Cara Flash Sony Xperia 1 SOV40 Dengan Lengkap - Tips Tutorial Bersama

Senin, 23 Januari 2023

Cara Flash Sony Xperia 1 SOV40 Dengan Lengkap

Cara Flash Sony Xperia 1 SOV40 Dengan Lengkap

Pada artikel yang akan saya berikan pada kesempatan kali ini, disini saya akan membuatkan tutorial mengenai Flash Sony Xperia 1. Akan tetapi sebelum kamu memulai cara flash untuk ponsel ini, pastikan dahulu kalau kamu sudah menginstal Sony Xperia USB Driver di PC. Karena cara flash tersebut akan menggunakan aplikasi Sony Xperia Flash Tool.

Untuk pengguna Smartphone Android yang sedang mengalami masalah bootloop atau lupa pola, maka untuk memperbaiki ponsel tersebut harus melalui cara flashing. Karena flashing akan menginstal ulang sistem atau firmware yang lama dengan file firmware yang baru. Namun sebelum itu kalian harus sudah download Firmware Sony Xperia 1 SOV40.

Selain itu proses flashing ini juga akan menghapus semua data yang tersedia di dalam penyimpanan internal ponsel dan akan mengembalikan ponsel Sony Xperia 1 ke dalam pengaturan pabrik alias akan kembali seperti baru lagi. Dengan begitu, maka semua masalah error apapun akan segera diperbaiki dengan menggunakan metode yang satu ini.

Nah, jika teman-teman ingin mengetahui langkah-langkah Flash Sony Xperia 1 SOV40, maka kamu dapat melihatnya dalam penjelasan yang akan saya berikan di bawah ini. Tetapi kamu juga harus mempunyai 2 download file seperti Stock ROM Sony Xperia 1 atau Sony Xperia Flash Tool, karena kedua file tersebut akan kita gunakan untuk melakukan flash di ponsel ini.

Baca Juga : Cara Root Sony Xperia 1 SOV40 Dengan Lengkap

Apa Itu Flashing?

Flashing merupakan sebuah metode yang dapat digunakan untuk melakukan install ulang di Smartphone Android. Install ulang ponsel Android berfungsi untuk memperbaiki Smartphone Android yang mengalami masalah sistem seperti bootloop atau stuck di logo. Untuk dapat melakukan cara tersebut, maka penggunanya harus memiliki bahan 3 download di bawah.

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi ponsel Android yang bootloop, salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi flashtool, mode recovery, atau melalui fastboot. Semua ketiga cara tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, namun yang paling sering digunakan adalah dengan melalui flashtool.

Nah, apakah salah satu dari kalian ada yang sedang mengalami masalah bootloop di ponsel Sony Xperia 1? Jika iya, maka kamu bisa menggunakan metode Cara Flash Sony Xperia 1 SOV40 yang akan saya berikan di bawah ini. Namun sebelum kalian melakukannya, pastikan dahulu kalau kamu sudah menyiapkan semua bahan yang diperlukan termasuk kabel USB.

Baca Juga : Cara Install TWRP Sony Xperia 1 SOV40 Dengan Lengkap

Fungsi Flash Atau Install Ulang

Ternyata terdapat banyak manfaat yang akan didapatkan jika melakukan proses flashing di ponsel Android. Selain dapat digunakan untuk memperbaiki masalah bootloop, tapi ternyata flashing juga dapat digunakan untuk beberapa masalah lainnya seperti di bawah ini.

  • Dapat mengatasi ponsel Android yang mengalami bootloop.
  • Dapat mengatasi ponsel Android yang mengalami softbrick atau hardbrick.
  • Dapat mengatasi ponsel Android yang mengalami stuck di logo.
  • Dapat mengatasi ponsel Android yang mengalami hang.
  • Dapat mengatasi ponsel Android yang mengalami lupa pola.
  • Dapat mengatasi ponsel Android yang mengalami restart menerus.
  • Dapat juga digunakan untuk memperbarui versi Android.

Nah, itulah semua deretan keuntungan yang akan kamu dapatkan jika melakukan proses flash di ponsel Android. Namun yang perlu kalian perhatikan adalah harus menggunakan file Firmware atau Stock ROM yang sesuai dengan model dari ponsel Android yang dipakai.

Baca Juga : Cara Unlock Bootloader Sony Xperia 1 SOV40 Dengan Lengkap

Semua Bahan Flash Yang Akan Diperlukan

Untuk dapat melakukan flashing di ponsel Sony Xperia 1 SOV40, kamu harus menyiapkan semua bahan-bahan dibawah ini. Karena semua bahan tersebut akan kita gunakan dalam flash ponsel Sony. Jadi, pastikan kalian telah memiliki semua bahan tersebut tanpa ada yang kurang.

Jika kalian sudah download semua file-file di atas dan sudah menyiapkan semua bahan-bahannya, maka sekarang kamu sudah dapat mulai proses flash di ponsel Sony Xperia yang satu ini. Nah, untuk cara flashing-nya dapat kamu lihat dalam penjelasan di bawah ini.

Cara Flash Sony Xperia 1 SOV40 Dengan Lengkap

Cara flashing untuk ponsel Sony Xperia 1 SOV40, disini saya akan menggunakan metode via NewFlasher. Metode flash ini hampir sama dengan yang menggunakan Adb and Fastboot Platform Tool. Namun untuk langkah-langkahnya sedikit berbeda dari fastboot tersebut.

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah dengan download semua bahan-bahan di atas.
  2. Selanjutnya extract semua file tersebut dan simpan di dalam satu folder.
  3. Selanjutnya install Sony Xperia USB Driver di PC / laptop yang akan digunakan.
  4. Selanjutnya install Sony Xperia Flash Tool di PC / laptop yang akan digunakan.
  5. Selanjutnya buka folder firmware yang tadi sudah di extract, maka kamu akan melihat file firmware SOV40_55.0.C.0.420_1318-7508_R13A.ftf.
  6. Selanjutnya klik kanan pada file tersebut, lalu pilih Open with >> WinRar.
  7. Selanjutnya kamu akan melihat tampilan WinRar seperti pada gambar di bawah ini, lalu pindahkan semua file di dalamnya dan pindahkan ke dalam folder baru.
    Cara Flash Sony Xperia 1 SOV40 Dengan Lengkap #1

  8. Selanjutnya hapus semua file yang berformat .ta seperti pada gambar dibawah ini.
    Cara Flash Sony Xperia 1 SOV40 Dengan Lengkap #2

  9. Pastikan hapus juga semua file .ta yang ada di folder Boot dan Partition.
  10. Selanjutnya buka folder NewFlasher yang tadi sudah di extract, lalu pindahkan semua file di dalamnya ke dalam folder firmware yang sudah di extract.
    Cara Flash Sony Xperia 1 SOV40 Dengan Lengkap #3

  11. Selanjutnya matikan ponsel Sony Xperia 1 SOV40 sampai dalam kondisi benar-benar mati.
  12. Selanjutnya menekan tombol Volume Bawah sambil menghubungkan ponsel ke PC dengan menggunakan kabel USB, maka ponsel akan masuk ke dalam Flash Mode.
  13. Selanjutnya jalankan file newflasher.exe dengan cara klik 2x.
  14. Selanjutnya ketik n, lalu tekan enter dan lakukan sebanyak 4x.
  15. Selanjutnya flashing process akan langsung berjalan secara otomatis, lalu kamu tunggu saja sampai prosesnya selesai.
  16. Jika prosesnya sudah selesai, lalu lepaskan ponsel dari PC dan nyalakan seperti biasanya.
  17. Selesai.

Jika artikel ini bermanfaat untuk teman-teman, mohon dukungannya dengan membantu donasi dengan cara mengklik salah satu tombol di bawah ini.

Sampai disini kamu telah selesai dan berhasil melakukan flashing di ponsel Sony Xperia 1 SOV40 dengan menggunakan file firmware yang telah saya berikan di atas. Setelah proses flash selesai dan ponsel sudah masuk ke dalam OS-nya, maka kamu tinggal melakukan langkah aktivasi pada pop up tersebut.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah untuk mengatasi ponsel Android yang sedang mengalami masalah bootloop dapat dilakukan dengan cara flashing. Cara Flash Sony Xperia 1 SOV40 Via Flashtool juga bisa digunakan untuk memperbaiki masalah sistem Android seperti bootloop, stuck di logo, restart secara terus menerus, lupa pola, softbrick, atau lain sebagainya.

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini. Sampai jumpa kembali di artikel saya yang selanjutnya dan jangan sampai terlewat dengan postingan kami yang lainnya.

Bagikan artikel ini

Tidak ada komentar: