Cara Membuat Roti Pisang Dengan Tekstur Empuk Dan Lembut - Tips Tutorial Bersama

Senin, 13 Februari 2023

Cara Membuat Roti Pisang Dengan Tekstur Empuk Dan Lembut

Cara Membuat Roti Pisang Dengan Tekstur Empuk Dan Lembut

Pada artikel yang akan saya berikan pada kesempatan kali ini, disini saya akan membuatkan Cara Buat Roti Pisang dengan sangat mudah dan sederhana. Untuk teman-teman yang ingin mengetahui berbagai resep roti pisang yang enak dan lembut, silahkan kamu simak baik-baik setiap penjelasan yang akan saya sampaikan di bawah ini dengan lengkap.

Pisang salah satu buah yang mengandung vitamin A, C, dan B6 yang memiliki khasiat untuk meningkatkan kemampuan kekebalan tubuh dalam melawan infeksi. Tapi siapa sangka, bahwa buah yang satu ini sering dijadikan berbagai aneka camilan ringan. Karena untuk mengolah dan cara membuatnya dengan bahan makanan ini tidak sesulit apa yang dibayangkan.

Olahan camilan dari buah pisang yang cukup terkenal dan populer adalah roti pisang. Roti pisang memiliki tekstur yang lembut dan memiliki jenis yang beraneka ragam seperti roti goreng isi pisang, rasa cokelat, keju, panggang, bakar dan lain sebagainya. Jadi, tidak heran kalau banyak orang yang menyukai camilan ringan yang satu ini sebagai camilan favorit.

Oleh karena itu, olahan roti pisang sangat cocok disantap ketika sarapan atau ketika sedang bersantai. Nah, jika kamu ingin mengetahui Cara Buat Roti Pisang yang lembut dan empuk, maka kamu dapat melihatnya melalui instruksi yang akan saya berikan di bawah ini. Perlu kalian ketahui, bahwa untuk membuat camilan ini berbeda dengan membuat kue bolu.

Cara Membuat Roti Pisang Dengan Tekstur Empuk Dan Lembut

Cara Buat Roti Pisang sebenarnya dapat dilakukan dengan menggunakan bahan-bahan sederhana. Saat ini sudah banyak tersedia berbagai resep kuliner roti pisang yang menggugah selera, salah satunya yang cukup diminati adalah roti pisang isi cokelat dan keju. Bahkan tidak sedikit ada sebagian orang yang juga ingin mengetahui resep bolu pisang kukus.

1. Membuat roti pisang kukus

Cara Membuat Roti Pisang Dengan Tekstur Empuk Dan Lembut #1

Cara Buat Roti Pisang Kukus bisa menggunakan bahan-bahan yang sama seperti ketika membuat kue bolu. Ingin tahu bagaimana cara membuatnya? Yuk, simak langkah-langkahnya dalam penjelasan yang akan saya berikan di bawah ini secara lengkap.

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah dengan haluskan pisang 2 buah berukuran kecil, lalu sisihkan.
  2. Selanjutnya kocok 2 butir telur dan 4 sdm gula pasir dengan menggunakan garpu hingga larut, lalu tambahkan ¼ sdt vanili dan ¼ sdt garam, lalu aduk rata.
  3. Selanjutnya masukkan tepung terigu sebanyak 6 sdm dan ½ sdt baking soda (soda kue), lalu ayak.
  4. Selanjutnya masukkan pisang yang sudah dihaluskan, lalu aduk kembali sampai tercampur sempurna.
  5. Selanjutnya siapkan loyang dan tuang adonan ke loyang tersebut yang sudah diolesi mentega, lalu kukus selama kurang lebih 25 menit.
  6. Selesai.

2. Membuat roti pisang goreng lilit

Cara Membuat Roti Pisang Dengan Tekstur Empuk Dan Lembut #2

Cara Buat Roti Pisang Goreng sangat cocok dimanfaatkan untuk kamu yang ingin mencoba berjualan kuliner di rumah. Saat ini sudah banyak usaha rumahan yang membuat jenis roti lilit dengan isian pisang. Ingin tahu bagaimana cara membuatnya? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini secara lengkap.

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah dengan mencampur 500 gr tepung terigu, 100 gr gula pasir, 1 bungkus ragi instan dan 30 gr susu bubuk ke dalam wadah, lalu aduk rata.
  2. Selanjutnya tambahkan 3 butir kuning telur dan 250 ml air, lalu aduk kembali sampai adonan roti tersebut tercampur merata.
  3. Selanjutnya masukkan 100 gr mentega dan uleni hingga kalis, lalu diamkan selama 30 menit.
  4. Selanjutnya kempiskan adonan, lalu giling hingga tipis.
  5. Selanjutnya potong adonan dengan bentuk memanjang.
  6. Selanjutnya siapkan 10 buah pisang yang sudah dipotong menjadi dua bagian.
  7. Selanjutnya ambil 1 pisang yang sudah dipotong, lalu lilitkan adonan ke pisang hingga rapi.
  8. Selanjutnya diamkan selama kurang lebih 10 menit.
  9. Selanjutnya panaskan minyak goreng, lalu goreng adonan roti yang sudah dililit tadi hingga matang.
  10. Jika sudah matang, lalu angkat dan tiriskan.
  11. Selanjutnya sajikan roti yang sudah matang dengan ditaburi gula halus atau diolesi dengan cokelat.
  12. Selesai.

3. Membuat roti pisang panggang isian cokelat keju

Cara Membuat Roti Pisang Dengan Tekstur Empuk Dan Lembut #3

Cara Buat Roti Pisang Panggang dengan isian cokelat paling banyak diminati oleh sebagian orang, terutama untuk anak-anak. Oleh karena itu banyak mamah muda yang ingin mengetahui resep dan cara pembuatannya. Ingin tahu bagaimana membuatnya? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini secara lengkap.

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah dengan mencampur 500 gr terigu, 25 gr susu bubuk, 100 gr gula pasir, dan 11 gr fermipan (ragi instant) dalam mangkuk mixer.
  2. Selanjutnya aduk hingga merata, lalu tambahkan 120 ml susu cair, 100 ml air es, dan 4 kuning telur secara bertahap.
  3. Selanjutnya mixer sampai setengah kalis.
  4. Selanjutnya masukkan 100 gr butter, 1 sdt garam dan mixer kembali sampai kalis elastis, lalu diamkan adonan selama 10 - 15 menit.
  5. Selanjutnya potong dan timbang adonan sesuai selera, lalu gilas tipis adonan dan isi dengan cokelat, keju, dan meses.
  6. Selanjutnya gulung sampai terlihat rapi.
  7. Selanjutnya simpan di atas loyang yang sudah dioles margarin, lalu diamkan selama 45 menit - 1 jam hingga mengembang 2x lipat.
  8. Selanjutnya olesi bagian atasnya dengan keju parut atau cokelat dengan ditambahkan sedikit taburan wijen.
  9. Selanjutnya oven dengan suhu 180°c.
  10. Selesai.

4. Membuat Oat flour banana bread

Cara Membuat Roti Pisang Dengan Tekstur Empuk Dan Lembut #4

Cara Buat Oat Flour Banana Bread sangat cocok untuk teman-teman yang suka ngeteh di pagi hari maupun sore hari. Kue yang dibuat dengan menggunakan pisang ini memiliki rasa yang manis dan legit. Oleh karena itu, Oat Flour Banana Bread menjadi salah satu camilan yang sesuai di waktu santai.

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah dengan memanaskan oven dengan suhu 175°C selama kurang lebih 10 menit.
  2. Selanjutnya campurkan 170 gr oat flour, 200 gr pisang matang yang sudah dihaluskan, 80 gr gula aren, 40 gr olive oil, 1 sdt ekstrak vanila, 2 sdt baking powder, ¼ sdt garam, dan 2 butir telur.
  3. Selanjutnya aduk semua bahan tersebut sampai merata.
  4. Selanjutnya masukkan ke loyang dan beri topping sesuai selera.
  5. Selanjutnya panggang selama 45 - 55 menit sampai matang.
  6. Selesai.

Sampai disini kamu telah selesai dan berhasil membuat roti pisang dengan berbagai resep yang telah saya berikan di atas. Semua resep tersebut dapat kalian praktekan sendiri di rumah, bahkan kalian juga bisa menggunakan isian atau topping lain yang berbeda dengan sesuai selera.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah Cara Buat Roti Pisang dapat dilakukan dengan berbagai bahan dasar dan topping yang berbeda sesuai selera. Resep roti pisang yang paling banyak disukai oleh semua orang adalah roti pisang dengan isian cokelat dan keju. Karena hanya jenis roti ini saja yang paling laris di tempat kuliner dan cocok ditemani dengan kopi maupun teh hangat.

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini. Sampai jumpa kembali di artikel saya yang selanjutnya dan jangan sampai terlewat dengan postingan kami yang lainnya.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments