Cara Unlock Bootloader Xiaomi Redmi Note 10 Work 100% - Tips Tutorial Bersama

Selasa, 28 Februari 2023

Cara Unlock Bootloader Xiaomi Redmi Note 10 Work 100%

.

Cara Unlock Bootloader Xiaomi Redmi Note 10 Work 100%

Pada artikel yang akan saya berikan pada kesempatan kali ini, disini saya akan membuatkan tutorial mengenai Unlock Bootloader Xiaomi Note 10. Ponsel Redmi Note yang satu ini dikenal dengan nama codename sebagai Mojito yang cukup populer di berbagai wilayah manapun. Pada tutorial membuka kunci bootloader ini sangat berguna untuk instalasi custom rom.

Xiaomi Redmi Note 10 pertama kali diresmikan pada tanggal 16 Maret 2021 dan telah dibekali dengan spesifikasi yang mumpuni. Saat ini ponsel tersebut sudah di jual dengan harga yang cukup terjangkau, yakni di sekitar harga Rp2.300.000. Jika kamu pengguna ponsel Android, maka dijamin kalian tidak akan menyesal dengan menggunakan Xiaomi Redmi Note 10.

Ponsel ini memiliki dimension 160.5 x 74.5 x 8.3 mm (6.32 x 2.93 x 0.33 in) dengan berat 178.8 g (6.31 oz). Sedangkan kelebihan dari body lainnya, yaitu memiliki kemampuan build Glass front (Gorilla Glass 3), plastic back, plastic frame dan telah mendukung Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by), serta sudah menggunakan type Super AMOLED, 450 nits (typ), 1100 nits (peak).

Nah, jika saat ini kamu sedang mencari tutorial Unlock Bootloader Xiaomi Redmi Note 10, maka kamu dapat mengikuti caranya dengan melalui langkah-langkah yang telah saya sediakan di bawah ini. Tetapi sebelum memulainya, pastikan dahulu kalau kamu sudah menyiapkan komputer seperti PC / laptop. Karena membuka kunci bootloader akan memerlukan sebuah komputer Windows.

Kelebihan Dan Kekurangan Unlock Bootloader

Cara unlock bootloader pada Smartphone Xiaomi Redmi Note 10 (Mojito) terdapat berbagai keuntungan yang akan didapatkan oleh pengguna. Sebenarnya tidak hanya keuntungannya saja, tetapi juga tersedia beberapa kekurangan atau resiko setelah selesai melakukan unlock bootloader.

1. Kelebihan melakukan Unlock Bootloader

  • Pengguna akan memiliki hak akses penuh terhadap sistem ponsel.
  • Melakukan proses install ulang atau flashing akan lebih mudah.
  • Dapat menginstal Custom Recovery TWRP.
  • Dapat menginstal Custom ROM, Root, Module, atau modifikasi yang lainnya.

2. Kekurangan melakukan Unlock Bootloader

  • Keamanan ponsel akan menjadi sangat lemah.
  • Dapat menghilangkan atau membatalkan garansi resmi.
  • Dapat menyebabkan softbrick atau hardbrick jika prosesnya mengalami kegagalan.

Nah, itulah beberapa daftar dari kelebihan dan kekurangan jika pengguna melakukan unlock bootloader di ponsel Android. Apakah kamu tetap ingin melanjutkan ke tahap Cara Unlock Bootloader Xiaomi Redmi Note 10? Jika iya, silahkan kamu ikuti langkah-langkahnya dalam panduan di bawah ini. Namun pastikan dahulu kalau Mi Account kamu sudah di login ke ponsel.

Cara Unlock Bootloader Xiaomi Redmi Note 10 Work 100%

Dengan melakukan unlock bootloader Redmi Note 10, pengguna akan mendapatkan akses untuk memodifikasi ponsel dengan cara menginstal Custom ROM, TWRP Recovery, Root, atau lain sebagainya. Namun untuk dapat melakukan semua hal tersebut, kamu harus menyiapkan dahulu beberapa persyaratan yang harus dilakukan terlebih dahulu.

1. Semua persyaratan yang diperlukan

Seperti yang telah saya sampaikan sebelumnya, bahwa ponsel Xiaomi kamu harus sudah di login ke akun Mi. Karena jika Mi Account tidak di login, maka pada Mi Unlock Status bootloader tidak akan dapat dilakukan. Selain itu, kamu juga harus menyiapkan beberapa persyaratan yang lainnya.

  • Isi daya baterai ponsel sampai terisi daya minimal 50%.
  • Backup semua data-data penting yang tersimpan di penyimpanan internal.
  • Aktifkan USB Debugging dan OEM Unlock.
  • Pastikan Account Mi kamu sudah di login ke ponsel Xiaomi.
  • Siapkan komputer, kabel USB, dan koneksi internet yang stabil.
  • Download semua file yang diperlukan.
  • Siap menerima semua resiko apa pun.

2. Download semua file yang diperlukan

Di bawah ini telah saya sediakan beberapa file yang harus di download untuk ponsel Xiaomi Mi Note 10. Jadi, pastikan untuk download semua file tersebut jika kamu tidak ingin mengalami kegagalan. Karena semua file tersebut akan digunakan untuk membuka kunci bootloader di ponsel ini.

3. Aktifkan USB Debugging dan OEM Unlock

Untuk dapat mengaktifkan USB Debugging dan OEM Unlock di Xiaomi Redmi Note 10 dapat dilakukan dengan melalui layanan Opsi Pengembang yang terdapat di dalam menu Pengaturan ponsel. Bahkan cara mengaktifkannya pun sama dengan ponsel kembarannya, yaitu Xiaomi Redmi Note 10 Pro. Namun jika kamu tidak mengetahuinya, silahkan ikuti caranya di bawah ini.

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah dengan membuka Pengaturan ponsel.
  2. Selanjutnya pilih Tentang Telepon, lalu ketuk 7 - 8 kali pada Versi MIUI.
  3. Selanjutnya akan muncul notifikasi bahwa Opsi Pengembang telah diaktifkan.
  4. Selanjutnya kembali ke menu utama Pengaturan, lalu pilih Setelan Tambahan >> Opsi Pengembang.
  5. Selanjutnya aktifkan tombol pada USB Debugging dan OEM Unlock.
  6. Selesai.

4. Langkah-langkah Unlock Bootloader di Xiaomi Redmi Note 10

Jika kamu sudah menyiapkan semua persyaratan di atas, maka sekarang kamu sudah dapat melanjutkan ke tahap unlock bootloader di Xiaomi Redmi Note 10. Untuk caranya dapat kamu lihat dengan melalui langkah-langkah yang telah saya sediakan di bawah ini. Pastikan untuk selalu mengikuti setiap instruksi yang telah disebutkan jika tidak ingin mengalami kegagalan.

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah dengan download semua file di atas.
  2. Selanjutnya ekstrak semua file tersebut dan simpan di dalam satu folder.
  3. Selanjutnya install Xiaomi USB Driver dan Mi Flash Unlock di PC atau laptop.
  4. Selanjutnya aktifkan USB Debugging dan OEM Unlock di Xiaomi.
  5. Selanjutnya login ke Mi Account kamu di ponsel Xiaomi.
  6. Selanjutnya jalankan aplikasi Mi Flash Unlock yang sudah di install, lalu login ke Mi Account yang sama seperti yang ada di ponsel.
  7. Selanjutnya matikan ponsel dan nyalakan ke Mode Fastboot dengan cara sebagai berikut:
    1. Cara masuk ke Fastboot Mode, tahan dan tekan tombol Power + Volume Bawah secara bersamaan.
    2. Jika sudah muncul tampilan Mi Bunny dan tulisan Fastboot, lalu lepaskan kedua tombol tadi.
  8. Selanjutnya sambungkan ponsel ke PC dengan menggunakan kabel USB.
  9. Jika ponsel sudah terhubung di PC, maka akan menampilkan pesan Phone Connected pada aplikasi Mi Flash Unlock.
    Cara Unlock Bootloader Xiaomi Redmi Note 10 Work 100% #1

  10. Selanjutnya klik tombol Unlock pada aplikasi Mi Flash Unlock.
  11. Jika muncul pesan peringatan, lalu klik saja Unlock Anyway.
  12. Selanjutnya proses unlock bootloader akan langsung berjalan secara otomatis, lalu tunggu beberapa saat sampai prosesnya selesai.
  13. Jika muncul pesan Couldn’t Unlock Please unlock 168 hour later, maka kamu harus menunggu dahulu selama 168 jam untuk dapat melanjutkannya kembali.
  14. Jika di ponsel kamu tidak muncul pesan seperti tersebut, maka akan menampilkan pesan Unlocked Successfully.
  15. Selanjutnya Reboot ponsel secara manual.
  16. Selesai.

Sampai disini kamu telah selesai dan berhasil melakukan proses unlock bootloader di Xiaomi Redmi Note 10 (Mojito) dengan mengikuti langkah-langkah yang telah saya sediakan di atas. Sekarang kamu sudah dapat melanjutkan ke tahap install TWRP Recovery dan Root dengan menggunakan Magisk Latest Version.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah Cara Unlock Bootloader Xiaomi Redmi Note 10 dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi Mi Flash Unlock. Namun sebelum memulainya, pastikan dahulu kalau Mi Flash Unlock dan Mi Account yang ada di ponsel sudah menggunakan akun Mi yang sama. Jika tidak, maka proses unlock bootloader akan mengalami kegagalan dan menyebabkan bootloop.

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini. Sampai jumpa kembali di artikel saya yang selanjutnya dan jangan sampai terlewat dengan postingan kami yang lainnya.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda