengaturan, lalu pilih Developer Option.
  4. Selanjutnya cari OEM Unlock dan USB Debugging, lalu aktifkan tombol pada kedua pilihan tersebut.
  5. Selesai.

3.2. Langkah instalasi TWRP Recovery Official di HTC U11

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah dengan download semua bahan-bahan di atas.
  2. Selanjutnya extract semua file tersebut dan simpan di dalam satu folder agar mudah ditemukan.
  3. Selanjutnya install HTC USB Driver di PC atau laptop yang akan digunakan.
  4. Selanjutnya rename file twrp-3.6.0_9-0-ocn.img menjadi twrp.img, lalu pindahkan ke dalam folder Adb and Fastboot yang tadi telah kamu extract.
  5. Selanjutnya jalankan command prompt melalui folder Adb and Fastboot tersebut.
    1. Windows 7: Buka folder Adb and Fastboot yang sudah di extract, lalu klik pada area kosong di dalam folder tersebut sambil menekan Shift key secara bersamaan, lalu pilih Open command windows here.
    2. Windows 10: Buka folder Adb and Fastboot yang sudah di extract, lalu klik pada kolom address bar dan ketik cmd, lalu tekan enter.
  6. Selanjutnya matikan ponsel HTC U11 kamu dan nyalakan ke dalam Fastboot Mode.
  7. Untuk dapat melakukannya, silahkan tekan Power button + Volume Atas secara bersamaan.
  8. Selanjutnya sambungkan ponsel ke PC dengan menggunakan USB Cable.
  9. Selanjutnya masukkan perintah adb reboot bootloader dan tekan enter.
  10. Sekarang ponsel kamu sudah berhasil terhubung ke PC dalam posisi Fastboot Mode.
  11. Selanjutnya masukkan perintah fastboot devices dan tekan enter.
  12. Selanjutnya masukkan perintah fastboot flash recovery twrp.img dan tekan enter.
  13. Selanjutnya masukkan perintah fastboot boot twrp.img dan tekan enter.
  14. Maka ponsel akan restart secara otomatis dan akan masuk ke dalam Mode Recovery TWRP.
  15. Selesai.

Jika artikel ini bermanfaat untuk teman-teman, mohon dukungannya dengan membantu donasi dengan cara mengklik salah satu tombol di bawah ini.

Sampai disini kamu telah berhasil menginstal TWRP Recovery Official HTC U11 dengan mengikuti langkah-langkah di atas. Jika selama proses instalasinya mengalami kegagalan dan menyebabkan bootloop, kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan cara flashing melalui file Stock ROM dari ponsel tersebut.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah TWRP Recovery merupakan sebuah fitur yang dapat digunakan untuk melakukan root terhadap ponsel android. Oleh karena itu, melalui this post saya telah membuatkan tutorial mengenai Install TWRP HTC U11. Semoga dengan semua penjelasan di atas tentang download and install TWRP, kalian dapat melakukannya dengan benar.

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini. Sampai jumpa kembali di artikel saya yang selanjutnya.

Bagikan artikel ini

Tidak ada komentar: