Cara Install TWRP Acer Liquid M220 Via Firmware Terbaru - Tips Tutorial Bersama

Selasa, 21 Februari 2023

Cara Install TWRP Acer Liquid M220 Via Firmware Terbaru

Cara Install TWRP Acer Liquid M220 Via Firmware Terbaru

Pada artikel yang akan saya berikan pada kesempatan kali ini, disini saya akan memberikan petunjuk dan instruksi untuk memasang TWRP Acer M220. TWRP yang sudah terinstal di Smartphone Android, memungkinkan penggunanya untuk melakukan root atau menginstal custom rom yang merupakan sebuah file firmware yang sudah dimodifikasi.

Acer Liquid M220 pertama kali dirilis pada tahun 2015 dan kini tipe ponsel tersebut sudah tidak diproduksi lagi untuk seri barunya. Smartphone Android ini telah ditanamkan OS yang menggunakan Microsoft Windows Phone 8.1. Acer Liquid M220 salah satu Smartphone yang diproduksi dengan menggunakan OS Windows, tetapi memiliki keterbatasan fitur.

Tidak seperti seri ponsel Acer lainnya yang sudah menggunakan OS Android. Menurut beberapa pengguna Smartphone Acer baik yang versi Android maupun Windows, banyak orang yang lebih memilih versi Android. Karena pada Acer yang menggunakan OS Android lebih mudah diatasi jika mengalami error sistem dan dapat dilakukan secara gratis.

Berbeda halnya dengan yang versi Windows akan lebih sulit untuk Install TWRP Acer Liquid M220. Karena untuk langkah-langkah instalasi TWRP (Team Win Recovery Project) sedikit berbeda dengan yang versi Android. Namun bukan berarti tidak bisa dilakukan, hanya saja terdapat resiko yang fatal apabila mengalami kegagalan selama prosesnya berlangsung.

Download Semua File Yang Dibutuhkan

Memiliki Custom Recovery TWRP di perangkat Smartphone terdapat banyak keuntungan yang akan didapatkan, salah satunya adalah dapat backup OS. Jika di ponsel tersebut sudah mencadangkan sistem OS-nya, maka kamu dapat mengembalikannya seperti semula lagi apabila sistem di ponsel mengalami kerusakan sistem.

Jika kamu sudah selesai download semua file di atas, maka sekarang kamu bisa langsung mulai proses pemasangannya di ponsel kalian masing-masing. Untuk teman-teman yang belum mengetahui apa itu TWRP, silahkankan kamu simak singkatan dari Team Win Recovery Project adalah TWRP.

Cara Install TWRP Acer Liquid M220 Via Firmware Terbaru

Cara Install TWRP Acer M220 hanya dapat dilakukan dengan menggunakan komputer Windows seperti PC atau laptop. Namun untuk Acer Liquid seri lainnya, ada juga salah satu tipe ponsel Acer yang tidak perlu menggunakan komputer, melainkan hanya perlu menginstal satu aplikasi saja dan proses instalasi TWRP akan langsung berjalan.

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah dengan melakukan Unlock Bootloader.
  2. Jika di ponsel kamu belum dilakukan Unlock Bootloader, maka kamu dapat melihat caranya dengan melalui artikel yang telah saya berikan pada bagian Baca Juga.
  3. Selanjutnya aktifkan USB Debugging dan OEM Unlock di Acer melalui Developer Options yang berada di dalam Pengaturan ponsel.
  4. Selanjutnya download semua bahan-bahan di atas.
  5. Selanjutnya extract semua file tersebut dengan menggunakan WinRar versi terbaru.
  6. Selanjutnya install Acer USB Driver di PC atau laptop.
  7. Selanjutnya pindahkan file TWRP yang sudah di extract ke dalam folder Adb and Fastboot.
  8. Selanjutnya jalankan command prompt melalui folder Minimal Adb and Fastboot Platform Tool dengan cara sebagai berikut.
    1. Windows 7: Buka folder adb and fastboot, lalu klik kanan pada area kosong sambil menekan tombol Shift, lalu pilih Open command windows here.
    2. Windows 10: Buka folder adb and fastboot, lalu klik pada kolom Location Folder, lalu ketik cmd dan tekan enter.
  9. Selanjutnya matikan ponsel sampai dalam kondisi benar-benar mati.
  10. Selanjutnya tekan dan tahan tombol Power + Volume Atas secara bersamaan.
  11. Selanjutnya setelah muncul logo Acer, lalu lepaskan tombol Power dan Volume Atas tetap dalam kondisi ditekan.
  12. Selanjutnya ponsel akan langsung masuk ke mode recovery bawaan, lalu pilih Fastboot Mode.
  13. Selanjutnya sambungkan ponsel ke PC dengan menggunakan kabel USB.
  14. Selanjutnya masukkan perintah fastboot devices pada layar command prompt (cmd) yang tadi telah dibuka, lalu tekan enter.
  15. Selanjutnya masukkan perintah fastboot flash recovery recovery.img, lalu klik enter.
  16. Selanjutnya masukkan perintah fastboot boot recovery.img, lalu tekan enter.
  17. Jika prosesnya selesai, maka ponsel akan restart secara otomatis dan akan langsung masuk ke Mode Recovery TWRP.
  18. Selesai.

Sampai disini kamu sudah selesai memasang TWRP di Acer Liquid M220 dengan mengikuti instruksi yang telah saya jelaskan. Sekarang kamu sudah dapat menggunakan TWRP tersebut. Pada menu TWRP Recovery, pilih opsi Install untuk proses install Custom ROM. Bahkan tidak hanya itu saja, tetapi pada menu Custom TWRP ini juga dapat digunakan untuk keperluan lain.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah Cara Install TWRP Acer Liquid M220 dapat dilakukan dengan menggunakan PC dan menggunakan file Recovery Img yang sudah saya sediakan di atas. File Recovery ini juga dapat digunakan pada Acer Liquid Z220. Namun untuk cara install TWRP Recovery antara kedua ponsel tersebut memiliki langkah-langkah yang sedikit berbeda.

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini. Sampai jumpa kembali di artikel saya yang selanjutnya dan jangan sampai terlewat dengan postingan kami yang lainnya.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments