Cara Install TWRP Sony Xperia 1 SOV40 Dengan Lengkap - Tips Tutorial Bersama

Jumat, 24 Februari 2023

Cara Install TWRP Sony Xperia 1 SOV40 Dengan Lengkap

.

Cara Install TWRP Sony Xperia 1 SOV40 Dengan Lengkap

Pada artikel yang akan saya berikan pada kesempatan kali ini, disini saya akan membuatkan tutorial mengenai TWRP Sony Xperia 1 SOV40. Untuk kamu yang saat ini sedang mencari link download TWRP untuk Sony Xperia tersebut, maka kamu dapat mengambilnya dengan melalui link yang telah saya sediakan di bawah ini dan lengkap dengan cara instalasinya.

Sony Xperia 1 SOV40 memiliki desain body yang sangat cantik dan telah dilengkapi dengan spesifikasi yang kuat. Untuk pengguna Smartphone Android yang menyukai display ponsel yang besar, maka ponsel Sony Xperia ini sangat nyaman digenggam dan sangat cocok digunakan untuk kamu yang suka bermain game dengan layar yang lebih besar.

Menginstal Recovery TWRP / CWM sekarang menjadi cukup mudah dan berguna untuk banyak hal. Proses instalasi TWRP juga akan membutuhkan Unlock Bootloader. Jadi, pastikan dahulu kalau ponsel Sony Xperia kamu sudah di Unlock Bootloader. Karena jika bootloader masih terkunci akan mengalami kegagalan selama proses pemasangan TWRP sedang berlangsung.

Nah, jika teman-teman ingin mengetahui Install TWRP Sony Xperia 1 SOV40 dan Root Sony Xperia, maka kamu dapat melihat caranya di bawah ini. Semua instruksi yang telah saya sampaikan tersebut dapat dilakukan dengan sangat mudah, tetapi kalian harus mempunyai PC atau laptop. Karena semua langkah-langkah instalasi TWRP akan memerlukan komputer.

Spesifikasi Sony Xperia 1 SOV40

Sony Xperia 1 telah resmi diluncurkan pada tanggal 30 Mei 2019 yang menampilkan layar OLED 6.5” dengan resolusi layar 3840 x 1644 pixel dengan kerapatan pixel 643 PPI. Ponsel ini telah dilindungi dengan Corning Gorilla Glass 6 yang membuat layar ponsel semakin tangguh. Sony Xperia 1 telah dilengkapi dengan chipset Qualcomm Snapdragon 855 dan RAM 6 GB.

Ponsel ini menyediakan kapasitas penyimpanan internal 64 GB / 128 GB dan juga mendukung penyimpanan eksternal hingga mencapai 1 TB. Sony Xperia 1 hadir dengan beberapa model, diantaranya J8110, J8170, J9110, J9150, SOV40, dan SO-03L. Pertama kali digunakan, ponsel ini sudah menggunakan Android 9.0 (Pie) dan didukung dengan baterai 3300 mAH.

Sedangkan untuk kemampuan kameranya, perangkat ini memiliki pengaturan tiga kamera dengan sensor utama 12 MP + 12 MP + 12 MP dan kamera depan dengan lensa 8 MP. Pilihan konektivitas lainnya termasuk 4G-VoLTE, GPS, Glonass, Bluetooth, Mobile Hotspot, akselerometer, sensor cahaya sekitar, giroskop, sensor jarak, dan kompas / magnetometer.

Cara Install TWRP Sony Xperia 1 SOV40 Dengan Lengkap

TWRP adalah singkatan dari Team Win Recovery Project yang dapat digunakan untuk memodifikasi sistem ponsel dengan cara menginstal perangkat lunak pihak ketiga. Install TWRP Recovery pada dasarnya memungkinkan pengguna untuk mem-flash file custom seperti custom rom, magisk root, atau module Xposed.

1. Semua persyaratan yang harus dilakukan

Sebelum kamu melanjutkan ke tahap Cara Install TWRP Sony Xperia 1 SOV40, ada baiknya jika kamu mengetahui dahulu semua persiapannya. Karena jika salah satu persyaratan tidak ada yang dilakukan, maka biasanya akan menyebabkan terjadinya kegagalan.

  • Semua file dan instruksi di bawah hanya didukung untuk Sony Xperia 1 dengan model J8110, J8170, J9110, J9150, SOV40, SO-03L.
  • Pastikan ponsel sudah di Unlock Bootloader.
  • Siapkan PC atau laptop, kabel USB, dan koneksi internet yang stabil.
  • Backup semua data-data penting yang tersimpan di dalam penyimpanan internal.
  • Download semua file-file yang akan digunakan.
  • Isi daya baterai ponsel sampai terisi minimal 50%.
  • Siap menerima semua resiko apapun.

2. Download semua file-file yang diperlukan

Jika teman-teman sudah menyiapkan semua persyaratan di atas, maka sekarang kamu harus download semua file di bawah ini. Pastikan untuk download semua file tersebut, karena kita akan menggunakannya untuk proses instalasi TWRP Recovery di ponsel Sony Xperia 1.

3. Langkah-langkah instalasi TWRP di Sony Xperia 1

Jika teman-teman sudah menyiapkan semua persyaratan dan semua file-file yang dibutuhkan, maka sekarang kalian sudah dapat memulai proses instalasi TWRP Recovery tersebut. Tapi pastikan bahwa ponsel Sony Xperia 1 tersebut sudah masuk ke Fastboot Mode. Jika ponsel belum masuk ke mode fastboot, maka ponsel tidak akan terdeteksi di minimal adb and fastboot.

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah dengan melakukan Unlock Bootloader.
  2. Jika di ponsel kamu belum di Unlock Bootloader, maka kamu dapat melihat caranya melalui artikel yang telah saya berikan pada bagian Baca Juga.
  3. Selanjutnya download semua file di atas dan extract semua file tersebut dengan menggunakan WinRar versi terbaru.
  4. Selanjutnya install Sony Xperia USB Driver di PC atau laptop.
  5. Selanjutnya aktifkan USB Debugging dan OEM Unlock di Sony Xperia dengan cara sebagai berikut:
    1. Buka aplikasi Pengaturan ponsel, lalu pilih System >> About Phone >> lalu ketuk 7x pada Build Number.
    2. Selanjutnya kembali ke menu utama Pengaturan, lalu pilih Developer Options >> lalu aktifkan USB Debugging dan OEM Unlock.
  6. Selanjutnya matikan ponsel dan nyalakan ke mode fastboot dengan cara sebagai berikut:
    1. Matikan ponsel sampai dalam kondisi benar-benar mati, lalu tekan dan tahan tombol Power + Volume Atas secara bersamaan.
    2. Selanjutnya ponsel akan masuk ke Fastboot Mode.
  7. Selanjutnya sambungkan ponsel ke PC dengan menggunakan kabel USB.
  8. Selanjutnya pindahkan file TWRP yang sudah di extract ke dalam folder Minimal Adb and Fastboot yang sudah di extract.
  9. Selanjutnya jalankan command prompt (cmd) melalui folder adb and fastboot dengan cara sebagai berikut:
    1. Windows 7: Buka folder adb and fastboot, lalu klik kanan pada area kosong di dalam folder sambil menekan tombol Shift, lalu pilih Open command windows here.
    2. Windows 10 / 11: Buka folder adb and fastboot, lalu klik pada kolom Location Folder, lalu ketik cmd dan tekan enter.
  10. Selanjutnya ketik perintah adb reboot bootloader pada layar cmd, lalu tekan enter. Perintah tersebut akan me-reboot ponsel ke Mode Bootloader.
  11. Selanjutnya ketik perintah fastboot devices dan tekan enter. Perintah tersebut untuk mengecek apakah ponsel sudah terdeteksi atau belum.
  12. Selanjutnya ketik perintah fastboot flash boot recovery.img atau fastboot flash boot <Patch of TWRP> dan tekan enter. Perintah tersebut akan langsung memulai proses instalasinya.
  13. Selanjutnya ketik perintah fastboot --disable-verity --disable-verification flash vbmeta vbmeta.img dan tekan enter.
  14. Selanjutnya ketik perintah fastboot reboot dan tekan enter. Perintah tersebut akan me-restart ponsel. Tapi jika perintah tersebut tidak berfungsi, maka kamu dapat me-restart ponsel secara manual.
  15. Selesai.

Sampai disini kamu telah selesai dan berhasil menginstal TWRP Recovery di Sony Xperia 1. Sekarang ponsel Sony Xperia tersebut sudah dapat di root dengan menggunakan Magisk versi terbaru. Jika kamu tidak mengetahui caranya, maka kamu dapat melihat langkah-langkahnya dalam artikel yang telah saya sediakan di atas pada bagian Baca Juga.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah Cara Install TWRP Sony Xperia 1 SOV40 dapat dilakukan dengan menggunakan alat Minimal Adb and Fastboot Platform Tools for Windows. Namun untuk dapat memasangkan TWRP Recovery, pastikan dahulu kalau ponsel sudah di Unlock Bootloader. Jika tidak, maka proses instalasinya akan mengalami kegagalan dan menyebabkan ponsel bootloop.

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini. Sampai jumpa kembali di artikel saya yang selanjutnya dan jangan sampai terlewat dengan postingan kami yang lainnya.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda