Cara Unlock Bootloader Sony Xperia 1 SOV40 Dengan Lengkap - Tips Tutorial Bersama

Senin, 27 Februari 2023

Cara Unlock Bootloader Sony Xperia 1 SOV40 Dengan Lengkap

Cara Unlock Bootloader Sony Xperia 1 SOV40 Dengan Lengkap

Pada artikel yang akan saya berikan pada kesempatan kali ini, disini saya akan membuatkan tutorial mengenai Unlock Bootloader Sony Xperia 1. Dengan membuka kunci bootloader diperlukan saat pengguna ponsel Android ingin melakukan modifikasi tertentu, seperti install Custom ROMS, TWRP Recovery, Root, Kernel, atau modifikasi yang lainnya.

Seringkali banyak orang merasa antusias saat ingin melakukan penyesuaian pada ponsel mereka, tetapi sebagian di antaranya tidak memiliki alat dan panduan yang tepat. Oleh karena itu, melalui halaman ini saya akan memberikan instruksi cara unlock bootloader di Smartphone Sony Xperia 1, tentu saja metode ini cocok digunakan untuk semua model ponsel tersebut.

Sebenarnya untuk dapat membuka kunci bootloader di ponsel Sony Xperia dapat dilakukan dengan sangat mudah. Di dalam instruksi yang akan saya jelaskan di bawah ini, disini saya akan menggunakan bantuan adb and fastboot untuk proses unlock bootloader. Namun pastikan dahulu kalau kamu harus mengecek bootloader di ponsel masih dalam keadaan terkunci.

Perlu kamu ketahui, bahwa prosesnya pun cukup mudah untuk dimengerti, bahkan untuk kamu pengguna baru dari perangkat Smartphone Sony Xperia 1 tetap dapat melakukannya dengan sangat mudah dan tidak perlu khawatir mengalami kesulitan. Nah, berikut ini adalah langkah-langkah untuk Unlock Bootloader Sony Xperia 1 SOV40 dengan adb and fastboot.

Apa Itu Unlock Bootloader Di Ponsel Android?

Bootloader adalah suatu fragmen kode yang memastikan pada perangkat Android saat sedang memulai atau boot ke sistem. Bisa dikatakan, bahwa bootloader sebagai istilah perantara yang memeriksa apakah hubungan pada perangkat keras dan perangkat lunak dapat sinkron dengan baik dan dapat bekerja dengan sempurna untuk pengguna yang ingin menggunakan ponsel.

Setiap bootloader pada Smartphone Android telah terkunci secara default oleh OEM. Sebagian besar pada perangkat Android yang sudah tidak terkunci bootloader akan mengalami voiding the warranty. Dengan bootloader yang masih terkunci akan melindungi ponsel dari ancaman apapun agar pengguna ponsel tidak melakukan penyesuaian yang bisa menyebabkan error.

Apakah kamu tetap tertarik ingin melakukan Cara Unlock Bootloader Sony Xperia 1 SOV40? Jika iya, maka kamu dapat mengikuti langkah-langkahnya dalam instruksi yang akan saya jelaskan di bawah ini. Namun pastikan dahulu kalau kamu sudah mengikuti setiap persyaratan yang telah saya berikan jika tidak ingin mengalami kegagalan pada Sony Xperia device.

Cara Unlock Bootloader Sony Xperia 1 SOV40 Dengan Lengkap

Setiap perangkat ponsel Android apapun, pasti akan memiliki bootloader yang masih terkunci. Hal tersebut bertujuan agar ponsel tetap terlindungi dari kerusakan sistem yang diakibatkan oleh pengguna yang ingin melakukan modifikasi sembarangan. Tapi tidak sedikit pengguna Android yang ingin membuka kunci bootloader agar dapat memodifikasinya secara bebas.

1. Semua persyaratan yang diperlukan

Di bawah ini telah saya sediakan beberapa persyaratan yang harus kamu lakukan terlebih dahulu, bahkan untuk pengguna Sony Xperia Docomo AU harus tetap mengikuti semua syarat-syarat ini agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti mengalami kegagalan.

  • Isi daya baterai ponsel sampai terisi 50%.
  • Backup semua data-data penting yang tersimpan di penyimpanan internal.
  • Aktifkan USB Debugging dan OEM Unlock.
  • Pastikan sudah memiliki kode Unlock Bootloader.
  • Siapkan komputer, kabel USB, dan koneksi internet yang stabil.
  • Siap menerima semua resiko apapun yang akan terjadi.

2. Download semua file yang diperlukan

Untuk dapat melakukan proses bootloader unlock di Sony Xperia 1, kamu harus sudah download semua file di bawah ini. Karena semua file tersebut akan digunakan untuk proses membuka kunci bootloader. Jadi, pastikan untuk download semua file yang diperlukan tersebut.

3. Aktifkan USB Debugging dan OEM Unlock

Dengan mengaktifkan USB Debugging dan OEM Unlock akan membuat ponsel Sony Xperia 1 terdeteksi di PC atau laptop. Sedangkan jika OEM masih terkunci, maka proses unlock bootloader nanti pasti akan mengalami kegagalan. Oleh karena itu, kamu harus mengaktifkan kedua hal tersebut terlebih dahulu.

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah dengan membuka aplikasi Pengaturan.
  2. Selanjutnya pilih Tentang Ponsel, lalu ketuk 7x pada Build Number.
  3. Selanjutnya akan muncul notifikasi bahwa Opsi Pengembang telah diaktifkan.
  4. Selanjutnya kembali ke menu utama Pengaturan, lalu pilih menu Opsi Pengembang (Developer Options).
  5. Selanjutnya beri tanda centang atau aktifkan tombol pada USB Debugging dan OEM Unlock.
  6. Selesai.

4. Mendapatkan kode Unlock Bootloader di Sony Xperia

Satu hal yang tidak kalah penting dengan USB Debugging dan OEM Unlock, yaitu apakah ponsel sudah mendukung untuk di unlock bootloader atau belum. Oleh karena itu, kamu harus mengecek status bootloader di ponsel terlebih dahulu. Jika sudah mendukung, maka kamu dapat langsung memulai ke tahap mendapatkan unlock code bootloader melalui situs resmi.

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah dengan membuka aplikasi Telepon, lalu ketik *#*#7378423#*#*.
  2. Selanjutnya kamu akan melihat Menu Layanan di layar ponsel, lalu pilih Service info >> Configuration >> Rooting Status.
  3. Jika pada bagian Bootloader unlock allowed tertulis Yes, maka ponsel dapat di unlock bootloader. Namun jika tertulis No, maka ponsel tidak dapat di unlock bootloader.
  4. Jika di ponsel kamu tertulis Bootloader Unlock Allowed: Yes, kamu bisa langsung mengunjungi situs resmi Unlock Bootloader Sony Xperia.
  5. Selanjutnya pada situs resmi Sony Xperia, lalu scroll ke bawah dan klik Device pada bagian Select your device.
    Cara Unlock Bootloader Sony Xperia 1 SOV40 Dengan Lengkap #1

  6. Selanjutnya pilih Xperia 1 seperti pada gambar di bawah ini.
    Cara Unlock Bootloader Sony Xperia 1 SOV40 Dengan Lengkap #2

  7. Selanjutnya masukkan nomor IMEI, IDID atau MEID pada kolom yang telah disediakan, lalu beri tanda centang >> Submit.
    Cara Unlock Bootloader Sony Xperia 1 SOV40 Dengan Lengkap #3

  8. Selanjutnya tunggu beberapa saat sampai Sony mengirimkan Unlock Code ke alamat email kalian masing-masing.
  9. Jika kamu sudah mendapatkan Unlock Code tersebut, lalu simpan Unlock Code tersebut di notepad.
  10. Selesai.

5. Langkah-langkah Unlock Bootloader di Sony Xperia 1

Jika kamu sudah selesai menyiapkan semua persyaratan di atas dan sudah mendapatkan Unlock Code Bootloader di Sony Xperia 1 SOV40, maka kamu sudah dapat melanjutkan ke tahap Unlock Bootloader. Jika di ponsel kamu Status Bootloader: No atau hilang, maka kamu dapat mengetahui cara mengubah Status Bootloadernya melalui permohonan di situs resmi.

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah dengan download semua file di atas.
  2. Selanjutnya ekstrak semua file tersebut dengan menggunakan WinRar versi terbaru.
  3. Selanjutnya install Sony Xperia USB Driver di PC atau laptop.
  4. Selanjutnya aktifkan USB Debugging dan OEM Unlock di Sony Xperia.
  5. Selanjutnya dapatkan Unlock Code Bootloader melalui situs resmi Sony Xperia.
  6. Selanjutnya jalankan command prompt melalui folder minimal adb and fastboot yang sudah di ekstrak dengan cara sebagai berikut:
    1. Windows 7: Buka folder adb and fastboot, lalu klik kanan pada area kosong di dalam folder sambil menekan tombol Shift, lalu pilih Open command window here.
    2. Windows 10 / 11: Buka folder adb and fastboot, lalu klik pada kolom Location Folder yang ada di bagian atas, lalu ketik cmd dan tekan enter.
  7. Jika kamu melakukannya dengan benar, maka akan muncul tampilan command prompt (cmd) yang berwarna hitam.
  8. Selanjutnya connect your phone ke PC dengan menggunakan USB cable to connect antara cmd dan ponsel. Pastikan ponsel dalam keadaan menyala dan tidak terkunci layar.
  9. Selanjutnya ketik perintah adb reboot bootloader pada layar command prompt dan tekan enter. Perintah tersebut digunakan untuk me-restart ponsel ke Fastboot Mode.
  10. Selanjutnya ketik perintah fastboot -i 0x0fce oem unlock 0x07B7BFEA7AC879F0 dan tekan enter. Pada bagian 0x07B7BFEA7AC879F0, silahkan kamu ganti dengan Unlock Code yang sudah didapatkan melalui situs resmi Sony.
  11. Selanjutnya proses unlock bootloader akan langsung berjalan secara otomatis, lalu tunggu beberapa saat sampai prosesnya selesai.
  12. Jika prosesnya sudah selesai, lalu ponsel akan me-restart secara otomatis. Namun jika tidak, maka kamu dapat me-restart ponsel dengan cara manual.
  13. Selesai.

Sampai disini kamu telah selesai dan berhasil melakukan Unlock Bootloader di Sony Xperia 1 dengan mengikuti langkah-langkah yang telah saya berikan di atas. Sekarang kamu sudah dapat melanjutkan ke tahap install TWRP Recovery dan Root dengan menggunakan Magisk Latest Version yang di flash melalui SD Card.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah Cara Unlock Bootloader Sony Xperia 1 SOV40 dapat dilakukan dengan menggunakan adb and fastboot, serta pengguna harus sudah memiliki unlock key bootloader. Dengan membuka kunci bootloader di ponsel Android akan menyebabkan void the warranty of your device. Jadi, pastikan dahulu kalau masa garansi resmi ponsel sudah berakhir.

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini. Sampai jumpa kembali di artikel saya yang selanjutnya dan jangan sampai terlewat dengan postingan kami yang lainnya.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments