Cara Unlock Bootloader Acer Liquid M220 Via Firmware Terbaru - Tips Tutorial Bersama

Sabtu, 25 Februari 2023

Cara Unlock Bootloader Acer Liquid M220 Via Firmware Terbaru

Cara Unlock Bootloader Acer Liquid M220 Via Firmware Terbaru

Pada artikel yang akan saya berikan pada kesempatan kali ini, disini saya akan membuatkan tutorial tentang Unlock Bootloader Acer Liquid M220. Dengan menggunakan bootloader yang sudah tidak terkunci, maka dapat menginstal Custom ROM atau TWRP. Tentunya pada ponsel yang mendukung MicroSD up to 32 GB ini akan membuat performa semakin lancar.

Seperti yang diketahui, bahwa setiap Smartphone Android yang telah diproduksi akan mempunyai sistem bootloader yang masih terkunci. Pihak Acer secara resmi melarang setiap penggunanya untuk melakukan Unlock Bootloader. Hal tersebut untuk melindungi sistem yang terdapat di dalam penyimpanan internal agar tidak mengalami kerusakan sistem.

Sebagian besar produsen ponsel Android akan mengunci bootloader, baik itu untuk ponsel Acer atau pun yang lainnya. Namun jika teman-teman ingin menginstal Custom ROM, TWRP Recovery, atau Root, maka kamu harus melakukan unlock the bootloader terlebih dahulu. Karena jika tidak, maka ponsel akan mengalami bootloop saat prosesnya sedang berlangsung.

Ponsel Acer yang satu ini memiliki fitur bagus dalam segi kamera belakangnya, yaitu telah dibekali dengan Autofocus LED flash panorama yang menjadikan ponsel ini cocok untuk kegiatan photography. Nah, jika kamu ingin mengetahui Cara Unlock Bootloader Acer Liquid M220, silahkan kamu simak langkah-langkahnya dalam penjelasan di bawah ini.

Kelebihan Dan Kekurangan Melakukan Unlock Bootloader

Acer Liquid M220 memiliki ukuran layar yang cukup pas untuk digenggam dengan satu tangan, yaitu dengan size 4.0. Tapi tahukah kalian bahwa dengan melakukan Unlock Bootloader terdapat beberapa kelebihan dan kekurangannya? Pasti di antara teman-teman masih banyak yang belum mengetahuinya, terutama untuk kamu yang masih newbie di dunia oprek.

1. Kelebihan melakukan unlock bootloader

  • Dapat digunakan untuk menginstal Custom ROM.
  • Dapat digunakan untuk menginstal Custom Recovery TWRP.
  • Dapat digunakan untuk Root dengan menggunakan Magisk atau SuperSU.

2. Kekurangan melakukan unlock bootloader

  • Setelah selesai melakukan unlock bootloader garansi resmi akan hilang.
  • Setelah selesai melakukan unlock bootloader tidak lagi menerima pembaruan OTA.
  • Jika tidak mengikuti instruksi yang tepat dapat membuat ponsel mengalami kerusakan sistem seperti hardbrick, soft brick, bootloop, dan lain sebagainya.

Nah, itulah sebagian kelebihan dan kekurangan dari melakukan Unlock Bootloader pada ponsel Android. Apakah kamu masih tertarik ingin tetap melakukannya? Jika iya, maka kamu dapat mengikuti caranya dengan melalui langkah-langkah yang akan saya sediakan di bawah ini. Perlu kamu ketahui, bahwa metode ini dapat digunakan pada semua operating system Android.

Cara Unlock Bootloader Acer Liquid M220 Via Firmware Terbaru

Acer Liquid M220 telah resmi diluncurkan pada tahun 2015. Ponsel ini telah dibekali dengan kamera belakang 5 MP dengan fitur LED Flash dan Panorama, sedangkan untuk kamera depannya masih menggunakan resolusi 2 MP. Untuk prosesornya sendiri menggunakan Chipset Qualcomm MSM8210 Snapdragon 200 dan CPU Dual-core 1.2 GHz Cortex-A7.

1. Download semua file yang diperlukan

Untuk teman-teman yang ingin melakukan Unlock Bootloader pada ponsel Acer Liquid M220 atau Acer Liquid Z220, maka kamu harus download semua file-file di bawah ini. Selain itu, pastikan dahulu kalau kamu sudah mempunyai PC atau laptop.

2. Langkah-langkah Unlock Bootloader di Acer Liquid M220

Sebenarnya untuk dapat melakukan Unlock Bootloader di ponsel Acer terdapat dua metode yang berbeda, yaitu dengan menggunakan PC atau tanpa PC. Tapi dari kedua metode tersebut yang paling ampuh adalah dengan melalui PC. Namun itu semua tergantung dari kalian masing-masing, apakah salah satu metode tersebut ada yang sesuai dengan kalian atau tidak.

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah dengan download semua file di atas.
  2. Selanjutnya ekstrak semua file tersebut dengan menggunakan WinRar versi terbaru.
  3. Selanjutnya install Acer USB Driver di PC atau laptop.
  4. Selanjutnya aktifkan USB Debugging dan OEM Unlock di Acer. Untuk caranya kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:
    1. Buka aplikasi Pengaturan, lalu pilih System >> About Phone.
    2. Selanjutnya ketuk 7x pada Build Number, maka akan muncul notifikasi bahwa Opsi Pengembang telah diaktifkan.
    3. Selanjutnya kembali ke menu utama Pengaturan, lalu pilih Developer Options.
    4. Selanjutnya aktifkan USB Debugging dan OEM Unlock.
  5. Selanjutnya sambungkan ponsel ke PC dengan menggunakan kabel USB. Pastikan ponsel dalam keadaan menyala dan tidak terkunci layar.
  6. Selanjutnya jalankan command prompt (cmd) melalui folder minimal adb and fastboot yang sudah di ekstrak. Untuk caranya, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:
    1. Windows 7: Buka folder adb and fastboot, lalu klik kanan pada area kosong di dalam folder sambil menekan tombol Shift, lalu pilih Open command windows here.
    2. Windows 10 / 11: Buka folder adb and fastboot, lalu klik pada kolom Location Folder dan ketik cmd, lalu tekan enter.
  7. Selanjutnya akan muncul tampilan command prompt (cmd) yang berwarna hitam.
  8. Selanjutnya masukkan perintah adb reboot bootloader dan tekan enter. Perintah tersebut akan me-reboot ponsel ke Fastboot Mode atau Bootloader Mode.
  9. Selanjutnya masukkan perintah fastboot flashing unlock dan tekan enter. Jika perintah tersebut tidak berfungsi, coba menggunakan perintah fastboot oem unlock.
  10. Selanjutnya pada layar ponsel akan menampilkan pesan peringatan, lalu arahkan ke Unlock the Bootloader dengan menggunakan tombol Volume dan tombol Power untuk mengkonfirmasikannya.
  11. Selanjutnya proses Unlock Bootloader akan langsung berjalan secara otomatis, lalu tunggu beberapa saat sampai prosesnya selesai.
  12. Jika prosesnya sudah selesai, lalu masukkan perintah fastboot reboot dan tekan enter. Perintah tersebut akan me-reboot ponsel.
  13. Selesai.

Sampai disini kamu telah selesai dan berhasil melakukan Unlock Bootloader di ponsel Acer Liquid M220 dengan menggunakan metode adb and fastboot. Sekarang ponsel kamu sudah di Unlock Bootloader, maka kalian sudah dapat melanjutkan ke tahap instalasi TWRP Recovery dan Root dengan menggunakan Magisk versi terbaru.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah Cara Unlock Bootloader Acer Liquid M220 merupakan langkah awal sebelum melakukan proses install TWRP Recovery dan Root. Karena jika ponsel belum di Unlock Bootloader, maka biasanya akan mengalami kegagalan dan akan menyebabkan ponsel mengalami kegagalan sistem yang diakibatkan oleh bootloop atau stuck di logo.

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini. Sampai jumpa kembali di artikel saya yang selanjutnya dan jangan sampai terlewat dengan postingan kami yang lainnya.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments